8 Rekomendasi Aksesori Hijab Kekinian

8 Rekomendasi Aksesori Hijab Kekinian

Siapa bilang hijab traveller tidak bisa tampil modis? Meski aktif travelling, saya tetap berusaha untuk memperhatikan penampilan. Apalagi saat ini telah banyak pilihan outfit bagi muslimah berhijab yang trendi dan gaya. Mulai dari pakaian yang semakin modis, hingga bentuk hijab yang bermacam-macam. Kalian pasti sudah akrab dengan pashmina, khimar, atau hijab voal.

Bila ingin tampil beda, kalian bisa menambahkan aksesori agar penampilan kalian semakin chic. Jangan salah, aksesori hijab pun kini sudah banyak pilihannya. Nah, kali ini saya akan merekomendasikan beberapa aksesori hijab. Aksesori ini akan membantu kalian tampil lebih segar dan out of the box.


Creator Image
Retna Mudiasih
IT developer & travel blogger
  • Anting Bola Bulu


    Retna Mudiasih

    Pertama, saya akan merekomendasikan anting bulu. Aksesori yang satu ini wajib dimiliki, terutama oleh kalian yang senang tampil unik dan beda. Pom-pom bulunya menjadi aksen yang berkesan retro dan langsung menjadi tren. Selain warna hitam, ada banyak warna lain yang bisa kalian pilih sesuai outfit kalian.

    Sebenarnya, produk ini bukan aksesori khusus hijab, melainkan anting biasa. Namun, kalian bisa mengaitkannya pada hijab atau ciput di bagian bawah telinga. Memang, untuk menjadi modis kita harus selalu kreatif! Selain anting pom-pom, ada juga anting pita, manik-manik, dan logam yang bisa dipilih untuk mempercantik hijab kalian.

  • Amaii
    Magnet Hijab


    Retna Mudiasih

    Selanjutnya, saya ingin merekomendasikan Amaii Magnet Hijab. Pemanis hijab yang tidak menggunakan jarum, melainkan daya magnet sebagai perekatnya. Bros magnet ini cocok bagi kalian yang tidak terlalu suka memakai peniti, seperti saya. Kalian bisa menggunakannya di bawah leher untuk merekatkan hijab atau di bagian pinggir untuk mempermanis.

    Amaii Magnet Hijab ini tersedia dalam berbagai bentuk dan warna. Kalian bisa memilih sesuai dengan selera dan outfit kalian. Hiasan batunya yang berkilauan akan membuat penampilan kalian terlihat elegan. Saran saya, pilihlah magnet hijab yang bentuknya simpel dengan warna pastel untuk hangout. Dengan demikian, penampilan kalian tidak akan terlalu mencolok.

  • Kalung Etnik


    Retna Mudiasih

    Kalian pasti tidak ingin mati gaya saat weekend tiba dan teman-teman mengajak hangout. Selain mix and match hijab, kalian juga bisa menambahkan aksesori kalung agar penampilan kalian terlihat semakin gaya. Ya, kalung atau choker memang telah menjadi aksesori yang digemari hijabers akhir-akhir ini.

    Saya sendiri sangat menyukai kalung panjang dengan model etnik. Kalung model ini akan mempermanis penampilan kita tanpa terkesan berlebihan. Salah satu favorit saya adalah kalung yang colorful ini.


    Bandul warna-warninya sangat mudah disesuaikan dengan outfit apa saja. Penampilan saya pun akan terlihat segar seketika. Agar penampilan kalian tidak terlihat too much, padukan kalung ini dengan atasan polos atau yang motifnya simpel.

  • Klip Hijab Manik-manik


    Retna Mudiasih

    Bagi para hijabers, pasti sudah tidak asing dengan klip jilbab ini. Aksesori asal Turki ini sedang booming di kalangan hijabers cantik, terutama para selebgram. Seperti halnya magnet hijab, klip ini bisa menggantikan fungsi peniti untuk merekatkan hijab. Kelebihannya, klip ini mampu mengunci lebih kencang dibandingkan magnet hijab.

    Klip Hijab Manik-manik ini termasuk andalan saya. Terus terang, saya sedapat mungkin menghindari penggunaan peniti agar hijab tidak bolong atau rusak. Ciri khas klip hijab ini adalah bandul manik-manik pada kedua ujungnya.


    Ada banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan hijab kalian. Selain digunakan di bawah dagu, klip ini bisa juga digunakan sebagai aksen belah samping.

  • Scarf Panjang Motif Ukiran


    Retna Mudiasih

    Peranan scarf tak lagi hanya sebagai penghangat tubuh. Sekarang ini, scarf juga berfungsi sebagai fashion item yang akan menunjang penampilan kita. Scarf bahkan bisa membuat penampilan casual kita menjadi terlihat charming seketika. Salah satu favorit saya adalah scarf berwarna biru dengan motif yang elegan ini.

    Sebenarnya, kita bisa melilitkan scarf sebagai penutup kepala asalkan scarf tersebut cukup lebar dan tidak menerawang. Selain itu, kita juga bisa melilitkan di leher sebagai aksen. Kita juga bisa melilitkan di bahu, terutama bila kita hangout dalam cuaca yang sejuk. Agar posisinya tidak berubah-ubah, kita bisa menyematkan peniti cantik.


    Saran saya, pilih hijab polos bila ingin menggunakan scarf. Hindari juga hijab dengan bahan tebal dan bervolume agar tidak menimbulkan kesan bertumpuk.

  • Headpiece Flower Crown


    Retna Mudiasih

    Headpiece juga salah satu aksesori hijab kekinian yang digemari oleh para hijabers. Tampilannya yang glamor akan menambah cantik penampilan kalian. Biasanya, hijabers akan mengenakan pashmina yang dililit sebagai hijabnya.

    Saat ini ada berbagai bentuk headpiece yang bisa kalian temui. Ada yang berbentuk lingkaran atau vertikal yang dipasang di sekitar belahan tengah rambut hingga kening. Headpiece yang paling sering digunakan adalah yang berwarna emas atau silver. Namun, kali ini saya ingin merekomendasikan Headpiece Flower Crown.


    Headpiece ini memiliki aksen bunga yang cocok digunakan untuk acara khusus, seperti pentas, atau pesta. Headpiece Flower Crown juga bisa mempercantik penampilan kalian saat foto OOTD. Hijab simpel kalian pun akan tampak manis dan menawan dalam seketika. Bila kalian ingin menggunakannya untuk hangout bersama teman-teman, pilihlah yang modelnya simpel dan tidak terlalu ramai.

  • RunBird
    Cat Eye Sunglasses Classic Pink


    Retna Mudiasih

    Fungsi kacamata kini telah jauh bergeser. Kacamata sekarang ini telah berubah menjadi salah satu fashion item yang menunjang penampilan. Kacamata membantu kita membingkai wajah. Sst, dengan memilih model yang tepat, kacamata juga akan membantu kita terlihat lebih tirus!

    Para hijaber juga sering memakai kacamata untuk melengkapi penampilan mereka. Model yang banyak dipilih adalah kacamata bentuk cat eye atau mata kucing. Rekomendasi saya adalah RunBird Cat Eye Sunglasses Classic 1904 Pink. Frame kacanya yang lebar membuat wajah kita terlihat proporsional. Warna kacanya yang pink akan membuat kita terlihat girly.

  • Jarum Pentul Pita


    Retna Mudiasih

    Apabila kalian tidak terlalu suka aksesori hijab yang rame atau mencolok, cobalah jarum pentul pita. Jarum pentul dengan hiasan pita ini akan membuat hijabmu terlihat cantik tanpa kesan berlebihan. Saya sendiri sangat menyukai jarum pentul ini karena sangat fungsional.


    Jarum pentul ini ukurannya tidak terlalu besar sehingga cocok disematkan pada bagian belakang maupun samping kiri kanan hijab. Bandul pitanya tersedia dalam berbagai warna dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan selera kalian.


    Jarum ini juga bisa difungsikan sebagai bros. Hanya saja, tidak seperti bros, jarum ini tidak memiliki kaitan pelindung ujung jarum. Jadi, kalian harus berhati-hati jangan sampai tertusuk, ya!