7 Rekomendasi Bedak yang Aman untuk Anak dan Remaja

7 Rekomendasi Bedak yang Aman untuk Anak dan Remaja

Ingin tampil cantik adalah naluri setiap wanita di segala usia, termasuk remaja. Anak saya yang berumur 10 tahun pun sudah mulai menunjukkan naluri tersebut. Sejak usia 8 tahun, ia mulai suka menonton tutorial makeup para beauty influencer di YouTube. Ia bahkan mulai suka bereksperimen dengan alat makeup yang ada di rumah. 

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi saya sebab perlengkapan makeup milik saya adalah produk yang diperuntukkan bagi usia dewasa, sedangkan kulit anak-anak menjelang remaja sudah pasti berbeda. Oleh karena itu, saya berusaha mencari produk yang aman digunakan oleh putri saya. Berbekal pengalaman tersebut, saya ingin merekomendasikan tujuh bedak yang aman digunakan oleh anak menjelang usia remaja.


Creator Image
Sumarti Saelan
Lifestyle & mommy blogger (Ketua Kumpulan Emak Blogger)
  • Pigeon
    Teens Compact Powder Hypoallergenic


    Sumarti Saelan

    Pigeon adalah satu merek yang populer dengan berbagai produk perawatan bayinya. Padahal, produsen ini juga mengeluarkan produk untuk segmen remaja, lho. Di antaranya adalah Pigeon Teens Compact Powder Hypoallergenic yang diformulasikan khusus untuk kulit remaja.

    Kandungan utama bedak ini adalah microfine zinc oxide yang berfungsi untuk melindungi dari sinar UV. Selain itu, produk ini mengandung squalane dan jojoba oil yang membantu menjaga kelembapan kulit. Ekstrak chamomile-nya juga membantu melindungi kulit yang mudah alergi dari iritasi ringan.


    Yang paling saya sukai dari produk ini adalah wanginya yang lembut dan segar. Menariknya lagi, kemasan produk ini dihiasi gambar khas anak-anak yang lucu. Bagi anak yang menyukai visual kemasan seperti putri saya, bedak dari Pigeon adalah pilihan yang tepat.

  • Emina
    City Chic CC Cake


    Sumarti Saelan

    Emina adalah produk Wardah yang diciptakan untuk segmen remaja. Jujur saja, nama besar Wardah adalah salah satu pertimbangan saya membeli produk ini. Pertimbangan lainnya adalah bedak ini bisa kami pakai bersama, tidak hanya oleh putri saya.

    Produk ini merupakan gabungan dari bedak dan alas bedak. Ia mampu menempel dengan baik, bahkan di kulit berminyak seperti kulit saya dan anak saya. Formula uniknya juga mampu mengendalikan produksi minyak berlebih pada wajah. Kandungan apricot oil-nya mampu menjaga kelembapan dan menutrisi kulit. Wajah kami pun terlihat lebih segar, bebas kilap, dengan makeup yang menempel lebih lama.


    Emina City Chic CC Cake tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Meringue, Peach, Butterscotch, dan Latte. Kalian bisa memilih warna yang paling sesuai dengan warna kulit. Hebatnya lagi, dengan dua kali touch up, bedak ini bisa bertahan hingga lebih dari 6 jam! Untuk mendapatkan coverage yang lebih merata, basahi spons terlebih dahulu ketika akan mengaplikasikannya pada wajah.

  • Marcks'
    Teens Compact Powder


    Sumarti Saelan

    Marcks' merupakan satu dari sekian merek legendaris Indonesia yang sudah ada sejak saya kecil. Sekarang ini, Marcks' tidak hanya hadir dalam dalam bentuk bedak tabur sejuta umat, tetapi juga mengeluarkan lini produk untuk para remaja. Salah satunya adalah Marcks’ Teens Compact Powder.

    Saya membeli produk ini karena percaya dengan kualitas Marcks' yang telah saya gunakan sejak kecil. Produk Marcks' memang berbahan dasar ringan sehingga cocok untuk segala usia dan tidak mudah menyebabkan iritasi. Ketika mengalami alergi kulit pun, dokter saya malah menyarankan agar saya memakai bedak Marcks' klasik.


    Menurut saya, Marcks’ Teens Compact Powder ini sama ringan dan nyamannya seperti Marcks’ klasik. Selain itu, produk ini juga telah dilengkapi dengan UV protection serta niacinamide yang bermanfaat membuat wajah tampak cerah alami. Bedak ini juga mengandung squalane yang melembapkan, dan ekstrak chamomile yang mampu melindungi kulit dari iritasi ringan.


    Marcks’ Teens Compact Powder memang sangat cocok untuk kulit remaja. Namun, saya pribadi lebih menyukai Marcks’ klasik yang teksturnya ringan dan lembut. Hanya saja, Marcks’ klasik memang tidak tahan lama sehingga kita harus sering retouch.

  • Marina
    UV Protection Compact Powder


    Sumarti Saelan

    Marina Compact Powder adalah produk pertama yang saya beli untuk putri saya. Saat itu, dia dengan spesifik menyebutkan ingin dibelikan bedak yang kemasannya dilengkapi cermin. Pertimbangan utama saya saat itu adalah produk ini harganya sangat terjangkau.


    Jujur saja, saya tidak memiliki ekspektasi apa pun saat membeli bedak ini. Saya hanya menganggapnya sebagai percobaan untuk anak yang mulai menolak bedak bayi. Di luar dugaan, bedak ini lumayan bagus di kulit eksotis anak saya yang cenderung berminyak. Ia mampu menahan produksi minyak berlebih sehingga wajah anak saya tidak terlihat mengilap.


    Sesuai namanya, Marina UV Protection Compact Powder telah dilengkapi formula yang mampu melindungi kulit dari dampak paparan sinar UV. Selain itu, bedak ini juga diperkaya vitamin E yang mampu membuat kulit lebih halus. Sayangnya, bedak ini tidak tahan lama sehingga harus sering dipoleskan ulang.

  • Mustika Puteri
    Acne Compact Powder


    Sumarti Saelan

    Saya membeli bedak ini setelah mendapat rekomendasi dari beberapa teman yang anaknya seumuran. Beberapa di antara teman saya bahkan ada yang pernah memakainya. Ketika saya remaja, bedak Puteri memang salah satu yang populer. Nama besar Mustika sebagai produsen kosmetik dengan reputasi baik di Indonesia juga membuat saya semakin percaya.


    Dari beberapa jenis bedak yang tersedia, saya memilih Mustika Puteri Acne Compact Powder. Kandungan temu lawaknya mampu menyerap sebum berlebih, membuat kulit halus dan bebas jerawat. Formulanya lembut dan terasa ringan di kulit. Selain itu, kemasannya juga gaya dan sangat cocok untuk remaja.


    Saat disapukan, bedak ini terasa halus dan langsung menempel di kulit. Kilap di wajah pun berkurang dengan seketika. Selain itu, warnanya juga sangat natural. Sayangnya, bedak ini tidak tahan lama, hanya mampu bertahan sekitar 3-4 jam saja.

  • Viva
    Bright Beauty Compact Powder


    Sumarti Saelan

    Siapa sih yang tidak kenal Viva? Salah satu merek legendaris dengan produk bedak tabur dalam kemasan plastik. Produsen kosmetik asli Indonesia ini sekarang semakin berkembang dan berinovasi. Salah satu produknya yang saya sukai adalah Viva Bright Beauty Compact Powder ini.

    Saat membelinya, saya tidak terlalu mengkhawatirkan apakah akan cocok atau tidak untuk putri saya. Sebab, saya yakin bahwa produk ini aman dan cocok digunakan untuk segala usia. Formulanya memang ringan dengan kandungan yang bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Setelah saya mengecek testimoni, ternyata banyak yang menyebutkan bahwa produk ini memang cocok untuk remaja.


    Produk ini juga diperkaya dengan squalane yang melembapkan, dan mengandung SPF 15 untuk melindungi wajah dari sinar UV. Selain kandungan dan kualitasnya, saya juga menyukai kemasannya yang kecil dan ringkas. Warna pink-nya juga memberikan kesan girly.

  • Pond’s
    BB Magic Powder


    Sumarti Saelan

    Tahun lalu, produk ini pernah menjadi obrolan hits di banyak forum. Review dan testimoninya banyak tersebar dan membuat kita semakin penasaran karena saat itu Pond’s BB Magic Powder belum diperjualbelikan di Indonesia. Ketika produk ini masuk ke pasaran Indonesia, saya langsung membeli dua shade berbeda. 

    Kesan pertama saya adalah produk ini kemasannya lucu, mirip bedak bayi, tetapi lebih kecil. Teksturnya lembut, ringan, dan sangat wangi. Saya dan anak saya lalu memakainya bersama-sama. Saat diaplikasikan, produk ini sedikit memberikan efek glowing dan sangat mudah menyatu dengan kulit. Sesuai kata “magic” dalam namanya, saya merasakan penyatuan produk ini ke kulit dengan ajaib.


    Hasil akhir bedak ini terlihat sangat menyatu dan natural. Shade apa pun yang digunakan, tidak terlihat terlalu putih atau cream. Ketika dipakai anak saya pun, hasilnya sangat bagus dan cocok dengan tone kulitnya yang eksotis.