Agar Anak Tidak Bosan Selama Liburan Sekolah, Coba 8 Produk Rekomendasi Lifestyle Blogger Dewi Rieka ini!

Lifestyle blogger & book writer Dewi Dedew Rieka
Lifestyle blogger & book writer
Dewi Dedew Rieka
Penulis 35 buku anak & remaja yang aktif menuliskan cerita kesehariannya di blog www.dewirieka.com. Hobi berimajinasi dan membaca mengantarkannya menjadi penulis, sesuai impiannya saat kecil. Perempuan yang akrab disapa Dedew ini juga senang mengulas tentang literasi dan memberikan tips menulis melalui blog serta media sosialnya. Saat ini, ia tak sabar menanti buku terbaru serial Anak Kos Dodol karyanya yang akan segera terbit tahun ini.

Halo, asyik sekali ya Liburan sekolah telah tiba! Waktunya mengisi liburan anak-anak dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak alternatif kegiatan liburan untuk anak. Banyak orang yang memanfaatkan momen liburan untuk berkunjung ke tempat wisata, taman hiburan, atau berkemah. Selain itu, kita juga bisa lho melakukan berbagai permainan seru di rumah bersama keluarga.

Jadi, tidak usah galau bila kalian tidak bisa mengajak anak-anak, adik, atau keponakan untuk berlibur. Pada artikel ini, saya akan merekomendasikan 8 benda yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi liburan sekolah dengan seru dan tidak membosankan. Apa saja itu? Yuk, kita simak bersama-sama.

Produk pilihan Dewi Dedew Rieka

Faber-Castell Colour to Life 

Faber-Castell Colour to Life

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Gambarnya bisa hidup dan bergerak!

Mewarnai dan menggambar bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan anak. Anak-anak saya paling suka berkreasi dengan Faber Castell seri Colour To Life. Seri Colour To Life ini berisi 20 connector pen dan 15 halaman buku mewarnai Augmented Reality. Bagaimana cara menggunakannya? Kita ajak anak-anak mewarnai halaman buku sesuai kreasinya.

Setelah itu, kita bisa menginstal aplikasi ColourToLife secara gratis dari Play Store. Kemudian, scan lembaran yang telah diwarnai tadi menggunakan aplikasi tersebut. Tadaaa ... gambarnya bergerak! Gambar ini bisa digunakan untuk main game atau foto bersama. Paket ini membuat anak-anak makin semangat mewarnai karena ingin segera melihat hasilnya bila gambarnya di-scan. Karena semua ini tergantung kreativitas anak, hasil gambar masing-masing anak pun tidak akan sama.

Grasindo - Petualangan Rumi 

Grasindo - Petualangan Rumi

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 53.600

Selain cerita petualangan seru, terdapat juga lembar akitivitas yang menarik

Buku Petualangan Rumi adalah salah satu buku anak karya saya. Buku ini ditujukan untuk anak usia SD hingga SMP. Buku anak terbitan Grasindo ini bercerita tentang sebuah mobil bernama Rumi, yang didesain seperti rumah mungil. Rumi yang dikendarai oleh Papa yang mengajak Agga dan Moza melakukan petualangan seru menjelajahi beberapa kota di Indonesia.

Mereka singgah di Cirebon, Pekalongan, hingga Surabaya. Di setiap kota yang disinggahi, mereka tak lupa mencicipi kuliner khasnya. Penasaran kan dengan petualangan mereka? Selain cerita petualangan Rumi Si Mobil, buku ini juga berisi lembar aktivitas yang bisa dikerjakan anak. Mulai dari lembar untuk mewarnai, teka teki silang, labirin, hingga mencari perbedaan gambar. Seru, kan?

Scrabble Original 

Scrabble Original

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Menambah kosakata bahasa Inggris lewat permainan yang seru

Permainan ini mengasyikkan, lho. Tidak hanya seru untuk mengisi liburan, tetapi juga meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris anak-anak. Scrabble ini bisa dimainkan oleh dua hingga empat orang pemain. Setiap pemain menyusun sebuah kata dengan keping yang dimilikinya secara bergantian. Ingat, kata yang disusun harus dalam bahasa Inggris, ya!

Pemain akan mendapatkan poin setiap kali berhasil menyusun kata. Pemain yang berhasil mengumpulkan poin paling tinggilah yang menjadi pemenangnya. Berkat permainan ini, anak-anak semakin bersemangat mempelajari kamus bahasa Inggris agar bisa menang di permainan scrabble. saya memilih Scrabble Original yang papannya terbuat dari magnet agar kepingnya tidak mudah terserak saat bermain. Scrabble Original ini juga dilengkapi kantong kain untuk menyimpan semua kepingan scrabble agar tidak tercecer.

Uno Stacko 

Uno Stacko

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 43.700

Permainan bersama untuk meningkatkan kemampuan strategi anak

Ingin bermain ramai-ramai? Uno Stacko bisa jadi pilihan, lho. Uno Stacko adalah permainan strategi menyusun menara. Permainan ini mengasyikkan sekali untuk dimainkan bersama keluarga atau teman-teman. Uno Stacko bisa dimainkan oleh 2-10 orang. Cara bermainnya pun mudah. Setiap pemain harus memindahkan balok ke atas agar menaranya semakin tinggi.

Permainan akan berakhir jika menaranya roboh dan pemain yang menyebabkan menara robohlah yang kalah! Kami memilih Uno Stacko karena bahannya berkualitas dan sudah teruji aman untuk digunakan oleh anak dan remaja. Uno Stacko ini terbuat dari plastik berkualitas sehingga tidak mudah pecah meski sering dimainkan. Yang penting, jangan lupa untuk membersihkan dan menyimpannya kembali setelah bermain, ya!

Skalo Bola Sepak 

Skalo Bola Sepak

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Awet dan tidak mudah kempis

Meski tidak bepergian, bukan berarti liburan dihabiskan untuk bermain di dalam rumah saja. Ajak anak-anak ke taman atau lapangan kompleks untuk bermain bola! Berlarian di lapangan sambil bermain bola akan meningkatkan kebugaran anak sehingga badannya pun lebih sehat. Anak saya juga sangat suka bermain bola dan sudah beberapa kali membeli bola. Sayangnya, bola yang saya beli selalu cepat kempis atau robek.

Setelah mencari informasi, akhirnya saya membeli bola ini. Saya memilih bola anak Skalo karena bahannya kuat dan tidak mudah kempis sehingga awet digunakan. Bola ini langsung menjadi kesayangan anak saya untuk bermain bersama teman-temannya. Saya juga menyukai bola ini karena mudah dibersihkan setelah digunakan. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi sebenarnya irit karena bisa dipakai lebih lama.

Cougar Power Speed 

Cougar Power Speed

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 771.000

Sangat tangguh dan awet dipakai

Anak pertama saya sangat senang bermain inline skate di lapangan dekat rumah. Ia biasanya mengelilingi lapangan hingga empat kali. Awalnya memang agak sulit untuk berdiri seimbang di atas sepatu roda. Namun, dengan beberapa kali latihan, biasanya anak-anak akan cepat menguasai dan meluncur dengan bebas. Ya, anak-anak memang bisa menguasai berbagai hal baru dengan sangat mudah.

Bermain sepatu roda selain menyenangkan juga akan membuat tubuh anak lebih bugar. Saya memilih sepatu roda merek Cougar karena kualitasnya bagus dan sangat awet dipakai. Anak saya sudah memakainya selama tiga tahun dan masih sangat bagus. Jangan lupa untuk memilih ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran kaki anak agar bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama. Oh ya, Cougar Power Speed ini harganya juga terjangkau.

Monopoly Box 55006 

Monopoly Box 55006

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 139.000

Permainan klasik yang mengajarkan cara mengatur keuangan

Monopoli adalah salah satu permainan klasik yang tak lekang dimakan zaman. Permainan yang bisa dimainkan oleh 2-4 orang ini cukup menantang. Yang saya suka dari permainan ini adalah selain seru, permainan ini juga secara tidak langsung akan mengajarkan anak tentang cara mengatur keuangan. Dalam permainan ini, kita akan bersaing untuk membeli tanah atau bangunan yang ada di dunia monopoli. Siapa yang memiliki uang dan aset paling banyak di akhir permainan adalah pemenangnya.

Ada banyak sekali produk permainan monopoli yang dijual di pasaran. Namun, saya merekomendasikan Monopoly Box 55006 ini. Monopoli ini dikemas dalam kotak yang praktis untuk dibawa. Selain itu, kemasan kotaknya juga akan membuat kita lebih mudah merapikan dan mencegah isinya berhamburan. Monopoli juga salah satu mainan andalan yang sering saya bawa ketika berkunjung ke rumah nenek atau staycation di hotel.

Lego Creative Building Box 10695 

Lego Creative Building Box 10695

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 850.000

Permainan legendaris yang disukai oleh anak hingga orang dewasa

Mainan yang berupa bongkahan plastik ini disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa di seluruh dunia. Lego pertama kali ditemukan oleh Ole Kirk Christiansen, pada tahun 1949 di Denmark. Sejak itu, Lego tidak pernah kehilangan penggemar.

Bermain Lego tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat mengasah imajinasi dan meningkatkan kreativitas anak. Mereka bisa menyusun bongkahan plastik ini menjadi bentuk robot, mobil, rumah, atau bentuk lain sesuai imajinasi mereka. Selain Lego, saat ini ada banyak merek lain yang memproduksi mainan bongkar pasang plastik seperti ini dengan harga yang lebih murah. Namun, saya merekomendasikan Lego karena telah terjamin kualitas dan juga keamanannya.

Kesimpulan

Nah, itu dia daftar delapan benda seru untuk mengisi liburan sekolah rekomendasi saya. Semoga bisa membantu kalian memilih aktivitas yang menarik bagi anak. Produk-produk di atas telah saya buktikan mampu membuat anak saya merasa asyik. Selain itu, harganya juga lumayan terjangkau sehingga ramah di kantong.

Liburan yang berkesan tidak berarti harus mengunjungi tempat yang jauh atau terkenal. Terkadang, yang lebih membekas dalam memori anak adalah kebersamaan kita sebagai orang tua serta keluarga lainnya. Jadi, tidak perlu berkecil hati bila tidak bisa mengajak anak bepergian. Yuk, manfaatkan liburan sekolah untuk memperkuat ikatan keluarga kita.