7 Skincare untuk Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat Rekomendasi Lifestyle Blogger Cici Desri

Parenials lifestyle blogger & voice over talent Cici Desri
Parenials lifestyle blogger & voice over talent
Cici Desri
Seorang bloger yang mengawali kariernya sebagai announcer atau pembawa acara. Kini, ia lebih sering melakukan aktivitasnya di rumah sebagai work-at-home mom. Cici juga bekerja sebagai content creator lepas untuk banyak perusahaan di Indonesia. Ia menangani pembuatan company profile, motion graphic, dan juga social media ads.
Jerawat adalah masalah kulit yang muncul akibat tersumbatnya pori-pori oleh minyak atau sel kulit mati. Jerawat juga bisa disebabkan oleh penggunaan skincare atau kosmetik yang tidak cocok. Masalah kulit yang satu ini sering sekali dikeluhkan oleh para wanita. Terkadang, kita dibuat kesal oleh jerawat yang muncul secara tiba-tiba, misalnya saat bangun tidur.

Hal ini akan semakin parah bagi kalian yang memiliki jenis kulit acne prone seperti saya. Sekali saja wajah tidak dibersihkan dengan benar, jerawat akan hinggap dengan mudah di wajah. Nah, berikut ini tujuh skincare yang ampuh mengatasi jerawat. Semuanya sudah pernah saya coba untuk mengatasi beruntusan, jerawat biasa, hingga jerawat aktif dan meradang.

Produk pilihan Cici Desri

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel 

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat

Sejak dahulu, lidah buaya dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah sebagai antiinflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan akibat jerawat. Kandungan vitamin dan mineralnya juga banyak dimanfaatkan oleh brand kosmetik, seperti Nature Republic.

Saya merekomendasikan produk dari Nature Republic karena memiliki kandungan lidah buaya sebanyak 92%. Aromanya sangat lembut sehingga nyaman ketika diaplikasikan. Produk ini juga bagus digunakan pada calon jerawat atau beruntusan. Kandungan antibakteri di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Oleskan Soothing Gel ini sebelum tidur saat mendapati calon jerawat atau jerawat yang baru tumbuh. Keesokan harinya, jerawat kecil atau beruntusan tersebut akan mengering, tidak membesar, apalagi meradang. Saya sudah menggunakan produk ini selama dua tahun dan merasakan manfaatnya, terutama untuk mengusir jerawat.

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% 

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.200

Vitamin B3 di dalamnya membantu mencerahkan kulit wajah

Saya mulai tertarik dengan produk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% karena diklaim mampu mencerahkan wajah. Maklum, jenis kulit saya yang berminyak dan mudah berjerawat membuat wajah terlihat kusam. Selain itu, saya juga merasa terganggu dengan bekas jerawat di wajah.

Sesuai namanya, produk ini mengandung niacinamide, jenis vitamin B3 yang banyak digunakan di dalam produk kecantikan. Niacinamide ini berfungsi untuk mengontrol produksi minyak, menyamarkan bekas jerawat, melembapkan, serta mencerahkan wajah. Sementara itu, kandungan zinc-nya berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang mencegah timbulnya jerawat. Karena itulah, saya yakin produk ini akan cocok di wajah saya.

Agar bisa meredam jerawat dengan maksimal, saya mengombinasikan penggunaan produk Nature Republic dan The Ordinary setiap malam. Caranya, bersihkan wajah sebelum tidur, aplikasikan produk The Ordinary, kemudian oleskan produk Nature Republic. Hasilnya, jerawat akan terlihat mengering keesokan harinya.

Saya merasakan hasil yang signifikan setelah menggunakan produk ini selama enam bulan. Meski jerawat hormonal sesekali muncul, secara umum jerawat saya jauh berkurang. Wajah saya pun menjadi lebih bersih dan cerah. Namun, hasil yang didapat tentu akan akan tergantung kondisi kulit masih-masing.

Erha21 DF Acne Care Lab Acne Spot Gel 

Erha21 DF Acne Care Lab Acne Spot Gel

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 74.600

Lebih praktis dengan ujung berbentuk corong sebagai aplikator

Dua produk yang saya rekomendasikan sebelumnya memang mampu mengatasi beruntusan dan jerawat kecil. Namun, kadang tidak cukup untuk meredam jerawat yang tumbuh hingga meradang, saat saya datang bulan. Jerawat tersebut biasanya akan tumbuh besar, merah, dan sakit. Untuk mengatasinya, saya biasanya menggunakan produk dari Erha21 ini. Untungnya, produk ini bisa dibeli secara online, klinik terdekat, maupun toko obat, tanpa resep dokter.

Kandungan sulfur, BHA dan niacinamide di dalamnya ampuh mempercepat penyembuhan dan mengeringkan jerawat. Saya sendiri sudah mencobanya untuk jerawat aktif. Caranya, cukup oleskan produk ini pada acne spot tanpa harus diratakan ke seluruh permukaan wajah. Jerawat pun akan cepat mengering dan sembuh setelah pemakaian 3-7 hari secara rutin.

Selain itu, produk ini mampu mencegah hiperpigmentasi pada jerawat yang sudah kering. Tak hanya jerawat, bekasnya pun akan cepat minggat. Yang menarik, ujung kemasannya berbentuk corong yang dapat digunakan sebagai aplikator. Saya sangat terbantu saat mengaplikasikan pada titik jerawat berkat ujungnya yang unik ini.

The Body Shop Tea Tree Oil 

The Body Shop Tea Tree Oil

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 119.000

Kandungan alami tea tree oil-nya efektif meredakan peradangan

Untuk mendapat solusi yang tepat mengusir jerawat, sebaiknya kita mencari tahu dulu jenis kulit kita. Sebab, banyak obat jerawat yang mengandung bahan kimia yang cukup keras. Hal itu tak jarang menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, saya sendiri pun tidak pernah menggunakan krim jerawat pada seluruh wajah. Apalagi jika jerawat yang muncul hanya satu atau dua saja.

Salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan menggunakan produk berbahan tea tree oil. Sebab, tea tree oil mengandung antibakteri yang dapat mengurangi inflamasi akibat jerawat. Rekomendasi saya adalah Tea Tree Oil dari The Body Shop, produsen skincare yang dikenal selalu menggunakan bahan alami.

Kalian bisa mencoba produk ini mulai dengan kemasan 10 ml atau 20 ml. Ulaskan Tea Tree Oil ini sedikit pada bagian wajah yang berjerawat. Dengan pemakaian teratur, wajah saya menjadi lebih bersih dan jerawat pun mulai menghilang.

COSRX Centella Blemish Cream 

COSRX Centella Blemish Cream

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Samarkan bekas jerawat sekaligus berfungsi sebagai suncreen

Salah satu produk idaman yang cocok dengan jenis kulit saya adalah COSRX Centella Blemish Cream. Krim ini menjadi andalan saya karena ampuh mengatasi jerawat aktif dan menghilangkan bekasnya. Saya juga menyukai produk ini lantaran terbuat dari bahan alami yang aman untuk kulit sensitif.

Kandungan utama krim ini adalah Centella asiatica atau dikenal dengan sebutan pegagan. Pegagan telah dikenal sebagai tanaman yang banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Triterpenoid dan sapoins pada pegagan berfungsi sebagai antiinflamasi yang mampu menyembuhkan luka akibat jerawat.

Menariknya, COSRX Centella Blemish Cream juga diperkaya Zinc oxide. Zat tersebut dapat berperan sebagai sun protection lengkap dari sinar UVA dan UVB.

Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel 

Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.900

Produk lokal yang ampuh untuk menyembuhkan sekaligus mengurangi kemerahan akibat jerawat

Obat jerawat pertama yang saya gunakan adalah Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel. Meski produk lokal, brand Wardah memang memiliki banyak produk yang dapat diandalkan, seperti produk ini.

Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel mengandung bahan aktif yang mampu menyerap minyak berlebih. Hal itu sangat membantu dalam menyembuhkan serta mengurangi kemerahan akibat jerawat. Selain itu, gel ini juga dapat mendinginkan, menyegarkan, dan menghaluskan kulit.

Produk ini bekerja dengan baik pada kulit saya. Jerawat saya mulai menghilang setelah penggunaan 7 - 10 hari. Kelebihan lain yang dimiliki Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel adalah harganya yang terjangkau. Selain itu, produk ini juga mudah didapatkan melalui minimarket, supermarket, maupun online shop.

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream 

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 28.500

Witch hazel extract-nya membantu melembutkan wajah

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream ini cocok untuk kalian yang memiliki kulit wajah sensitif dan berjerawat. Serum ini berbentuk krim yang dapat digunakan pada acne spot atau seluruh area wajah. Produk yang terbukti hypoallergenic ini mampu mengurangi iritasi serta menyamarkan acne spot.

Serum Cream ini mengandung zinc dan witch hazel extract yang mampu membunuh bakteri jerawat. Selain itu, ia juga mengandung bahan yang dapat memperbaiki tekstur kulit bekas jerawat. Pemakaiannya bisa dilakukan kapan pun kalian ingin. Hanya saja, krim ini sedikit meninggalkan rasa lengket bila dipakai di siang hari.

Kesimpulan

Demikian tujuh produk skincare yang mampu mengatasi masalah jerawat di wajah saya. Produk-produk tersebut mampu melawan beruntusan, jerawat aktif, hingga bekas jerawat. Namun, bukan berarti saya menggunakan semua skincare ini dalam satu waktu, ya. Saya menggunakan produk tersebut sesuai dengan jenis jerawat dan kondisi kulit wajah saya saat itu.

Kondisi kulit sangat dipengaruhi oleh faktor usia, hormonal, lingkungan, serta pola hidup. Oleh sebab itu, bukan berarti produk yang cocok saat ini akan efektif saat digunakan di kemudian hari. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian, ya.