7  Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

7 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Creator Image
Cici Desri
Parenials lifestyle blogger & voice over talent
  • Nature Republic
    Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel


    Cici Desri

    Sejak dahulu, lidah buaya dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah sebagai antiinflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan akibat jerawat. Kandungan vitamin dan mineralnya juga banyak dimanfaatkan oleh brand kosmetik, seperti Nature Republic. Saya merekomendasikan produk dari Nature Republic karena memiliki kandungan lidah buaya sebanyak 92%. Aromanya sangat lembut sehingga nyaman ketika diaplikasikan. 

    Produk ini juga bagus digunakan pada calon jerawat atau beruntusan. Kandungan antibakteri di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan Soothing Gel ini sebelum tidur saat mendapati calon jerawat atau jerawat yang baru tumbuh. Keesokan harinya, jerawat kecil atau beruntusan tersebut akan mengering, tidak membesar, apalagi meradang. Saya sudah menggunakan produk ini selama dua tahun dan merasakan manfaatnya, terutama untuk mengusir jerawat.
  • The Ordinary
    Niacinamide 10% + Zinc 1%


    Cici Desri

    Saya mulai tertarik dengan produk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% karena diklaim mampu mencerahkan wajah. Maklum, jenis kulit saya yang berminyak dan mudah berjerawat membuat wajah terlihat kusam. Selain itu, saya juga merasa terganggu dengan bekas jerawat di wajah. 

    Sesuai namanya, produk ini mengandung niacinamide, jenis vitamin B3 yang banyak digunakan di dalam produk kecantikan. Niacinamide ini berfungsi untuk mengontrol produksi minyak, menyamarkan bekas jerawat, melembapkan, serta mencerahkan wajah. Sementara itu, kandungan zinc-nya berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang mencegah timbulnya jerawat. Karena itulah, saya yakin produk ini akan cocok di wajah saya. 

    Agar bisa meredam jerawat dengan maksimal, saya mengombinasikan penggunaan produk Nature Republic dan The Ordinary setiap malam. Caranya, bersihkan wajah sebelum tidur, aplikasikan produk The Ordinary, kemudian oleskan produk Nature Republic. Hasilnya, jerawat akan terlihat mengering keesokan harinya. 

    Saya merasakan hasil yang signifikan setelah menggunakan produk ini selama enam bulan. Meski jerawat hormonal sesekali muncul, secara umum jerawat saya jauh berkurang. Wajah saya pun menjadi lebih bersih dan cerah. Namun, hasil yang didapat tentu akan akan tergantung kondisi kulit masih-masing.
  • Erha21
    Acne Care Lab Acne Spot Gel


    Cici Desri

    Dua produk yang saya rekomendasikan sebelumnya memang mampu mengatasi beruntusan dan jerawat kecil. Namun, kadang tidak cukup untuk meredam jerawat yang tumbuh hingga meradang, saat saya datang bulan. Jerawat tersebut biasanya akan tumbuh besar, merah, dan sakit. Untuk mengatasinya, saya biasanya menggunakan produk dari Erha21 ini. Untungnya, produk ini bisa dibeli secara online, klinik terdekat, maupun toko obat, tanpa resep dokter.

    Kandungan sulfur, BHA dan niacinamide di dalamnya ampuh mempercepat penyembuhan dan mengeringkan jerawat. Saya sendiri sudah mencobanya untuk jerawat aktif. Caranya, cukup oleskan produk ini pada acne spot tanpa harus diratakan ke seluruh permukaan wajah. Jerawat pun akan cepat mengering dan sembuh setelah pemakaian 3-7 hari secara rutin. 

    Selain itu, produk ini mampu mencegah hiperpigmentasi pada jerawat yang sudah kering. Tak hanya jerawat, bekasnya pun akan cepat minggat. Yang menarik, ujung kemasannya berbentuk corong yang dapat digunakan sebagai aplikator. Saya sangat terbantu saat mengaplikasikan pada titik jerawat berkat ujungnya yang unik ini.
  • The Body Shop
    Tea Tree Oil


    Cici Desri

    Untuk mendapat solusi yang tepat mengusir jerawat, sebaiknya kita mencari tahu dulu jenis kulit kita. Sebab, banyak obat jerawat yang mengandung bahan kimia yang cukup keras. Hal itu tak jarang menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, saya sendiri pun tidak pernah menggunakan krim jerawat pada seluruh wajah. Apalagi jika jerawat yang muncul hanya satu atau dua saja. 

    Salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan menggunakan produk berbahan tea tree oil. Sebab, tea tree oil mengandung antibakteri yang dapat mengurangi inflamasi akibat jerawat. Rekomendasi saya adalah Tea Tree Oil dari The Body Shop, produsen skincare yang dikenal selalu menggunakan bahan alami.

    Kalian bisa mencoba produk ini mulai dengan kemasan 10 ml atau 20 ml. Ulaskan Tea Tree Oil ini sedikit pada bagian wajah yang berjerawat. Dengan pemakaian teratur, wajah saya menjadi lebih bersih dan jerawat pun mulai menghilang.
  • COSRX
    Centella Blemish Cream


    Cici Desri

    Salah satu produk idaman yang cocok dengan jenis kulit saya adalah COSRX Centella Blemish Cream. Krim ini menjadi andalan saya karena ampuh mengatasi jerawat aktif dan menghilangkan bekasnya. Saya juga menyukai produk ini lantaran terbuat dari bahan alami yang aman untuk kulit sensitif.

    Kandungan utama krim ini adalah Centella asiatica atau dikenal dengan sebutan pegagan. Pegagan telah dikenal sebagai tanaman yang banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Triterpenoid dan sapoins pada pegagan berfungsi sebagai antiinflamasi yang mampu menyembuhkan luka akibat jerawat.Menariknya, COSRX Centella Blemish Cream juga diperkaya Zinc oxide. Zat tersebut dapat berperan sebagai sun protection lengkap dari sinar UVA dan UVB.
  • Wardah
    Acnederm Acne Spot Treatment Gel


    Cici Desri

    Obat jerawat pertama yang saya gunakan adalah Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel. Meski produk lokal, brand Wardah memang memiliki banyak produk yang dapat diandalkan, seperti produk ini. Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel mengandung bahan aktif yang mampu menyerap minyak berlebih. Hal itu sangat membantu dalam menyembuhkan serta mengurangi kemerahan akibat jerawat.
     Selain itu, gel ini juga dapat mendinginkan, menyegarkan, dan menghaluskan kulit. Produk ini bekerja dengan baik pada kulit saya. Jerawat saya mulai menghilang setelah penggunaan 7 - 10 hari. Kelebihan lain yang dimiliki Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel adalah harganya yang terjangkau. Selain itu, produk ini juga mudah didapatkan melalui minimarket, supermarket, maupun online shop.
  • Garnier
    Sensitive Anti-Acne Serum Cream


    Cici Desri

    Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream ini cocok untuk kalian yang memiliki kulit wajah sensitif dan berjerawat. Serum ini berbentuk krim yang dapat digunakan pada acne spot atau seluruh area wajah. Produk yang terbukti hypoallergenic ini mampu mengurangi iritasi serta menyamarkan acne spot.

    Serum Cream ini mengandung zinc dan witch hazel extract yang mampu membunuh bakteri jerawat. Selain itu, ia juga mengandung bahan yang dapat memperbaiki tekstur kulit bekas jerawat. Pemakaiannya bisa dilakukan kapan pun kalian ingin. Hanya saja, krim ini sedikit meninggalkan rasa lengket bila dipakai di siang hari.