9 Rekomendasi Produk Penunjang Olahraga dan Pembentukan Otot

9 Rekomendasi Produk Penunjang Olahraga dan Pembentukan Otot

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sebuah pepatah tentang pentingnya menjaga kesehatan, yang sudah sering kita dengar. Salah satu upaya mewujudkannya adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, kita juga bisa mengurangi stres dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bonusnya, otot-otot yang terlatih akan membuat tubuh kita terlihat lebih ideal.
Meski mengaku ingin memiliki tubuh sehat dengan bentuk ideal, masih banyak orang yang enggan berolahraga. Kesibukan dan sulitnya meluangkan waktu untuk pergi ke gym sering dijadikan kambing hitam. Padahal, dengan bantuan alat yang tepat, kita tidak perlu ke gym untuk olahraga dan membentuk otot. Pada artikel ini, saya akan merekomendasikan beberapa produk yang bisa kalian gunakan untuk membentuk tubuh yang bagus dan sehat.
Creator Image
Rizki Fran
Travel & lifestyle blogger
  • Cobra Labs The Curse!
    The Curse! The Ultimate Pre-Workout


    Rizki Fran

    Pertama, saya akan merekomendasikan suplemen pre-workout, yang banyak dikonsumsi guna menjaga stamina. Dari banyaknya produk yang dijual di pasaran, saya ingin merekomendasikan The Curse! The Ultimate Pre-Workout. Suplemen produksi Cobra Labs ini telah saya buktikan mampu meningkatkan power dan stamina. Latihan kita pun akan semakin efektif dan intens.
    Menariknya lagi, suplemen pre-workout ini tidak mengandung filler maupun booster. Jadi, produk ini aman dikonsumsi oleh kalian yang sensitif terhadap kafeina sekalipun. Untuk mengonsumsinya, kalian cukup melarutkan satu atau dua scoop produk ini dengan segelas air. Minumlah 30 menit sebelum latihan agar hasilnya maksimal.
  • TRX
    Tactical Gym


    Rizki Fran

    Bagi kalian yang ingin melatih kekuatan otot sekaligus mengurangi kadar lemak, tali-tali ini bisa dijadikan pilihan. TRX Tactical Gym adalah alat bantu olahraga total body resistance exercise. Olahraga yang memanfaatkan massa tubuh kita sebagai beban untuk melatih otot. Dengan bantuan alat ini, kalian bisa melatih otot perut, kaki, bahkan melakukan latihan cardio.
    Produk ini dilengkapi buku petunjuk serta dua DVD, yang berisi panduan gerakan-gerakan efektif untuk melatih otot yang diinginkan. Gerakan-gerakan tersebut bisa kalian lakukan di dalam maupun luar ruangan.

    TRX Tactical Gym ini dikemas dengan pouch yang ringkas dan praktis dibawa-bawa. Jadi, kalian bisa tetap melakukan exercise ketika travelling sekalipun. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan latihan tiga kali seminggu dengan durasi minimal 45 menit.
  • Kettler
    Balance Step


    Rizki Fran

    Setiap orang pasti menginginkan perut yang rata dan kencang. Sayangnya, masih banyak yang patah semangat dan menganggap bahwa melatih otot perut itu sulit. Sebagai solusinya, saya ingin merekomendasikan Kettler Balance Step, atau lebih dikenal dengan nama bosu ball ini. Bosu ball akan membuat latihan otot perut menjadi lebih mudah.
    Sebenarnya, Kettler Balance Step adalah alat sederhana untuk melatih keseimbangan. Tidak ada panduan khusus untuk menggunakannya. Namun, bila ingin melatih otot perut, kalian bisa memakainya sebagai tumpuan saat melakukan sit up.

    Caranya, duduklah di atas bola ini dan lakukan sit up seperti biasa. Gerakan sit up dengan bantuan bosu ball akan lebih efektif dibandingkan dengan sit up biasa. Sebab, kita akan dipaksa menjaga keseimbangan sehingga menstimulasi otot perut samping. Tumpuan bosu ball juga memungkinkan kita merenggangkan otot perut dan punggung dengan maksimal saat posisi telentang.

    Selain otot perut, bosu ball ini juga efektif untuk melatih otot yang lain. Misal, kalian bisa membaliknya dan menjadikan tumpuan saat melakukan push up. Kalian juga bisa memanfaatkannya untuk melatih gerakan cardio atau senam. Kettler Balance Step akan membuat latihan kalian lebih efektif dan maksimal.
  • Smai
    Foam Roller - Grid


    Rizki Fran

    Pernahkah kalian merasa pegal atau nyeri otot setelah melakukan latihan? Saya sering. Terutama pegal pada otot punggung yang sulit dihilangkan. Sebenarnya, pegal atau nyeri otot bisa dicegah dengan melakukan pemanasan dan pendinginan dengan benar. Namun, pada otot-otot tertentu, seperti punggung, pendinginan memang sulit dilakukan.

    Sebagai solusinya, saya ingin merekomendasikan Smai Foam Roller - Grid yang bisa kalian gunakan saat pendinginan. Produk ini memiliki tekstur unik yang mampu melenturkan otot hingga jauh ke dalam jaringan lunak. Dengan demikian, aliran darah akan lebih lancar dan mempercepat proses pemulihan.

    Cara menggunakannya pun mudah. Misal, saat ingin mengendurkan otot punggung, kalian cukup meletakkan alat ini di lantai dan berbaring di atasnya. Kemudian, gerakan tubuh kalian naik turun. Gerigi pada permukaan Smai Foam Roller ini akan "memijat" dan melemaskan otot punggung kalian. Kalian juga bisa menggunakannya pada bagian tubuh yang lain seperti betis atau lengan atas.
  • Kettler
    Power Band


    Rizki Fran

    Selanjutnya, saya ingin merekomendasikan Kettler Power Band, tali pita elastis untuk membantu membangun otot tubuh. Produk ini bisa membuat kita merasakan manfaat latihan angkat beban tanpa menggunakan barbel. Kalian bisa menggunakannya untuk melatih otot biceps, triceps, bahu, dan dada.
    Penggunaannya pun sangat mudah. Untuk melatih otot biceps, injak bagian tengah Power Band, kemudian tarik ujungnya menggunakan tangan. Lakukan gerakan naik turun seolah sedang menggunakan barbel. Gaya pegas pada pita elastis ini berfungsi sebagai pemberat. Berat beban bisa kalian sesuaikan dengan mengatur panjang tali yang ditarik. Panduan gerakan untuk melatih otot lain bisa kalian lihat di Youtube.

    Saya memilih Power Band dari Kettler ini karena terbuat dari tali elastis yang kuat dan berkualitas tinggi. Bentuknya juga sangat ringkas dan praktis untuk dibawa-bawa. Produk ini menjadi pilihan yang tepat saat kita tidak sempat pergi ke gym. Selain melatih otot, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan stretching.
  • Soul
    Run Free Pro HD


    Rizki Fran

    Mendengarkan musik adalah salah satu cara saya menjaga semangat ketika berolahraga. Biasanya, saya memutar playlist di ponsel, menggunakan earphone Soul Run Free Pro HD.
    Saya menyukai earphone ini karena bentuknya modis dan wireless. Earphone ini menggunakan sambungan Bluetooth sehingga kita tidak akan diribetkan oleh kabel ketika berolahraga. Produk ini juga tahan air dan bahkan bisa dicuci. Jadi, kita bisa menjaganya selalu dalam keadaan bersih.

    Kualitas suaranya pun tidak usah diragukan lagi. Earphone ini menggunakan teknologi Apt-X Stereo yang menghasilkan performa audio terbaik. Produk ini juga memiliki mode handsfree yang memungkinkan kita menerima panggilan. Teknologi empat mikrofonnya mampu mengurangi distorsi akibat angin sehingga suara kita akan terdengar lebih jernih.
  • BPI Sports
    Bulk Muscle XL


    Rizki Fran

    Bagi kalian yang ingin menaikkan berat badan, kalian harus memperhatikan massa otot. Salah satu cara untuk menaikkan massa otot adalah dengan mengonsumsi susu whey protein. Dari sekian banyak merek susu whey protein yang ada di pasaran, saya merekomendasikan BPI Sports Bulk Muscle XL.
    Dalam satu porsi sajiannya, produk ini mengandung 50 gram protein berkualitas tinggi dengan 820 kalori. Produk ini juga diperkaya dengan CLA yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh membakar lemak. Kandungan BCAA-nya akan membantu kita menaikkan massa otot. Untuk hasil maksimal, minumlah susu ini sebelum dan setelah latihan.
  • Adidas
    Alphabounce EM Shoes


    Rizki Fran

    Sepatu adalah salah satu item yang cukup penting dalam berolahraga. Pemilihan sepatu yang tepat akan memengaruhi kenyamanan serta menghindarkan kita dari cedera. Saya sendiri memilih Adidas Alphabounce EM Shoes untuk menemani saya berolahraga.
    Sepatu ini menggunakan teknologi Midsole Bounce, yang menjadikannya sangat empuk dan fleksibel. Bagian atasnya terbuat dari bahan engineered mesh dengan konstruksi sock-like yang membantu melancarkan sirkulasi udara. Dengan demikian, kaki akan tetap nyaman dan tidak cepat gerah meski berolahraga dalam durasi yang lama.

    Selain itu, saya juga menyukai desainnya yang sangat modis. Jadi, tidak hanya untuk workout atau lari, sepatu ini juga cocok digunakan untuk hang out bersama teman-teman.
  • Adidas
    Climacool Tee


    Rizki Fran

    Pakaian juga merupakan item penunjang penting dalam berolahraga. Apalagi bila kalian gemar berlatih outdoor atau olahraga yang sangat menguras keringat. Salah satu outfit olahraga yang bisa dijadikan pilihan adalah Adidas Climacool Tee ini.
    Baju dari Adidas ini memiliki ventilasi Climacool, yang akan membuat kita tetap merasa sejuk saat berolahraga. Bahannya mampu menyerap keringat dengan baik dan sangat mudah kering. Dengan menggunakan kaos ini, kita akan tetap merasa nyaman, meski berlatih di bawah cuaca yang terik sekalipun.