9 Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Kelahiran Bayi Rekomendasi Mommy Blogger Ira DuniaBiza

Content writer & mommy blogger Ira Guslina DuniaBiza
Content writer & mommy blogger
Ira Guslina DuniaBiza
Seorang content writer dan mommy blogger yang gemar bercerita dan menulis. Ibu dari Bintang, Zizi dan Arsyad (BiZA) ini rajin menuliskan pengalaman mendidik ketiga buah hatinya di blog duniabiza.com. Ia juga terus belajar agar bisa mendampingi tumbuh kembang putra dan putrinya.
Momen kelahiran si kecil merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu, tak terkecuali bagi saya. Menyambut kehadiran buah hati ke dunia, membuat perasaan saya menjadi campur aduk. Ada perasaan bahagia, cemas, haru, dan penuh pengharapan. Apalagi ketika saya sedang menanti lahirnya anak pertama.

Sebagai orang tua tentu saja saya ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil. Seperti para ibu lainnya, saya mulai mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi beberapa bulan sebelumnya. Nah, apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan saat menyambut si kecil lahir ke dunia? Yuk, intip sembilan perlengkapan yang harus Ibu persiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil berikut ini.

Produk pilihan Ira Guslina DuniaBiza

Fluffy Baby Wear Fluffy Onyx Newborn Baby Set 

Fluffy Baby Wear Fluffy Onyx Newborn Baby Set

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 289.000

Modelnya beragam dalam satu paket lengkap

Memilih baju bayi tentu saja berbeda dengan memilih baju untuk orang dewasa. Kulit bayi yang sangat halus dan lembut membuat mereka membutuhkan baju berbahan halus dan lembut. Selain itu, si kecil juga butuh bahan yang aman agar tidak mudah memancing iritasi.

Fluffy Baby Wear Fluffy Onyx Newborn Baby Set ini memiliki bahan yang sangat lembut. Selain lembut, saya memilih pakaian bayi ini karena permukaan berporinya yang sangat baik untuk menyerap keringat. Dengan begitu, kulit halus si kecil pun tidak mudah terkena biang keringat.

Produk ini memiliki berbagai varian bentuk dan warna menarik, yang membuat si kecil terlihat lebih ceria dan menggemaskan. Baju atasan yang ditawarkan tak hanya baju lengan panjang, tetapi juga baju lengan pendek dan baju kutung. Sementara itu, celana bayinya terdiri dari celana panjang, celana panjang tertutup, dan celana pendek. Paket pakaian bayi ini pas untuk kebutuhan bayi dengan berbagai kondisi.

Orin Baby Singlet 

Orin Baby Singlet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.000

Mampu mencegah biang keringat dan iritasi kulit

Kaos dalam atau singlet merupakan perlengkapan selanjutnya yang wajib dipersiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil. Kaos dalam berfungsi untuk menyerap keringat serta untuk mencegah si kecil dari masuk angin karena terpapar dengan udara secara langsung.

Dalam memilih kaos dalam, pilihlah bahan yang lembut dan menyerap keringat agar si kecil terhindar dari biang keringat. Bahan yang lembut juga dapat mencegah kulit si kecil dari iritasi. Apalagi kaos dalam merupakan kain yang akan menempel langsung pada kulit si kecil yang halus.

Saya memilih Orin Baby Singlet karena bahannya yang lembut dan dapat menyerap keringat. Saya pun tak perlu khawatir si kecil akan terkena biang keringat. Saya menyarankan untuk menyediakan Orin Baby Singlet ini minimal satu lusin atau dua belas lembar.

Goon Excellent Dry Tape NB48 

Goon Excellent Dry Tape NB48

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 88.000

Pantat bayi akan tetap kering dan nyaman dalam waktu lama

Penggunaan popok kain memang membuat pantat bayi sering basah dan membuat Ibu harus menggantinya setiap saat. Oleh karena itu, saya selalu menyediakan popok sekali pakai untuk ketiga buah hati tercinta. Selain praktis, pantat si kecil juga tetap kering sehingga nyaman digunakan sepanjang hari. Produk popok sekali pakai pilihan saya ini jatuh pada GOO.N Excellent Dry Tape NB48.

Setelah mencoba beberapa merek, popok GOO.N selalu menjadi pilihan saya karena menggunakan breathable backsheet yang berpori. Berkat kelebihannya ini, pantat bayi bisa kering lebih lama. Namun, hal yang paling saya sukai adalah popok ini memiliki teknologi Pee Lock System, yang mampu menyerap pipis dengan baik.

Untuk bayi baru lahir, saya sarankan juga untuk menggunakan popok sekali pakai dengan model tape. Hal ini dapat memudahkan Ibu saat mengganti popok sekali pakai. Elastic tape pada popok GOO.N yang elastis dan fleksibel mengikuti bentuk perut bayi ini dijamin akan membuat bayi merasa lebih nyaman.

BabyDoes Baby Box 1711 

BabyDoes Baby Box 1711

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 700.000

Tak perlu khawatir bayi rewel dengan beragam fungsi dari ranjang bayi ini

Menurut saya, ranjang bayi merupakan benda penting yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil. Meletakkan bayi di boks atau ranjang khusus bayi akan membuat si kecil menjadi lebih aman dan nyaman. Si kecil bisa terjaga dari berbagai hal yang mungkin membahayakannya, seperti jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Dengan demikian, orang tua pun bisa menjadi lebih tenang.

Saya menyukai produk ini karena boks ini memiliki fungsi yang lengkap. Produk ini sudah dilengkapi dengan kelambu yang bisa dibuka dan ditutup, serta terdapat area kecil yang bisa digunakan untuk mengganti popok bayi. Selain itu, boks ini juga dilengkapi dengan satu buah roda di bagian bawahnya, yang bisa di-setting untuk diayun ke kiri dan ke kanan. Jika bayi menangis, orang tua bisa mengayun pelan agar si kecil kembali merasa nyaman.

Boks dari Babydoes ini juga bisa digunakan untuk waktu lama karena memiliki dua sisi. Ketika bayi masih kecil, orang tua bisa meletakkan kasur di bagian tengah. Kemudian, saat si kecil mulai besar, kasurnya bisa dipindah ke lantai bawah sehingga si kecil punya ranjang sendiri yang bisa dimasuki dari pintu samping.

CottonTree Bear Brown 

CottonTree Bear Brown

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 80.000

Berfungsi ganda, praktis!

Perlengkapan lainnya yang wajib disediakan untuk bayi adalah handuk mandi. Agar si kecil tetap merasa nyaman, saya selalu menyediakan handuk yang lembut. Pilihan saya jatuh pada CottonTree yaitu handuk merek Jepang yang memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda.

Sisi bagian atas adalah sisi yang sangat lembut sehingga ideal digunakan untuk melindungi bayi dengan kulit sensitif. Sedangkan bagian bawah memiliki daya serap yang lebih besar seperti kasa sehingga lebih cepat mengeringkan kulit bayi setelah mandi. Untuk perawatannya, saya biasa mencuci handuk ini dengan tangan atau mesin cuci. Namun, saya menyarankan untuk menghindari mencuci dengan pemutih atau detergen yang mengandung fluorescent.

Intime Baby Bath Tub 

 Intime Baby Bath Tub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 104.000

Tak perlu takut bayi kesakitan karena terbuat dari bahan yang lembut

Salah satu aktivitas yang bakal sering dilakukan si kecil adalah mandi. Saat berumur di bawah enam bulan, bayi perlu berada dalam kondisi bersih dan segar agar terhindar dari penyakit. Selain itu, dengan mandi bayi juga akan menjadi lebih nyaman sehingga tidak mudah rewel. Agar aktivitas mandi menjadi menyenangkan, maka orang tua perlu menciptakan suasana yang segar dan nyaman pula. Salah satunya adalah dengan menyediakan bak mandi lucu dan nyaman serta memancing kreativitas si kecil.

Nah, untuk urusan bak mandi ini, saya merekomendasikan paket Intime Baby Bath Tub. Bak mandi bayi ini dibuat dari bahan yang lembut sehingga tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain itu, bayi juga lebih nyaman ketika duduk di dalamnya. Saya jadi tidak perlu takut tubuh bayi akan kesakitan atau tergelincir. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan pompa sehingga memudahkan para orang tua untuk pengisian angin.

Dialogue Baby Gendongan Bayi Samping Saku + Celemek Menyusui Cute Series DGG-4127 

Dialogue Baby Gendongan Bayi Samping Saku + Celemek Menyusui Cute Series DGG-4127

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 181.700

Gendongan yang bikin ibu dan si kecil makin lengket

Manakah yang lebih nyaman, menggendong bayi dengan gendongan samping atau dengan gendongan depan? Kalau menurut saya, untuk bayi di bawah enam bulan tetap lebih nyaman menggunakan gendongan samping. Meskipun beberapa jenis gendongan depan atau baby carrier kini juga dilengkapi dengan insert untuk membantu agar bayi bisa digendong samping, tetapi gendongan samping tetap terasa lebih nyaman.

Pada usia di bawah enam bulan, bayi biasanya belum terlalu kuat untuk duduk atau menyangga tubuhnya sendiri untuk waktu lama. Walaupun di negara lain bayi sudah bisa digendong duduk sejak kecil sekali, tetapi kebiasaan di Indonesia sedikit berbeda. Biasanya para orang tua baru akan nyaman menggendong bayi dalam posisi duduk ketika si kecil sudah berusia di atas empat bulan, atau saat bayi sudah kuat mengangkat dan menyangga kepalanya.

Untuk keperluan gendongan samping saya merekomendasikan produk Dialogue DGG 4127. Produk ini terbuat dari bahan yang lembut, serta memiliki pengaturan posisi penggendongan yang fleksibel. Motif gendongan samping Dialogue juga lucu dengan variasi warna yang beragam. Membeli online menjadi lebih asyik karena biasanya toko menyediakan bonus celemek menyusui yang bisa digunakan untuk menutupi posisi bayi saat Ibu menyusui.

Baju Kostum Bayi Karakter Panda 

Baju Kostum Bayi Karakter Panda

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 195.000

Sahabat si kecil teman perjalanan

Saat si kecil sudah berusia dua minggu lebih biasanya baik bayi maupun ibu kondisinya sudah mulai membaik. Selain itu, banyak ibu biasanya membutuhkan jalan-jalan kecil atau bersantai ke luar ruangan untuk menyegarkan suasana setelah melahirkan. Nah, ketika bayi sudah mulai sering diajak ke luar rumah, maka jumpsuit menjadi kebutuhan bayi yang tak bisa ditinggalkan.

Selain akan membuat bayi terlihat lucu, memakaikan jumpsuit pada bayi juga akan lebih melindungi bayi. Ada banyak motif dan warna jumpsuit untuk bayi yang bisa dipilih. Salah satu motif yang sering dicari adalah jumpsuit animal for newborn baby.

Ketika memilih jumpsuit, sebaiknya jangan hanya terpaku pada motifnya saja, tetapi perhatikan juga bahannya agar si kecil tetap nyaman. Bagaimanapun hal yang paling penting dan utama adalah kenyamanan si kecil agar ia bisa tetap bebas bergerak.

Sugar Baby 10-in-1 Premium Rocker Little Owl  

Sugar Baby 10-in-1 Premium Rocker Little Owl

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Teman bermain bayi yang bikin nyaman

Menciptakan suasana yang bisa membuat si kecil nyaman sepanjang waktu adalah hal mutlak bagi para orang tua yang memiliki bayi. Karena itu, penting untuk menyiapkan berbagai keperluan yang bisa membuat si kecil anteng.

Saat si kecil sedang terbangun biasanya ia memerlukan aktivitas agar bisa melatih kreativitas dan daya imajinasinya. Selain itu, jika si kecil aktif dan sibuk, biasanya akan menghindarkan ia dari kebosanan sehingga tak mudah rewel. Agar si kecil tumbuh ceria dan aktif, orang tua bisa menyiapkan aneka permainan edukatif yang bisa merangsang saraf dan indera si kecil, seperti bouncer dari Sugar Baby ini.

Selain untuk merangsang pertumbuhan otak si kecil, bouncer ini dirancang sebagai ayunan serta dapat diaplikasikan sebagai kursi dengan getaran menenangkan. Bayi bisa bermain sambil melatih saraf motoriknya dengan mainan yang digantung di atasnya. Hal yang membuat bouncer ini menjadi rekomendasi saya adalah karena produk ini memiliki safety belt dan dilengkapi bantal. Selain itu, produk ini juga sudah dilengkapi dengan canopy untuk melindungi bayi dari cahaya terang sinar matahari.

Kesimpulan

Membeli perlengkapan untuk kelahiran bayi memang sangat menyenangkan. Apalagi, produk yang dijual di toko perlengkapan bayi rata-rata memiliki desain yang lucu. Hal itu sering membuat para ibu lepas kendali saat berbelanja. Meskipun desainnya menggemaskan, yang wajib Ibu perhatikan tentu saja fungsi dari barang tersebut.

Sebagai orang tua, kita juga perlu memahami bahwa perlengkapan bayi masa kini juga sudah jauh berbeda dengan perlengkapan bayi zaman dulu. Semoga produk yang saya rekomendasikan ini bisa bermanfaat untuk para ibu yang sedang mempersiapkan barang-barang untuk menyambut kelahiran si kecil. Selamat berburu perlengkapan, ya!