9 Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan untuk Haji dan Umrah Rekomendasi Lifestyle Blogger Alida

Lifestyle blogger & journalist Rach Alida Bahaweres
Lifestyle blogger & journalist
Rach Alida Bahaweres
Seorang jurnalis yang juga aktif menulis di blog www.lidbahaweres.com. Perempuan yang memiliki hobi menulis dan membaca ini sering terinspirasi dengan tulisan-tulisan yang berdasarkan kisah nyata. Selain itu, Alida juga senang memasak, menonton film atau drama, serta mendengarkan musik.
Perjalanan haji dan umrah adalah perjalanan ibadah yang sangat diinginkan oleh setiap muslim. Agar kita bisa beribadah dengan khusyuk, penting bagi kita untuk menyiapkan perlengkapan yang nyaman. Sebelum berangkat umrah, saya selalu mencari informasi tentang perlengkapan umrah yang tidak ribet. Kemudian, saya mencatat dengan detail apa saja yang perlu dibawa.

Perlengkapan yang diperlukan untuk melaksanakan haji dan umrah pada dasarnya sama. Yang membedakan hanyalah jumlah yang diperlukannya. Dua kali melaksanakan umrah, saya meyakini bahwa kita benar-benar harus teliti mempertimbangkan jumlah bawaan. Terlalu banyak barang bawaan malah akan membuat kita kerepotan. Berbekal pengalaman tersebut, saya ingin merekomendasikan perlengkapan haji dan umrah yang sebaiknya dibawa.

Produk pilihan Rach Alida Bahaweres

Gamis Ihrom Putih 

Gamis Ihrom Putih

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 274.000

Praktis, nyaman, dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh

Ketika melakukan perjalanan ibadah umrah, saya selalu membawa gamis. Sebab, gamis sangat nyaman digunakan saat umrah dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Sebetulnya, ada juga pakaian umrah berupa tunik yang dipadu dengan celana panjang. Namun, saya lebih memilih memakai gamis karena lebih praktis.

Saya sendiri memilih gamis yang terbuat dari katun paris ini. Bahannya dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak mudah kusut. Hal ini sangat penting karena kita pasti tidak bisa mencucinya ke laundry. Terdapat bukaan ritsleting di bagian dada hingga leher sehingga bisa digunakan oleh ibu menyusui. Aksen renda di bagian tengahnya mempercantik penampilan gamis ini. Oh ya, gamis ini dilapisi full furing sehingga tidak perlu khawatir akan menerawang.

Selain gamis berwarna putih, saya juga biasanya membawa gamis berwarna netral lain. Misalnya, hitam, abu-abu, dan cokelat. Selain simpel, warna-warna tersebut juga lebih nyaman digunakan di udara yang panas. Satu tips dari saya, hindari penggunaan gamis yang merumbai-rumbai. Selain ribet, gamis dengan model seperti itu juga akan membuat kita gerah.

Tazkia Collection Mukena Plain Navy 

Tazkia Collection Mukena Plain Navy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 157.000

Terbuat dari katun rayon yang lembut dan adem

Saat haji atau umrah, saya sarankan untuk tetap membawa perlengkapan salat, yakni mukena dan sajadah. Untuk mukena, yang sering terpakai sebenarnya hanya bagian atas saja. Sebab, bagian bawah sudah tertutupi sempurna oleh gamis. Sama halnya seperti gamis, pilihlah mukena yang nyaman digunakan.

Saya sendiri memakai mukena dari Tazkia Collection yang terbuat dari bahan katun rayon. Bahannya lembut dan adem sehingga nyaman dikenakan. Saya sengaja memilih model yang simpel dan tidak terlalu banyak hiasannya agar tidak ribet. Mukena ini sudah dilengkapi tas kecil yang praktis untuk dibawa-bawa. Selain warna Navy, Plain Mukena dari Tazkia ini tersedia dalam warna Red, Stone, Dark Grey, Dusty Pink, dan Khaki Muda.

Sajadah Tas 

Sajadah Tas

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 25.000

Kainnya tipis dan ringkas, dilengkapi tas kecil yang praktis

Walaupun di masjid telah disediakan sajadah, ada baiknya kita tetap membawa sajadah sendiri. Selain lebih bersih, sajadah ini sangat berguna bila kita terpaksa salat di pelataran akibat masjid penuh sesak. Sajadah andalan yang selalu saya bawa-bawa adalah sajadah kain tipis ini.

Sebenarnya, saya mendapatkan sajadah ini sebagai oleh-oleh dari teman yang pulang umrah. Kainnya halus, dengan hiasan ornamen India yang cantik. Konon, sajadah ini memang buatan India. Yang paling saya suka, kainnya tipis dan sangat ringkas. Sajadah ini juga dilengkapi dengan tas kecil yang sangat praktis dibawa-bawa.

Oh ya, sekarang ini sudah ada juga sajadah sandar yang tebal dan nyaman. Dengan sajadah itu, kita tidak perlu lagi khawatir sakit punggung meski kelamaan duduk mengaji. Hanya saja, sajadah sandar ukurannya lumayan besar sehingga tidak praktis untuk dibawa-bawa.

Soka Wudhu Kaos Kaki  

Soka Wudhu Kaos Kaki

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 13.900

Wudu menjadi lebih praktis, tanpa harus membuka kaos kaki

Kaos kaki ini menurut saya wajib dibawa saat umrah atau haji. Selain menutup aurat, kaos kaki berguna untuk melindungi kaki kita dari debu dan paparan sinar matahari. Agar tidak ribet saat berwudu, saya membawa kaos kaki Wudhu dari Soka ini.

Kaos kaki ini memiliki lubang yang dilengkapi penutup di bagian ujungnya. Jadi, kita tidak perlu repot-repot membuka kaos kaki saat mencuci kaki. Bahannya terbuat dari nilon spandeks yang sangat elastis dan nyaman. Varian warnanya ada banyak, mulai dari warna netral, hingga warna pastel yang manis. Karena kaos kaki sangat mudah kotor, sebaiknya kalian membawa banyak cadangan. Saya sendiri membawa tujuh pasang kaos kaki saat pergi umrah.

Masker Spon  

Masker Spon

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 8.000

Mencegah debu dan virus masuk ke tubuh kita

Seperti yang kita ketahui, Mekah adalah kota yang berada di padang pasir. Banyak sekali debu beterbangan yang berpotensi mengganggu kesehatan kita. Ditambah lagi, kota itu dikunjungi oleh muslim dari seluruh dunia yang mungkin saja membawa virus. Karena itulah, saya menyarankan untuk selalu memakai masker untuk menjaga kesehatan kita.

Masker yang saya gunakan ketika umrah adalah yang terbuat dari kain, seperti produk ini. Karena terbuat dari kain, kita bisa mencucinya ketika kotor dan dipakai kembali. Selain virus dan debu, masker ini juga berguna untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Saya memilih masker kain ini karena lebih ramah lingkungan. Namun, bila lebih nyaman menggunakan masker yang sekali pakai, kalian bisa memilih masker yang terbuat dari kertas.

Nabawi Kain Ihram 

Nabawi Kain Ihram

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 157.000

Bahannya tebal dan mudah menyerap keringat

Saat menunaikan ibadah haji atau umrah, laki-laki tidak boleh memakai pakaian yang berjahit. Laki-laki hanya diperkenankan memakai kain ihram, yang berupa dua helai kain berwarna putih. Meski kain ihram ini banyak dijual di Mekah atau Madinah, sebaiknya kita membawa dari tanah air. Dengan demikian, saat tiba di sana kita tidak perlu ribet lagi dan bisa fokus beribadah.

Saya menyarankan untuk memakai kain ihram yang terbuat dari bahan handuk. Selain tebal, bahan handuk juga sangat mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai. Untuk umrah, kita cukup membawa kain ihram sepasang atau dua helai saja. Namun untuk haji, sebaiknya kita membawa dua hingga tiga pasang kain umrah.

Eiger Caldera 

Eiger Caldera

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 245.000

Ringan dipakai dan sangat awet!

Alas kaki juga merupakan peralatan penting yang harus dipersiapkan saat hendak berangkat haji atau umrah. Saat haji atau umrah, kita akan banyak berjalan kaki. Pemilihan alas kaki yang tepat akan sangat memengaruhi kenyamanan kita.

Saat ini sudah banyak dijual sandal khusus untuk haji dan umrah. Biasanya, sandal tersebut memiliki tali belakang dan berwarna putih. Saya sendiri memilih menggunakan sandal gunung dari Eiger. Sandal ini sangat ringan sehingga nyaman dipakai saat tawaf. Saat ditenteng pun, sandal ini sama sekali tidak berat. Selain ringan, saya menyukai sandal Eiger ini karena sangat awet. Saya membeli sandal Eiger ini pada tahun 2016 dan masih awet sampai sekarang.

Wardah Paket Haji dan Umrah 

Wardah Paket Haji dan Umrah

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 138.000

Tidak mengandung wewangian sama sekali sehingga aman digunakan ketika haji atau umrah

Seperti kita ketahui, kita tidak boleh memakai wewangian saat melaksanakan haji atau umrah. Jujur saja, mencari produk toiletries yang tidak mengandung wewangian itu cukup sulit. Karena itu, ketika mengetahui Wardah mengeluarkan paket toiletries khusus untuk haji dan umrah, saya langsung membelinya.

Wardah Paket Haji dan Umrah berisi perawatan tubuh dan wajah yang sangat lengkap. Isinya terdiri dari sampo, sabun mandi, pelembap wajah, serta deodoran. Tentu saja, semua bebas wewangian. Semua produk tersebut berukuran travelling size yang sangat pas dengan durasi haji atau umrah. Paket toiletries ini dikemas dalam pouch cantik yang praktis dan ringkas.

ACMIC C10Pro Gen 2 | 10000mAh Power Bank  

ACMIC C10Pro Gen 2 | 10000mAh Power Bank

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 225.000

Jangan biarkan kehabisan baterai ponsel menjadi hambatan komunikasi

Perjalanan haji atau umrah membuat kita harus meninggalkan keluarga di tanah air untuk beberapa waktu. Agar komunikasi tetap lancar dan tidak terganggu dengan kehabisan baterai ponsel, sebaiknya kita membawa power bank. Hal ini penting mengingat seringnya kita tidak berada di hotel sehingga tidak sempat mengisi baterai ponsel.

Power bank yang saya bawa ketika umrah adalah ACMIC C10Pro Gen 2 | 10000mAh Power Bank. Ukurannya sebesar telapak tangan dengan bobot yang ringan sehingga tidak menyulitkan ketika dibawa bepergian selama di tanah suci. Proses isi ulangnya juga sangat cepat. Selain itu, power bank ini juga dilengkapi dengan dua USB port sehingga kita bisa mengecas dua ponsel sekaligus.

Kesimpulan

Demikian perlengkapan haji dan umrah rekomendasi saya. Semoga bisa membantu kalian yang sedang merencanakan untuk pergi ke tanah suci. Tidak perlu memaksakan untuk membeli semua perlengkapan baru atau yang harganya mahal. Kita juga bisa memanfaatkan perlengkapan yang sudah ada, asalkan sesuai dengan ketentuan pelaksanaan ibadah.

Jangan lupa juga untuk membawa multivitamin dan obat-obatan. Meski di tanah suci banyak dijual, sebaiknya kita membawa dari tanah air agar tidak ribet. Selain menyiapkan perlengkapan, jagalah kondisi fisik kita. Sebab, haji dan umrah adalah ibadah yang memerlukan kekuatan fisik. Selamat beribadah.