8 Rekomendasi Barang yang Perlu Dipersiapkan untuk Melakukan Ultralight Hiking

8 Rekomendasi Barang yang Perlu Dipersiapkan untuk Melakukan Ultralight Hiking

Ultralight hiking akhir-akhir ini telah menjadi tren tersendiri di kalangan para pendaki. Perjalanan dengan barang bawaan yang ringan dan ringkas akan membuat pendaki semakin bebas menjelajahi alam. Ditambah lagi, banyaknya orang yang memilih pendakian sekali jalan alias tidak camping membuat ultralight hiking semakin diminati.


Pendakian dengan gaya ultralight hiking bukan berarti membawa barang bawaan yang ringan dan ringkas saja. Kita juga tetap harus memperhatikan fungsi dan mempertimbangkan keselamatan. Meski perjalanan tanpa camping, kita tetap harus mempersiapkan dan mengutamakan keselamatan. Berikut ini saya rekomendasikan beberapa barang yang wajib kalian bawa saat melakukan ultralight hiking tanpa camping.


Creator Image
Dendy Selmaeza (@baratdaya_)
Travel blogger
  • Deuter
    Futura 24


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendakian adalah memilih tas ransel yang pas dan nyaman. Untuk urusan ultralight hiking, Deuter Futura 24 memiliki paket komplit yang sangat sesuai dengan kebutuhan pendakian yang singkat. Tas ini terbuat dari material 600D PES yang dilapisi PU coating, dengan bobot yang sangat ringan. Meskipun ringan, kalian tidak perlu meragukan kekuatannya.


    Selain ringan dan kuat, Deuter Futura 24 juga dilengkapi dengan AirComfort System yang akan membuat punggung nyaman ketika memakainya. Deuter Futura 24 juga dilengkapi dengan desain yang trendi. Tak salah rasanya jika saya katakan daypack ini sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Dengan membawa ransel ini, pendakian sekali jalan akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

  • Eiger
    Etrier Short Pants


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Eiger adalah salah satu produsen perlengkapan outdoor yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Produk-produknya inovatif, berkualitas, dan stylish. Tidak salah bila Eiger menjadi primadona di kalangan para pendaki. Saya pun termasuk penggemar Eiger dan memilih Eiger Etrier Short Pants untuk menemani saya hiking. Eiger Short Pants sangat ringan dan memiliki daya tahan yang kuat.


    Selain itu, celana ini juga dilengkapi dengan teknologi Tropic Repellent yang mampu memberikan perlindungan sementara dari air dan membuatnya cepat kering bila basah. Desain yang unik dengan warna menarik juga menjadi daya tarik tersendiri ketika memakainya. Oleh sebab itu, saya rekomendasikan Eiger Etrier Short Pants sebagai teman kalian selama pendakian.

  • Columbia
    Conspiracy Switchback II Omni Tech


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Sepatu menjadi hal yang krusial untuk pendakian dan menjelajah alam. Salah memilih sepatu akan berakibat fatal selama proses pendakian. Sepatu yang tahan air dan ringan saat dipakai adalah suatu keharusan. Salah satu sepatu yang memenuhi semua kriteria tersebut adalah Columbia Conspiracy Switchback II Omni.


    Sepatu ini dirancang untuk kenyamanan pendakian, bahkan di medan paling terjal sekalipun. Selain itu, teknologi Omni Tech yang digunakannya menjadikan sepatu ini kedap air dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dari beberapa sepatu outdoor yang pernah saya coba, Columbia Conspiracy Switchback II Omni Tech adalah yang paling ringan untuk pendakian.

  • Eiger
    Pathfinder 1.0 Hiking T-Shirt


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Perjalanan panjang menaiki terjalnya medan pegunungan akan membuat produksi keringat meningkat. Apalagi bila kita mendaki di saat cuaca panas dan terik yang akan membuat tubuh semakin gerah. Oleh karena itu, kita harus memilih baju yang tepat agar pendakian tetap nyaman. 


    Saya sendiri memilih Eiger Pathfinder 1.0 Hiking T-Shirt yang sangat nyaman ini. T-shirt ini terbuat dari bahan polyester stretch yang elastis dan membuat kalian bergerak lebih leluasa. Yang menarik, baju ini memiliki kemampuan unik yang dapat menyerap keringat sekaligus menguapkannya dengan cepat. Selain itu, baju ini juga memiliki ventilasi udara di bagian ketiak yang membuatnya lebih cepat kering dan meningkatkan kenyamanan saat mendaki.

  • Eiger
    Hike Light 1.1 Jacket


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Cuaca di gunung selalu menjadi misteri. Cuaca di gunung sering berubah ekstrem tanpa bisa kita prediksi. Hal tersebut tentu akan memengaruhi kelancaran pendakian. Seiring bertambahnya ketinggian, udara juga semakin dingin dan angin akan berembus semakin kencang. Untuk menghadapinya, kita membutuhkan jaket tangguh untuk membantu kita bertahan dalam berbagai kondisi. 


    Eiger Hike Light 1.1 Jacket menjadi pilihan saya ketika melakukan pendakian. Jaket ini dirancang dengan teknologi Tropic Waterproof dan Tropic Windblock yang mampu menahan air dan angin. Desainnya simpel, tetapi tetap tangguh dan fungsional. Eiger Hike Light 1.1 Jacket sangat nyaman sekaligus membuat kita terlihat gaya.

  • Consina
    Water Bladder 01


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Seperti yang kita ketahui, selama pendakian, tubuh lebih mudah kehilangan cairan. Cuaca yang tidak menentu juga membuat tubuh lebih mudah lelah dan meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, persediaan air saat pendakian adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan.


    Saya biasanya menggunakan Consina Water Bladder 01 untuk membawa air minum. Produk ini sangat praktis, efisien, dan mudah digunakan. Water bladder ini dilengkapi dengan selang yang berfungsi sebagai sedotan sehingga kita tidak harus mengeluarkan botol minum dari ransel ketika hendak minum. 


    Gerakan menurunkan ransel dan mengeluarkan botol minuman memang terkesan sepele. Namun, bila dilakukan berulang-ulang ketika mendaki, hal tersebut akan menguras tenaga kita.


    Consina Watera Bladder 01 memiliki kapasitas sebanyak 2 liter. Artinya, kebutuhan air kita selama satu hari bisa terpenuhi. Produk ini ukurannya juga kecil dan akan mengempis bila air di dalamnya berkurang atau habis. Jadi, sangat mudah dibawa dan tidak akan memakan tempat di dalam ransel.

  • Black Diamond
    Trail Sport 3 Trekking Pole


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Trekking pole sangat berguna untuk membantu para pendaki menopang berat badannya ketika melewati medan yang terjal dan curam. Selain itu, trekking pole juga dapat meringankan beban lutut selama perjalanan sehingga risiko keram bisa diantisipasi. Oleh sebab itu, trekking pole yang kokoh dan kuat sangat diperlukan dalam pendakian. 


    Saya merekomendasikan Black Diamond Trail Sport 3 yang memiliki sistem penguncian Dual FlickLock sehingga mudah dirangkai dan menghemat waktu. Bagian kakinya dilengkapi dengan karet khusus yang membuat tongkat lebih empuk saat menapak pada bebatuan. Hal tersebut juga membuat trekking pole ini tidak mudah selip saat digunakan pada medan yang licin. 


    Black Diamond Trail Sport 3 juga dilengkapi pula dengan webbing strap yang nyaman untuk pergelangan tangan. Low profile basket-nya sangat berguna saat melewati medan berlumpur. Selain itu, trekking pole ini juga memiliki sistem anti-shock yang dapat menahan getaran.

  • Karrimor
    Hunter Hat


    Dendy Selmaeza (@baratdaya_)

    Terik matahari menjadi momok tersendiri bagi para pendaki. Sengatan sinar matahari secara langsung akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Ketika mendaki, saya biasanya menggunakan topi rimba (hunter hat) untuk melindungi kepala, sekaligus mengurangi risiko dehidrasi. 


    Hunter hat yang menemani perjalanan saya ketika melakukan pendakian adalah produk Karrimor ini. Karrimor adalah salah satu merek peralatan outdoor dari Inggris yang sudah lama dikenal di Indonesia. 


    Topi rimba buatan Karrimor ini sangat nyaman dipakai dengan desain yang sangat cocok untuk dibawa berpetualang. Capingnya lebar, yang akan melindungi wajah kalian dari sengatan sinar matahari. Karrimor Hunter Hat akan sangat berguna bagi para para pendaki yang melakukan ultralight hiking tanpa camping.

Dendy Selmaeza (@baratdaya_)のfavlist