8 Rekomendasi Produk Perawatan Sepeda Motor

8 Rekomendasi Produk Perawatan Sepeda Motor

Creator Image
Bukhori Muslim
Automotive blogger
  • Sc Johnson
    Kit Wash & Glow


    Bukhori Muslim

    KIT Wash & Glow adalah produk perawatan kendaraan yang sangat mudah ditemukan. Sebenarnya, produk ini adalah sabun pencuci mobil. Namun, karena karakteristik cat mobil dengan cat motor hampir sama, tidak ada salahnya bila kita gunakan untuk mencuci motor kita.
    Cairan pembersih ini mampu menghilangkan kotoran membandel seperti minyak sehingga motor akan terlihat berkilau, asalkan jenis catnya glossy. KIT Wash & Glow mengandung bahan pelincin, pH balanced, dan premium polymer sehingga partikel-partikel kotoran yang dihasilkan pada saat mencuci tidak menggores bodi motor. 

    Untuk memakainya, larutkan cairan KIT Wash & Glow secukupnya ke dalam satu liter air. Setelah itu, aduk larutan hingga mengeluarkan busa. KIT Wash & Glow pun siap digunakan. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran kemasan yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan.
  • Kameko
    Soft Sponge Multi Purpose Sponge


    Bukhori Muslim

    Spons adalah benda yang sangat penting untuk mencuci motor. Banyak orang yang lebih suka menggunakan kain lap saat mengaplikasikan cairan pembersih. Namun, saya menyarankan penggunaan spons agar lebih maksimal. Pilihlah spons dengan tekstur yang halus agar tidak menggores bodi motor.

    Saya menggunakan spons dari Kameko ini karena selain bahannya yang halus, ukurannya juga sangat pas untuk mencuci motor. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau sehingga ramah di kantong. 

    Saran saya, siapkan dua buah spons untuk mencuci bodi motor bagian atas dan kaki-kaki. Hal ini untuk mencegah kerikil atau pasir yang terselip saat membersihkan kaki-kaki menggores bodi motor kita.
  • Pepsodent
    TB Family Soft


    Bukhori Muslim

    Saat mencuci motor, saya selalu memakai sikat gigi. Ukuran sikat gigi yang kecil dan ramping ini mampu membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Misalnya, area kolong, kisi-kisi radiator, mesin, suspensi, gear, dan tentu saja kaki-kaki. Saya memilih Pepsodent TB Family Soft karena sangat mudah didapatkan. Selain itu, bulunya juga lembut dan tidak terlalu keras sehingga tidak akan menimbulkan goresan.
    Sebenarnya, kalian bisa menggunakan sikat apa saja asal ramping dan bulunya halus. Yang terpenting, jangan sampai melalaikan pembersihan secara detail. Sebab, hal ini akan berpengaruh langsung terhadap kinerja spare part dan juga kenyamanan kita selama berkendara.
  • 3M
    Premium Series Super Absorbent Car Wipe


    Bukhori Muslim

    Bagi biker, benda satu ini pasti tidak asing. Biasanya lap yang sering disebut kanebo ini tersimpan di jok motor atau di rumah. Fungsinya untuk mengelap motor ketika terkena debu, mengeringkan setelah dicuci atau sehabis terkena hujan. Selain itu, kanebo juga dapat difungsikan untuk mengelap helm ketika terkena debu, mengeringkan motor setelah dicuci atau terkena air hujan.
    Ada bermacam merek lap kanebo yang dijual di pasaran. Namun, pilihan saya adalah merek 3M Premium Series Super Absorbent Car Wipe. Lap ini telah terbukti memiliki daya serap yang sangat baik. Bahannya terbuat dari kombinasi PVA dan poliester khusus yang sangat lembut. Jadi, kita tidak perlu khawatir bodi motor akan tergores saat mengelapnya.
  • Sc Johnson
    Kit Black Magic Tire Gel


    Bukhori Muslim

    Masih produk dari KIT, selanjutnya saya ingin merekomendasikan Kit Black Magic Tire Gel. Jika produk yang saya rekomendasikan sebelumnya adalah untuk membersihkan, produk ini berfungsi untuk memoles penampilan agar semakin oke. Tire Gel ini mengandung formula unik yang mampu membuat ban menjadi hitam dan mengilap hingga beberapa hari.
    Yang perlu diperhatikan saat mengaplikasikan Kit Black Magic Tire adalah usapkan hanya pada sisi ban. Sebab, pengaplikasian pada permukaan ban akan membuat ban menjadi licin ketika cornering. Karena produk ini mengandung minyak, debu akan mudah menempel jika motor terus diparkir di luar ruangan. Untuk membersihkannya, kalian cukup menyemprotkan air ke sisi ban dan debu akan luntur dengan sendirinya.
  • Crown
    Sikat Serbaguna


    Bukhori Muslim

    Sebenarnya, ini adalah sikat untuk mencuci pakaian. Namun, saya menggunakannya untuk menyemir sisi ban. Saya memilih sikat merek Crown ini karena mudah didapatkan. Kalian bahkan bisa membelinya di warung terdekat. Harganya murah, dengan bulu senar yang solid dan berkualitas baik. Jadi, ia tidak mudah rontok ketika digunakan.

    Pegangan sikatnya yang terbuat dari kayu juga sangat nyaman digenggam. Saat menyemir ban, tuangkan Kit Black Magic Tire Gel secukupnya pada bulu sikat, gosokkan pada sisi ban secara menyeluruh, kemudian tunggu beberapa saat. Ban motor kalian akan terlihat hitam dan mengilap seperti baru.
  • Sumadjaja Sejahtera
    Sanpoly San-Poly


    Bukhori Muslim

    Setelah motor dicuci dan dikeringkan, kadang kita menemukan goresan-goresan halus pada bodinya. Untuk mengatasinya, saya biasa menggunakan cairan Sanpoly ini. Cairan ini mampu menghilangkan goresan halus pada bodi motor, khususnya pada cat jenis glossy atau metalik. Selain itu, kandungan silikonnya akan membuat motor terlihat lebih berkilau.
    Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama-tama, pastikan bodi motor dalam keadaan bersih dan kering. Oleskan Sanpoly secukupnya sambil digosok menggunakan kanebo. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga cairan agak mengering. Terakhir, bersihkan sisa gosokan tadi dengan kain halus. Jika dilakukan dengan tepat, goresan halus akan hilang seketika dan bodi motor kalian pun akan terlihat lebih berkilau.
  • Rexco
    25 High Performance Chain Lube


    Bukhori Muslim

    Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam perawatan motor adalah kondisi rantai. Pastikan selalu rantai motor kalian dalam keadaan kencang dan terlumasi dengan baik. Bila rantai motor terasa kendor, biasanya saya akan menyetelnya sendiri. Bila rantai dirasa kering dan mengeluarkan bunyi, saya akan langsung menyemprotkan Rexco 25 High Performance Chain Lube.
    Produk ini diformulasikan khusus untuk melumasi rantai motor. Saya sangat menyukainya karena meski mampu melumasi dengan baik, tetapi tidak lengket. Sisa cairan yang menempel pada kaki-kaki motor pun bisa dibersihkan dengan mudah. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Setelah memastikan motor distandar tengah atau di-paddock, putar ban sambil menyemprotkan cairan ini langsung pada rantai.