7 Rekomendasi Produk yang Harus Dimiliki Anak Masuk Sekolah Dasar

7 Rekomendasi Produk yang Harus Dimiliki Anak Masuk Sekolah Dasar

Liburan telah tiba! Banyak orang yang menyambut dengan sukacita datangnya musim liburan sekolah. Musim liburan adalah saat yang tepat untuk melakukan quality time bersama keluarga. Liburan sekolah juga menandakan bahwa tahun ajaran baru akan segera dimulai. Saatnya orang tua menyiapkan keperluan sekolah anak untuk digunakan di kelas atau bahkan di sekolah yang baru nanti.

Kebetulan, anak kami tahun ini akan mulai masuk Sekolah Dasar. Selain menyiapkan mental si anak, kami juga harus menyiapkan seragam serta perlengkapan sekolah lainnya. Dalam artikel kali ini saya akan merekomendasikan beberapa perlengkapan sekolah serta membagikan pengalaman saya dalam memilihnya. Produk apakah itu? Yuk, disimak!


Creator Image
Noorma Fitriana M. Zain
Mommy blogger
  • Kiky
    Little Pony Set Buku Tulis


    Noorma Fitriana M. Zain

    Saya sengaja memilihkan buku tulis dengan gambar lucu agar anak saya lebih bersemangat. Di antara banyaknya karakter yang ada, anak saya menyukai dan memilih buku tulis merek Kiky ini. Gambar kuda poninya memang lucu sekali. Selain itu, buku setebal 38 lembar ini juga memiliki gambar lucu di setiap halamannya.

    Selain cover-nya yang lucu, kertas buku tulis Kiky ini juga sangat berkualitas. Ketebalan kertasnya 70 gsm, cocok untuk anak saya yang sedang gemar menulis. Saat saya mencoba menuliskan sesuatu menggunakan bolpoin, ternyata sangat nyaman digunakan. Kertasnya kesat dan tidak licin. Saat saya mencoba menuliskan sesuatu dengan pensil dan menghapusnya, kertasnya juga tidak mudah mengelupas atau sobek.

  • Faber-Castell
    24 Classic Colour Pencils


    Noorma Fitriana M. Zain

    Perlengkapan sekolah kedua yang saya beli adalah pensil warna. Anak usia menjelang masuk SD memang masih suka menggambar. Apalagi anak saya, yang tiada hari tanpa menggambar. Untuk pensil warna, saya membelikannya Faber-Castell 24 Classic Colour Pencils Long.

    Sebenarnya, waktu anak saya TK, saya pernah membelikannya pensil warna yang sama dengan 12 varian warna. Karena mau masuk SD, saya meng-upgrade-nya ke 24 varian warna. Saya memilih pensil warna ini karena tekstur ujung pensilnya lembut. Meski demikian, pensil ini sangat mudah diraut dan tidak mudah patah.


    Goresan warna yang dihasilkannya lembut dan juga cemerlang. Warnanya mudah keluar meski tidak ditekan. Jadi, pensil ini mudah diaplikasikan di buku gambar jenis apapun. Yang paling saya sukai, pensil warna ini juga mudah diraut dan tidak mudah patah. Pensil warna ini memudahkan anak saya untuk berekspresi lewat gambar.

  • Faber-Castell
    Eraser Dust-Free


    Noorma Fitriana M. Zain

    Saya membelikan anak saya penghapus bermerek Faber-Castell karena saya sudah tahu pasti kualitasnya. Saya sendiri sudah menggunakan penghapus ini sejak lama sehingga tidak ingin pindah ke lain hati. Saya menggunakan dua macam penghapus Faber-Castell, yang berwarna putih dan hitam yang lebih lunak untuk menghapus pensil 2B. Untuk anak saya, saya memilihkan penghapus berwarna putih.


    Yang saya suka dari penghapus Faber-castell ini adalah dia benar-benar bersih saat digunakan untuk menghapus coretan pensil. Setelah coretan dihapus, kertasnya kembali bersih sempurna, tidak meninggalkan bekas maupun noda hitam. Selain itu, penghapus ini juga sangat empuk dan tidak berdebu. Yang paling penting, harganya juga sangat terjangkau.

  • Standard
    Bolpoin AE7 0.5


    Noorma Fitriana M. Zain

    Anak saya sudah dibiasakan menulis menggunakan bolpoin sejak TK. Jadi, saya juga menyediakan bolpoin untuk keperluan menulisnya. Bolpoin yang saya pilih adalah Standard AE7 0.5. Bolpoin tipe ini adalah yang paling banyak diminati orang. Karena itu, bolpoin ini sangat mudah didapatkan, baik itu di toko online, toko buku, bahkan warung-warung.

    Saya merekomendasikan bolpoin ini karena sangat enak dipakai menulis. Tintanya lancar dan tidak mudah bocor maupun menggumpal ketika dipakai. Kita juga tidak perlu khawatir tintanya akan cepat kering karena sebelum dipakai, ada plastik kecil menyerupai balon yang melindungi ujung penanya. Bolpoin ini juga sangat ekonomis dengan harga yang terjangkau.

  • Cannon
    Backpack


    Noorma Fitriana M. Zain

    Tas ransel merek Cannon tipe CNN71510 – ERCYN2 merupakan tas impor yang banyak dijual di pasaran. Tas ini terbuat dari poliester berkualitas tinggi yang tebal, tetapi ringan. Saya menyukai tas ini karena desainnya yang sederhana namun manis.

    Sebenarnya, Cannon mengeluarkan banyak desain tas ransel anak. Banyak juga ransel dengan desain karakter yang disukai anak-anak, seperti kartun Frozen dengan efek 3D. Namun, saya merasa anak SD sudah tidak cocok lagi dengan tas desain seperti itu. Karena itulah, saya memutuskan untuk membeli ransel yang desainnya tidak terlalu ramai.


    Tas ini memiliki ukuran sebesar 26 cm x 12 cm x 42 cm, yang sangat pas untuk anak. Selain kantong utama, terdapat kantong tambahan di depan dan samping yang memudahkan untuk memisahkan bawaan. Tas ini juga dilengkapi dengan rain cover sehingga tidak perlu khawatir tas akan basah dan mudah rusak meski digunakan di musim hujan.

  • L.A Back To School
    Socks Hitam Putih


    Noorma Fitriana M. Zain

    Sesuai peraturan sekolah, kaos kaki anak SD hanya diperbolehkan yang berwarna putih dan hitam, tanpa hiasan gambar. Kaos kaki putih untuk seragam biasa, kaos kaki hitam untuk seragam pramuka. Untuk kaos kaki, saya memilih L.A Back To School Socks.

    Kaos kaki ini terbuat dari bahan polyester double spandex yang mampu menyerap keringat dengan baik. Jadi, kaki akan terasa nyaman dan tidak gerah. Khusus untuk kaos kaki putih, saya memilih yang bagian telapak kakinya berwarna hitam. Jadi, kaos kaki tidak mudah terlihat kotor. Agar bisa sering ganti dan tidak bau, saya menyiapkan tiga pasang kaos kaki putih dan tiga pasang kaos kaki hitam.

  • Butterfly
    Mathematical Set


    Noorma Fitriana M. Zain

    Terakhir, peralatan sekolah yang ingin saya rekomendasikan adalah penggaris. Alat tulis yang pasti dibutuhkan oleh anak SD. Memang, di kelas 1 anak-anak tidak akan mempelajari matematika yang rumit. Namun, saya tetap memilihkan set penggaris ini agar saya bisa mengajarkan hal lain di rumah dengan mudah.


    Saya memilih penggaris merek Butterfly ini karena lentur, tidak kaku, dan tidak mudah patah. Maklum, anak-anak pasti memainkan alat tulis mereka sehingga penting memilih produk yang tidak mudah rusak. Set penggaris ini terdiri dari penggaris panjang 15 cm, busur derajat, penggaris segitiga siku-siku, dan penggaris segitiga sama sisi.