8 Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Kusam dan Berjerawat

8 Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Kusam dan Berjerawat

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik. Karena itulah, wanita melakukan berbagai perawatan agar kecantikannya semakin terpancar. Sebagai blogger yang sering mengulas produk kecantikan, wajah saya pun harus tampil cerah dan bebas dari jerawat. Sayangnya, aktivitas yang padat serta paparan sinar matahari tak jarang membuat wajah saya terlihat kusam. Tak hanya itu, debu jalanan juga membuat kulit wajah saya berjerawat.
Untuk itulah, saya mencoba berbagai skincare yang diklaim mampu mencerahkan wajah serta mengatasi jerawat. Namun, agar jerawat saya tidak bertambah parah, saya tetap harus selektif. Dari sekian banyak skincare yang telah saya coba, saya menemukan delapan produk favorit yang pantas direkomendasikan. Yuk, disimak.
Creator Image
Leyla Imtichanah
Lifestyle & beauty blogger
  • Viva
    Milk Cleanser Green Tea


    Leyla Imtichanah

    Wajah yang berminyak dan berjerawat memang harus rajin dibersihkan. Apalagi bila sering terpapar debu, komedo dan jerawat yang meradang akan bermunculan. Saran saya, lakukan double cleansing atau pembersihan ganda. Bila perlu, saya bahkan melakukan triple cleansing, menggunakan facial foam, milk cleanser, dan face tonic. 

    Untuk double cleansing, pertama saya menggunakan Viva Milk Cleanser Green Tea. Caranya, tuangkan beberapa tetes Viva Milk Cleanser ke telapak tangan, lalu usapkan ke seluruh wajah dan leher. Kemudian, pijat wajah dengan arah memutar secara perlahan. Terakhir, saya membersihkannya dengan kapas. 

    Susu pembersih ini mengandung ekstrak green tea dan tea tree oil yang mampu mengangkat minyak dan kotoran pada wajah. Wangi teh hijaunya lembut dan sangat khas. Viva Milk Cleanser Green Tea ini saya gunakan pada pagi dan malam hari.
  • Viva
    Face Tonic Green Tea


    Leyla Imtichanah

    Sebagai langkah kedua double cleansing, saya menggunakan Viva Face Tonic Green Tea agar wajah bersih maksimal. Sebenarnya, produk ini bisa digunakan kapan saja. Saya memakainya setiap wajah terasa lelah atau kusam karena debu jalanan. 
    Cara penggunaannya pun cukup mudah. Saya menuangkannya beberapa tetes ke kapas kemudian mengusapkan ke seluruh wajah. Kandungan ekstrak green tea, tea tree oil, dan allantoin membuat wajah terasa kesat dan segar. Aroma teh hijaunya juga lebih kuat jika dibandingkan dengan Viva Milk Cleanser Green Tea. 

    Saya sangat menyukai produk ini karena kemampuannya dalam mengangkat debu dan kotoran yang menempel di wajah. Hal ini terbukti dengan kapas yang saya gunakan berubah menjadi kecokelatan karena menandakan kotoran di wajah terangkat dengan baik. Satu lagi, produk ini harganya sangat terjangkau.
  • Clean & Clear
    Foaming Face Wash


    Leyla Imtichanah

    Saat sedang sibuk dan tidak sempat double cleansing, saya biasanya menggunakan Clean & Clear Foaming Face Wash. Fungsinya juga sama, yaitu untuk mengontrol produksi minyak di wajah serta menegah munculnya jerawat. Sabun muka cair ini berwarna bening dengan kemasan botol berwarna oranye. S

    Saya menggunakan sabun muka ini dua kali sehari atau saat wajah terasa sangat berminyak. Penggunaannya pun sangat mudah. Tuangkan beberapa tetes sabun ini ke telapak tangan, tambahkan sedikit air, lalu busakan. Usapkan busa tersebut pada seluruh wajah disertai pijatan lembut. Terakhir, bilas wajah dengan air hingga bersih.Saya merekomendasikan Clean & Clear Foaming Face Wash ini untuk kalian yang memiliki wajah sangat berminyak. Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya menghindari penggunaan sabun ini untuk mencegah kulit semakin kering.
  • Garnier
    Pure Active Matcha Clay Mask


    Leyla Imtichanah

    Setelah membersihkan wajah, saya biasa menggunakan clay mask dari Garnier yang mengandung ekstrak matcha. Kandungan tersebut dipercaya dapat membersihkan debu, mengangkat komedo, serta mengurangi minyak berlebih. Yang unik dari masker ini adalah saya merasakan efek hangat seperti menggunakan facial steamer. 

    Cara menggunakan masker ini cukup dengan mengoleskannya ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Tidak seperti clay mask lainnya, masker ini tidak akan mengering saat digunakan. Setelah 15 menit, bersihkan sisa masker menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk mengompres wajah dengan air dingin agar pori-pori kulit tertutup kembali. Saya menggunakan masker ini minimal dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil kulit wajah bersih dan bebas jerawat.
  • L'Oreal Paris
    Revitalift Milky Toner


    Leyla Imtichanah

    Produk selanjutnya yang ingin saya rekomendasikan adalah L'Oreal Paris Revitalift Milky Toner. Toner dengan tekstur seperti susu ini membuat wajah saya terasa lembap tanpa menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Cocok sekali untuk pemilik jenis kulit berminyak seperti saya.

    Toner ini mengandung dermalift dan pro retinol A yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit. Dengan pemakaian rutin, kulit akan terasa lebih kencang serta kerutan berkurang. Saya biasa menggunakan toner ini pada pagi hari sebelum memulaskan foundation, dan malam hari sebelum memakai krim malam. Caranya, tuangkan toner ini secukupnya di kapas, lalu usapkan ke seluruh wajah.
  • L'Oreal Paris
    Revitalift Night Essence


    Leyla Imtichanah

    Setelah menggunakan milky toner, saya lanjutkan dengan pemakaian L'Oreal Paris Revitalift Night Essence. Gunanya untuk memaksimalkan kinerja produk perawatan kulit selanjutnya. Tahapan pengaplikasian yang saya lakukan adalah toner, essence, kemudian moisturizer.

    Produk L'Oreal Paris ini berwarna bening dan sangat mudah meresap ke dalam kulit wajah. Dengan begitu, saya tidak khawatir untuk memakainya pada kulit wajah saya yang berminyak. Produk ini membuat kulit saya menjadi lebih halus dan kenyal. Setelah menggunakannya, bedak yang saya kenakan menjadi lebih rata dan menempel dengan baik. Yang saya suka, tutup botol kemasannya dilengkapi dengan pipet yang memudahkan saya saat mengaplikasikan langsung pada wajah. Meskipun bernama night essence, saya menggunakannya dua kali, pada pagi dan malam hari. Hebatnya lagi, kendati hanya berukuran 30 ml saja, essence ini bisa bertahan selama satu bulan lebih, lho.
  • Fair & Lovely
    2 In 1 Powder Cream


    Leyla Imtichanah

    Wajah berminyak memang membutuhkan pelembap dengan formula yang ringan atau bebas minyak. Jangan sampai pelembap yang kita gunakan justru membuat wajah semakin terlihat berminyak. Untuk krim siang, saya menggunakan produk Fair & Lovely 2 In 1 Powder Cream. Krim ini memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah sekali diserap oleh wajah. Kandungan multivitamin di dalamnya juga membuat wajah saya terasa lembap dan halus. Selain itu, produk ini juga diklaim mampu mengontrol produksi minyak berlebih selama 14 jam. 

    Saya sendiri sudah membuktikan krim ini dapat mengontrol produksi minyak di wajah dari pagi sampai sore hari. Selain itu, produk ini membuat wajah saya tampak cerah seketika tanpa kilap. Untuk riasan natural, saya bahkan tidak perlu menggunakan bedak. Meskipun demikian, saya tetap menggunakan bedak jika ingin menghadiri acara formal.
  • Garnier
    Serum Mask Hydra Bomb Light Complete


    Leyla Imtichanah

    Salah satu jenis masker yang paling populer saat ini adalah sheet mask. Pilihan sheet mask ini saya jatuhkan pada produk Garnier Serum Mask Hydra Bomb Light Complete. Selain praktis, hasilnya pun bisa langsung saya rasakan. Masker serum yang terkenal di kalangan artis Korea ini diklaim ampuh membuat wajah terlihat cerah dan berkilau. Karena itu, saya menggunakan produk ini minimal seminggu sekali. 

    Cara pemakaiannya mudah sekali. Tempelkan masker ini pada wajah, kemudian tepuk-tepuk dengan lembut agar kandungan serumnya meresap ke dalam kulit. Setelah 15 menit, saya melepaskan masker dan menepuk-nepuk kembali wajah saya agar serum semakin meresap. Karena kandungan serumnya melimpah, saya juga bisa menggunakan sisa masker untuk diusapkan di leher, tangan, dan kaki, lho.