7 Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi Rentan Berjerawat Pilihan Beauty Blogger Gina

Beauty blogger Gusti Gina
Beauty blogger
Gusti Gina
Seorang blogger yang sangat menyukai dunia kecantikan, terutama skin care. Selain mengelola konten untuk akun pribadi, Gina juga memiliki akun instagram @hellokalsel yang berisi konten informasi serta hiburan di daerah Kalimantan Selatan. Gina juga senang berbagi topik psikologi dan film di Instastory-nya setiap minggu. Ia berharap ilmu dan kesenangannya dapat bermanfaat bagi orang lain.
Memilih produk skincare yang tepat dan cocok tidaklah mudah. Seperti yang kita ketahui, penggunaan skincare yang tidak cocok dapat menyebabkan masalah kulit yang cukup serius, misalnya saja breakout. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali jenis serta kondisi kulit sebelum menentukan skincare yang akan digunakan.

Sebagai pemilik kulit kombinasi yang rentan berjerawat atau biasa disebut acne prone, saya sangat berhati-hati dalam memilih produk skincare. Setelah bertahun-tahun saya mencoba banyak produk skincare, akhirnya saya menemukan tujuh produk yang bisa bersahabat dan membantu merawat kulit saya yang rentan berjerawat ini. Yuk, disimak!

Produk pilihan Gusti Gina

Kose Softymo Speedy Cleansing Oil 

Kose Softymo Speedy Cleansing Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 200.000

Melunturkan makeup dengan sempurna dan ramah untuk kulit berjerawat

Langkah pertama dalam rangkaian perawatan kulit adalah melakukan double cleansing. Sesuai namanya, double cleansing berarti membersihkan wajah sebanyak dua kali dengan menggunakan dua macam pembersih. First cleanser atau pembersih pertama bertujuan untuk menghapus kotoran serta makeup yang menempel.

Ada beberapa jenis seperti produk pembersih yang bisa digunakan sebagai first cleanser, seperti cleansing oil, cleansing balm, micellar water, dan lainnya. Namun, saya sendiri lebih senang menggunakan cleansing oil. Selain lebih praktis, saya juga merasa cleansing oil lebih mampu mengangkat makeup dengan sempurna.

Dari beberapa produk yang pernah saya coba, saya sangat menyukai cleansing oil dari Kose ini. Teksturnya medium light dan tidak perih di mata. Hal ini sangat penting sebab saya pernah mencoba cleansing oil merek lain yang ternyata menyebabkan mata terasa perih. Setelah dibasuh dengan air, kulit saya terasa lembap namun tidak berminyak. Sayangnya, Kose Softymo Speedy Cleansing Oil ini termasuk yang harganya mahal bila dibandingkan dengan produk sejenis.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser  

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 217.500

Ringan dan mampu mengembalikan kelembapan kulit

Facial wash berfungsi sebagai second cleanser. Ia dipakai setelah wajah dibersihkan dengan cleansing oil. Bagi kalian yang terbiasa menggunakan facial wash dengan busa melimpah, Cetaphil Gentle Skin Cleanser mungkin akan terasa sedikit aneh. Sebab, teksturnya mirip watery lotion dan tidak menghasilkan busa.

Meski busanya tidak berlimpah, kemampuannya membersihkan wajah tidak perlu diragukan lagi. Cetaphil Gentle Skin Cleanser mampu menjaga keseimbangan minyak pada kulit wajah sekaligus tidak membuat wajah terasa kering. Bagi pemilik jenis kulit kombinasi, hal ini sangatlah penting. Sebab, biasanya produksi minyak hanya terpusat pada daerah T, sementara bagian wajah yang lainnya cenderung normal atau kering.

Sayangnya, Cetaphil masih mengandung SLS. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena produk ini telah memiliki sertifikat dari BPOM dan terbukti aman bagi kulit sensitif sekalipun.

Laneige Clear C Advanced Effector_EX 

Laneige Clear C Advanced Effector_EX

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 395.000

Mencerahkan kulit serta meningkatkan efektivitas rangkaian skin care selanjutnya

Sebenarnya, saya merasa Laneige Clear C Advanced Effector_EX ini mirip seperti toner. Namun, Laneige sendiri lebih suka menyebutnya dengan istilah booster. Produk ini memang berfungsi untuk mem-boost kinerja skincare selanjutnya agar lebih efektif. Caranya, usapkan booster ini menggunakan kapas pada wajah yang telah dibersihkan.

Booster ini membantu mencerahkan wajah serta mengatasi noda kusam akibat bekas jerawat. Setelah memakai booster ini, kulit wajah saya terlihat lebih fresh. Saya juga menyukai aroma berry-nya yang segar. Teksturnya cair dan sangat mudah meresap di kulit.

Sayangnya, produk ini harganya lumayan mahal. Meski disarankan untuk memakai satu botol ini dalam 28 hari, saya selalu berusaha membuatnya lebih awet. Jadi, saya hanya satu atau dua pump saja setiap kali pemakaian. Oh ya, paket penjualannya telah dilengkapi dengan kapas.

The Face Shop Real Nature Mung Bean Face Mask 

The Face Shop Real Nature Mung Bean Face Mask

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 22.500

Menjadikan kulit sehat seketika

Salah satu jenis masker yang paling populer saat ini adalah sheet mask. Selain praktis dan mudah digunakan, ia juga efektif untuk menutrisi kulit dan hasilnya bisa langsung kita lihat. Sebab, biasanya kita harus menunggu cukup lama untuk dapat melihat khasiat skincare yang digunakan.

Dari sekian banyak sheet mask yang dijual di pasaran, saya ingin merekomendasikan sheet mask dari The Face Shop. Sheet mask ini tersedia dalam berbagai varian essence yang bisa kita pilih sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhan kita. Saya sendiri menggunakan sheet mask varian Mung Bean, Rice, Tea Tree, dan Pomegranate. Jenis-jenis essence tersebut membantu menjaga kesehatan kulit kombinasi saya serta mencegah timbulnya jerawat.

Kalian bisa menggunakan sheet mask ini sebanyak dua atau tiga kali seminggu atau sesuai kebutuhan. Setelah menggunakan booster, tempelkan masker ini pada wajah, lalu diamkan selama 15-20 menit.

Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop 

Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 350.000

Ampuh menyamarkan noda bekas jerawat dan memberikan efek glowing

Serum adalah produk skincare untuk mengatasi permasalahan kulit secara spesifik. Bagi kalian yang memiliki kulit yang mudah berjerawat seperti saya, pasti memiliki keluhan tentang noda bekas jerawat. Noda itu biasanya berwarna hitam atau merah dan cenderung membandel. Untuk mengatasinya, saya menggunakan Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop.

Meskipun belum hilang seluruhnya, noda bekas jerawat pada wajah saya perlahan memudar setelah menggunakan produk ini. Di antara serum-serum yang pernah saya coba, serum dari Klairs ini yang efeknya terasa signifikan. Kulit saya juga menjadi lebih cerah dan glowing.

Saya biasanya menggunakan serum ini pada malam hari setelah menggunakan booster atau toner. Apabila kalian ingin memakainya di pagi hari, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setelahnya. Satu lagi, pastikan kalian menyimpan produk ini di tempat yang tidak terjangkau sinar matahari. Sebab, kemasannya menggunakan botol transparan yang membuatnya rentan teroksidasi.

The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream 

The Body Shop  Seaweed Oil-Control Gel Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 209.000

Membantu mengontrol produksi minyak terutama di area T

Moisturizer atau pelembap adalah skincare yang sangat penting karena permasalahan kulit sering kali muncul akibat kurangnya kelembapan. Selain itu, pelembap juga berfungsi untuk mengunci skin care sebelumnya agar bekerja dengan efektif. Oleh karena itu, pelembap termasuk dalam basic skincare yang wajib dimiliki semua orang.

Sebagai pemilik jenis kulit kombinasi, saya sering bingung menentukan pelembap apa yang cocok. Sebab, kulit saya cenderung berminyak di area T, tetapi cenderung normal di area lainnya. Akhirnya saya memilih The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream, yang mampu menyeimbangkan produksi minyak pada wajah.

Produk ini mampu melembapkan bagian wajah yang kering, sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih di daerah T. Pelembap ini berbentuk gel yang sangat mudah meresap dan nyaman di kulit. Sayangnya, kemasannya berbentuk jar tanpa dilengkapi spatula untuk mengambilnya. Jadi, saya terpaksa harus mencoleknya dengan tangan.

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ 

Kao Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 93.700

Sunscreen dengan tekstur light dan watery, tidak meninggalkan white cast serta proteksi dari sinar UV

Sinar UV bisa dibilang musuh utama kulit. Ia dapat menimbulkan berbagai masalah seperti noda hitam, kerutan, bahkan memperparah jerawat. Oleh karena itu, memakai sunscreen sebagai bentuk perlindungan adalah suatu keharusan. Masalahnya, sunscreen terkadang membebani kulit dan menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, pemilik kulit acne prone seperti saya harus berhati-hati dalam memilih sunscreen.

Saya merekomendasikan Biore UV Aqua Rich karena teksturnya sangat ringan dan tidak membebani kulit. Ketika diaplikasikan, ia juga tidak meninggalkan white cast seperti sunscreen pada umumnya. Produk ini juga memiliki kandungan SPF tinggi sehingga cocok bagi kita yang tinggal di daerah tropis.

Untuk memberikan perlindungan maksimal, gunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari atau satu sendok teh. Sebelum mengaplikasikan makeup, biarkan sunscreen meresap sempurna terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengoleskan kembali setiap tiga atau empat jam, terutama bila kalian sedang beraktivitas di luar ruangan.

Kesimpulan

Demikian rekomendasi produk skincare yang dapat bekerja dengan baik di kulit kombinasi rentan berjerawat pilihan saya. Memilih dan mencoba skincare memang seperti sebuah hubungan percintaan. Kalau memang tidak cocok, ya sulit juga dipaksakan. Sebelum memutuskan membeli, gali informasi mengenai produk tersebut sebanyak-banyaknya.

Yang harus diingat, kondisi kulit setiap individu pasti berbeda-beda. Jadi, meski jenis kulit kita sama, belum tentu produk yang cocok untuk saya akan cocok juga untuk kalian. Selain jenis kulit, lingkungan tempat tinggal, kebiasaan, serta gaya hidup juga memengaruhi cocok tidaknya suatu produk. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kalian. Selamat merawat kulit!