7 Pilihan Produk Skincare dan Makeup untuk yang Mau Liburan ke Korea Saat Musim Semi, Rekomendasi Beauty Influencer Stevie

Beauty blogger & influencer Aquarista Stevie
Beauty blogger & influencer
Aquarista Stevie
Seorang psikolog yang tergila-gila dengan produk kecantikan, travelling, serta makanan. Meski pekerjaan utamanya adalah psikolog, ia lebih dikenal sebagai seorang influencer kecantikan. Stevie adalah seorang introvert yang senang berteman dan mencoba hal baru. Ia aktif membagikan konten seputar kecantikan, gaya hidup, dan tentu saja masalah psikologi melalui media sosialnya.
Korea Selatan kini telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi orang Indonesia. Musim apa pun, rasanya tidak pernah sepi peminat. Namun, jumlah wisatawan biasanya akan melonjak pada musim semi (spring), gugur (autumn), dan dingin (winter). Saya sendiri sudah dua kali mengunjungi Korea Selatan di dua musim yang berbeda, yaitu musim semi dan gugur.

Kedua musim tersebut memiliki perbedaan suhu yang cukup signifikan dengan Indonesia. Hal itu memaksa kita untuk menggunakan produk skincare serta makeup yang sesuai dengan udara di sana. Bila tidak, kulit kita akan bermasalah seperti yang pernah saya rasakan sepulang dari sana. Nah, pada artikel ini saya ingin merekomendasikan beberapa produk yang bisa kalian gunakan jika ingin mengunjungi Korea Selatan atau negeri empat musim lainnya pada musim semi dan gugur.

Produk pilihan Aquarista Stevie

Kiehl's Ultra Facial Cleanser 

Kiehl's Ultra Facial Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 389.900

Teksturnya ringan dan cocok untuk segala jenis kulit

Kiehl's Ultra Facial Cleanser adalah facial foam dengan kandungan moisturizer yang cukup baik dan cocok untuk semua jenis kulit. Teksturnya cukup kental, tetapi tidak lengket. Satu hal yang menarik, facial foam ini dapat digunakan baik dalam keadaan kulit bersih atau masih mengenakan makeup. Kalian yang sering malas membersihkan makeup dengan cleansing oil atau micellar water, bisa mencoba produk ini.

Facial foam ini mampu mengangkat sisa makeup hingga 95%. Jadi, kalian tidak perlu khawatir akan timbul jerawat akibat sisa makeup yang tertinggal. Selain itu, produk ini juga memiliki aroma yang netral dan aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Setelah menggunakan facial foam ini, kulit akan terasa bersih, lembap, lembut, dan kenyal. Produk ini sangat mudah dibasuh dan tidak meninggalkan rasa licin bekas sabun. Selain itu, facial foam ini juga bisa meredakan gejala breakout dan meringankan jerawat secara tidak langsung.

Galenium Pharmasia Ressal Acne Lotion 

Galenium Pharmasia Ressal Acne Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 43.500

Jangan biarkan wajah kita terlihat mengilap!

Ressal Acne Lotion adalah produk yang diformulasikan khusus untuk kalian yang memiliki masalah dengan jerawat. Lotion ini dapat mengontrol produksi minyak pada wajah, mencegah jerawat, bahkan mengatasi breakout akibat perubahan suhu atau udara. Produk ini juga membantu membersihkan kulit dari kotoran dan mengecilkan pori-pori.

Selain sebagai lotion, Ressal Acne Lotion juga bisa digunakan sebagai toner. Untuk menggunakannya, kalian tinggal menuangkan lotion ini secukupnya pada kapas dan usapkan pada wajah secara menyeluruh. Hasil akhirnya memang tidak terlalu lembap karena produk ini mengandung alkohol. Lotion ini membantu membuat wajah tidak mudah terlihat mengilap dan berminyak ketika berada di tempat dengan suhu yang dingin.

Acne Feldin Lotion  

Acne Feldin Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 37.500

Tropical treatment untuk mengatasi jerawat dan breakout

Tidak dapat dipungkiri, ketika sedang liburan kita pasti sering ber-make up seharian. Otomatis, kulit kita akan terbebani dan kesulitan bernapas. Hal itulah yang menyebabkan jerawat atau bahkan breakout muncul.

Untuk mencegah masalah itu terjadi, kalian bisa menggunakan Acne Feldin Lotion. Kalian tinggal menuangkannya sebanyak satu tetes pada kapas, lalu mengusapkannya pada seluruh bagian wajah secara merata. Gunakanlah Acne Feldin ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bila jerawat terlanjur muncul, kalian bisa mengompresnya menggunakan lotion ini selama 20 menit. Saya jamin, jerawat akan segera hilang dari wajah dan kulit kalian kembali sehat. Bila kulit kalian sehat, makeup pun akan menempel dengan sempurna.

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen 

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 694.000

Melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV, polusi, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini

Sunscreen adalah skincare wajib yang tidak boleh terlewat. Meski kalian masih remaja sekalipun, sunscreen harus digunakan secara rutin untuk menghindari efek buruk sinar UV, seperti flek hitam, milea, uneven skin, aging sign, dan lain sebagainya.

Berkunjung ke daerah dingin bukan berarti kita tidak membutuhkan sunscreen. Kalian justru membutuhkan sunscreen dengan kandungan moisturizer yang cukup tinggi untuk mengurangi efek kering akibat suhu udara yang rendah. Untuk itu, saya memilih Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen.

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen ini mengandung SPF 50+, diperkaya dengan vitamin E serta antioksidan. Selain melindungi kulit dari sinar UV, produk ini juga mampu menangkal efek buruk radikal bebas. Teksturnya cair dan terasa ringan di wajah. Produk ini bebas paraben dan telah lolos uji klinis sehingga aman digunakan oleh kulit sensitif.

Avene Hydrance Optimale Light Hydrating Cream 

Avene Hydrance Optimale Light Hydrating Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 413.000

Melembapkan kulit dengan sempurna di tengah keringnya cuaca dingin

Suhu udara di bawah 10 derajat akan membuat kulit menjadi kering, meski jenis kulit kalian berminyak sekalipun. Oleh sebab itu, saat berkunjung ke negara dengan suhu udara demikian, kalian wajib membawa skincare dengan daya lembap yang tinggi.

Saya memilih Avene Hydrance Optimale Light Hydrating Cream untuk menemani saya saat travelling ke Korea selatan. Produk ini terkenal karena kualitasnya dan aman untuk kulit sensitif sekalipun. Krim ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut, serta mampu meresap dengan cepat ke dalam kulit. Kalian bisa menggunakannya setelah mengoleskan serum dan sebelum mengaplikasikan sunscreen.

Bagi yang tidak terbiasa, pemakaian krim dengan kandungan pelembap tinggi mungkin akan terasa becek dan terkesan lengket. Namun percayalah, dengan kulit yang lembap, kalian akan lebih mudah mengaplikasikan cushion atau foundation. Kalian juga bisa menutupinya dengan setting powder setelah mengenakan makeup.

Laneige Layering Cover Cushion 

Laneige Layering Cover Cushion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 480.000

Praktis, cushion dan concealer dalam satu kemasan

Bagi pencinta drama Korea, kalian pasti hafal kalau perempuan Korea Selatan lebih senang menggunakan cushion dibandingkan foundation. Tekstur cushion yang ringan akan memberikan ruang lebih pada kulit kita untuk bernafas. Dengan demikian, masalah kulit seperti jerawat pun bisa dihindari. Hal ini juga berlaku pada saat travelling yang sering mengharuskan kita memakai make up seharian.

Saya ingin merekomendasikan Laneige Layering Cover Cushion sebagai pilihan untuk kalian yang hendak liburan ke tempat dingin. Cushion dari Laneige ini memiliki tekstur cair seperti tint sehingga sangat mudah diaplikasikan. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan moisturizer yang membuatnya mampu menjaga kelembapan kulit. Daya cover-nya medium to high dengan hasil akhir yang sangat natural.

Yang paling saya sukai dari produk ini adalah kemasannya yang begitu praktis, serta sudah dilengkapi dengan concealer dalam satu wadah tersebut. Jadi, kita tidak perlu lagi membawa concealer terpisah saat travelling. Hanya saja, karena teksturnya seperti tint, cushion ini hanya mampu bertahan hingga maksimal enam jam.

Innisfree No Sebum Mineral Powder 5g 

Innisfree No Sebum Mineral Powder 5g

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 88.100

Membantu mengontrol kelebihan minyak dan membuat riasan kita terlihat matte

Salah satu masalah bagi kulit berminyak yang diharuskan memakai skincare atau makeup dengan tingkat kelembapan tinggi adalah wajah tampak basah dan mengilap. Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan mineral powder seperti Innisfree No Sebum Mineral Powder ini.

Bedak ini memiliki tekstur yang ringan dengan warna natural yang akan menyatu sempurna di kulit. Jadi, tampilan kalian akan sangat alami seperti tidak menggunakan bedak. Produk ini akan menyerap produksi minyak berlebih dan membantu kulit kita terlihat lebih matte.

Agar riasan kalian terlihat natural, usapkan produk ini menggunakan powder brush tipis-tipis, terutama di area T. Bagi kalian yang memiliki alergi bahan mineral, sebaiknya kalian mencobanya dulu di daerah leher. Apabila kalian merasa gatal atau perih, ganti pemakaian produk ini dengan setting powder yang tidak memiliki kandungan mineral.

Kesimpulan

Menyesuaikan produk skincare serta makeup dengan kondisi udara dan cuaca itu sangat penting. Apalagi bila kita berkunjung ke tempat dengan suhu di bawah 10 derajat celsius yang akan membuat kulit terasa sangat kering. Namun, bukan berarti kita harus membeli skincare atau makeup baru setiap travelling. Kita hanya perlu mengenali kondisi cuaca negara tujuan dan mengantisipasinya dengan item tertentu.

Produk-produk yang saya rekomendasikan di atas sudah saya buktikan langsung mampu menjaga kondisi kulit tetap sehat di tengah cuaca yang dingin. Tentu saja, apa yang cocok untuk kulit saya, belum tentu cocok untuk kulit kalian. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kalian yang berencana mengunjungi Korea Selatan atau negeri empat musim lainnya.