7 Kamera Terbaik untuk Liburan Rekomendasi Travel Blogger Fahmi Catperku

Full time travel blogger Rijal Fahmi Mohamadi (Fahmi Catperku)
Full time travel blogger
Rijal Fahmi Mohamadi (Fahmi Catperku)
Travel blogger yang biasa dipanggil Fahmi Catperku. Dulunya adalah mas-mas kantoran yang beralih menjadi full time travel blogger di catperku.com demi kebebasan memilih waktu liburan.

Fahmi senang menemukan tempat yang unik, baik yang sudah terkenal ataupun belum. Ia juga menyukai cerita human interest, meng-eksplore budaya lokal, serta berburu festival. Di travel blog-nya, ia juga sering berbagi tips travelling, itinerary, serta peta travelling. Jangan lupa mampir, ya!
Sekarang ini ada banyak sekali kamera yang dijual di pasaran. Mulai dari kamera pocket, DSLR, hingga kamera mirrorless. Harganya pun sangat bervariasi, dari yang murah, hingga yang mahal sekali. Tak heran bila banyak orang yang bingung memilih kamera yang tepat untuk dibawa liburan. Sebab, memang tidak semua kamera yang ada di pasaran cocok untuk dibawa liburan.

Yang pasti, kamera yang dibawa liburan harus berukuran kecil, ringkas, dan praktis agar tidak merepotkan. Jangan sampai liburan kita menjadi tidak nyaman karena sibuk mengamankan kamera. Pada artikel ini saya akan merekomendasikan beberapa kamera yang cocok untuk dibawah liburan. Baik itu liburan jangka pendek, maupun jangka panjang. Jadi, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Produk pilihan Rijal Fahmi Mohamadi (Fahmi Catperku)

Sony RX100 V DSC-RX100M5A 

Sony RX100 V DSC-RX100M5A

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 14.999.000

Kamera saku mungil terbaik!

Malas membawa kamera besar saat liburan? Kalian mungkin perlu mencoba membawa kamera saku premium super keren dari Sony ini. Sony RX100 V DSC-RX100M5A adalah kamera saku dengan ukuran mini, tetapi kemampuannya maxi. Hasil foto dan videonya pun bisa disandingkan dengan beberapa kamera mirrorless.

Dimensi Sony RX100 V DSC-RX100M5A ini hanya 102 x 58 x 41 mm dan sangat pas disimpan di saku. Kamera ini memiliki viewfinder atau jendela bidik elektronik yang mempermudah framing foto ketika cahaya sedang sangat terik. Lensa Zeiss 24-70mm F1.8-F2.8 dan sensor EXMOR BSI-CMOS berukuran 1 inci yang dibenamkan di kamera ini mampu menghasilkan jepretan berkualitas tinggi pada resolusi maksimum 20.1 megapiksel. Sony RX100 V DSC-RX100M5A lebih dari cukup untuk keperluan liburan.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuannya merekam video 4K. Mengingat hasil video dan fotonya sangat bagus, ditambah ukuranya yang kecil membuat kamera ini sempurna untuk dibawa liburan. Sayangnya, harga kamera ini tergolong mahal karena kualitasnya yang premium.

Sony E-mount α5100 ILCE-5100L 

Sony E-mount α5100 ILCE-5100L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 8.499.000

Layar LCD-nya bisa diputar sehingga kita bisa selfie dengan kualitas maksimal

Sony E-mount α5100 ILCE-5100L bisa dibilang sebagai kamera yang paling direkomendasikan untuk liburan. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, kamera ini menawarkan kualitas foto dan video yang cukup bagus. Harganya sendiri sekitar 8,5 jutaan dan sudah termasuk lensa 16-50mm f/3.5-5.6 OSS. Lensa bawaan tersebut sudah lebih dari cukup untuk mengabadikan momen liburan.

Ukurannya yang kecil dan ringkas membuat kamera ini terasa ringan. Kamera Sony ini dilengkapi sensor APS-C 24 MP, prosesor BionZ-X, dan fitur autofocus hybrid yang mampu mengikuti subjek bergerak. Kualitas gambar yang dihasilkannya sangat baik, bahkan untuk gambar pada ISO tinggi sekalipun. Jadi, kalian yang ingin mengambil foto di tempat yang kurang cahaya pun bisa mendapatkan hasil yang baik.

Yang paling menarik dari kamera ini adalah layar LCD-nya bisa diputar ke atas sehingga memudahkan kita mengambil foto selfie. Selain itu, kamera ini memiliki fitur WiFi sehingga kita bisa segera mengunggah foto ke media sosial. Jadi, kalian bisa selalu eksis di media sosial selama liburan. Hayo, siapa yang mau meminang kamera Sony E-mount α5100 ILCE-5100L untuk liburan selanjutnya?

Sony E-mount α6000 ILCE-6000 / ILCE-6000L 

Sony E-mount α6000 ILCE-6000 / ILCE-6000L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 7.499.000

Kamera serbabisa dengan harga yang terjangkau

Bila kalian menginginkan kamera kualitas profesional dengan harga terjangkau, kalian bisa mencoba Sony E-mount α6000 ILCE-6000 / ILCE-6000L saja. Meski tergolong murah, ini adalah salah satu kamera mirrorless Sony terbaik, lho! Kamera ini cocok untuk kalian yang menggemari fotografi dan jalan-jalan.

Bodi kameranya sendiri tidak terlalu besar dan lumayan ringan. Meski demikian, kamera ini terlihat kokoh karena sebagian materialnya terbuat dari logam. Sony E-mount α6000 ILCE-6000 / ILCE-6000L juga memiliki autofokus yang cepat sehingga mampu mengenali wajah manusia dengan efektif. Karena itu, kamera ini cocok untuk berburu foto candid yang berkesan natural. Sangat pas digunakan untuk mengabadikan momen liburan keluarga.

Hasil fotonya pun sudah tentu berkualitas. Kamera ini dilengkapi sensor CMOS 24 MP dengan ISO maksimal 25600. Fitur videonya juga lumayan, mampu merekam video berkualitas Full HD 1080 pada 60/30 fps. Kamera ini juga memiliki electronic viewfinder untuk mempermudah framing di bawah terik cahaya matahari. Tertarik untuk membawa kamera ini selama liburan?

Fujifilm X-A5 

Fujifilm X-A5

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 8.999.000

Bisa digunakan untuk nge-vlog juga, lho!

Kalian ingin berburu foto sekaligus bikin vlog selama liburan? Kalian harus melihat salah satu kamera dari Fujifilm ini. Fujifilm X-A5 adalah kamera yang cocok bagi pemula, yang juga tertarik untuk membuat vlog. Kamera ini memang dirancang untuk mendukung dua keperluan itu. Harganya pun tidak terlalu mahal, hanya sekitar 8 jutaan saja.

Lalu, fitur menarik apa saja yang dimiliki kamera ini? Pertama adalah sensor 24M APS-C, yang lebih dari cukup untuk menghasilkan foto liburan yang bagus. Ditambah lagi LCD touchscreen-nya bisa dibalik hingga 180 derajat, sangat berguna untuk keperluan vlog maupun selfie. Kalian juga bisa merekam video 4K dengan kamera ini. Namun sayangnya, Fujifilm X-A5 hanya mampu merekam video 4K sampai 15 frame per second.

Yang paling menarik, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan jack microphone berukuran 2,5 mm. Lensa bawaannya juga berkualitas baik untuk keperluan vlogging maupun fotografi. Jadi sudah jelas, kamera ini sangat cocok untuk vlogger pemula, terutama yang ingin membuat travel vlog selama liburan.

Fujifilm X-E3 

Fujifilm X-E3

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 10.299.000

Pilihan sempurna bagi penyuka street photography

Selanjutnya, saya ingin merekomendasikan Fujifilm X-E3, terutama bagi kalian yang senang berburu foto jalanan atau street photography. Alasan utamanya adalah karena ukurannya kecil dan ringan. Berat bodinya hanya sekitar 337 gram dan sudah termasuk baterai.

Fujifilm X-E3 ini juga telah dilengkapi rangefinder atau viewfinder di pojok kiri atas kamera. Desainnya sederhana, seakan dirancang khusus untuk street photography. Layar LCD-nya berukuran 3 inci dan sudah menggunakan teknologi touchscreen. Sayangnya, kamera ini tidak memiliki built-in flash.

Fujifilm X-E3 juga dilengkapi dengan sensor APS-C X Trans 24 MP yang membuat kualitas fotonya tidak usah diragukan lagi. Kamera ini sanggup merekam video 4K yang berkualitas tinggi. Hanya saja, untuk mendapatkan semua kualitas di atas, kalian harus mau mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal.

Olympus OM-D E-M10 Mark III 

Olympus OM-D E-M10 Mark III

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 11.999.000

Fitur canggih dalam tampilan yang menawan

Bagi kalian yang peduli penampilan, saya ingin merekomendasikan Olympus OM-D E-M10 Mark III. Selain fiturnya canggih, kamera ini juga memiliki desain yang keren. Harganya juga tergolong masih masuk akal, yaitu sekitar 11 jutaan untuk kit dengan lensa terpasang 14-42mm EZ. Bobot bodinya juga hanya sekitar 410 gram sehingga nyaman untuk dibawa-bawa.

Sensor Micro Four Thirds 16 MP yang terpasang pada kamera ini mungkin tidak secanggih kamera lain. Namun, dengan keberadaan prosesor baru TruePic VIII, kamera ini mampu merekam video 4K. Selain itu, kamera ini juga memiliki fitur stabilizer 5 axis IS, yang bisa bekerja sama dengan digital IS pada mode video. Hal ini membuat pengambilan gambar dan video menjadi semakin stabil. Olympus OM-D E-M10 Mark III juga dilengkapi dengan fitur layar sentuh yang mempermudah pemula untuk mengoperasikan kamera ini.

Canon EOS M100 Kit (EF-M15-45 IS STM) 

Canon EOS M100 Kit (EF-M15-45 IS STM)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 6.600.000

Ingin kamera mirrorless ringkas berkualitas? Cobalah kamera ini

Canon EOS M100 Kit (EF-M15-45 IS STM) ini adalah sebuah kamera mirrorless yang ringan dan ringkas. Meski demikian, kualitasnya sudah setara dengan kamera DSLR. Kamera ini sangat cocok bagi kalian yang enggan membawa kamera DSLR selama liburan. Kamera ini juga cocok bagi kalian yang baru belajar fotografi. Sebab, sebagian besar kontrol kamera ini bisa dilakukan lewat layar LCD touchscreen.

Canon EOS M100 Kit (EF-M15-45 IS STM) juga sudah dilengkapi mode otomatis yang akan sangat berguna ketika liburan. Kita bisa menghasilkan foto yang bagus tanpa harus ribet setting ini itu. Mode ini juga akan sangat membantu kalian yang baru belajar fotografi. Bagi kalian yang sudah berpengalaman, kalian bisa menggunakan mode manual dan mengatur semuanya sendiri untuk memaksimalkan kemampuan kamera ini.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa kamera terbaik yang saya rekomendasikan untuk kalian bawa selama liburan. Pilihlah yang sesuai dengan budget, kebutuhan, serta selera kalian. Bagi yang menginginkan kamera super ringkas dengan fitur canggih dan berkualitas tinggi, kalian bisa memilih Sony RX100 V. Namun, bila kalian ingin kamera mirrorless yang cocok bagi pemula, kalian bisa memilih antara Sony E-mount α5100 atau Canon EOS M100 Kit (EF-M15-45 IS STM).

Bagi kalian yang senang membuat vlog, jangan lupa untuk mempertimbangkan Fujifilm X-A5. Namun, bila kalian sudah lumayan berpengalaman, saya merekomendasikan kamera mirrorless kelas menengah seperti Olympus OM-D E-M10 Mark III, Fujifilm X-E3, dan Sony E-mount α6000. Jadi, dari semua kamera yang saya sebut di atas, kamera mana yang akan kalian ajak liburan?