8 Barang yang Wajib Dibawa Saat Liburan ke Pantai Rekomendasi Travel Blogger Alid

Travel blogger Alid Abdul
Travel blogger
Alid Abdul
Travel blogger asal Jombang yang aktif menuliskan cerita perjalanannya di blog serta mengunggah fotonya di Instagram. Ia cinta sekali dengan segala yang berbau India, negara yang sudah dikunjunginya sebanyak tiga kali dan masih ingin mengunjunginya lagi. Cita-citanya adalah mengunjungi semua benua dan semua negara yang ada di bumi ini.
Siapa sih yang tidak suka pantai. Salah satu destinasi wisata yang disukai oleh hampir semua orang. Pantai adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat atau bersantai bersama keluarga dan sahabat. Apalagi jika pantainya mempunyai pemandangan yang super keren. Jangan lupakan juga sederet aktivitas menarik yang bisa kita nikmati seperti; renang, banana boat, parasailing, jetski, snorkeling, surfing, dan lain sebagainya.

Indonesia sendiri adalah negara maritim yang memiliki banyak sekali pantai yang indah. Saya jamin, kita tidak akan pernah bosan untuk meng-eksplore-nya. Ada pantai dengan ombak tenang yang cocok untuk berenang, pantai dengan ombak menantang untuk surfing, hingga pantai berair jernih yang cocok untuk snorkeling. Sebelum pergi ke pantai, yuk kita persiapkan dulu perlengkapannya!

Produk pilihan Alid Abdul

Lessmonday Floral 

Lessmonday Floral

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 259.000

Corak floral-nya tidak feminin dan keren dipakai

Celana pantai wajib hukumnya kalau kita pergi ke pantai. Tidak mungkin kan, pakai celana denim untuk terjun ke air. Sebagai laki-laki yang mementingkan penampilan, saya memilih celana pantai Lessmonday Floral. Meski coraknya floral, celana ini sama sekali tidak terlihat feminin dan tetap terlihat keren dengan paduan warna hitam dan merah.

Celana ini terbuat dari kain katun halus yang ringan dan cepat kering saat dicuci. Bagian dalamnya dilapisi kain lembut yang bisa menggantikan celana dalam. Yang paling saya sukai, celana ini memiliki kantong yang bisa kita gunakan untuk menyimpan ponsel atau benda kecil lainnya. Celana pantai jarang sekali menambahklan kantong pada produknya. Dengan memakai celana ini, rasanya saya menjadi lebih seksi dan fashionable.

Diving Shoes Snorkeling Sock 

Diving Shoes Snorkeling Sock

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Sepatu pantai unisex, cocok dipakai oleh laki-laki dan perempuan

Memilih alas kaki yang nyaman untuk bermain di pantai itu gampang-gampang susah. Banyak orang yang memilih untuk memakai sandal jepit biasa. Padahal, sendal jepit sebetulnya kurang cocok digunakan di pantai. Sebab, pasir akan mudah masuk ke sela-sela sandal jepit dan membuat langkah kita terasa berat. Belum lagi bila kita menginjak pasir yang lumayan tajam, yang akan membuat kaki kita terasa sakit.

Oleh karena itu, saya memilih menggunakan snorkeling shoes ini untuk bermain di pantai. Solnya terbuat dari karet elastis, membantu kaki bergerak dengan ringan meski dipakai di atas pasir pantai yang tebal. Bagian atasnya terbuat dari kain elastis yang bisa melindungi kaki dari goresan karang atau benda tajam.

Selain itu, pori-pori kainnya yang besar membuat sepatu ini cepat kering meski dipakai di dalam air. Modelnya unisex, bisa dipakai oleh laki-laki maupun perempuan. Oh ya, sepatu ini juga cocok bagi kalian yang suka bermain voli pantai.

Ray-Ban New Wayfarer RB2132 | 622/58 

Ray-Ban New Wayfarer RB2132 | 622/58

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.170.000

Desainnya yang klasik dan modis, membuat pemakainya terlihat semakin keren

Kacamata hitam adalah salah satu benda yang wajib dibawa saat pergi ke pantai. Benda ini sangat penting untuk melindungi mata kita dari cahaya matahari dan sinar UV. Selain itu, kacamata hitam juga menjadi aksesoris yang sangat penting untuk bergaya.

Untuk kacamata hitam, saya ingin merekomendasikan New Wayfarer dari Ray-Ban. Brand asal Amerika ini telah membuat kacamata sejak tahun 1936, yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Saya menyukai Ray-Ban New Wayfarer ini karena desainnya klasik dan modis. Seri Wayfarer juga terkenal ringan karena frame-nya terbuat dari plastik berkualitas tinggi.

Selain desainnya yang keren, kacamata ini juga mampu melindungi mata kita dengan baik. Kacamata ini menggunakan lensa polarized yang dapat memantulkan cahaya matahari. Jadi, mata kita akan tetap sehat terlindungi.

Banana Boat Sport Sunscreen Lotion Continuous Spray 

Banana Boat Sport Sunscreen Lotion Continuous Spray

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 250.000

Tidak mudah luntur meski terkena air atau keringat

Berlibur di pantai berarti tidak bisa menghindar dari sengatan matahari. Agar kulit tetap sehat dan tidak terbakar, kita harus memberi perlindungan yang maksimal. Saya sendiri selalu memakai sunblock spray dari Banana Boat dengan SPF110.

Saya memang tidak terlalu menyukai sunblock tipe lotion yang biasanya sangat pekat dan greasy. Oleh karena itu, saya merekomendasikan produk tipe spray ini. Cara memakainya pun sangat mudah. Kita tinggal memutar botolnya dan menyemprotkan ke bagian tubuh yang diinginkan. Produk ini tidak mudah luntur meski terkena air atau keringat sehingga tahan lama. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah produk ini 20 menit sebelum meluncur ke pantai.

Banyak orang yang mengejek sebagai laki-laki yang takut kulitnya hitam, saat melihat saya menggunakan sunblock. Padahal, saya sama sekali tidak khawatir menjadi hitam karena memang sudah hitam sejak lahir. Saya lebih mengkhawatirkan efek terbakar yang mungkin diderita kulit bila terpapar langsung sinar matahari.

Dulu, saya pernah lupa membawa sunblock saat liburan ke pantai. Hasilnya, kulit punggung saya perih akibat terbakar sinar matahari. Akhirnya, saya harus rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk berobat ke dokter kulit. Sejak saat itu, saya tidak pernah absen membawa sunblock saat akan mengunjungi pantai.

Banana Boat Sport Sunscreen Lotion SPF 110 

Banana Boat Sport Sunscreen Lotion SPF 110

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 175.000

Formulanya aman untuk digunakan pada kulit wajah

Berbeda dengan kulit badan, kulit wajah memang cenderung lebih sensitif. Memang, ada sebagian orang yang memakaikan sunblock untuk badan pada wajah. Namun, untuk menghindari iritasi, saya sarankan untuk memakai sunscreen lotion khusus untuk kulit wajah. Untuk sunscreen lotion pun produk dari Banana Boat tetap menjadi andalan saya.

Sunscreen lotion ini mampu menahan paparan sinar UVA dan UVB sebesar 96%. Formulanya tidak mudah luntur meski terkena air atau keringat. Karena SPF-nya tinggi, lotion ini teksturnya agak thick dan agak sulit meresap ke kulit. Jadi, kalian mungkin akan sedikit merasa lengket.

Meski kurang nyaman saat diaplikasikan, produk ini sangat ampuh dan efektif mencegah kulit wajah terbakar. Kalian tidak ingin kan, kulit wajah belang atau menghitam setelah liburan. Agar hasilnya maksimal, aplikasikan 20-30 menit sebelum keluar ruangan.

Brica B-Pro 5 Alpha Edition 4K Mark II 

Brica B-Pro 5 Alpha Edition 4K Mark II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.200.000

Siapa bilang kamera aksi berkualitas itu pasti mahal?

Berlibur ke pantai tanpa foto-foto rasanya akan kurang afdal. Untuk mengabadikan keindahan alam dan kegiatan berlibur, penting bagi kita membawa serta kamera. Karena saya sangat suka snorkeling melihat karang dan biota laut, saya membutuhkan action camera yang bisa dipakai untuk di dalam air.

Siapa pun pasti setuju bahwa GoPro adalah jagonya action camera. Namun, pilihan saya jatuh ke BRICA B-PRO 5 Alpha Edition 4K Mark II, action camera produksi Taiwan yang harganya lebih terjangkau. Meski demikian, kualitas foto dan video yang dihasilkan tidak kalah bagus. Kamera ini memiliki resolusi sebesar 16 MP untuk foto, dan 4K untuk video full HD.

Kamera ini dilengkapi dengan waterproof casing yang membuatnya aman digunakan di dalam air. Casing-nya bahkan bisa diajak menyelam hingga kedalaman 40 meter. Yang paling saya sukai, kamera ini memiliki layar LCD yang bisa kita gunakan untuk melihat hasil jepretan saat itu juga. Jadi, kita bisa segera mengulanginya lagi bila hasilnya tidak memuaskan.

Samsung Galaxy S8+ Midnight Black 

Samsung Galaxy S8+ Midnight Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 7.679.000

Handphone antiair dengan kamera yang canggih

Bagi kalian yang hanya ingin foto-foto di tepi pantai tanpa snorkeling atau diving, kamera ponsel mungkin lebih praktis. Saya ingin merekomendasikan Samsung Galaxy S8+, ponsel dengan fitur water resistant terbaik keluaran tahun 2017.

Meski tidak dibawa masuk ke air, berfoto di pantai tetap rentan terkena cipratan. Oleh karena itu, penting bagi kita membawa gadget yang water resistant. Ponsel ini bahkan bisa bertahan selama 30 menit di dalam air, dengan kedalaman 1,5 meter. Selain itu, ponsel ini juga tahan terhadap debu.

Yang paling menarik, ponsel ini dilengkapi kamera yang sangat mumpuni. Kamera belakangnya memiliki resolusi sebesar 12 MP, sedangkan resolusi kamera depannya sebesar 8 MP. Dengan resolusi sebesar ini, kualitas foto yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

Consina Dry Bag 10L 

Consina Dry Bag 10L

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 120.000

Selamatkan barang-barang berharga kita dari cipratan air laut

Selanjutnya, saya ingin merekomendasikan Consina Dry Bag. Sesuai namanya, dry bag berfungsi untuk menjaga barang-barang kita tetap kering. Saya biasanya menggunakan tas ini untuk membawa dompet, baju ganti, juga barang-barang penting lainnya.

Consina Dry Bag terbuat dari plastik berkualitas tinggi yang bisa digulung jika sedang tidak digunakan. Bila kalian tahu cara menggulung yang tepat, dry bag ini bisa mengapung di atas air. Tas ini bahkan bisa difungsikan sebagai wadah penyimpanan air saat camping atau hiking. Consina Dry Bag tersedia dalam banyak warna menarik yang bisa kalian pilih sesuai selera.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak barang-barang lain yang bisa kalian bawa saat berlibur ke pantai. Misalnya sarung pantai untuk alas di pasir, topi, atau bola yang bisa digunakan untuk bermain. Namun, delapan item di atas saya rasa sudah cukup untuk menikmati suasana pantai dengan nyaman. Saran saya, jangan terlalu membawa banyak barang. Sebab, hal itu malah akan membebani kalian selama perjalanan.

Yuk, segera packing dan berangkat liburan ke pantai. Bila kalian menyukai snorkeling, saya sarankan untuk mengunjungi Pulau Menjangan di Bali atau Pulau Rubiah di Aceh. Kedua tempat itu adalah favorit saya. Bila sekedar berenang atau bersantai, pantai-pantai di Bali pun sudah cukup untuk membuat hati saya riang. Jadi, pantai mana yang menjadi favorit kalian?