7 Produk yang Wajib Dibawa agar Mudik Bersama Bayi Tetap Nyaman Rekomendasi Mommy Traveller Nurul

Mommy traveler & newborn photographer  Nurul Noe
Mommy traveler & newborn photographer
Nurul Noe
Ibu empat orang anak yang gemar melakukan perjalanan bersama keluarga. Ia juga senang menuliskan cerita perjalanan serta tips travelling untuk dibagikan di blog pribadinya.

Berkat hobi travelling dan menulisnya itu, ia dipercaya untuk menerbitkan buku tips travelling, serta antologi catatan perjalanan bersama travel blogger lainnya. Perempuan yang masih bekerja sebagai staf akuntansi di sebuah perusahaan swasta ini juga mulai menggeluti dunia newborn photography. Hasil karya fotonya bisa dilihat di akun Instagram @nurullnoe.
Mudik lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Libur lebaran sering dijadikan waktu yang tepat untuk pulang bertemu keluarga di kampung halaman, terutama bagi orang-orang yang merantau. Tak peduli seberapa jauh jarak dan kerepotan yang harus dilalui sepanjang perjalanan, semua akan dijalani. Seperti saya contohnya. Walau tak punya kendaraan sendiri, dan harus membawa bayi, mudik menggunakan transportasi umum tetap dilakoni.

Sebagian orang mungkin memilih tidak mudik saat masih memiliki bayi. Namun, asal tahu tips dan triknya, mudik dengan bayi pun bisa tetap nyaman dan menyenangkan. Tentu saja persiapan yang baik dan matang sangat diperlukan. Kita harus menjaga kondisi fisik tetap fit serta menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Nah, kali ini saya ingin merekomendasikan tujuh barang agar mudik bersama bayi tetap aman, nyaman, dan lancar sampai tujuan.

Produk pilihan Nurul Noe

Baby K'tan Original  

Baby K'tan Original

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 725.000

Gendongan wrap style tanpa perlu dililit. Praktis untuk dibawa mudik!

Baby K’tan memang selalu tahu apa yang diinginkan para orangtua. Produknya sangat fungsional, praktis, dan inovatif. Baby K'tan Original ini adalah gendongan wrap style yang praktis, tanpa perlu dililit. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi saya yang tidak suka ribet. Bahannya wearable sehingga aman jika bersentuhan dengan kulit.

Baby K'tan Original didesain untuk bisa mendistribusikan berat secara merata di bagian bahu, pundak, dan punggung sehingga saya tidak merasa cepat lelah saat menggendong bayi. Produk ini juga dipercaya bisa mempererat bonding antara anak dan orang tua karena posisinya yang berhadapan. Posisi ini akan membuat bayi merasa lebih aman dan nyaman. Produk ini tersedia dalam berbagai warna dan ukuran. Untuk ukuran tubuh saya yang mungil, ukuran XS terasa sangat pas.

GabaG Nona 

GabaG Nona

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 210.000

Menjaga kualitas ASIP tetap baik selama perjalanan

Meskipun bayi bisa menyusu langsung dari payudara ibunya selama mudik, tidak ada salahnya membawa cooler bag selama perjalanan. Siapa tahu kondisi perjalanan tidak memungkinkan kita untuk menyusui langsung. Untuk itu, penting sekali ibu membawa ASI perah dalam cooler bag agar tetap bisa memberikan ASI kapan pun dibutuhkan.

Coller bag dari GabaG menjadi pilihan saya untuk dibawa mudik. Desainnya stylish dengan warna dan motif yang menarik, membuat penampilan kita tetap modis. Selain ASI, GabaG cooler bag juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman bayi dalam keadaan dingin atau hangat karena terbuat dari thermal bag.

Selain itu, tas ini juga memiliki kompartemen terpisah yang bisa kita gunakan untuk menyimpan perlengkapan bayi. Menariknya, GabaG punya banyak model cooler bag yang bisa dipilih mulai dari model sling, backpack, diaper bag, sampai model day bag untuk dibawa piknik pun ada.

Anello Backpack Canvas  

Anello Backpack Canvas

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 776.000

Ritsleting di bagian belakangnya memudahkan kita mengambil barang tanpa harus melepaskan backpack

Membawa bayi bepergian sudah pasti mengharuskan kita membawa banyak perlengkapan. Mulai dari baju ganti, popok, sampai makanan dan juga mainan. Untuk itu, dibutuhkan tas yang cukup besar, kuat, mudah dibawa, dan tetap nyaman. Semua kriteria itu saya temukan pada Anello Backpack.

Anello Backpack adalah merek tas terkenal asal Jepang. Desainnya sederhana, tetapi unik. Kompartemen utamanya sangat luas sehingga bisa memuat banyak perlengkapan bayi yang diperlukan dalam perjalanan mudik. Pada bagian belakang backpack, terdapat ritsleting untuk akses yang cepat ke kompartemen utama tanpa harus membuka ritsleting utama yang terdapat pada bagian atas.

Asyiknya lagi, strap Anello Backpack dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga nyaman dan tidak membuat punggung sakit. Bahannya juga kuat dan tahan lama. Ada tiga jenis bahan yang digunakan untuk membuat Anello Backpack, yaitu kulit, nilon, dan kanvas. Kalau saya lebih menyukai backpack dari bahan kanvas.

Mooimom Round Neck Long Sleeves Nursing Dress Couple Set 

Mooimom Round Neck Long Sleeves Nursing Dress Couple Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 699.000

Dengan lubang di bagian dada, menyusui bayi pun menjadi lebih mudah

Perjalanan mudik bersama bayi yang masih menyusu akan lebih mudah bila ibu menggunakan baju khusus menyusui. Baju menyusui memiliki lubang akses di bagian dada, yang memudahkan seorang ibu agar tidak perlu repot membuka tutup kancing baju saat akan menyusui. Selain itu, dengan tidak adanya kancing depan, baju menyusui menjadi terlihat jauh lebih modis.

Pilihan saya jatuh pada Mooimom Nursing Dress berlengan panjang ini, yang bisa dikenakan sejak hamil hingga menyusui. Dress ini terbuat dari dari 95% katun dan 5% spandek yang halus. Meski bahannya elastis, produk ini tidak mudah melar, dan terasa adem saat dipakai. Desainnya juga modis, satu set dengan baju bayi sehingga kita bisa tampil kembaran dengan si kecil.

Bukaan menyusuinya terdapat di bagian tengah dada yang ditutupi oleh sambungan kain. Bila si kecil haus, ibu tinggal menyingkap kain penutup tersebut. Model lengannya panjang sehingga bisa juga digunakan oleh ibu berhijab seperti saya.

Zwitsal Travel Pack  

Zwitsal Travel Pack

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.000

Dikemas dalam pouch cantik, sangat praktis untuk dibawa bepergian

Selama mudik, bayi tetap membutuhkan perawatan baik untuk kulit maupun rambutnya. Supaya praktis, saya memilih Zwitsal Travel Pack yang isinya cukup lengkap. Produk ini terdiri dari Zwitsal Baby Bath 2 in 1 hair & body 50ml, Zwitsal Hair Lotion Aloe Vera, Kemiri & Seledri 50ml, Zwitsal Natural Minyak Telom 13ml, dan Zwitsal Baby Powder Extra Care 25gr.

Asyiknya, keempat produk itu dikemas dalam satu pouch imut yang mudah dibawa bepergian. Saya memilih produk Zwitsal karena menyukai aromanya yang lembut dan tidak terlalu menyengat. Soal kandungannya pun tidak perlu diragukan lagi. Zwitsal adalah merek yang sudah mendunia sehingga produknya pasti aman bagi kulit bayi dan berkualitas tinggi.

Goon Excellent Dry Tape S44 

Goon Excellent Dry Tape S44

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 87.000

Menjaga pantat bayi tetap kering dan nyaman sehingga tidak rewel

Kenyamanan bayi selama perjalanan adalah hal yang paling utama. Bayi yang nyaman akan lebih tenang dan tidak rewel. Selama mudik, saya memilih menggunakan popok sekali pakai (pospak) premium. Pospak premium memiliki daya serap yang lebih tinggi, tetap kering lebih lama, dan perlindungan antibocor yang lebih baik. Pilihan saya jatuh pada Goon Excellent Dry, brand asal Jepang yang masuk ke Indonesia mulai tahun 2010-an.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki popok Goon ini. Namun, yang paling saya sukai adalah popok ini memiliki teknologi Pee Lock System, yang mampu menyerap dan mengunci pipis bayi sehingga popok bisa tetap kering. Goon juga menggunakan breahtable backsheet yang berpori, serta embossed sheet pada lapisan dalamnya. Semua itu akan membuat bayi merasa lebih nyaman.

Speedcube 3x3x3 Gans 356R Stickerless 

Speedcube 3x3x3 Gans 356R Stickerless

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 250.000

Mainan favorit segala usia

Untuk menjaga bayi tetap anteng dan tidak rewel, kita memang sebaiknya menyediakan mainan. Sebenarnya, yang hobi bermain rubik ini adalah suami saya. Jadi, dia akan membawa rubik ke mana pun dia pergi. Rupanya rubik ini juga menarik perhatian si kecil sehingga ia pun sering merebut dan memainkannya bila sedang terjaga. Mungkin, warnanya yang mencolok menjadi penyebab si bayi tertarik.

Bayi sebetulnya bisa memainkan benda apa saja yang dia rasa menarik. Namun, bila bayi ibu memiliki mainan favorit, sebaiknya bawa mainan tersebut untuk membuatnya tetap anteng. Apalagi, perjalanan mudik biasanya memakan waktu yang tidak sebentar. Pilihlah mainan yang praktis, tidak memakan tempat, dan tidak membuat si kecil cepat bosan.

Kesimpulan

Mudik bersama bayi sebenarnya menyenangkan asal kita tahu bagaimana cara menyiasatinya. Seperti yang saya singgung sebelumnya, yang paling utama adalah kita harus memastikan kondisi bayi dalam keadaan fit. Sebelum berangkat, siapkan segala sesuatu yang dapat menunjang kenyamanan ibu serta bayi dengan detail. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan yang bisa menolong kita disaat darurat.

Yang lebih penting lagi, ibu harus berusaha menjaga mood agar tetap dalam keadaan baik. Sebab, mood ibu akan sangat berpengaruh pada mood bayi. Semua perlengkapan yang saya rekomendasikan di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Semoga artikel ini bisa menginspirasi para orang tua yang akan mengajak bayinya mudik.