10 Rekomendasi Camilan untuk Menemani Mudik Lebaran

10 Rekomendasi Camilan untuk Menemani Mudik Lebaran

Camilan telah menjadi kuliner yang hampir setiap hari dikonsumsi semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Beragam camilan dari yang manis, asin, maupun pedas sering menemani kita beraktivitas. Camilan juga kerap menjadi teman setia dalam perjalanan, seperti saat mudik lebaran. Kami biasanya membawa camilan sebagai pengganjal perut sekaligus untuk mengurangi jenuh saat berada di tengah-tengah kemacetan arus mudik.

Camilan juga bisa menjadi salah satu ide buah tangan untuk dibagikan kepada orang-orang tersayang yang menunggu di tempat tujuan nanti. Saat ini, bentuk camilan pun sudah sangat variatif seiring dengan perkembangan kuliner yang kian pesat. Dari mulai jajanan jadul yang dikemas menarik, hingga perpaduan makanan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi camilan favorit kami yang cocok untuk menemani mudik lebaran.


Creator Image
Pram & Amelia
Food blogger
  • Mie Osyin
    The Best Mie Lidi


    Pram & Amelia

    Jika kalian pencinta jajanan jadul, pasti sudah tidak asing dengan mi lidi alias lidi-lidian ini. Camilan panjang dan tipis menyerupai lidi ini biasanya dibalut bumbu bubuk yang gurih dan pedas, serta dikemas dalam plastik bening polos. Sekarang ini, mi lidi sudah dikemas dengan lebih higienis, modern dan menarik menggunakan bungkus aluminium, seperti Mie Lidi Osyin ini.

    Mie Lidi Osyin tersedia dalam 12 varian rasa. Kalian bisa memilih rasa Original, Pedas Banget, BBQ, BBQ Pedas, Keju Spesial, Sapi Panggang, Salted Egg, dan lima rasa lainnya. Berbeda dengan mi lidi jadul yang bertekstur agak keras, Mie Lidi Osyin ini lebih renyah dan tebal sehingga tidak akan menusuk gusi saat dikunyah.

  • Ei
    Salted Egg Crispy Chicken Skin


    Pram & Amelia

    Bagi kami, bagian terlezat dari ayam adalah kulitnya. Saat membeli fried chicken, kami biasanya memakan kulitnya belakangan, sesuai prinsip save the best for the last. Karena itu, kami senang sekali saat menemukan kulit ayam dalam porsi besar dan berbentuk camilan keripik. Kulit ayam dari Ei Salted Egg ini hadir dengan kemasan yang menarik dan dilengkapi ziplock. Jadi, daya tahannya lebih lama dan tidak perlu dihabiskan saat itu juga. 

    Ei Salted Egg Crispy Chicken Skin ini terbuat dari kulit ayam kualitas premium yang rendah lemak dan minim minyak. Meski demikian, produk ini tetap gurih dan renyah. Bumbu telur asin yang digunakan juga spesial dengan aroma susu dan butter. Selain itu, taburan daun karinya menghadirkan aroma yang khas dan menggugah selera.

  • Tokezi
    Cheese Stick


    Pram & Amelia

    Siapa yang tidak kenal keju cheddar? Keju yang bercitarasa gurih ini paling sering dijumpai dalam kreasi kuliner mulai dari martabak, pisang keju, pasta, dan lain sebagainya. Kali ini, kami sebagai pencinta keju dimanjakan dengan kehadiran Tokezi Cheese Stick, camilan inovatif yang unik dan enak. 

    Tokezi Cheese Stick merupakan keripik olahan keju cheddar yang dikombinasikan dengan tepung sagu. Tepung sagu yang telah diolah dengan keju dibentuk pipih memanjang, lalu digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Ketebalan keripiknya sangat pas dan tidak keras sehingga memberikan sensasi renyah dan lembut dalam sekali gigitan. 


    Selain rasa Cheese Original, Tokezi juga memiliki varian rasa kornet sapi yang diolah langsung dalam adonan. Citarasanya lebih gurih dan sedikit pedas yang pastinya akan membuat ketagihan. Satu lagi yang kami suka, camilan ini memiliki desain kemasan yang cantik sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

  • Nom Nom
    Almond Crispy Cheese


    Pram & Amelia

    Sekitar tahun 2017, camilan Almond Crispy Cheese banyak dicari oleh para pencinta kuliner dan menjadi oleh-oleh khas dari daerah Surabaya. Camilan manis berbahan dasar tepung, keju, susu, mentega, dan almond ini terkenal dengan teksturnya yang sangat tipis dan rapuh, dengan cita rasa yang memanjakan lidah. 


    Saat Almond Crispy Cheese ini digigit, aroma manis dan mentega yang begitu mewah akan langsung tercium. Kemudian, gurihnya keju dan almond yang terpanggang di bagian atas semakin menambah kelezatannya saat dikunyah. Camilan yang satu ini paling nikmat dimakan pelan-pelan dan dihayati di setiap gigitannya. 


    Selain varian Original, Almond Crispy Cheese kreasi Nom-Nom ini juga memiliki varian rasa Chocolate serta rasa Green Tea khas Jepang. Khusus varian Green Tea, rasanya yang nikmat dapat memberikan sensasi rileks, yang cocok untuk menemani mudik agar lebih santai menghadapi kemacetan.

  • Zanana Chips
    Keripik Pisang


    Pram & Amelia

    Bandung memang kotanya kuliner unik. Salah satu camilan buatan Bandung yang hits di berbagai kota besar se-Indonesia adalah Zanana Chips ini. Keripik pisang yang diberi judul classy ini terbuat dari pisang nangka segar yang diiris tipis berbentuk bulat. Setelah digoreng, keripik pisang ini lalu diberi taburan bumbu bubuk beraneka rasa yang cukup tebal.

    Untuk kalian penyuka manis, kalian bisa mencoba rasa Creamy milk, Brown Chocolate, dan Green Thai Tea. Namun, jika kalian penasaran dengan keripik pisang bumbu asin atau pedas, varian Smoked Beef dan Classy Spicy ini pasti pas di lidah. Kami sendiri sangat menyukai varian Classy Spicy karena rasanya yang unik. Oh ya, karena potongannya tipis, keripik ini sangat renyah di mulut!

  • ppuff
    Mini Rice Crackers


    Pram & Amelia

    Anak zaman now sepertinya tidak banyak yang tahu tentang camilan bernama rengginang. Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan. Setelah dijemur di bawah panas matahari, rengginang kemudian digoreng dalam minyak yang panas.

    Biasanya, rengginang berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa. Namun, di ppuff ini rengginang dibuat berukuran kecil satu kali suap alias one bite sized. Uniknya lagi, jika rengginang jadul biasanya hanya diberi rasa terasi dan udang, kini ppuff menghadirkan inovasi rengginang dengan rasa kekinian. Varian rasa ppuff yang bisa kalian pilih yaitu Original, Chilli, Balado, Pizza, Seaweed, dan yang paling unik adalah Pizza.

  • Rumah Brownies Gemirasary
    PING!!! PING!!! Keping-keping Brownies


    Pram & Amelia

    Masih hangat dalam ingatan kami saat brownies mulai dikenal sekitar tahun 2000-an di kota Bandung. Warga dari penjuru Indonesia berbondong-bondong mengantri untuk mencicipi bolu cokelat kukus yang bantat alias tidak mengembang seperti bolu pada umumnya. Sejak saat itu, banyak kreasi brownies yang bermunculan dengan berbagai variasi, seperti brownies panggang dan bakar.

    Setelah mencoba banyak brownies, kreasi yang satu ini bisa kami bilang paling unik dan praktis. Kalau biasanya kami harus memotong brownies sebelum disantap, brownies yang satu ini tidak. Tinggal buka bungkusnya, ambil potongan brownies-nya, lalu dimakan! Yummy! Pilihan topping-nya pun mirip dengan brownies "asli", ada yang memakai choco chips serta almond.

  • Si-Engkong
    Keripik Singkong Green Tea


    Pram & Amelia

    Matcha atau green tea ala Jepang belakangan ini semakin populer di kalangan pencinta kuliner. Aroma tehnya yang memikat serta warnanya yang hijau cantik membuat pelaku kuliner berbondong-bondong menciptakan menu-menu berbahan dasar matcha

    Biasanya, matcha dijadikan bahan dasar desserts, minuman, dan kue. Namun, baru-baru ini, ada satu inovasi makanan yang terkesan nyeleneh karena mengombinasikan matcha dengan satu camilan tradisional. Yap, keripik singkong!


    Keripik singkong yang biasa hanya berbumbu asin atau balado, kali ini dicelupkan ke dalam lelehan cokelat putih yang diberi bubuk teh Jepang. Ternyata rasanya enak, lho! Aroma matcha-nya harmonis dengan rasa keripik singkong yang renyah. Rasa dasar keripiknya sengaja dibuat tidak terlalu gurih sehingga rasanya tidak bertabrakan.

  • Blue-Duck Salted Egg Yolks
    Potato Chips


    Pram & Amelia

    Pencinta keripik kentang pasti senang dengan camilan yang satu ini. Selain keripik singkong, Blue Duck juga menghadirkan keripik kentang yang diiris tipis sehingga renyah di mulut. Kami suka rasa keripiknya yang enak dan terbuat dari kentang berkualitas baik. Jadi, keripik ini akan menimbulkan sedikit sensasi manis saat digigit.

    Bumbu salted egg-nya pun cukup terasa dan mirip keripik kentang yang populer di Singapura. Sayangnya, pencinta daun kari mungkin akan kurang puas dengan aromanya yang tidak terlalu kuat. Namun, secara keseluruhan keripik ini tetap oke. 


    Keripik ini dikemas dalam paper bag yang cukup tebal dan bagus untuk dijadikan oleh-oleh. Ada dua varian rasa yang bisa kalian pilih, yaitu Original dan Hot Spicy. Satu lagi, keripik ini juga harganya cukup terjangkau.

  • Tempe Cokelat
    Buluk Lupa


    Pram & Amelia

    Apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar kata tempe? Yang pertama kali terlintas mungkin mendoan, orek tempe, atau tempe cabai hijau. Kali ini kami menemukan kreasi tempe yang beda dari yang lain! Di dapur Tempe Buluk Lupa, tempe disulap menjadi sesuatu yang tidak biasa. 


    Tempe dijadikan keripik tipis, dicelup ke dalam lelehan cokelat, dan dibalut bubuk cokelat lagi! Wow, tempe yang biasa menjadi lauk nasi, tiba-tiba berubah menjadi camilan manis. Setelah mencoba tempe Buluk Lupa ini, kami menemukan perspektif rasa tempe yang baru. 


    Saat tempe bertemu dengan cokelat yang manis, yang mendominasi adalah rasa kacang kedelainya. Saat mengunyahnya, kita seperti sedang memakan cokelat bertabur kacang kedelai. Enak sekali! Selain rasa cokelat, tempe Buluk Lupa juga memiliki varian rasa Green Tea yang tidak kalah nikmat.

Pram & Ameliaのfavlist