10 Rekomendasi Perlengkapan yang Perlu Dimiliki Wanita untuk Memulai Olahraga Lari

10 Rekomendasi Perlengkapan yang Perlu Dimiliki Wanita untuk Memulai Olahraga Lari

Belakangan ini, olahraga lari menjadi makin populer di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk para wanita. Motivasi berlari pun beragam, mulai dari ingin menunjang kesehatan, menurunkan berat badan, atau sekedar menambah jejaring pertemanan. Banyak orang menganggap lari adalah olahraga yang mudah karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Meski begitu, tidak jarang orang yang masih bingung bagaimana memulai berlari. Terutama jika berkaitan dengan bagaimana memilih perlengkapan lari yang tepat untuk wanita.

Jika kalian berencana memulai lari atau olahraga lainnya, kalian perlu mengetahui jenis-jenis perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Sebab, penggunaan perlengkapan yang tepat dapat meningkatkan peluang keberhasilan kalian dalam berolahraga.  Nah, di dalam artikel ini saya telah menyusun daftar sepuluh perlengkapan penting yang perlu dimiliki, terutama oleh wanita yang ingin mulai berlari. Daftar ini saya susun berdasarkan pengalaman mencoba berbagai macam merek perlengkapan selama lima tahun aktif di dunia lari. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Creator Image
Tina Latief
Running blogger & urban runner
  • Nike
    Air Zoom Pegasus 35 Metallic


    Tina Latief

    Untuk memulai lari, tentu kalian membutuhkan sepasang sepatu yang membuat kalian merasa nyaman saat berlari. Selain nyaman, sepatu tersebut juga harus memberikan dukungan cukup bagi kaki, mengurangi risiko cidera, dan membantu berlari lebih lama. Nike Air Zoom Pegasus 35 adalah sepatu lari yang menjawab kebutuhan tersebut.

    Pegasus adalah sepatu unggulan yang konsisten dikeluarkan Nike, dengan peningkatan kualitas teknologi di setiap serinya. Produk ini menggunakan teknologi Nike Zoom Airbag yang dipasang memanjang meliputi bagian depan hingga tumit. Dengan teknologi tersebut, Pegasus 35 memberikan bantalan yang empuk, tetapi tetap responsif tanpa memperlambat gerak kaki.


    Secara umum, Nike Zoom Air Pegasus 35 cocok digunakan untuk long dan easy run. Saya sendiri telah menggunakan sepatu seri ini selama lebih dari dua tahun dan terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas latihan.

  • Nike
    Zoom Fly Flyknit


    Tina Latief

    Nike Zoom Fly Flyknit adalah sepatu lari lanjutan yang didesain untuk digunakan saat berlatih (training) sampai berlomba (racing). Zoom Fly tergolong jenis sepatu cepat dengan fitur-fitur yang terinspirasi dari para atlet Breaking2Project, Nike.

    Tinggi tumit sepatu ini sekitar 33 mm dengan pelat nilon panjang yang tertanam di dalam midsole. Inilah keistimewaan yang bisa kalian rasakan saat mencobanya. Pelat yang ditambatkan tersebut akan menghasilkan efek seperti papan loncat.

    Efek tersebut membantu mengurangi ground contact pada saat berlari. Makin sedikit ground contact, seorang pelari bisa berlari lebih cepat dan efektif. Untuk memaksimalkan teknologinya, Zoom Fly harus didukung dengan gerakan lari yang benar serta kecepatan yang memadai.


    Untuk itu, sebelum berlari menggunakan Zoom Fly, kalian harus menguasai teknik berlari yang benar, dengan sepatu training seperti Pegasus 35. Jika gerakan lari kalian sudah benar dan mencapai kecepatan rata-rata yang cukup baik, kalian bisa mencoba Zoom Fly sebagai sepatu lanjutan.


    Dengan menggunakan sepatu ini, saya dapat menamatkan personal best pada beberapa lomba lari jarak pendek dan menengah. Sampai saat ini, Zoom Fly merupakan sepatu andalan saya untuk berlomba.

  • Garmin
    Vivoactive 3


    Tina Latief

    Garmin Vívoactive 3 adalah smartwatch yang mendukung lebih dari 15 aplikasi olahraga. Tidak hanya untuk lari, Garmin Vivoactive 3 juga bisa digunakan untuk olahraga seperti yoga, renang, bersepeda, dan masih banyak lagi.

    Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kalian bisa mengatur sendiri jadwal latihan sesuai keinginan dari aplikasi Garmin Connect. Selanjutnya, Vívoactive 3 akan terus merekam setiap latihan yang Anda lakukan serta menampilkan perkiraan VO2 max dan stress level secara berkala. Banyaknya fitur olahraga di dalamnya membantu memfasilitasi latihan penunjang lari, seperti latihan kekuatan (strength training).


    Kelebihan lainnya, jam ini memiliki teknologi Garmin Chroma Display yang memudahkan kalian membaca layar jam, di bawah sinar matahari langsung sekalipun. Selain itu, jam pintar ini juga dilengkapi side swipe yang memudahkan pelari memilih menu dengan cepat tanpa perlu khawatir terganggu oleh keringat.


    Masa pakai baterainya pun tahan lama, bertahan hingga 7 hari dalam mode smartwatch dan 11 jam dalam mode GPS. Jadi, kalian yang sedang latihan long run atau berencana mengikuti lomba maraton pun tidak perlu khawatir. Vivoactive 3 tidak akan mudah kehabisan baterai.

  • Nike
    Women's Aeroswift Running Shorts


    Tina Latief

    Bagi seorang pelari, pakaian lari merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Seorang pelari harus bisa memilih celana yang tepat untuk berlatih maupun mengikuti lomba. Secara umum pelari hanya membutuhkan celana yang nyaman. Lebih dari itu, seorang pelari membutuhkan celana yang mendukung kebebasan gerak secara maksimal.

    Teknologi tersebut bisa ditemukan pada Nike Aeroswift, jenis celana lari yang dibuat dengan bahan polyester yang ringan. Nike Aeroswift dapat memaksimalkan mobilitas kaki yang mendukung kita untuk berlari lebih cepat. Bagian waistband-nya terbuat dari bahan breathable Nike Flyvent yang dapat menghilangkan keringat dengan cepat. Suhu tubuh kalian akan selalu terkontrol meski mulai panas karena terlalu lama berlari.


    Nike Aeroswift memiliki saku eksternal dengan ritsleting yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil dengan aman. Kalian bisa menggunakannya untuk membawa ponsel atau kunci kendaraan. Saku ini juga dilengkapi dengan penghalang uap. Jadi, kalian tidak perlu khawatir karena barang-barang di saku kalian akan aman dari keringat.

  • Nike
    Classic Padded Women's Medium-Support Sports Bra


    Tina Latief

    Bagi wanita yang ingin menekuni olahraga lari, sports bra memiliki peranan yang sangat penting. Sports bra akan menyangga payudara dengan baik, serta memberikan kenyamanan bagi payudara kita. Sports bra sangat direkomendasikan terutama bila kita sedang berlatih kecepatan, seperti interval atau tempo.

    Nike memiliki koleksi sports bra yang dapat mendukung berbagai macam aktivitas olahraga, termasuk lari. Nike Classic Padded Bra misalnya, sports bra yang dirancang untuk kegiatan olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi. Sports bra dari Nike ini membantu mengurangi gerakan payudara berlebih. Bahannya elastis dan kuat, tetapi tidak menimbulkan sesak pada saat digunakan berlari.


    Perlu diketahui, gerakan payudara yang berlebih selain tidak nyaman, juga dapat meregangkan ligamen di sekitar payudara. Setiap peregangan permanen dari ligamen dapat menyebabkan payudara terkulai. Itulah sebabnya penting memilih sports bra yang dapat menopang payudara dengan baik, seperti Padded Bra.

  • Nike
    Dri-FIT Legend Women's Short-Sleeve Training Top


    Tina Latief

    Memilih pakaian lari juga sangat penting dalam memulai olahraga lari. Pakaian lari yang berkualitas dapat meningkatkan motivasi, performa latihan, menunjukkan selera mode, dan meningkatkan kepercayaan diri kita. Nike Dri-FIT merupakan seri pakaian olahraga yang memiliki kualitas baik untuk berlari.

    Teknologi dry fit-nya mampu menyerap kelembapan tubuh sekaligus mengeringkannya lebih cepat. Jenis kainnya dapat membantu kita mengatur panas tubuh, bahkan dalam cuaca yang ekstrem sekalipun. Teknologi ini bekerja dengan mempertahankan panas selama cuaca dingin dan mendinginkan selama panas.


    Saya telah mencoba beberapa jenis pakaian lari dari berbagai merek populer. Namun, Nike Dri-FIT selalu menjadi favorit saya selama berlari. Selain kualitas bahannya nyaman, desainnya juga elegan. Bagi kalian yang ingin nyaman sekaligus tampil menarik di lapangan, Nike Dri-FIT adalah pilihan terbaik.

  • goodr
    OG Running Sunglasses


    Tina Latief

    Kacamata adalah perlengkapan yang tidak boleh Anda lupakan saat berlari. Saat berlari, terik matahari bisa saja membuat mata kita silau dan tidak nyaman. Saya ingin merekomendasikan kacamata goodr, salah satu merek yang paling banyak dibicarakan untuk perlengkapan lari. Semua kacamata goodr terpolarisasi dan mampu melindungi dari silau. Selain itu, desainnya juga chic dengan warna-warna yang colourfull.

    Kacamata ini juga dapat meningkatkan visibilitas saat berlari di bawah sinar matahari. Selain itu, lensanya juga dilengkapi dengan perlindungan UV400, untuk menghalangi sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Dengan bobotnya yang ringan, kacamata ini dapat membantu mengurangi ketegangan mata saat berlari. goodr didesain untuk kebutuhan pelari yang selalu berkeringat dan bergerak aktif.

  • Nike
    AeroBill Running Hat


    Tina Latief

    Pada saat berlari, kepala kita membutuhkan perlindungan dari sinar matahari. Jadi, sebelum mulai berlari, penting bagi kita menemukan topi yang mampu melindungi kepala dari sinar UV. Untuk itu, saya ingin merekomendasikan Nike AeroBill sebagai alternatif pilihan yang baik.

    Topi ini terbuat dari bahan dry fit yang membuatnya mudah kering saat terkena keringat. Panel berlubang yang terdapat pada sisi kanan dan kiri berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam kepala. Topi ini akan membantu kita tahan berlari lebih lama di bawah panas matahari. Jika rambut kalian panjang, Nike AeroBill juga bisa membuat rambut tidak mudah berantakan saat berlari.


    Kalian bisa mengikat rambut dan mengaitkannya pada lubang pengait di belakang topi. Jika kalian menyukai lari di malam hari, Nike Aerobill memiliki detail reflektif yang membuatnya terlihat dalam kegelapan. Topi ini tersedia dalam berbagai warna. Jadi, kalian bisa bereksplorasi mix and match dengan pakaian olahraga agar terlihat modis.

  • The Body Shop
    Skin Defence Multi-Protection Essence SPF50


    Tina Latief

    Bagi wanita, matahari sering menjadi musuh bebuyutan jika ingin berlari diluar ruangan. Terutama jika cuaca sedang ekstrim, sinar matahari mulai menyengat meski di pagi hari. Masalahnya bukan hanya panas yang membuat was-was. Namun, dampak buruk pada kulit yang mungkin timbul itulah yang membuat wanita enggan melakukannya.

    Untuk perlindungan kulit selama berolahraga, saya menggunakan sunblock The Body Shop Drops of Light Skin Defence SPF50. Teksturnya lembut dan cair, sangat mudah diaplikasikan ke kulit. Sunblock ini juga tidak lengket di kulit. Ia akan langsung meresap ke dalam kulit saat diaplikasikan. Hasilnya pun tidak menimbulkan kesan mengilap seperti sunblock kebanyakan. Hanya saja, sunblock ini mudah luntur ketika terkena keringat.


    Untuk perlindungan menyeluruh, kalian perlu mengoleskannya secara berkala. Aplikasikan kembali sunblock ini setiap kalian mengelap keringat. Kalian juga bisa menggunakannya untuk kulit wajah, lho!

  • JBL
    Clip 3 Portable Bluetooth Speaker


    Tina Latief

    Musik adalah bagian penting dari olahraga lari. Mendengarkan musik yang tepat saat berlari dapat membuat kalian lebih fokus, konsentrasi, serta menaikkan mood. Itu sebabnya, saya biasa membawa JBL Clib 3, portable bluetooth speaker untuk menemani saya saat berlari. Ukuran JBL Clip 3 ini sangat mungil dan mengesankan.

    Yang saya sukai dari portable speaker ini adalah tahan air dan baterainya tahan lama. Selain itu, dibandingkan dengan seri sebelumnya, JBL Clip 3 memiliki kualitas suara yang jauh lebih baik. Konon, hal ini dipengaruhi oleh carabiner di seluruh perimeter speaker yang berfungsi sebagai bumper.


    Menurut pengalaman saya, JBL Clip 3 adalah speaker yang ramah untuk dibawa saat berlari. Kalian bisa menggenggamnya, memasangnya di spibelt atau water bladder yang kalian kenakan. Dengan memutar lagu-lagu favorit, JBL akan membantu mengembalikan semangat kalian saat mulai merasa lelah berlari.