8 Rekomendasi Produk Pendukung untuk Bersepeda yang Aman dan Nyaman

8 Rekomendasi Produk Pendukung untuk Bersepeda yang Aman dan Nyaman

Creator Image
Anna Fardiana
Cycling blogger
  • Limar
    Helmet


    Anna Fardiana

    Pertama-tama, saya ingin merekomendasikan helm dengan merek Limar. Saya telah menggunakan helm Limar 555 ini sejak beberapa waktu lalu. Ada banyak alasan yang membuat saya memilih helm merek ini. Selain ringan, helm ini juga memiliki sistem sirkulasi udara yang baik sehingga kepala kita tidak cepat berkeringat.
    Pad atau bantalan yang terdapat pada bagian dalamnya bisa dilepas dan dicuci sehingga helm tetap bersih dan wangi. Yang terpenting, helm ini memiliki teknologi in-mould yang mampu melindungi penggunanya dari benturan keras.

    Saya pernah mengalami kecelakaan saat bersepeda dan helm ini terbukti mampu melindungi. Satu lagi, helm ini juga tidak mudah rusak. Helm ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera kita.

    Saya sendiri memilih warna White Silver Titanium yang terang. Warna terang sangat menguntungkan karena bisa terlihat dari kejauhan. Hal itu sangat berguna untuk mengurangi resiko kecelakaan, terutama saat kita mengendarainya di jalan. Oh ya, helm ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu M dan L.
  • RockBros
    Sport Photochromic Polarized Sunglasses


    Anna Fardiana

    Kacamata adalah salah satu perlengkapan wajib saat bersepeda. Selain mengurangi silau karena sinar matahari, kacamata juga berguna untuk menghindari mata kemasukan debu atau hewan kecil. Nah, saya merekomendasikan kacamata RockBros ini, yang lensanya photochromic sekaligus polarized.
    Photocromic adalah teknologi yang membuat lensa mampu menyesuaikan dengan cahaya sekitar. Ketika pagi atau siang hari, lensa otomatis menjadi gelap sehingga melindungi mata dari rasa silau. Namun, saat hari mulai petang atau malam, lensa akan berubah menjadi terang sehingga mata dapat melihat dengan jelas.

    Polarized sendiri adalah teknologi yang mampu mengurangi silau secara signifikan dengan menyaring pantulan-pantulan sinar miring serta vertikal. Dengan demikian, yang masuk ke mata kita hanya sinar horizontal saja, tanpa sinar lain penyebab silau. Dengan satu kacamata ini, saya bisa berkegiatan di luar ruangan dari pagi sampai malam hari, tanpa harus mengganti lensa.
  • LumpAt
    Cycling Cap


    Anna Fardiana

    Salah satu hal yang mengurangi kenyamanan saat bersepeda adalah keringat dari kepala yang menetes ke wajah. Bila masuk ke mata, hal itu akan membuat mata terasa perih. Untuk menghindari hal tersebut, kita sebaiknya menggunakan cycling cap sebelum memakai helm. Selain itu, cycling cap juga mampu mencegah helm menjadi cepat bau karena keringat.
    Saya sendiri memilih cycling cap dari LumpAt. LumpAt adalah produsen cycling cap lokal yang menyediakan produk dengan desain unik dan warna-warni. Produk lumpAt tidak hanya cocok digunakan untuk bersepeda, tetapi juga keren dipakai saat hang out bersama teman.

    LumpAt Cycling Cap terbuat dari bahan poliester yang tipis namun kuat. Bahannya juga mampu menyerap keringat dengan cepat, sekaligus cepat kering. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi kelembapan kepala saat bersepeda.

    Produk ini juga sangat mudah dibersihkan. Selesai digunakan, kita tinggal menguceknya dengan sedikit detergen, lalu diangin-anginkan. Bila ingin mencucinya menggunakan mesin, jangan lupa untuk memilih mode hand wash, ya!
  • Eiger
    Multi Scarf


    Anna Fardiana

    Produk yang saya rekomendasikan selanjutnya adalah Eiger Multi Scarf atau yang biasa disebut buff. Buff ini memiliki banyak fungsi, bisa digunakan sebagai masker menutup hidung dan mulut, headband (bandana), wristband, penutup kepada, bahkan sebagai syal. Buff ini terbuat dari 100 % poliester yang elastis sehingga ringan, lentur, lembut, serta cepat kering. Produk ini juga dibuat tanpa jahitan atau sambungan (seamless), yang membuatnya tidak gampang rusak atau sobek.
    Bagi pesepeda, buff sering digunakan sebagai masker untuk melindungi wajah (hidung dan mulut) dari panas dan debu. Tak jarang buff juga digunakan sebagai penutup kepala sebelum menggunakan helm. Pesepeda yang hijaber bahkan sering menggunakannya sebagai pengganti kerudung, dengan menggabungkan dua buff sekaligus. Satu dipakai sebagai penutup kepada, satu dipakai untuk menutupi area leher.

    Perawatannya juga sangat mudah. Kita bisa memasukkannya langsung ke mesin cuci dan tidak perlu menyetrikanya. Eiger Multi Scarf hanya diproduksi dalam satu ukuran, dengan berbagai warna dan desain. Agar penampilan kita semakin gaya, kita bisa mix and match dengan kelengkapan lain, misalnya jersey atau helm sepeda.
  • Polygon
    Gloves Road Sigma


    Anna Fardiana

    Sarung tangan adalah kelengkapan yang wajib dipakai saat bersepeda. Selain melindungi kulit tangan saat terjadi kecelakaan, sarung tangan juga berfungsi sebagai peredam saat terjadi hentakan mendadak. Selain itu, sarung tangan juga membuat tangan semakin mantap saat memegang setang.
    Sarung tangan yang ingin saya rekomendasikan kali ini adalah Polygon Gloves Sigma. Sarung tangan ini memiliki bantalan di bagian telapak, yang membuatnya kesat dan genggaman kita tidak licin. Ia juga dilengkapi fitur breathability, berupa lubang pada bagian telapak tangan. Hal itu membuat sirkulasi udara menjadi lancar dan keringat di telapak tangan lebih cepat kering.

    Saya pernah menggunakan sarung tangan lain yang tidak memiliki lubang di bagian telapak tangan. Hasilnya, tangan selalu basah oleh keringat yang sangat tidak nyaman. Keringat juga membuat tangan terasa licin dan mengganggu genggaman tangan pada setang, yang menjadi tidak kencang. Hal ini sangat berbahaya karena berpotensi menyebabkan kecelakaan.

    Sarung tangan Polygon tersedia dalam beberapa warna yang bisa kalian pilih sesuai selera. Kalian juga bisa memilih ukuran yang sesuai, yaitu M, L, atau XL.
  • Xzone
    Jersey Sepeda Road Eagle


    Anna Fardiana

    Ketika memulai olahraga sepeda, saya biasanya hanya menggunakan kaos biasa, bukan jersey dryfit. Kaos biasa memang memang bisa menyerap keringat dengan baik. Sayangnya, keringat yang diserap tidak bisa segera kering dan malah semakin basah seiring lamanya saya bersepeda. Kaos yang basah membuat saya merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa membuat saya masuk angin.
    Sejak saat itu, saya selalu memakai jersey berbahan dryfit yang mampu menyerap sekaligus mengeringkan keringat dengan cepat. Jersey ini juga bisa dipesan sesuai desain yang kita mau, misal dengan menambahkan logo atau sponsor. Di bagian belakangnya terdapat tiga kantong, dan salah satunya dilengkapi dengan ritsleting yang bisa kita gunakan untuk menyimpan barang-barang pribadi kita. Dengan menggunakan jersey ini, bersepeda akan semakin nyaman dan praktis.
  • RockBros
    Ice Fabric Cycling Arm Sleeves


    Anna Fardiana

    Saat menekuni olahraga ini, tak jarang kita harus bersepeda di siang hari yang panas. Sinar matahari di atas pukul 9 pagi mengandung radiasi ultraviolet yang dapat merusak sel-sel kulit. Karena itu, diperlukan perlindungan ekstra untuk lengan, terutama jika kita bersepeda mengenakan jersey lengan pendek.
    Produk yang saya rekomendasikan adalah arm sleeve dari RockBross. Produk ini terbuat dari kain sutra es leica yang ringan, lembut, elastis, tetapi tidak mudah melar. Keunggulan produk ini terletak pada bahan yang mampu menyerap keringat dengan cepat. Selain itu, bahannya juga breathable yang membuat sirkulasi udara di kulit lengan tetap terjaga, meski tertutup rapat. Arm sleeve ini dapat digunakan hingga atas siku.

    Di bagian atasnya terdapat karet yang menjaga agar ia tidak melorot. Sambungan di sepanjang manset pun dijahit dengan rapi dan kencang. Kalian bisa mencucinya dengan mesin, asal menggunakan mode hand wash. Produk ini tersedia dalam empat ukuran, yaitu S, M, L, dan XL. Warnanya pun beragam, yang bisa kalian pilih sesuai selera.
  • Shimano
    Sepatu Sepeda


    Anna Fardiana

    Produk terakhir yang ingin saya rekomendasikan adalah sepatu cleat dari Shimano. Sepatu ini dilengkapi dengan kait (cleat) yang akan membuat sepatu menempel dengan pedal sepeda yang memiliki clip. Saya termasuk pengguna baru sepatu cleat dan masih perlu membiasakan diri. Melepaskan cleat dari pedal sepeda memang sedikit tricky. Saya bahkan pernah terjatuh dari sepeda karena lupa melepas cleat sebelum berhenti.
    Bagi kalian yang masih newbie seperti saya, sepatu cleat Shimano SH-CT41 ini sangatlah cocok. Sepatu ini adalah tipe mountain bike yang cleat-nya lebih mudah dilepaskan dibanding dengan tipe road bike (RB). Cleat-nya juga tidak menonjol sehingga bagian bawah sepatu tetap rata dan nyaman digunakan pada pedal sepeda biasa maupun berjalan kaki. Penampilannya yang tidak terlalu berbeda dengan sepatu olahraga biasa membuatnya bisa dipakai meski tidak sedang bersepeda.