9 Produk Pendukung untuk Pelari Pemula Rekomendasi Pelari Maraton Jarwadi

Tech blogger, database administrator, marathon runner Jarwadi MJ
Tech blogger, database administrator, marathon runner
Jarwadi MJ
Seorang database administrator di sebuah industri pendidikan yang jatuh cinta pada artificial intelligence. Ia juga senang mengoprek gadget dan komputer, lalu menuliskannya di blog. Jarwadi menjadikan lari sebagai salah satu bagian dari hidupnya. Hingga saat ini ia telah mengikuti empat lomba maraton serta banyak lomba lari jarak jauh lainnya.
Memilih produk untuk mendukung olahraga lari bisa dibilang gampang-gampang susah. Lari memang olahraga yang terlihat sederhana dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itu, banyak orang yang menyepelekan pemilihan produk, termasuk saya. Saya masih ingat, ketika memulai lari lima tahun yang lalu, saya membeli sepatu yang paling mahal. Bukan karena mempertimbangkan kualitas dan fungsinya, tetapi untuk memacu agar tidak malas bangun pagi dan berlatih.

Hal itu tentu saja sangat tidak baik. Bagaimana pun, pemilihan produk yang tepat akan memengaruhi kenyamanan kita. Setelah melewati serangkaian trial and error, saya akhirnya menemukan produk-produk yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Berbekal pengalaman tersebut, saya ingin merekomendasikan produk bagi kalian yang ingin memulai olahraga lari.

Produk pilihan Jarwadi MJ

Nike Air Zoom Pegasus 35 

Nike Air Zoom Pegasus 35

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.030.000

Produk wajib dan paling krusial dalam olahraga lari

Running shoes atau sepatu lari adalah produk yang paling penting dalam olahraga lari. Dalam memilihnya, kita tidak cukup hanya mempertimbangkan warna, desain, dan penampilannya saja. Untuk memilih sepatu yang tepat, kita harus mengenali jenis telapak kaki kita apakah termasuk flat, normal, atau high arch. Akan lebih baik lagi bila kita juga mengetahui kecenderungan gestur tubuh kita saat berlari.

Saat ini memang ada sepatu yang dirancang agar nyaman digunakan oleh semua jenis telapak kaki dan gestur lari. Namun tentu saja, sepatu yang dirancang khusus untuk jenis telapak kaki dan gestur tertentu akan memberikan perlindungan lebih baik, terutama bagi pemula.

Bagi kalian yang memiliki jenis telapak kaki dan gestur normal, saya merekomendasikan Nike Air Zoom Pegasus 35. Sepatu ini sangat nyaman dengan bahan atasnya mesh yang menjadikannya tidak gerah saat dipakai. Saya telah menggunakan sepatu ini sejak pertengahan tahun 2018. Sebelumnya, saya menggunakan Nike Air Zoom Pegasus 31 yang saya pakai sejak tahun 2015.

Nike Dry Cushion No-Show 

Nike Dry Cushion No-Show

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 149.000

Melindungi kaki dan mengurangi resiko lecet

Saya menempatkan kaos kaki sebagai produk terpenting kedua. Pengaruh kaos kaki dalam kenyamanan berlari memang tidak sebesar sepatu. Namun, pemilihan kaos kaki yang tepat akan memberikan perlindungan tambahan dari benturan ketika berlari. Kaos kaki juga berguna untuk melindungi kaki dari lecet dan menyerap keringat kaki ketika berlari.

Nike Dry Cushion No-Show telah saya buktikan mampu memberikan semua yang dibutuhkan oleh kaki. Kaos kaki ini terbuat dari bahan dry-fit yang cukup tebal sehingga menambah perlindungan bagi kaki. Bahannya mudah menyerap keringat, cepat kering, dan mampu mendistribusikan panas lebih cepat. Satu lagi, meskipun tebal, bobot kaos kaki ini tetap ringan sehingga nyaman dipakai.

Nike Flex Shorts 5In Distance 

Nike Flex Shorts 5In Distance

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Zalora

Harga : Rp 399.000

Ringan, menyerap keringat dengan baik, serta tidak membatasi gerakan kita

Saya sering berkelakar di hadapan teman-teman sesama pelari bahwa item yang dibutuhkan untuk olahraga ini hanya tiga saja, yakni sepatu, kaos kaki, dan celana. Namun, tentu saja hal ini hanya berlaku untuk pelari pria. Dalam memilih celana lari, hal yang harus diperhatikan adalah keringanannya, kemampuannya menyerap keringat, serta tidak membatasi gerakan badan. Selain itu, celana lari haruslah terbuat dari bahan berkualitas baik agar tidak menimbulkan cedera berupa chafing.

Untuk produk celana, pilihan saya jatuh pada Nike Flex Shorts 5In Distance. Bagi saya, produk ini telah memenuhi semua syarat yang saya sebutkan di atas. Panjangnya sekitar 5 inci yang membuat saya leluasa bergerak. Selain itu, celana ini juga dilengkapi dengan beberapa saku yang bisa digunakan untuk menyimpan uang atau bahkan kunci kendaraan.

Nike AeroReact Running Tank Top 

Nike AeroReact Running Tank Top

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 350.000

Dibuat dengan pola rajut khusus yang mampu menyesuaikan dengan kenaikan suhu tubuh pelari

Sebenarnya, para pelari pemula bisa berlatih dengan mengenakan kaos apa saja. Asalkan kaos tersebut cukup longgar dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, kaos apapun bisa. Namun, bagi kalian yang menginginkan kenyamanan saat berlari, sebaiknya pilihlah kaos khusus untuk berlari. Salah satu produk yang ingin saya rekomendasikan adalah running jersey Nike AeroReact Running Tank Top.

Saya menyukai kaos ini karena dirancang khusus untuk kenyamanan pelari. Bahannya terbuat dari benang pilihan yang dirajut dengan pola khusus. Kaos ini juga mampu menyesuaikan diri dengan suhu tubuh kita yang akan naik seiring gerakan tubuh saat latihan. Nike AeroReact Running Tank Top juga dibuat dengan teknologi dry-fit yang membuatnya mampu menyerap keringat dengan baik dan lebih cepat kering. Hal ini akan membuat kita tetap nyaman selama latihan.

Volt and Fast Box Logo Race Cap 

Volt and Fast Box Logo Race Cap

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Menyerap keringat dengan cepat sehingga kulit kepala tidak mudah gatal

Sering kali kita harus berlari di bawah sengatan sinar matahari. Untuk melindungi kepala dari panasnya sengatan matahari, pelari biasanya menggunakan visor atau topi. Saya sendiri lebih suka menggunakan topi dibandingkan visor. Topi bisa melindungi seluruh bagian atas kepala dan menjaga rambut tetap rapi. Selain itu, bagian depan topi juga mampu melindungi wajah dari paparan langsung sinar matahari serta mengurangi rasa silau.

Topi favorit saya adalah Racing Cap, produksi Volt and Fast. Sebuah topi dengan desain yang keren dan kekinian. Topi ini sangat ringan serta terbuat dari bahan khusus yang mampu menyerap keringat dengan cepat. Jadi, tidak akan membuat kulit kepala kita cepat gatal. Satu lagi, topi ini juga sangat ramah di kantong karena harganya sangat terjangkau.

Garmin Forerunner® 35 

 Garmin Forerunner® 35

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.400.000

Mampu mendeteksi detak jantung, memudahkan kita membuat menu latihan

Banyak pemula menganggap jam tangan khusus olahraga hanya diperuntukkan bagi atlet atau pelari profesional saja. Saya pun dulu beranggapan demikian. Saya mengira, aplikasi seperti Strava, Endomondo, Nike Running Club saja sudah cukup.

Ternyata, jam tangan khusus yang mampu merekam data-data vital saat olahraga sangat penting bagi pemula. Jam tangan khusus olahraga yang ingin saya rekomendasikan adalah Garmin Forerunner® 35. Selain bisa menelusuri pace atau laju lari, jam tangan ini memiliki fitur untuk memantau detak jantung. Fitur ini sangat penting bagi pemula untuk menentukan zona aman latihan. Jadi, kalian bisa langsung beristirahat saat detak jantung terdeteksi tidak normal.

Selain itu, jam tangan ini bisa terkoneksi dengan Garmin Connect, sebuah komunitas kebugaran online. Data-data kalian akan diunggah secara otomatis sehingga kalian bisa saling memberi saran, bahkan mengikuti berbagai tantangan. Jam tangan ini juga sangat ringan dengan desain yang keren.

Asus Zenfone 5 ZE620KL 

Asus Zenfone 5 ZE620KL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 2.850.000

Bobotnya ringan, dengan kualitas layar dan kamera yang mumpuni

Keberadaan smartphone semakin tak terpisahkan dari pemilik hobi lari. Selain untuk mendengarkan musik saat latihan, kita juga bisa mengunduh berbagai aplikasi penunjang seperti Nike Running Club, Strava, Endomondo, Runtastic, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan fitur tracking, training plan, sampai online coaching yang sangat berguna untuk me-manage latihan kita.

Saya sendiri menggunakan smartphone dari ASUS, yaitu Zenfone 5. Saya memilih smartphone ini karena telah dilengkapi dengan SoC Snapdragon SD 625 yang canggih. Bobotnya juga ringan dengan layar yang terang meski digunakan di luar ruangan. Selain itu, baterainya tahan lama sehingga kita tidak usah khawatir akan kehabisan baterai saat latihan.

Bagi yang senang mendengarkan musik, smartphone ini sangat cocok karena speaker-nya sangat jernih. Kualitas kameranya juga sangat baik sehingga kita bisa mengabadikan pemandangan indah yang kita lewati saat berlari.

Perfect Paisley Large Pocket SPIbelt  

Perfect Paisley Large Pocket SPIbelt

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 440.000

Tas pinggang yang tidak bulky dan nyaman dipakai lari

Untuk menyimpan barang-barang penting seperti uang, ponsel, atau kunci saat berlari, pelari biasanya menggunakan arm bag atau tas pinggang. Saya sendiri menggunakan SPIbelt, tas pinggang keluaran Perfect Paisley. SPIbelt adalah tas pinggang yang dirancang khusus agar nyaman digunakan saat berolahraga.

SPIbelt ini cukup elastis dan mudah menyesuaikan dengan variasi lingkar pinggang. Bahannya menggunakan material kualitas baik yang tidak mudah melukai kulit. Kelebihan Perfect Paisley Spibelt lain yang saya sukai adalah desainnya yang ramping. Dia tidak bulky dan memantul-mantul ketika digunakan berlari. Meski demikian, tas ini tetap mampu memuat banyak barang, mulai dari benda-benda penting yang saya sebutkan tadi, hingga energy bar.

Harman JBL Endurance Peak 

Harman JBL Endurance Peak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.549.000

Wireless earphone yang tidak mudah lepas dari telinga, serta tahan air

Bagi banyak pelari hobi termasuk saya, musik adalah obat mujarab untuk membakar semangat serta pengobat kebosanan. Itulah sebabnya, saya berlangganan Spotify Premium agar bisa mengunduh lagu favorit dan menyusun playlist. Selain mendengarkan musik langsung melalui speaker di Zenfone 5, adakalanya saya lebih suka mendengarkannya melalui earphone.

Tidak semua earphone yang kualitas suaranya bagus cocok digunakan untuk menemani olahraga lari. Idealnya, earphone tidak boleh mengganggu gerakan tubuh ketika lari. Oleh karena itu, wireless earphone sering dijadikan pilihan.

Saya memilih JBL Endurance Peak karena selain wireless, bentuknya dirancang khusus agar tidak mudah terlepas dari telinga. Yang terpenting, earphone ini juga waterproof sehingga tidak akan rusak bila terkena keringat atau bila terpaksa terkena air hujan. Kualitas suaranya pun tidak perlu diragukan lagi. Earphone ini mampu menghasilkan suara hi-fi yang detail dan sangat jernih.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi produk untuk pelari pemula versi saya. Tentu saja kalian bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Seperti yang saya singgung di atas, produk terpenting dalam olahraga lari adalah sepatu. Jadi, bila kalian akan memulai olahraga lari, pastikan kalian memilih sepatu yang tepat agar nyaman digunakan.

Yang harus kalian ingat, produk-produk tersebut hanyalah penunjang. Modal utama untuk memulai olahraga lari adalah niat yang kuat. Selain itu, dibutuhkan juga kedisiplinan dan semangat untuk terus berlatih. Bila mulai bosan, ingatlah kembali tujuan awal kita memulai lari. Biasanya hal itu akan kembali memicu semangat kita. Saya harap artikel ini bisa menginspirasi kalian. Selamat berolahraga!