7 Rekomendasi Peralatan DIY untuk Mewujudkan Rumah Seindah Foto Instagram

7 Rekomendasi Peralatan DIY untuk Mewujudkan Rumah Seindah Foto Instagram

Instagram sudah menjadi media utama dalam mencari inspirasi, termasuk desain penataan rumah. Banyak sekali foto-foto ruangan yang cantik dan menawan berseliweran di Instagram. Gaya minimalis menjadi tren penataan ruang saat ini. Gaya tersebut menawarkan penataan yang rapi dan nyaman, bahkan bagi rumah mungil sekalipun. Selain itu, gaya minimalis juga disukai karena lebih praktis dan mudah perawatannya.

Masih banyak orang yang menganggap mengubah penataan ruangan itu pekerjaan berat dan harus dikerjakan oleh tukang. Karena itulah, meski banyak yang ingin meniru foto Instagram, hanya sedikit yang benar-benar melakukannya. Padahal, sekarang ini telah banyak peralatan untuk mempercantik rumah dengan mudah, tanpa harus bergantung kepada tukang. Lagi pula, sentuhan tangan langsung pemilik rumah akan membuat ruangan jauh lebih homey. Apa sajakah peralatan itu? Yuk, kita lihat.


Creator Image
Lusitris
DIY & craft blogger
  • Indaco
    Water Based System Belazo A.G.E


    Lusitris

    Perbedaan utama cat jenis oil-based dan water-based adalah cara pengencerannya. Cat jenis oil-based harus diencerkan dengan thinner, serta waktu pengeringannya lebih lama. Selain itu, cat jenis ini juga mengeluarkan bau yang khas seperti minyak, yang sulit dihilangkan. Jika terkena tangan, kita harus menggunakan thinner atau bensin untuk membersihkannya. Karena itulah, banyak orang, terutama wanita enggan memakainya.

    Berbeda dengan cat oil-based, cat jenis water-based bisa diencerkan dengan air dan lebih ramah lingkungan. Cat water-based yang ingin saya rekomendasikan adalah Indaco Water Based System Belazo A.G.E. Cat ini bisa diaplikasikan pada kayu, besi, maupun tembok. Dengan menggunakan cat ini, kita bisa mengubah kursi atau meja yang kusam menjadi berwarna putih, seperti yang sering terlihat di Instagram.


    Cat ini juga sangat mudah kering. Hanya butuh waktu selama sekitar 5-10 menit, dan cat ini pun akan menempel dengan baik. Bagi para wanita, kalian tidak perlu khawatir cat ini akan merusak kulit bila terkena tangan. Cat ini sangat mudah dibersihkan, tinggal membasuhnya saja dengan air. Yang paling saya sukai, kemasan cat ini bukan kaleng sehingga mudah ditutup kembali jika tidak habis. Jadi, kita tidak perlu khawatir sisa cat akan menjadi kering dan mubazir.

  • Bosch
    IXO 3 Professional


    Lusitris

    Pernahkah kalian takjub melihat rumah mungil yang tertata rapi di Instagram? Rahasianya ada pada rak-rak cantik yang dipamerkan para selebgram itu. Selain berfungsi untuk menyimpan barang, rak-rak tersebut juga menjadi aksen yang mempercantik ruangan.

    Dulu, kita harus memesan khusus bila ingin membeli rak. Namun, sekarang kita bisa membelinya dengan mudah, bahkan melalui internet. Rak-rak tersebut dijual di e-commerce dalam keadaan telah dicat rapi, lengkap dengan mur dan bautnya, tetapi belum dirakit. Nah, obeng mesin ini akan membantu kita merakit rak atau perabot lainnya lebih cepat dan rapi.


    Obeng ini bekerja menggunakan baterai dan tanpa kabel, membuatnya praktis digunakan di mana saja. Bobotnya juga ringan sehingga wanita seperti saya pun bisa menggunakannya dengan mudah. Bila kalian ingin melihat cara penggunaanya lebih jelas, kalian bisa melihat video tutorialnya yang banyak beredar di Youtube. Oh ya, merek ini juga sangat awet.

  • Jakemy
    45 In 1 Anti-Drop Electronic Tool Screwdriver Set


    Lusitris

    Obeng ibarat pertolongan pertama pada macam-macam kerusakan perabotan di rumah. Ia sangat berguna untuk mengencangkan mur dan baut pada kursi, meja, peralatan elektronik, bahkan pintu dan jendela. Karena itulah, saya sarankan setiap rumah untuk memiliki satu set obeng.

    Menurut saya, satu set obeng dengan 45 kepala pun sudah cukup memadai. Namun, jika kalian ingin yang lebih lengkap, kalian bisa membeli obeng set dengan 70 kepala. Ada banyak merek obeng set yang bisa kalian pilih. Sebenarnya, kepala obeng semua merek itu sama saja. Yang membedakannya adalah pegangannya.


    Saya menyukai obeng set dari Jakemy karena pegangannya ramping dan memanjang sehingga lebih mudah digunakan. Sekilas, obeng dengan pegangan yang pendek memang terlihat lebih praktis dan ringkas. Namun, bentuk pegangan seperti itu justru membuat penggunaannya terbatas.


    Saya pernah mempunyai obeng dengan pegangan pendek membulat. Namun, obeng tersebut ternyata tidak mampu menjangkau baut yang terjepit di dalam saat harus menggeser mesin jahit.

  • Tekiro
    Claw Hammer


    Lusitris

    Ada banyak jenis palu atau martil yang dijual di pasaran. Semua palu tersebut tentu memiliki kegunaan yang spesifik. Namun, kita tidak perlu membeli semuanya sebab pada kenyataannya tidak semua palu kita perlukan. Kita cukup memiliki satu palu yang kegunaannya paling banyak dibandingkan jenis lain, seperti palu kambing.

    Claw hammer atau biasa juga disebut palu kambing selain untuk menancapkan, juga berguna untuk mencabut paku yang tidak terpakai. Kita tinggal menyisipkan paku yang ingin dicabut di tengah bagian yang seperti tanduk.


    Saya memilih palu kambing dari Tekiro karena kepalanya terbuat dari besi yang kuat sehingga mampu menancapkan atau mencungkil paku dengan mantap. Pegangannya dilapisi karet sehingga lebih nyaman digunakan dibanding palu dengan pegangan kayu yang licin. Merek ini juga harganya tidak terlalu mahal sehingga ramah di kantong.

  • Velcro
    Brand All Purpose Strap - Elastic


    Lusitris

    Rumah sebagus apapun akan berkurang keindahannya jika kabel tidak ditata dengan baik. Kabel yang tidak rapi juga bisa menyebabkan tersandung, benda tersangkut, atau kecelakaan yang lebih fatal lainnya. Itulah sebabnya kantor, hotel, dan tempat umum lainnya membayar tukang listrik tidak hanya untuk memasang instalasi, tetapi juga untuk merapikannya.

    Untuk kabel listrik di rumah, kita bisa menatanya sendiri karena bentangnya tidak terlalu panjang. Cable ties , sesuai namanya adalah benda sederhana yang berguna untuk mengikat kabel agar terlihat rapi dan tidak berantakan.


    Selain Velcro Cable Ties ini, ada juga cable ties yang terbuat dari bahan plastik. Harganya pun murah meriah. Sayangnya, untuk membuka cable ties plastik tersebut, kita harus menggunakan alat bantu seperti gunting. Oleh karena itulah, saya lebih menyukai Velcro ini karena mudah dibuka dan reusable, alias bisa dipakai lagi.


    Selain untuk mengikat kabel, saya juga sering menggunakannya untuk mengikat batang atau ranting tanaman. Jadi, kita bisa membuat tanaman terlihat cantik seperti di Instagram, tanpa harus memotongnya.

  • Shukaku
    Cable Clip + Hardened Steel Nails


    Lusitris

    Memindahkan perabotan untuk mendapatkan posisi terbaik di ruangan sering mengharuskan kita memindahkan lampu atau colokan. Kabel yang tadinya sudah tertata rapi pun jadi terlihat berantakan atau bergelantungan. Nah, cable clip atau klem kabel adalah alat sederhana untuk merapikan dan menyembunyikan kabel listrik dengan mudah.

    Untuk merapikan kabel-kabel tersebut, kita tinggal mencari bagian mana dalam ruangan yang bisa digunakan untuk menyembunyikan atau menyamarkan. Kita dapat memanfaatkan pinggiran tembok, atau dinding yang warnanya tidak terlalu mencolok atau kontras dengan kabel. Setelah itu, arahkan kabel, lalu tahan menggunakan klem dan fix-kan menggunakan paku.


    Saat memilih klem, pastikan pakunya menggunakan paku baja. Sebab, kebanyakan rumah sekarang ini menggunakan tembok yang tidak bisa ditembus oleh paku biasa. Selain untuk menuntun kabel, klem ini bisa juga digunakan untuk memasang dekorasi rumah. Kita bisa menggunakannya untuk memasang daun plastik yang merambat atau tumblr light yang sekarang sedang tren di kalangan remaja dan ibu-ibu muda.

  • Kangaro
    Gun Tracker


    Lusitris

    Pernah melihat kotak-kotak penyimpanan yang cantik dan serasi di Instagram? Kita bisa membuatnya sendiri dengan modal kardus bekas dan kain kanvas atau belacu. Caranya? Mudah, kita tinggal menempelkan kain pada kardus bekas dengan menggunakan lem, lalu memperkuatnya menggunakan Kangaro Stapler ini.

    Alat ini adalah stapler dengan ukuran yang paling besar. Banyak juga yang menyebutnya sebagai gun tacker. Selain untuk membuat kotak-kotak penyimpanan yang cantik, kita juga bisa menggunakannya untuk mengganti cover jok kursi. Mengganti jok kursi memang bukan pekerjaan mudah. Namun, bila kita hanya mengganti cover-nya saja, siapa pun bisa melakukannya.


    Kita tinggal memasang kain yang ingin digunakan sebagai cover, lalu merapikan ujung-ujungnya dengan menggunakan gun tacker ini. Tutorial lebih jelasnya bisa dilihat di Youtube. Dengan menggunakan alat ini, kita bisa mengubah tema interior ruangan dengan mudah.