7 Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Kering

7 Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Kering

Creator Image
Rach Alida Bahaweres
Lifestyle blogger & journalist
  • Wardah
    C-defense Energizing Creamy Wash


    Rach Alida Bahaweres

    Saya telah menggunakan Wardah C-defense Energizing Creamy Wash ini sekitar dua bulan dan kulit wajah terasa lebih lembap. Facial wash ini mengandung hi-grade vitamin C antioxidant serta active moit complex. 
    Meskipun busanya berlimpah, tetapi tidak membuat kulit kering. Setelah menggunakan facial wash ini, kelembapan wajah saya bahkan menjadi lebih terjaga. Kulit pun terasa lebih halus dan cerah. 

    Cara menggunakan facial wash ini juga mudah. Kalian tinggal membasahi dengan air lalu busakan di wajah, sambil dipijat dengan lembut. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. 

    Yang paling saya suka dari Wardah C-defense Energizing Creamy Wash ini adalah aroma jeruknya yang sangat wangi. Saya biasanya menggunakan facial wash ini dua kali sehari, setelah bangun tidur di pagi hari dan sore sepulang kerja.
  • Olay
    Total Effects 7 in One Foaming Cleanser


    Rach Alida Bahaweres

    Boleh dibilang facial foam ini memiliki tujuh keunggulan dalam satu produk. Produk ini menjadikan kulit wajah lebih lembut dan tidak membuat kulit lebih kering. Selain itu, facial foam Olay ini juga mampu untuk mengangkat kotoran di wajah dengan sempurna sehingga wajah terasa lebih bersih dan segar.

    Saya sebetulnya pengguna produk pelembap Olay. Kemudian, saya penasaran dengan facial foam-nya, apakah sesuai dengan yang diklaimnya atau tidak. Ternyata, produk ini cocok di kulit saya. Saat awal menggunakannya, saya sempat khawatir kulit akan menjadi lebih kering dan bersisik. Namun, kekhawatiran saya tidak terbukti. Kulit wajah saya malah menjadi lebih sehat.

    Tidak seperti facial foam lain, busa yang dihasilkan oleh facial foam Olay ini tidak terlalu banyak. Wanginya sangat lembut sehingga bisa dijadikan pilihan oleh kalian yang tidak menyukai aroma yang terlalu kuat. Harganya juga cukup terjangkau, yakni di bawah 50 ribu rupiah.
  • Cetaphil
    Gentle Skin Cleanser


    Rach Alida Bahaweres

    Ingin facial wash tanpa busa? Cetaphil adalah pilihannya. Busa yang dihasilkan Cetaphil sangat sedikit, bahkan bisa dibilang tidak berbusa sama sekali. Sangat berbeda dengan facial wash lain yang seolah berlomba memberikan busa yang banyak.

    Saya pertama kali mencoba Cetaphil karena ditawari oleh teman. Awalnya saya sempat meragukan kemampuan Cetaphil mengangkat kotoran karena tidak berbusa. Maklum, selama ini saya terbiasa menggunakan facial wash yang menghasilkan busa banyak.

    Setelah saya coba, Cetaphil ternyata mampu membersihkan wajah hingga tuntas dan menghilangkan debu-debu yang menempel di wajah. Kulit terasa bersih dan segar, tetapi tetap lembap. Sayangnya, harga Cetaphil ini lebih mahal bila dibandingkan dengan facial wash lainnya.
  • Dove
    Beauty Moisture Facial Foam


    Rach Alida Bahaweres

    Produk skincare Dove menurut saya memang memiliki kandungan pelembap yang tinggi. Salah satu produk yang direkomendasikan untuk kulit kering adalah Dove Facial Foam. Ada tiga tipe yang bisa dipilih, yakni Dove Beauty Moisture Facial Foam, Dove Deep Pure Facial Foam, dan Dove Inner Glow Facial Foam. 

    Produk Dove Facial Foam ini mampu mengembalikan kelembapan pada kulit wajah karena mengandung nutrium moisture beauty serum. Dari ketiga varian Dove Facial Foam tadi, yang saya rekomendasikan adalah Dove Beauty Moisture Facial Foam. Produk ini memiliki kandungan pelembap yang paling sesuai untuk mengatasi kulit kering.

    Produk ini memiliki busa yang lembut dan diklaim dapat membuat kulit lebih rileks. Kandungan glycerine-nya terbuat dari bahan alami yang juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Setelah menggunakannya, kulit saya tidak terasa tegang atau kering sama sekali. Kulit wajah saya bahkan terasa lebih lembap dan kenyal.
  • Johnson & Johnson
    Clean & Clear Clear Fairness Cleanser


    Rach Alida Bahaweres

    Saya pertama kali mencoba Clean & Clear sekitar setahun yang lalu. Menurut saya, produk ini cocok bagi pemilik kulit wajah kering dan kusam. Produk ini tidak membuat kulit bertambah kering dan mampu mencerahkan wajah. 




    Clean & Clear Clear Fairness Cleanser dijual dalam dua kemasan, yakni 50 gr dan 100 gr. Bagi yang ingin mencoba, saya sarankan untuk membeli kemasan kecil terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit.

    Produk ini juga sangat hemat. Selain harganya terjangkau, ia juga tahan lama. Kemasan 50 gr itu bisa saya gunakan selama hampir dua bulan. Hemat, bukan? Saya juga menyukai aromanya yang lembut dan tidak terlalu menyengat.
  • Herborist
    Facial Foam


    Rach Alida Bahaweres

    Saya sebetulnya baru tahu tentang Herborist dan pertama kali membeli produk ini saat ada bazar di kantor. Saat itu saya membeli satu paket produk perawatan yang di dalamnya ada Sabun Wajah Zaitun ini. Saya penasaran untuk mencoba karena sabun wajah ini mengandung zaitun, yang dipercaya mengandung antioksidan. Selain itu, zaitun juga mampu menjaga kelembapan serta membuat kulit wajah lebih lembut. 

    Bagi pemilik kulit kering seperti saya, menggunakan facial wash yang mengandung minyak zaitun tentunya sangat sesuai. Sebab, akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan sehat. Satu hal yang membuat saya suka dengan Sabun Wajah Zaitun ini adalah warnanya yang unik, agak kehijau-hijauan. Selain itu, aroma zaitunnya juga sangat lembut.
  • Unilever
    Pond's White Beauty Pinkish White Facial Foam


    Rach Alida Bahaweres

    Selain Dove, facial wash yang memiliki kandungan pelembap yang pas untuk kulit kering adalah Pond's. Sesuai namanya, produk ini sebenarnya diformulasikan untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, setelah saya coba, produk ini tidak hanya mampu mencerahkan, tetapi juga melembapkan kulit.

    Berbeda dengan facial wash pencerah wajah kebanyakan, Pond's White Beauty Facial Wash formulanya tidak terlalu keras. Setiap mencoba facial wash baru, saya selalu khawatir kulit menjadi lebih kering dan bersisik. Namun, kekhawatiran saya tidak terbukti setelah memakai Pond's Facial Wash ini. Aromanya juga lembut dan tidak menyengat. Kelebihan lainnya, produk ini harganya terjangkau dan mudah didapat.