7 Rekomendasi Peralatan yang Wajib Dimiliki Seorang Content Writer

7 Rekomendasi Peralatan yang Wajib Dimiliki Seorang Content Writer

Menjadi seorang content writer tidak hanya membutuhkan keterampilan menulis, tetapi juga perlu ditunjang dengan beberapa perlengkapan pendukung. Di antaranya adalah perangkat komputer yang mumpuni, smartphone, hingga kacamata filter sinar biru. Seorang content writer juga membutuhkan external hard disk untuk mem-backup data untuk berjaga-jaga. Selain itu, seorang content writer juga memerlukan koneksi internet yang lancar dan stabil untuk mendukung profesinya yang mobile dan bisa dikerjakan di mana saja.
Selain hal-hal yang saya sebutkan, masih ada beberapa perlengkapan lagi yang sebaiknya kalian siapkan. Melalui artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan. Yuk, disimak!
Creator Image
Virmansyah
Full time blogger
  • ASUS
    A455LB


    Virmansyah

    Notebook adalah peralatan wajib yang harus dimiliki. Saya lebih memilih notebook dibanding PC karena lebih fleksibel dan praktis dibawa ke mana-mana. Jadi, kita bisa menulis konten di mana saja tanpa terikat tempat. Spesifikasi notebook yang digunakan pun tidak perlu yang kelas atas, cukup kelas menengah saja. Yang penting, ia bisa digunakan untuk keperluan office, browsing, serta grafis ringan.
    Saya sendiri menggunakan notebook ASUS A455LB dengan spesifikasi prosesor Core i3 dan RAM bawaan sebesar 2 GB. Notebook ini juga telah dilengkapi dengan graphic card NVIDIA 820M. Saran saya, carilah notebook yang sudah memiliki graphic card sehingga bisa digunakan untuk mengolah data grafis. 

    Sebenarnya, yang paling penting dari notebook adalah kapasitas RAM-nya. Kapasitas RAM memengaruhi kecepatan dan kelancaran saat kita mengakses browser seperti Chrome atau Firefox. Idealnya, kapasitas RAM untuk notebook kelas menengah adalah sebesar 4 GB. Sayangnya, kapasitas RAM ASUS A455LB Core I3 ini masih sekitar 2 GB. Oleh karena itu, saya meng-upgrade kapasitas RAM-nya sebesar 4 GB sehingga totalnya menjadi 6 GB.
  • Samsung
    SSD 860 EVO


    Virmansyah

    Saat kalian memilih laptop, sebisa mungkin pilihlah yang telah menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanannya. Sama halnya dengan HDD, SSD berfungsi sebagai tempat penyimpanan file sistem operasi dan aplikasi yang ter-install.
    Performa SSD lebih cepat dibanding HDD sehingga membantu kalian untuk bekerja lebih efektif. Namun, jika kalian terlanjur menggunakan laptop yang masih menggunakan HDD, kalian bisa meng-upgrade-nya ke SSD dengan menambahkan produk ini.

    Saya memilih SSD Samsung 860 EVO karena telah dilengkapi dengan mode rapid yang membuat akselerasinya semakin cepat. Pengalaman saya, kecepatan akses ini tidak hanya memengaruhi efektivitas, tetapi juga meningkatkan mood bekerja. Produk ini juga memiliki garansi resmi selama 5 tahun.
  • Alcatel
    Modem MIFI 4G LTE


    Virmansyah

    Peralatan lainnya yang wajib dimiliki adalah MiFi. Seperti yang sudah disinggung di atas, seorang content writer bisa bekerja di mana saja, baik itu di rumah, kantor, bahkan kafe. Agar bisa bebas bekerja tanpa hambatan internet, kita membutuhkan perangkat jaringan internet yang bisa dibawa ke mana-mana. Saran saya, pilihlah MiFi yang bisa digunakan untuk semua operator. Jadi, kalian bisa bebas berganti operator, sesuai kondisi tempat serta sinyalnya.
    Saya sendiri menggunakan Mifi Alcatel MW40. Selain bisa digunakan untuk semua operator, MiFi ini juga bisa digunakan tanpa baterai. Jadi, bila sedang bekerja di rumah, saya bisa menggunakan adaptor listrik tanpa khawatir akan overcharge. Hal ini membuat baterai menjadi lebih awet.
  • Seagate
    Backup Plus Ultra Slim Portable Hard Disk


    Virmansyah

    Banyak orang yang menyimpan data-data penting mereka di dalam laptop. Tanpa kita sadari, hal ini sangat berbahaya. Sebab, bila laptop kita rusak, kemungkinan besar kita tidak dapat mengakses data itu lagi. Oleh karena itu, saya selalu mem-backup data secara rutin sebagai antisipasi.
    Selain cloud storage, saya juga menggunakan Seagate Backup Plus Portable Drives dengan kapasitas 1TB. Produk ini memiliki ukuran yang kecil, sekitar 2,5 inci sehingga praktis untuk dibawa ke mana-mana. Kapasitas penyimpanannya besar, mampu menampung seluruh data yang tersimpan di laptop saya. 

    Portable Drive ini juga dilengkapi dengan koneksi USB berkecepatan tinggi. Selain itu, produk ini juga bisa digunakan baik untuk laptop Mac maupun Windows.
  • Energeyes
    Digital Lenses


    Virmansyah

    Seperti kita tahu, menjadi content writer membuat kita harus berhadapan dengan layar monitor dalam jangka waktu yang lama. Layar monitor, baik itu laptop maupun gadget, mengeluarkan spektrum cahaya biru yang memberikan dampak buruk pada kesehatan mata. Oleh karena itu, kita perlu memfilter cahaya tersebut, agar kesehatan mata kita tetap terjaga.
    Untuk menjaga mata, saya menggunakan Energeyes Digital Lenses. Kacamata ini mampu mengurangi paparan sinar biru dari layar komputer maupun ponsel. Saat menggunakan kacamata ini, layar monitor akan terlihat lebih kekuningan dan tidak menyilaukan. Mata pun menjadi tidak mudah lelah. Hanya saja, bila dibandingkan dengan merek lain, produk ini memang harganya sedikit lebih mahal.
  • Logitech
    M331 Silent Plus


    Virmansyah

    Saya adalah tipe orang yang tidak terlalu nyaman menggunakan mouse pad dan lebih senang menggunakan mouse saja untuk mengoperasikan laptop. Saya juga tidak terlalu suka dengan kabel yang sering terkesan berantakan. Oleh karena itu, saya memilih wireless mouse agar praktis dan tidak perlu ribet dengan kabel.
    Wireless mouse yang saya pakai adalah Logitech M331. Saya memilih mouse ini karena desainnya ergonomis serta memiliki fitur klik yang silent. Jadi, kita tidak akan terganggu dengan bunyi "klik" yang khas itu. Selain itu, mouse ini juga baterainya sangat awet. Baterainya bisa bertahan hingga 1 tahun, padahal saya pakai setiap hari.
  • Xiaomi
    Redmi Note 5


    Virmansyah

    Menurut saya, kegunaan smartphone tidak lagi hanya sebatas sebagai alat komunikasi. Bagi seorang content writer, smartphone bisa dijadikan media untuk bekerja. Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi penunjang yang bisa kita download. Smartphone juga sangat berguna untuk mengecek dan membalas email.
    Saat ini saya menggunakan Redmi Note 5, smartphone keluaran Xiaomi. Meski masih termasuk smartphone kelas menengah, paduan RAM 4 GB dan kapasitas penyimpanan 64 GB menjadikannya cukup powerful. Spesifikasinya juga sudah cukup untuk menunjang kebutuhan menulis konten. Saya bahkan sering menulis artikel blog menggunakan smartphone ini.