7 Peralatan Pendukung Pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) Rekomendasi Mommy Blogger Eni

Writer & mommy blogger Eni Martini
Writer & mommy blogger
Eni Martini
Seorang penulis novel roman keluarga, yang juga berkutat dalam dunia bloger. Learning To Love-GPU merupakan salah satu karya terbaiknya, yang sempat best seller pada tahun 2014. Selain menulis, ibu dari empat anak ini juga hobi membuat homemade MPASI sampai menuliskan resep-resep di blog pribadinya. Menulis adalah salah satu dunia yang tidak bisa dipisahkan dari kesehariannya.
Masa MPASI merupakan salah satu yang sangat ditunggu-tunggu oleh para ibu. Sebab, pada tahap itu si kecil akan mulai mengenal makanan padat selain ASI (atau susu). Namun, banyak ibu yang masih belum memahami apa saja yang harus dipersiapkan, termasuk peralatan pendukungnya. Hal itu menyebabkan persiapan ibu menjadi kurang maksimal atau malah terlalu berlebihan, sampai membeli peralatan yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Saya sendiri pernah melakukan kesalahan tersebut. Saat pertama kali mempersiapkan MPASI, saya terlalu bersemangat untuk memberikan yang terbaik dengan membeli peralatan selengkap-lengkapnya. Saya juga sering tergoda dengan model yang lucu-lucu sehingga membeli peralatan yang sebenarnya tidak perlu. Setelah 3 kali menjalankan MPASI (dan akan memulai yang ke-4), saya jadi paham apa saja yang sebenarnya harus dipersiapkan. Melalui artikel ini, saya ingin merekomendasikan tujuh peralatan yang harus Ibu persiapkan sebelum menjalani proses MPASI. Selamat membaca!

Produk pilihan Eni Martini

Pigeon Home Baby Food Maker 

Pigeon Home Baby Food Maker

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 220.000

Produk persiapan MPASI terlengkap yang wajib dimiliki

Pigeon Home Baby Food Maker yang berisi grating, stainer, grinder, juicer, mangkuk, dan sendok ini sangat berguna terutama pada awal MPASI. Pada tahap ini, si kecil membutuhkan makanan padat yang teksturnya sangat halus. Untuk itu, saya biasanya memarut terlebih dahulu bahan-bahan MPASI menggunakan grating sebelum dimasak, kemudian disaring lagi dengan stainer setelah masak. Saat menghaluskan bahan-bahan yang lebih keras seperti kacang-kacangan, ikan, atau daging cincang, saya menggunakan penumbuk atau grinder.

Saya menyukai Pigeon Home Baby Food Maker ini karena selain multifungsi, materialnya juga BPA free. Jadi, aman bagi bayi. Selain itu, cara penggunaannya juga sangat mudah dan serba manual. Saya memang sedapat mungkin meminimalkan penggunaan blender, untuk menjaga kandungan serat dalam bahan makanan tetap utuh. Saat menyajikan buah pun, saya biasanya cukup menggunakan parut atau saringan bagi buah yang lembek, dan memiliki kandungan air tinggi.

Satu lagi yang saya sukai adalah produk ini didesain sedemikian rupa sehingga bisa disusun menjadi satu. Hal ini membuatnya ringkas dan mudah disimpan, serta sangat membantu untuk mencegah agar pernak-perniknya tidak tercecer. Yang lebih menyenangkan lagi, harga satu setnya juga sangat terjangkau.

Pigeon Feeding Set With Training Cup 

Pigeon Feeding Set With Training Cup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115.000

Peralatan makan dan minum untuk bayi mulai umur 6 bulan

Pigeon Feeding Set With Training Cup System adalah produk yang bisa digunakan lumayan lama, sejak bayi belajar makan hingga bertambah bulan. Saat memulai MPASI, yang sering saya gunakan adalah piring cekung, mangkuk kecil, serta sendok bulatnya. Meski masih tahap awal, saya tetap memisahkan makanan padat dan cair seperti kuah kaldu, untuk mengenalkan varian rasa yang berbeda. Sendok bulatnya sangat sesuai dengan kapasitas mulut bayi yang memang belum bisa menyuap terlalu banyak.

Saat si kecil mulai diperkenalkan pada makanan yang lebih kasar, kita bisa menggunakan piring bersekatnya. Permukaan salah satu kompartemen piring tersebut bertekstur sehingga bisa digunakan untuk membantu menghaluskan makanan. Jadi, saat menyajikan makanan yang kira-kira belum bisa dikunyah dengan baik, kita bisa menghaluskannya dengan menekan bagian belakang sendok pada permukaan bertekstur tersebut. Praktis, bukan?

Selain itu, Pigeon Feeding Set ini juga dilengkapi MagMag Training Cup yang memiliki berbagai kepala untuk melatih si kecil minum dari gelas, sesuai tahapan usianya. MagMag Training Cup ini sangat direkomendasikan bagi para ibu yang ingin melatih bayinya beralih dari botol hingga bisa minum sendiri di gelas.

Waterproof Slabber 

Waterproof Slabber

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 28.000

Motif tokoh Disney yang lucu membuat si kecil lebih bersemangat memakainya

Sebenarnya, slabber atau celemek ini dibutuhkan sejak si kecil belum memasuki tahap MPASI, untuk mencegah air liur membasahi baju. Saya biasa memasangkan slabber sejak bayi berumur 4 bulan, saat ia mulai mengeluarkan liur berlebih. Pada usia tersebut, bayi memang belum bisa menelan dan menahan keluarnya air liur. Namun, hal ini akan hilang dengan sendirinya, seiring dengan perkembangan si bayi.

Saat memulai MPASI, slabber diperlukan untuk mencegah makanan dan minuman tercecer hingga mengotori baju si kecil. Bila terkena baju, kotoran makanan kadang menjadi noda yang sulit dihilangkan. Slabber berbahan waterproof ini akan mencegah ceceran makanan tembus pada pakaian bayi. Slabber jenis ini juga sangat mudah dicuci dan tidak menyerap noda. Saya memilih motif tokoh kartun Disney yang mencolok agar anak senang memakainya. Tentu saja, Ibu juga bisa memilih motif lain yang sesuai dengan selera serta jenis kelamin bayi.

Claris Quicklock Round Air Tight Food Container  

Claris Quicklock Round Air Tight Food Container

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 59.999

Wadah kedap udara yang menjaga bahan-bahan MPASI tetap segar

Sebagai ibu, saya selalu ingin menyiapkan MPASI dari bahan makanan yang segar dan berkualitas, mengingat pencernaan si kecil yang masih sangat rentan. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, bahan makanan yang dibutuhkan pun juga bervariasi. Namun, karena kebutuhan untuk MPASI tidaklah banyak, sulit untuk menghabiskan bahan MPASI untuk sekali masak. Untuk itulah, saya membutuhkan wadah kedap udara untuk menyimpan bahan-bahan tersebut di dalam freezer maupun lemari pendingin.

Saya memilih Claris Quicklock Round Air Tight Food Container karena BPA Free serta food grade quality. Produk ini juga memiliki seal di bagian penutupnya yang membuatnya kedap udara sehingga bahan makanan tetap segar dan tidak mudah rusak. Selain itu, Claris Quicklock juga tidak berbau sehingga tidak mengganggu aroma bahan makanan yang disimpan di dalamnya.

Produk ini juga sangat praktis. Jika kita menggunakannya untuk menyimpan bahan makanan dalam freezer, kita bisa merendamnya langsung dalam air panas, untuk defrosting. Produk ini wajib dimiliki oleh Ibu yang tidak bisa belanja bahan MPASI setiap hari.

BabySafe Multi Use Containers AP011 

BabySafe Multi Use Containers AP011

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 48.000

Menyimpan stok MPASI per porsi kini lebih mudah!

Banyak ibu, termasuk saya, yang mungkin tidak sempat membuat MPASI setiap hari. Untuk mengatasi hal tersebut, saya biasanya membuat stok MPASI untuk beberapa hari. Setelah itu, saya akan memisahkannya ke dalam wadah kecil per porsinya. Jadi, ketika si kecil akan makan, saya tinggal memanaskannya saja. Praktis dan hemat waktu.

Untuk menyimpan stok MPASI, saya memilih BabySafe Multi Food Container AP011. Produk ini telah memenuhi standar keamanan Eropa untuk kategori peralatan makan bayi. Jadi, dapat dipastikan wadah ini aman bagi si kecil. Ukurannya pun telah disesuaikan dengan porsi sekali makan bayi. Ini sangat memudahkan karena saya jadi tidak perlu mengira-ngira porsinya lagi.

Selain itu, wadah ini juga aman disimpan di dalam freezer dan bisa digunakan langsung untuk menghangatkan dengan microwave. Bagi Ibu yang senang travelling, wadah ini juga praktis untuk dibawa bepergian.

BabySafe Baby Food Steam Cooker LB004 

BabySafe Baby Food Steam Cooker LB004

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 255.000

Tanpa perlu ditunggui, memasak MPASI menjadi lebih mudah dan praktis!

Membuat MPASI memang sedikit ribet dan membutuhkan waktu memasak yang lama agar teksturnya menjadi lebih lunak. Oleh karena itu, saya ingin merekomendasikan BabySafe Food Steam Cooker LB004, pengukus elektronik yang membantu memasak MPASI menjadi lebih mudah. Meski namanya pengukus, alat ini mampu membuat aneka sup, bubur, hingga membuat kaldu dengan sempurna.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Ibu tinggal memasukkan bahan-bahan yang akan dimasak, lalu memencet tombolnya saja. Alat ini juga dilengkapi tombol durasi waktu memasak yang dapat dipilih. Misalnya, bila ingin merebus daging atau mengukus bahan-bahan yang keras seperti ubi atau kentang, ibu bisa menekan tombol high. Bila ingin mengukus sayuran, Ibu bisa menekan tombol low.

Memasak MPASI dengan steam cooker ini sangat praktis karena tidak perlu ditunggui. Jadi, sambil memasak MPASI, kita bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. Steam cooker ini juga bisa berfungsi sebagai penghangat. Ibu tinggal memencet tombol warm, untuk menjaga MPASI di dalamnya tetap hangat. Yang paling saya suka, BabySafe Food Steam Cooker LB004 ini harganya sangat terjangkau, bila dibandingkan dengan produk sejenis.

Munchkin Fresh Food Grinder  

Munchkin Fresh Food Grinder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Menghaluskan makanan bayi dengan cepat, bahkan yang keras sekalipun

Satu lagi alat yang ingin saya rekomendasikan adalah food grinder dari Munchkin ini. Meski kita bisa menghaluskan makanan bayi dengan menggunakan penumbuk atau saringan, ada kalanya kita harus melakukannya dengan cepat, apalagi jika si kecil sedang rewel. Munchkin Fresh Food Grinder ini mampu menghaluskan makanan bayi dengan cepat.

Saya menyukai produk ini karena cara penggunaannya sangat mudah. Kita tinggal memasukkan makanan yang ingin dihaluskan, lalu memutarnya secara manual. Hasil gilingannya juga halus dan bisa langsung dituang di mangkuk si kecil. Meskipun produk ini mampu menggiling bahan makanan yang keras, sebaiknya gunakan produk ini hanya untuk makanan yang sudah dimasak. Selain itu, alat ini juga sangat ringan sehingga praktis untuk dibawa bepergian. Saya selalu membawanya jika harus pergi menginap dengan mengajak si kecil.

Kesimpulan

Membeli peralatan MPASI memang sangat menyenangkan. Apalagi, produk yang dijual saat ini rata-rata memiliki desain yang sangat menarik. Hal itu sering membuat para ibu menjadi lepas kendali saat berbelanja. Meskipun desain yang lucu mempengaruhi mood ibu dalam menyiapkan MPASI, yang paling utama tentu saja fungsinya. Pilihlah alat yang akan memudahkan Ibu dalam proses pemberian MPASI.

Bagaimanapun, membuat MPASI tidak sama dengan memasak makanan biasa. Sebab, pencernaan bayi yang belum sempurna membutuhkan makanan dengan tekstur yang sangat lembut. Selain itu, pencernaan bayi juga masih sangat rentan sehingga Ibu harus memperhatikan kualitas serta kesegaran bahan-bahan makanan yang digunakan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Ibu yang sedang menyiapkan MPASI si kecil.