8 Produk Pendukung Pembuatan Vlog (Video Blog) untuk Pemula Rekomendasi Content Creator Benakribo

Content creator & videographer Benazio Rizki Putra (Benakribo)
Content creator & videographer
Benazio Rizki Putra (Benakribo)
Seorang content creator yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia media sosial. Ia gemar membuat berbagai konten yang menghibur dan informatif melalui Instagram dan juga Youtube.
Zaman sekarang, saya yakin hampir semua orang sudah memiliki smartphone. Adanya smartphone semakin memudahkan kita untuk merekam dan mengabadikan setiap momen yang terjadi. Salah satunya adalah dalam bentuk video. Kata vlog, yang merupakan singkatan dari video blog pun kini sudah tidak asing lagi. Video blog biasanya merekam atau menceritakan kehidupan pribadi seseorang dengan sangat detail dan santai, dikemas secara natural atau apa adanya.

Meski vlog telah banyak beredar di media sosial seperti Youtube atau Instagram, masih ada orang yang bingung tentang bagaimana cara membuat vlog. Begitu pula dengan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat vlog. Pada artikel ini, saya akan merekomendasikan beberapa alat yang dibutuhkan beserta alternatifnya, bila kalian ingin memulai membuat vlog. Yuk, disimak!

Produk pilihan Benazio Rizki Putra (Benakribo)

Canon PowerShot G7 X Mark II 

Canon PowerShot G7 X Mark II

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.199.000

Kecil, ringan, dengan auto focus yang cepat, serta monitor yang bisa diputar ke depan

Kamera Canon G7X Mark II ini adalah kamera generasi ke-2 dari seri Canon G7X. Kamera ini merupakan kamera yang banyak dipakai oleh vlogger di seluruh dunia. Ukurannya yang kecil, ringan, dengan monitor yang bisa diputar ke arah depan sangat memudahkan untuk mengatur angle vlog kita. Bisa dibilang, kamera ini adalah andalannya para vlogger.

Canon G7X Mark II ini memiliki resolusi 20 megapiksel, dengan layar monitor berukuran 3 inci yang belum dilengkapi teknologi touchscreen. Beratnya hanya sekitar 319 gram saja. Karena kamera ini termasuk ke dalam kategori compact camera, lensanya tidak bisa diganti. Namun, bukaan lensanya mencapai F1.8 sehingga dapat menangkap cahaya yang cukup banyak. Artinya, kamera ini bisa diandalkan dalam keadaan gelap serta bisa menghasilkan bokeh yang cukup.

Salah satu kelebihan yang ditunggu-tunggu dari seri ke-2 Canon G7X ini adalah kecepatan fokusnya yang lebih baik dari seri sebelumnya. Sayangnya, kamera ini tidak memiliki colokan untuk external microphone sehingga kualitas suara yang ditangkapnya sedikit terbatas.

Aukey Optic Pro Super Wide Angle Lens PL-WD02 

Aukey Optic Pro Super Wide Angle Lens PL-WD02

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 471.000

Super wide lens berkualitas, untuk semua jenis smartphone

Jika kalian ingin membuat vlog pada saat travelling menggunakan smartphone, lensa super wide ini sangat bisa diandalkan. Sebagai vlogger pemula, kalian mungkin tidak ingin ribet membawa berbagai peralatan kamera yang cukup berat. Nah, lensa ini akan membantu kalian mengambil gambar atau video dengan jangkauan lebih luas dan lebar.

Jangkauannya yang luas membuat keindahan alam akan terekam lebih baik dan maksimal. Saat mode selfie pun, kita bisa berfoto ramai-ramai tanpa takut ada yang tidak muat di kamera. Sayangnya, meski jangkauan gambarnya lebih luas, bagian pinggirnya cenderung mengalami distorsi, seperti saat kita menggunakan lensa fish eye. Jadi, bila kalian menggunakannya untuk selfie, usahakan untuk tidak terlalu mepet ke pinggir.

Kelebihan lain lensa ini adalah ekonomis. Ia bisa digunakan pada smartphone apa saja karena desainnya yang universal. Dibandingkan merek lain yang mengharuskan pembelian beserta case-nya, harga produk ini juga lebih murah. Untuk menggunakannya, kalian tinggal menempelkannya pada area kamera smartphone, lalu atur perlahan hingga posisinya benar-benar sesuai.

Joby GorillaPod Mobile 

Joby GorillaPod Mobile

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Tripod khusus smartphone yang bentuknya sangat fleksibel

Merek Joby dikenal secara internasional semenjak kemunculan produk GorillaPod. GorillaPod merupakan inovasi tripod, dengan tiga kaki fleksibel yang bentuknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan angle kita. Joby Gorillapod ini juga sangat terkenal dan dipakai oleh banyak top youtuber internasional. Produk yang saya rekomendasikan ini adalah GorillaPod versi kecil, yang diciptakan khusus untuk smartphone.

Dengan GorillaPod ini, kalian bisa mengatur angle smartphone dengan lebih mudah dan memiliki genggaman yang kuat sehingga smartphone tidak mudah jatuh. Selain bisa ditaruh di permukaan yang rata maupun tidak rata, Joby Gorillapod ini juga bisa kita lingkarkan ke berbagai tempat, seperti pagar atau tiang yang tipis. Produk ini sangat cocok bagi vlogger yang tidak ingin ribet dan senang membuat video simpel menggunakan smartphone.

Manfrotto PIXI Evo 2-Section Mini Tripod 

Manfrotto PIXI Evo 2-Section Mini Tripod

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 770.000

Ball head-nya bisa diputar yang memudahkan penyesuaian angle

Manfrotto adalah merek yang kualitasnya sudah sangat terkenal di dunia fotografi dan videografi. Dalam seri tripod, Manfrotto PIXI Mini Tripod ini termasuk tripod kecil yang sangat kuat. Saya sendiri bahkan menggunakannya untuk menopang kamera mirrorless beserta microphone. Setelah dua tahun pemakaian pun, kualitasnya masih tetap terjaga dan bisa digunakan dengan baik.

Kelebihan lain yang saya sukai adalah ball head-nya dapat diputar sehingga kita mudah untuk mengatur angle kamera. Selain digenggam, tripod ini juga bisa kalian taruh di tempat yang permukaannya datar. Bila dibandingkan dengan Joby Gorillapod, tripod ini memang lebih berat. Namun, tripod ini lebih kuat dan mampu menyangga beban yang lebih berat.

DJI Osmo Pocket 

DJI Osmo Pocket

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.499.000

Kamera yang dirancang khusus untuk video, dilengkapi fitur yang bisa mengikuti wajah kita!

Selanjutnya saya ingin merekomendasikan sebuah pocket camera multifungsi keluaran terbaru dari DJI. DJI Osmo Pocket ini memiliki sensor 12 megapiksel dan dibuat khusus untuk merekam video. Oleh karena itu, kamera ini sangatlah cocok untuk digunakan para vlogger, baik yang masih pemula maupun profesional.

Selain kualitasnya, kamera ini juga memiliki resolusi video tinggi, yang bisa mencapai 4K dengan frame rate 60 fps. Selain itu, kita juga bisa mengatur resolusi video yang diinginkan. Jika ingin membuat video yang mulus, kalian bisa mengaturnya pada frame rate 60 fps (frame per second). Namun, bila kalian ingin mengambil video dengan teknik slow motion, kalian bisa mengatur resolusinya menjadi Full HD 120 fps.

Salah satu fitur yang menjadi favorit saya adalah 3-Axis stabilizer yang membuat hasil video stabil dan tidak goyang-goyang. Selain itu, DJI Osmo Pocket juga dilengkapi fitur kamera yang bisa mengikuti muka kita. Oh ya, meski dirancang khusus untuk merekam video, kamera ini juga tetap bisa mengambil foto. Kamera ini disebut-sebut sebagai produk yang akan booming di tahun 2019.

Vanguard Espod CX-204AGH 

Vanguard Espod CX-204AGH

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.030.000

Tripod pemula untuk kamera mirrorless atau DSLR, dengan ball head yang bisa menyesuaikan angle

Jika kalian ingin membuat sebuah vlog dengan format berdiri atau duduk sambil menghadap ke kamera, kalian akan membutuhkan tripod seperti ini. Vanguard ini adalah tripod kelas menengah yang cukup kuat dan bisa diandalkan. Ball head-nya bisa diputar sehingga kita mudah menyesuaikannya dengan angle yang ingin kita ambil.

Saya telah mencoba banyak tripod, namun tripod Vanguard inilah favorit saya. Saya menyukainya karena tripod ini sudah dilengkapi dengan cincin antishock yang mampu menyerap guncangan. Fitur ini sangat penting karena guncangan dapat mengakibatkan posisi angle kamera menjadi tidak stabil.

Produk merek Vanguard ini juga cukup tahan lama. Saya sendiri sudah menggunakannya selama beberapa tahun dan kualitasnya masih tetap baik. Tripod ini bisa digunakan untuk kamera mirrorless maupun DSLR. Beban maksimal yang mampu ditahan tripod Vanguard seri ini adalah 3,5 kg. Ketinggian maksimalnya adalah 1,5 meter, sedangkan ketinggian minimalnya adalah 540 mm.

RØDE Microphones VideoMic Me  

RØDE Microphones VideoMic Me

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 580.000

Microphone khusus smartphone Android untuk vlog dengan suara yang jernih

Salah satu kekurangan dalam merekam video menggunakan smartphone adalah audionya yang terkadang kurang bagus. Penyebabnya antara lain karena microphone pada smartphone menangkap suara dari berbagai sisi, tidak hanya dari depan saja. Akibatnya, saat merekam vlog, suara kita akan sama kencangnya dengan noise yang ada di sekitar kita.

Rode adalah merek yang sangat terkenal di bidang audio. Desainnya modern dan sangat kecil. Untuk menggunakannya, kita hanya menghubungkannya saja dengan smartphone dan microphone pun akan langsung berfungsi dengan baik. Dengan microphone ini, suara saat kita berbicara di depan smartphone jadi terdengar lebih jelas. Suara ambience di sekitar kita pun jadi tidak terlalu terdengar.

Microphone ini juga dilengkapi dengan penutup bulu-bulu yang bisa kita gunakan saat merekam di tempat yang berangin. Penutup bulu tersebut berfungsi sebagai filter, agar suara angin tidak masuk ke dalam microphone. Bagi kalian pengguna iPhone atau iPad yang tidak memiliki plug khusus untuk earphone , kalian bisa menggunakan seri RØDE Microphones VideoMic Me-L.

SanDisk Extreme PRO® SDHC™/SDXC™ UHS-I 32 GB 

SanDisk Extreme PRO® SDHC™/SDXC™ UHS-I 32 GB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 155.000

Memory card berkualitas andalan para vlogger yang mampu menyimpan hingga ribuan foto dan video

Memilih memory card sebaiknya jangan asal-asalan. Selain kapasitas, kalian juga harus memperhatikan kualitasnya karena akan memengaruhi kinerja dan kecepatan transfer data. Saya sendiri sudah menggunakan memory card dari Sandisk sejak tahun 2008 dan belum pernah kecewa dengan kualitasnya. Karena itulah, saya ingin merekomendasikannya kepada kalian.

Dengan kapasitas 32 GB, memory card ini mampu menyimpan ribuan bahkan puluhan ribu foto dengan format standar JPEG. Selain itu, memory card ini juga mampu menyimpan video dengan total durasi 120 hingga 240 menit, dengan format standar MP4 atau AVCHD. Bagi kalian yang senang membuat travelling vlog, memory card ini wajib kalian bawa. Satu memory card ini bisa diandalkan untuk menyimpan data travelling kalian selama beberapa hari. Selain itu, produk ini juga mampu mentransfer data dengan kecepatan 95MB/s. Cepat, bukan?

Kesimpulan

Demikian produk-produk penunjang vlog rekomendasi saya. Semoga bisa menjadi inspirasi kalian yang ingin mulai membuat vlog. Dengan produk-produk di atas, kalian sudah bisa membuat vlog dengan kualitas gambar dan suara yang bagus. Pastikan juga kalian merawat alat-alat tersebut dengan baik agar bisa bertahan lama.

Satu hal yang harus kalian ingat, bagus tidaknya sebuah vlog tidak selalu ditentukan oleh peralatan yang digunakan. Siapa yang ada dibalik kamera tetap menjadi kunci utama kualitas sebuah vlog. Sebelum memulai, sebaiknya kalian menentukan tema terlebih dahulu untuk memudahkan kalian membuat kontennya. Jangan lupa juga untuk selalu tampil percaya diri, ya. Happy vlogging!