7 Rekomendasi Sepatu Wanita Produk Lokal Indonesia Berkualitas

7 Rekomendasi Sepatu Wanita Produk Lokal Indonesia Berkualitas

Ada pepatah mengatakan, “good shoes take you good places”. Sebagai salah satu fashion item, penting sekali memilih sepatu yang tepat untuk melengkapi penampilan. Saya termasuk orang yang sangat memperhatikan sepatu yang dipakai. Apakah sepatunya cocok dengan pakaian yang saya pakai? Apakah jenis sepatunya sesuai dengan tempat yang akan dituju? Yang paling penting, apakah sepatu itu nyaman dipakai atau malah akan menyiksa?

Selain modelnya, nyaman dan awet adalah dua hal yang saya utamakan saat membeli sepatu. Tidak bisa dipungkiri, sepatu yang memiliki kualitas bagus biasanya berbanding lurus dengan harganya. Banyak orang yang masih menjadikan merek terkenal dan brand impor sebagai pertimbangan ketika membeli sepatu. Padahal, kalau mau jeli mencari, sekarang ada banyak sepatu wanita produk lokal Indonesia yang berkualitas, lho! Beberapa di antaranya malah sudah diakui dan go international.


Creator Image
Sary Melati
Lifestyle Blogger
  • Prima Classe Bernal
    Slip On Metalik


    Sary Melati

    Saya tidak sengaja berkenalan dengan brand sepatu ini saat official store-nya di Tokopedia mengadakan program promo. Karena melihat diskonnya lumayan banyak, saya tertarik membuka iklannya dan menemukan sepatu Prima Classe Bernal Slip On warna metalik. Saya langsung jatuh hati saat melihat fotonya dan memutuskan membeli setelah membaca deskripsi serta informasi produknya.

    Benar saja, saya tidak menyesal telah membelinya. Selain penampilannya menarik, sol sepatunya sangat empuk dan nyaman dipakai. Upper dan insole-nya terbuat dari bahan sintesis, tetapi tidak mengurangi kenyamanannya. Sepatu ini juga sangat ringan.


    Jahitan di sekeliling sol sepatunya tidak hanya sebagai pemanis, tetapi juga memperkuat agar sol sepatu tidak mudah lepas. Namun, karena ujungnya agak meruncing, sepatu ini sepertinya kurang nyaman bagi kalian yang memiliki kaki lebar.


    Prima Classe Slip On ini bisa kalian padu padan dengan busana kasual, seperti kaos dan celana jeans. Namun, pernah juga saya pakai ke pesta dipadu dengan mini dress dan ternyata matching. Selain warna metalik, Prima Classe Slip On juga tersedia dalam warna gold yang mewah.

  • Khakikakiku
    Kristin Black


    Sary Melati

    Sepatu bot bisa membuat penampilan kita menjadi lebih keren dan terlihat berbeda. Ada banyak model sepatu bot yang bisa kalian pilih, salah satunya adalah ankle boots favorit saya. Ankle boots ini biasanya memiliki heels yang rendah dan tebal. Cocok bagi kalian yang merasa lebih nyaman dengan heels rendah daripada heels yang tinggi dan runcing.

    Brand sepatu lokal yang memproduksi sepatu bot di antaranya adalah Khakikakiku. Kali ini saya ingin merekomendasikan ankle boots produksi mereka, yaitu Kristin boots. Sepatu ini memiliki desain yang simpel namun tetap stylish, dengan dua varian warna yaitu hitam dan krem. Sebenarnya, kedua warna itu sama-sama bagus. Namun, saya lebih menyukai warna hitam sebab lebih mudah dipadu padankan.


    Biasanya, saya sering kesulitan saat memakai sepatu bot karena kebanyakan terbuat dari kulit yang keras. Namun, saat memakai Kristin boots ini, saya tidak merasa kesulitan sama sekali. Sepatu ini terbuat dari kulit asli yang lembut dan ringan. Insole-nya juga empuk sehingga kaki kita akan tetap nyaman meski memakainya seharian.

  • The Warna
    Cream Bee


    Sary Melati

    Salah satu brand sepatu lokal yang mencuri perhatian saya adalah The Warna. Produsen sepatu lokal asal Bogor ini menjadikan kain tradisional Indonesia sebagai bahan baku produk-produknya. Jenis kain yang digunakan pun beragam, mulai dari tenun, songket, batik, serta kain tradisional lainnya. Mereka lalu memadu padankan dengan bahan lain seperti suede, bahan sintesis, kulit, atau denim.


    Awalnya, saya sempat tidak yakin dengan kualitas sepatu ini karena harganya yang tergolong murah. Namun, setelah membeli dan memakainya selama beberapa waktu, sepatu The Warna malah menjadi sepatu yang paling sering saya pakai sehari-hari. Insole-nya lumayan empuk sehingga nyaman dipakai dalam waktu lama. Selain itu, sepatunya juga lentur, elastis, dan mudah ditekuk.


    Sebenarnya ada banyak motif sepatu The Warna yang saya sukai. Namun, yang menjadi favorit saya adalah The Warna Cream Bee. Saya suka sekali perpaduan warna krem dengan motif batiknya. Karena harganya bersahabat, kalian jadi bisa membeli beberapa pasang sepatu The Warna dengan budget yang sama dengan sepasang sepatu impor.

  • Divites Belle
    Loren


    Sary Melati

    Selain The Warna, pengrajin sepatu lokal yang memasukkan unsur etnik ke dalam karyanya adalah Divites Belle. Spesialisasi produsen sepatu asal Tangerang ini awalnya adalah sepatu high heels atau sepatu hak tinggi. Namun, mereka terus berinovasi hingga kini sudah ada jenis sepatu handmade lainnya, seperti Divites Belle Loren yang saya rekomendasikan ini.

     

    Awalnya saya tertarik dengan sepatu ini karena warna biru denimnya yang cantik. Saya memang penyuka produk yang terbuat dari bahan denim. Perpaduan denim biru tua dan kulit sintesisnya membuat sepatu ini terlihat elegan. Haknya tebal dilapisi kulit kayu dengan warna senada. Setelah saya coba pakai, sepatu ini ternyata sangat nyaman.


    Sepatu ini cocok digunakan oleh orang yang bertubuh mungil seperti saya karena membuat kita terlihat lebih tinggi. Selain acara informal, sepatu ini juga bisa dipakai ke acara formal, asal disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan.

  • Donatello
    Original - Tan


    Sary Melati

    Saya adalah pencinta wedges. Kalau harus memilih sepatu berhak, saya lebih memilih wedges daripada high heels. Meskipun sama-sama hak tinggi, hak wedges yang tebal lebih nyaman dipakai berjalan daripada high heels yang haknya runcing. Sepatu wedges yang ingin saya rekomendasikan kali ini adalah koleksi Donatello, produsen lokal yang memproduksi sepatu dengan model klasik hingga kekinian.

    Model sepatu ini sebenarnya biasa saja, seperti wegdes pada umumnya. Namun, saya sangat menyukai warnanya. Meskipun bukan hitam, warna ini cocok dipadankan dengan warna apa saja. Bagi kalian yang berkulit putih, warna ini akan membuat kaki kalian semakin terlihat cerah. Desain tali pada wedges ini akan membuat kalian tetap terlihat feminin meski mengenakan busana kasual seperti celana jeans.

  • Amazara Eliza
    Pink Mules


    Sary Melati

    Saya sering tiba-tiba membeli sepatu karena kebutuhan sesaat. Misalnya, saat harus pergi ke pesta, tetapi tidak memiliki sepatu yang cocok dengan baju. Akhirnya, saya akan terburu-buru mencari sepatu yang sesuai. Dalam kondisi demikian, biasanya saya lebih mempertimbangkan harga daripada model dan mereknya. Namun, tentu saja harus tetap nyaman dipakai.


    Amazara Eliza Pink Mules yang saya rekomendasikan kali ini adalah salah satu sepatu yang saya beli dengan terburu-buru saat akan ke pesta. Warna pink-nya yang lembut serta hiasan bordirnya membuat sepatu ini terlihat sangat feminin. Setelah saya coba pakai, sepatu ini ternyata tidak hanya cantik, tetapi juga sangat nyaman.


    Material utamanya adalah kulit sintetis dipadu dengan suede yang ringan. Solnya tebal dan tidak licin, sepatu ini terasa empuk serta nyaman dipakai seharian. Tidak hanya untuk pergi ke pesta, sepatu ini ternyata cocok saya padu padan dengan busana kasual seperti skinny jeans dan blazer warna senada.

  • Gabino
    Zoa Red


    Sary Melati

    Meski saya sering memilih sepatu berwarna netral, bukan berarti warna-warna mencolok seperti merah, kuning atau pink tidak menarik perhatian saya. Sepatu warna cerah rasanya membuat saya semakin bersemangat beraktivitas. Karena itulah, saya ingin merekomendasikan sepatu loafers Zoa berwarna merah dari Gabino ini.

    Pada awalnya, saya mengira Gabino adalah merek sepatu impor. Ternyata, Gabino ini adalah merek sepatu lokal Indonesia. Untuk ukuran merek yang sudah cukup lama dikenal, harganya pun sangat terjangkau. Sepatu ini terbuat dari kulit sintesis yang sangat nyaman digunakan. Alasnya terbuat dari karet yang empuk dan tidak licin.


    Sepatu model ini sangat cocok digunakan untuk acara santai, atau jika kalian sedang ingin tampil boyish. Warna merahnya memang mencolok, apalagi kalau dipakai di siang hari yang cerah. Namun, selama kalian memadukan dengan pakaian dan aksesoris yang tepat, penampilan kalian pasti akan terlihat lebih menarik.

Sary Melatiのfavlist