Play-based parenting

Grace Melia

Grace adalah seorang play and mental health advocate. Sejak 2019, ia memberikan layanan play therapy bagi anak-anak usia 4–16 tahun dengan permasalahan emosi, sosial, dan perilaku. Saat ini, Grace berpraktik di Jogja Medical Center.

Grace mendapatkan penghargaan Kartini Next Generation dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, ia juga dianugerahi 10 Anugrah Kemenkes dari Kementerian Kesehatan. Ia sering sharing seputar pengasuhan, kesehatan mental dalam keluarga, dan kegiatan anak yang bisa Anda baca di Instagram-nya.

Artikel kolaborasi

  • 10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    Screen time pada anak menjadi tantangan orang tua masa kini. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan mainan yang menghibur sekaligus menstimulasi motorik anak seperti mainan pasir. Dengan memberikan mainan pasir, kreativitas anak akan terasah, kemampuan motorik serta sensorinya pun terstimulasi.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi mainan pasir yang bagus untuk anak. Beberapa merek, seperti Zoetoys, Magic Sand, dan Yoyo, akan dibahas. Jenis mainan pasirnya juga beragam, mulai dari pasir kinetik, edible sand, hingga pasir gambar. Artikel ini telah ditinjau oleh therapeutic play practitioner kami, Grace Melia. Yuk, simak pembahasan lengkapnya!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Buku Mewarnai Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    10 Buku Mewarnai Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    Salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh anak-anak adalah mewarnai. Selain menyenangkan, kegiatan mewarnai juga memberikan manfaat belajar mengenal warna dan benda. Tak heran, aktivitas mewarnai sangat disarankan untuk anak-anak, terutama anak TK dan PAUD.Buku mewarnai anak yang bagus banyak jenisnya. Anda bisa memilih produk dari merek Deli, Checklist, hingga Adinata. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih buku mewarnai untuk anak. Selain itu, review sepuluh buku mewarnai terbaik untuk anak juga akan kami berikan. Artikel ini telah ditinjau oleh therapeutic play practitioner kami, Grace Melia.
    Buku hobi
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    10 Puzzle Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)

    Anak-anak membutuhkan permainan yang dapat melatih konsentrasi dan kemampuan motorik. Dengan bermain puzzle, anak akan belajar berpikir secara logis dalam menggabungkan potongan-potongan puzzle. Kreativitas dan memori anak pun makin terlatih dengan permainan ini.Ada banyak puzzle menarik yang beredar di pasaran. Namun, ada poin-poin yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan puzzle terbaik. Kami akan membahasnya dalam artikel kali ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi puzzle bagus untuk dimainkan si kecil. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapis bermain kami, Grace Melia juga. Selamat membaca!
    Mainan anak
  •  Pakar dan kreator terbaru