mybest
Alat penyedot komedo

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Salah satu alat untuk merawat wajah adalah pembersih komedo. Alat ini digunakan untuk perawatan pori-pori wajah dan mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat. Ada banyak produk yang dipasarkan dengan spesifikasi dan keunggulan yang beragam, seperti HerBaay dan Winland.

Beberapa produk memiliki fitur khusus, misalnya kedap air atau bisa juga berfungsi sebagai mist spray. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih alat penyedot komedo yang bagus. Kemudian, kami akan memperkenalkan beberapa merek yang populer. Bagi Anda yang sedang mencari alat penghisap untuk sedot komedo, baca artikel ini sampai habis, ya!
Diperbaharui 20/09/2023
Metania
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Metania

Metania, akrab disapa Meta, merupakan lulusan Fakultas Psikologi pada 2021. Menjelang akhir semester 1, ia mendapat kesempatan untuk bergabung bersama mybest Indonesia sebagai penulis. Sembari menyelami psikologis manusia, ia membagi waktunya untuk menulis artikel-artikel mybest. Berbekal pengetahuan dan pengalaman menulis artikel di mybest, setelah lulus Meta bekerja sebagai digital marketer di sebuah perusahaan swasta. Untuk mengisi waktu luang, wanita penyuka skincare ini senang bermain gitar, membuat bullet journal, jalan-jalan, dan bermain bersama peliharaannya. Ketertarikannya pada bidang seni dan desain membuat Meta gemar bereksplorasi dan mempelajari hal baru.

Profil Metania
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa itu alat penyedot komedo?

Apa itu alat penyedot komedo?

Alat penyedot komedo merupakan sebuat alat kecil yang digunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah. Alat ini memiliki cara kerja seperti vakum sehingga dapat menyedot atau menghisap komedo. Beberapa nama lain dari alat penyedot komedo adalah blackhead remover atau pore cleanser.


Sebelumnya, alat ini hanya dapat ditemukan di klinik kecantikan. Kini, Anda bisa dengan mudah menemukannya di online shop. Namun, Anda perlu memperhatikan cara menggunakannya agar kulit Anda tidak mengalami iritasi.


Anda bisa mulai menggunakan alat ini dengan daya hisap yang rendah agar aman bagi kulit wajah. Durasi penggunaan yang disarankan adalah 2–3 kali seminggu.

Cara memilih alat penyedot komedo

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin penting untuk memilih alat penyedot komedo yang mudah digunakan. Jadikanlah poin-poin ini sebagai acuan Anda untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan!

1

Sesuaikan daya sedot alatnya dengan kondisi kulit wajah

Sesuaikan daya sedot alatnya dengan kondisi kulit wajah
Besarnya daya sedot alat terhadap pori-pori dinyatakan dalam satuan kPa. Makin besar angka pada satuan ini, maka makin kuat daya sedotnya. Banyak yang beranggapan bahwa produk dengan daya sedot yang besar akan lebih efektif dalam mengangkat kotoran. Padahal, jika daya sedotnya terlalu kuat, justru dapat merusak jaringan kulit.

Umumnya, alat penyedot komedo memiliki daya sedot sekitar 50 kPa. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk dengan daya sedot sekitar 40 kPa. Akan lebih baik lagi jika daya sedotnya bisa diatur sehingga dapat disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

2

Pilih tipe sumber daya sesuai tempat dan frekuensi penggunaannya

Ada tiga tipe sumber daya yang biasa digunakan pada alat penyedot komedo. Anda bisa memilih sumber daya dari baterai, rechargeable, atau kabel listrik. Berikut ini kami akan membahas perbedaan di antara ketiganya. Simak baik-baik, ya!

Tipe baterai: Mudah dibawa dan digunakan di mana pun

Tipe baterai: Mudah dibawa dan digunakan di mana pun

Alat penyedot komedo yang menggunakan batu baterai bisa digunakan di mana pun dan tidak merepotkan saat dibawa-bawa. Tipe ini cocok dibawa saat dinas ke luar kota atau saat berlibur. Selama Anda membawa baterai cadangan, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Selain itu, harga batu baterai juga cukup murah dan banyak dijual di toko.


Namun, daya sedot tipe ini akan melemah seiring menurunnya daya pada batu baterainya. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli baterai cadangan. Jika Anda sering menggunakan alat penyedot komedo, kami tidak menyarankan tipe ini. Akan tetapi, jika Anda menggunakannya sesekali saja, tidak ada salahnya memilih tipe ini.

Tipe rechargeable: Cocok untuk frekuensi pemakaian tinggi

Tipe rechargeable: Cocok untuk frekuensi pemakaian tinggi
Keunggulan alat penyedot komedo rechargeable atau bisa diisi ulang adalah fleksibel. Anda bisa menggunakannya di mana pun selama dayanya masih cukup. Hal ini berbeda dengan tipe kabel yang harus dicolokkan ke stopkontak setiap saat.

Untuk pemakaian sering dan jangka panjang, tipe ini lebih hemat dibandingkan tipe baterai. Jika dayanya habis, Anda tinggal mengisinya dengan USB charger atau langsung mencolokkannya ke stopkontak seperti halnya tipe kabel. Sebelum membeli, periksa terlebih dahulu berapa jam penggunaan yang memungkinkan dalam kondisi daya penuh.

Tipe kabel: Memiliki daya sedot yang stabil

Tipe kabel: Memiliki daya sedot yang stabil
Tipe baterai dan tipe rechargeable akan berkurang kekuatan sedotannya seiring menurunnya daya. Namun, hal itu tidak akan terjadi pada tipe kabel karena terhubung langsung dengan sumber listrik. Selain itu, kekuatan sedotannya juga lebih stabil dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Namun, tipe ini tidak dapat digunakan di kamar mandi atau di tempat yang tidak terdapat colokan listrik. Anda hanya dapat menggunakannya di wastafel atau ruangan yang memiliki colokan listrik. Jika Anda lebih sering menggunakan alat ini di luar kamar mandi, tidak perlu khawatir untuk memilih tipe ini.

3

Pertimbangkan produk yang memiliki berbagai jenis kepala tambahan

Pertimbangkan produk yang memiliki berbagai jenis kepala tambahan

Kami sarankan Anda memilih produk yang memiliki berbagai jenis kepala tambahan. Contohnya adalah produk dengan ujung kepala penyedot yang ramping untuk menyedot komedo di sekitar lubang hidung.


Ada juga produk dengan kepala penyedot lebar yang efektif untuk menyedot komedo di area pipi dan kening. Produk yang tidak memiliki kepala tambahan memang relatif lebih murah, tetapi terkadang tidak dapat memberikan efek yang optimal.

4

Utamakan produk yang mudah digenggam dan periksa ukurannya

Utamakan produk yang mudah digenggam dan periksa ukurannya
Biasanya, alat penyedot komedo memiliki ukuran yang beragam. Namun, hal terpenting Anda harus memilih produk yang mudah digenggam dan mudah disimpan agar tidak merepotkan. Rata-rata alat penyedot komedo memiliki ukuran sekitar 23 cm.

Jika Anda menginginkan yang lebih praktis, pilihlah yang berukuran sekitar 15 cm. Apabila Anda sering membawanya untuk bepergian, jangan lupa untuk perhatikan beratnya juga, ya.

5

Perhatikan fitur tambahannya

Dengan memilih produk yang memiliki fitur tambahan, tentunya Anda akan menemukan banyak kemudahan dalam penggunaannya. Beberapa produk dilengkapi fitur tambahan, seperti kedap air atau bisa digunakan sebagai mist spray.

Produk yang tahan air: Dapat digunakan di kamar mandi dan mudah dibersihkan

Produk yang tahan air: Dapat digunakan di kamar mandi dan mudah dibersihkan
Alat penyedot komedo efektif digunakan saat pori-pori kulit terbuka sehingga banyak orang memakainya ketika mandi. Oleh karena itu, fitur kedap air sangat penting jika Anda ingin menggunakannya di kamar mandi. Anda tidak perlu khawatir jika alat penyedot komedonya terkena air. Terlebih lagi, setelah memakainya Anda dapat langsung mencucinya sehingga kebersihannya tetap terjaga.

Produk yang tidak kedap air membutuhkan waktu ekstra untuk membersihkannya dari sisa komedo atau minyak yang menempel. Jika Anda ingin menghemat waktu dan tenaga dalam merawat alat penyedot komedo, pilih produk yang kedap air. Namun, produk penyedot komedo yang kedap air masih cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Fitur mist spray: Memudahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori

Fitur mist spray: Memudahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori
Jika Anda ingin membuka pori-pori wajah sebelum menggunakan penyedot komedo, pilih produk dengan fitur mist spray. Gunakanlah mist spray sebelum menyedot komedo supaya komedo jadi lebih mudah terangkat. Mungkin produk dengan fitur ini tidak banyak dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mencarinya.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi alat penyedot komedo terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat penyedot komedo terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

HerBaay

Penghisap Komedo Elektrik

HerBaay Penghisap Komedo Elektrik 1

Rp185.000

Menengah

Mampu samarkan garis halus pada kulit

2

GM Bear

Blackhead Remover1279

GM Bear Blackhead Remover 1

Rp199.900

Agak Mahal

Komedo terangkat, kulit pun aman berkat teknologi vakum yang inovatif

3

HAN RIVER

Blackhead InstrumentB01

HAN RIVER Blackhead Instrument 1

Rp199.000

Agak Mahal

Teknologi Disroot Cyclone-nya membuat komedo lebih mudah terangkat

4

Cocottee

Beauty Skin Care SpecialistCW-666

Cocottee Beauty Skin Care Specialist 1

Rp77.038

Agak Murah

Tak perlu khawatir daya melemah berkat kabel USB-nya

5

Marvilo

Alat Penghisap Komedo Elektrik 4001

Marvilo  Alat Penghisap Komedo Elektrik  1

Rp188.000

Menengah

Kurangi minyak di wajah dengan alat penghisap komedo ini

6

InFace

Alat Penyedot Komedo dan JerawatMS7000

InFace Alat Penyedot Komedo dan Jerawat 1

Rp249.000

Lebih Mahal

Cocok digunakan oleh pria dan wanita karena memiliki dua mode pengaturan

7

GYT

Alat Pembersih KomedoC11

GYT Alat Pembersih Komedo 1

Rp152.000

Menengah

Atur kekuatan hisapnya sesuai kebutuhan!

8

Power Perfect

Pore 4 in 1

Power Perfect Pore 4 in 1 1

Rp89.000

Agak Murah

Fiturnya lengkap! Mulai dari membuka pori, mengeluarkan komedo, hingga menutup pori lagi

9

Winland

Alat Penyedot Komedo

Winland  Alat Penyedot Komedo 1

Rp199.999

Agak Mahal

Hidrasi kulit wajah dengan nano mist sprayer-nya

10

SpotCleaner

Pore Spot Cleanser

SpotCleaner  Pore Spot Cleanser 1

Rp59.000

Lebih Murah

Suka traveling? Cobalah produk yang ringkas dan ringan ini!

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

HerBaayPenghisap Komedo Elektrik

Penghisap Komedo Elektrik 1
Sumber: shopee.co.id
Penghisap Komedo Elektrik 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp185.000
Menengah
Harga referensi
Rp185.000
Menengah

Mampu samarkan garis halus pada kulit

Kelebihan:

  • Memiliki tiga pilihan kepala tambahan

Kekurangan:

  • Perlu mengganti baterai secara berkala

Selain komedo, Anda mungkin mengalami masalah yang berkaitan dengan munculnya garis halus pada wajah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mempertimbangkan produk ini karena kemampuannya dalam menyamarkan garis halus. Gunakan alat ini dengan rutin agar hasilnya makin terlihat. Selain garis halus, tentunya Anda bisa menggunakan produk ini untuk membersihkan komedo.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

GM BearBlackhead Remover1279

Harga referensi
Rp199.900
Agak Mahal

Komedo terangkat, kulit pun aman berkat teknologi vakum yang inovatif

Kelebihan:

  • Minim akan risiko iritasi berkat teknologi vakum yang inovatif

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fitur tambahan lainnya

Kulit sensitif rawan mengalami iritasi, seperti kemerahan dan gatal, jika menggunakan alat penyedot komedo yang terlalu kuat. Apabila Anda memiliki jenis kulit seperti ini, cobalah produk dari GM Bear. Produk ini dilengkapi dengan teknologi vakum inovatif sehingga kulit sensitif Anda akan tetap terasa nyaman saat menggunakannya. Tak perlu khawatir dengan iritasi lagi, deh!

No.3

HAN RIVERBlackhead InstrumentB01

Harga referensi
Rp199.000
Agak Mahal

Teknologi Disroot Cyclone-nya membuat komedo lebih mudah terangkat

Kelebihan:

  • Memiliki layar LCD high definition
  • Kepala tambahannya cukup banyak

Kekurangan:

  • Ada beberapa pengguna yang mendapatkan produk dengan daya sedot kurang kuat

Produk ini adalah pilihan yang pas jika Anda memiliki komedo yang membandel. Berbekal teknologi Disroot Cyclone, komedo akan lebih mudah terangkat sehingga Anda tidak perlu berlama-lama menggunakan alat pembersih komedo. Karena waktu pengerjaannya relatif singkat, produk ini akan berguna saat Anda sedang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan kulit.

No.4

CocotteeBeauty Skin Care SpecialistCW-666

Harga referensi
Rp77.038
Agak Murah

Tak perlu khawatir daya melemah berkat kabel USB-nya

Kelebihan:
  • Daya sedot stabil

Kekurangan:

  • Tidak bisa memilih warna

Kadang kala komedo tidak bisa terangkat dengan tuntas akibat daya hisap alat yang melemah. Tenang saja, hal itu tidak akan terjadi apabila Anda menjatuhkan pilihan pada produk yang satu ini. Produk ini dioperasikan menggunakan kabel USB sehingga dayanya akan tetap stabil meski dipakai dalam waktu lama. Jadi, proses pembersihan komedo pun menjadi lebih optimal!

No.5

Marvilo Alat Penghisap Komedo Elektrik 4001

Harga referensi
Rp188.000
Menengah

Kurangi minyak di wajah dengan alat penghisap komedo ini

Kelebihan:

  • Desainnya ergonomis
  • Praktis untuk dibawa karena menggunakan baterai

Kekurangan:

  • Daya sedotnya tidak dijelaskan
  • Perlu terus membeli baterai untuk menggunakannya

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak dan ingin menguranginya, gunakan saja produk ini. Produk ini dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah tanpa membuat kulit wajah terasa kesat. Selain itu, alat ini tentunya dapat mengangkat blackhead yang ada pada wajah sehingga tampilan wajah Anda akan terlihat bersih.

No.6

InFaceAlat Penyedot Komedo dan JerawatMS7000

Harga referensi
Rp249.000
Lebih Mahal

Cocok digunakan oleh pria dan wanita karena memiliki dua mode pengaturan

Kelebihan:

  • Kepala mudah dilepas pasang dan dibersihkan
  • Bentuk ergonomis sehingga nyaman digenggam

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur tambahan

Siapa bilang pria tidak butuh perawatan? Justru, kulit wajah pria rentan berjerawat dan berkomedo karena sering terkena debu dan kotoran saat beraktivitas di luar ruangan. Para pria yang membutuhkan alat pembersih komedo bisa memilih produk ini. Alasannya, produk ini dilengkapi dengan dua mode pengaturan.


Mode pertama adalah mode hisap terus-menerus. Mode ini direkomendasikan untuk pria karena memiliki daya hisap tinggi sehingga cocok untuk kulit wajah pria yang cenderung tebal. Mode kedua direkomendasikan untuk wanita karena memiliki jeda saat menghisap sehingga tidak membuat kulit lelah.

No.7

GYTAlat Pembersih KomedoC11

Harga referensi
Rp152.000
Menengah

Atur kekuatan hisapnya sesuai kebutuhan!

Kelebihan:

  • Memiliki lima pilihan level penyedotan

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan mengenai bobot dan ukurannya

Jika Anda mengutamakan fleksibilitas ketika memilih barang, coba pertimbangkan produk ini. Hadir dengan lima tingkat daya sedot, Anda bisa menyesuaikan kekuatan hisapnya dengan kebutuhan. Dengan begitu, tidak ada komedo yang dapat lolos ketika sedang dibersihkan menggunakan produk ini. Jangan khawatir, meski daya hisapnya kuat, kulit tidak akan tersakiti, kok!

No.8

Power PerfectPore 4 in 1

Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah

Fiturnya lengkap! Mulai dari membuka pori, mengeluarkan komedo, hingga menutup pori lagi

Kelebihan:
  • Bentuk kepala tambahannya bervariasi (tidak hanya untuk menyedot komedo saja)

Kekurangan:

  • Bentuknya bulky sehingga lebih cocok dipakai di rumah

Jika Anda mencari alat yang tidak hanya dapat menyedot komedo saja, produk ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Produk ini memiliki empat jenis kepala yang dapat diganti. Keempatnya adalah kepala untuk menyedot komedo, mengangkat kulit mati, menghasilkan busa halus, dan memijat kulit wajah. Dengan melakukan pemijatan, pori-pori akan mengecil.


Keunggulan lainnya adalah produk ini juga dilengkapi dengan exfoliation brush. Brush ini dapat membantu Anda membersihkan sel kulit mati sebelum menyedot komedo. Hasilnya, komedo dapat terangkat dengan lebih mudah dan pori-pori menjadi lebih bersih.
No.9

Winland Alat Penyedot Komedo

Harga referensi
Rp199.999
Agak Mahal

Hidrasi kulit wajah dengan nano mist sprayer-nya

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan fitur untuk melembapkan wajah
  • Memiliki banyak kepala tambahan

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup berat

Hilangnya kelembapan kulit karena paparan debu dan polusi dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Jika sudah begitu, kulit akan terasa kasar, kusam, dan tampak tidak sehat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk ini.


Selain mampu mengangkat komedo, alat ini dapat menghidrasi kulit wajah berkat nano mist sprayer yang dimilikinya. Dengan produk ini, komedo dapat diatasi dan kelembapan kulit pun terjaga.

No.10

SpotCleaner Pore Spot Cleanser

Harga referensi
Rp59.000
Lebih Murah

Suka traveling? Cobalah produk yang ringkas dan ringan ini!

Kelebihan:
  • Tidak memakan tempat ketika disimpan karena berukuran compact
  • Dilengkapi dengan penutup untuk melindungi bagian kepalanya

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi baterai

Bentuknya yang mirip dengan spidol marker membuat produk ini mudah untuk disimpan dan tidak makan tempat. Beratnya juga tergolong ringan sehingga praktis dibawa saat bepergian. Buat Anda yang ingin membawa alat penyedot komedo saat liburan, produk ini bisa diandalkan.


Produk ini memiliki daya sedot yang sedang sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit. Meskipun tidak memiliki tombol pengaturan kekuatan sedotannya, daya sedotnya cukup aman. Sayangnya, produk ini tidak dilengkapi dengan kepala tambahan.

Tips mengoptimalkan efek pemakaian alat penyedot komedo

Tips mengoptimalkan efek pemakaian alat penyedot komedo
Kunci untuk membersihkan pori-pori dari kotoran secara maksimal adalah membuka pori-pori sebelum menggunakannya. Untuk dapat membuka pori-pori, gunakanlah uap hangat atau handuk hangat pada wajah. Hal itu akan membuat komedo dapat terangkat dengan mudah dan mengurangi risiko iritasi kulit.

Kami juga menyarankan untuk menggunakan alat penyedot komedo di saat Anda mandi. Saat mandi, pori-pori terbuka secara alami sehingga Anda tidak perlu menggunakan uap hangat atau handuk hangat lagi. Jika produk yang Anda gunakan tidak kedap air, gunakan uap hangat atau handuk hangat ke wajah sebelum menyedot komedo.

Baca juga rekomendasi produk pengangkat komedo lainnya di sini

Jika pori-pori Anda sulit terbuka atau tersumbat, gunakanlah kain atau sikat pembersih wajah dan paket penghilang komedo lainnya. Apabila Anda tertarik untuk mencoba cara lain untuk membersihkan komedo dan blackheads, silakan baca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Itulah ulasan alat penyedot komedo yang kami rekomendasikan. Kira-kira apakah Anda sudah menentukan mana yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan lanjutan setelah menggunakan alat penyedot komedo. Jika tidak, pori-pori akan tetap terbuka dan kotoran yang masuk akan makin banyak. Jadi, setelah menggunakan alat penyedot komedo, gunakanlah lotion pelembap wajah atau serum untuk mengecilkan pori agar hasil lebih maksimal.

5 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo terbaik

No. 1: HerBaayPenghisap Komedo Elektrik

No. 2: GM BearBlackhead Remover1279

No. 3: HAN RIVERBlackhead InstrumentB01

No. 4: CocotteeBeauty Skin Care SpecialistCW-666

No. 5: Marvilo Alat Penghisap Komedo Elektrik 4001

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Alat Penyedot Komedo Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.