1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan kucing
  6. >
  7. 10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pasir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat pawrents dirundung dilema. Pasalnya, Anda perlu menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.

Harga dan jenis pasir kucing atau cat litter sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merek pasir kucing juga cukup banyak, seperti Arthacat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan anabul? Bacalah artikel ini untuk mengetahui step by step memilih pasir kucing yang bagus! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
Diperbaharui 12-05-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin. Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Beliau juga sudah menyelesaikan studi S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Profil drh. Doel
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pasir kucing

Walaupun namanya adalah pasir kucing, ternyata tidak semua pasir kucing berbahan dasar pasir, lho. Lantas, jenis pasir kucing seperti apa yang nyaman digunakan oleh kucing dan mudah dibersihkan oleh sang pemilik? Anda dapat berpedoman pada poin penting ini untuk memilih pasir kucing yang baik dan berkualitas.

① Pilih pasir kucing berdasarkan jenis bahan baku yang digunakan

Umumnya terdapat lima jenis bahan baku utama pasir kucing. Dari kelima jenis bahan tersebut, ada yang dapat diaplikasikan di cat litter dengan sistem toilet yang dilengkapi lapisan berdeodoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengganti pasir kucing selama 1 pekan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Kertas, daya serap tinggi dan bisa dibuang di kloset

Kertas, daya serap tinggi dan bisa dibuang di kloset
Pasir dengan bahan utama kertas memiliki daya serap tinggi dan dapat dibuang ke dalam kloset. Oleh karena itu, pasir kucing jenis kertas cocok bagi Anda yang sangat memperhatikan kebersihan rumah.

Sebagai tambahan, karena terbuat dari kertas, pasir kucing jenis ini ringan dan mudah untuk dibawa. Oleh sebab itu, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir terasa berat.


Namun, ada beberapa keluhan yang menyebutkan bahwa kloset (WC) dapat tersumbat karena pasir kucing ini. Untuk mencegah WC tersumbat, Anda dapat menggunakan garam sebelum menyiram kloset. Produk ini sayangnya masih sulit didapatkan di Indonesia.

Batu-batu mineral, berbentuk seperti pasir dan nyaman dipakai anabul

Batu-batu mineral, berbentuk seperti pasir dan nyaman dipakai anabul
Pasir kucing ada yang terbuat dari bahan utama batu-batu mineral, seperti bentonite dan zeolite. Apa saja karakteristiknya masing-masing?

  • Bentonite nyaman digunakan kucing karena berbentuk seperti pasir. Namun, pasir dengan bahan utama batu-batu mineral ini mudah berceceran di sekitar litter box. Selain itu, pasir bentonite menghasilkan debu cukup banyak sehingga Anda harus telaten jika ingin menggunakannya. Sebagai contoh, sebelum digunakan, ada baiknya pasir ini disaring dahulu untuk memisahkan debunya.

  • Zeolite adalah mineral lainnya yang bisa dipakai sebagai cat litter. Pasir zeolite dapat menyerap zat-zat beracun dan ampuh mengatasi bau kotoran kucing. Ukuran pasir zeolite juga tergolong beragam, yaitu pasir yang halus sampai batuan yang lebih besar.

Kayu, lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau

Kayu, lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau
Pasir kucing yang terbuat dari kayu tergolong ramah lingkungan. Jenis pasir kucing ini dapat digunakan tanpa khawatir menimbulkan bau seperti bahan pasir kucing lainnya. Terdapat pula jenis kayu tertentu yang dapat dibuang di toilet atau dibakar. Jadi, Anda memiliki kebebasan untuk melakukan proses pembuangan.

Karena itu, tidak heran apabila banyak orang memilih pasir kucing berbahan kayu. Lagi pula, kemampuannya dalam menyerap bau cukup tinggi dan beratnya pun relatif ringan. Pasir kucing dengan bahan dasar kayu juga tidak mudah berceceran.

Ampas kedelai atau okara, tidak menghasilkan debu dan bau

Ampas kedelai atau okara, tidak menghasilkan debu dan bau
Pasir kucing dari ampas kedelai cukup populer di kalangan pawrents. Pasir ini tergolong ramah lingkungan dan tidak berdebu. Kelebihan pasir dari ampas kedelai adalah dapat dibuang ke dalam kloset tanpa menyumbat.

Fungsi penyerapan dan penghilang baunya pun sangat baik. Ampas kedelai ini memang memiliki aroma yang berbeda, tetapi lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan aroma tersebut.

Gel silika, terbuat dari bahan alami dan bebas dari racun

Gel silika, terbuat dari bahan alami dan bebas dari racun
Pasir kucing dengan bahan gel silika dapat menyerap bau tak sedap dengan sangat baik. Pasir kucing ini menggunakan bahan utama menyerupai kuarsa yang aman dan alami sehingga tidak beracun. Ketika kucing tidak sengaja memakannya, gel silika akan keluar tanpa diserap oleh tubuh.

② Ketahui kemampuan gumpal pasir kucing

Ada dua jenis pasir kucing, yaitu pasir gumpal dan pasir yang tidak menggumpal. Kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari jenis pasir gumpal dan non-clumping sebagai pertimbangan Anda.

Pasir gumpal: Paling umum ditemui dan mudah dibersihkan

Pasir gumpal: Paling umum ditemui dan mudah dibersihkan

Pasir gumpal adalah pasir yang paling umum digunakan para pawrents dan biasanya terbuat dari bentonite dan soyaPasir ini akan menggumpal saat terkena urin atau feses kucing. Kemampuannya untuk menggumpal membuat pasir ini mudah dibersihkan. Pasir gumpal juga lebih hemat karena Anda cukup membuang bagian pasir yang telah menggumpal.


Pasir gumpal sayangnya cenderung menghasilkan debu. Debu yang dihasilkan tentu saja tidak baik untuk pernapasan Anda dan anabul. Jika Anda ingin membersihkan litter box dengan pasir gumpal, gunakanlah masker untuk melindungi pernapasan Anda. Hindari juga menggunakan pasir gumpal untuk anabul yang memiliki riwayat asma.


Masalah lainnya saat memilih pasir gumpal adalah pasirnya yang ternyata sulit menggumpal. Nah, kami punya sedikit tips untuk Anda yang menggunakan pasir gumpal.


  • Tunggu agar kotoran kucing menggumpal bersama pasir kucing terlebih dahulu.
  • Jika Anda mengeluarkan kotoran kucing terlalu cepat, ada kemungkinan masih ada kotoran kucing dan pasir yang belum menggumpal.
  • Selanjutnya, pastikan seluruh pasir kucing tersebar merata di dalam litter box.
  • Jika masih sulit menggumpal meski Anda sudah mencoba semua cara, mungkin kualitas pasir kucing tersebut kurang bagus.

Pasir nongumpal atau non-clumping: Lebih minim debu dan memiliki daya serap yang baik

Pasir nongumpal atau non-clumping: Lebih minim debu dan memiliki daya serap yang baik

Pasir kucing berbahan silika, zeolite, kertas, dan kayu tergolong dalam pasir nongumpal. Pasir nongumpal memiliki daya serap cairan yang baik dan lebih minim debu.


Namun, daya serap cairan yang baik tanpa dibarengi kemampuan menggumpal terkadang membuat cairan rembes ke dasar litter box. Jadi, Anda harus lebih sering membersihkan litter box dan mengganti pasir jika menggunakan pasir nongumpal.

③ Perhatikan kemampuannya dalam menyerap bau tak sedap

Perhatikan kemampuannya dalam menyerap bau tak sedap

Jika dibandingkan hewan peliharaan lain, bau kencing kucing memang lebih menyengat. Hal ini disebabkan oleh adanya protein cauxin yang dikeluarkan oleh ginjal dalam jumlah banyak. Untungnya, saat ini sudah banyak pasir kucing yang dapat menghilangkan bau menyengat dan tidak perlu diganti terus-menerus.


Namun, kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan. Jadi, kebersihan litter box harus tetap diperhatikan untuk meminimalkan munculnya bau yang tak diinginkan.


Anda juga dapat memilih pasir yang sudah diformulasikan dengan aroma wewangian atau pasir wangi. Pasir ini memiliki beragam aroma untuk mengurangi bau pada litter box. Untuk mengetahui beragam produk pasir wangi terbaik untuk kucing, langsung saja cek link berikut ini, ya!

10 Rekomendasi pasir kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasir kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Vet n Sand

Activated Zeolite Granule

Vet n Sand Activated Zeolite Granule 1枚目

Produk pasir kucing zeolite lokal pertama yang dapat menggumpal

2

Kristal

Cat Sand

Kristal Cat Sand 1枚目

Pasir zeolite dengan tiga pilihan ukuran

3

Arthacat

Natural Tofu Clumping Cat Litter Arthacat

Arthacat Natural Tofu Clumping Cat Litter Arthacat 1枚目

Tofu cat litter dengan enam pilihan aroma

4

Top

Cat Litter

Top Cat Litter 1枚目

Harganya ekonomis, tidak membuat pemilik kucing merasa terbebani

5

Kong Irae

Tofu Cat Litter

Kong Irae Tofu Cat Litter  1枚目

Serpihan tofunya tidak mudah patah dan cepat menggumpal

6

Catsan

Light Cat Litter

Catsan Light Cat Litter 1枚目

Bobotnya ringan, ampuh serap bau lebih cepat

7

Cature

Natural Wood Clumping Cat Litter Smart Pellets

Cature Natural Wood Clumping Cat Litter Smart Pellets 1枚目

Cat litter pintar, 7 hari tanpa serok dan bebas bau!

8

JRS

Pet's Dream Universal Hygienic Litter

JRS Pet's Dream Universal Hygienic Litter 1枚目

Cat litter multifungsi, bisa untuk binatang lainnya dan untuk kompos

9

Qingdao Da An Industry

KittySand Cat Litter

Qingdao Da An Industry  KittySand Cat Litter 1枚目

Melenyapkan bau secara alami tanpa pewangi tambahan

10

Yi Hu

Aristo-Cats Natural Pine Cat Litter

Yi Hu Aristo-Cats Natural Pine Cat Litter 1枚目

Wood cat litter 100% alami dengan aroma pinus

Perincian produk
Close
No.1

Vet n SandActivated Zeolite Granule

Mulai dari Rp52.900,00

Produk pasir kucing zeolite lokal pertama yang dapat menggumpal

Merek Vet n Sand diklaim sebagai pasir zeolite aktif pertama buatan Indonesia yang dapat menggumpal. Tak hanya mudah menggumpal, cat litter ini juga aman untuk anabul kesayangan Anda. Pasirnya pun mudah diserok dan bebas debu.


Salah satu kelebihan dari pasir zeolite adalah kemampuannya untuk menyerap amonia. Dengan begitu, litter box akan bebas bau dan bakteri. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang terbiasa menggunakan zeolite, tetapi ingin berpindah ke pasir gumpal.

No.2

Pasir zeolite dengan tiga pilihan ukuran

Apabila Anda lebih menyukai pasir zeolite, Anda bisa mempertimbangkan pasir ini. Pasir kucing zeolite merek Kristal tersedia dalam tiga pilihan ukuran, yaitu halus, sedang, dan kasar. Jenis pasir zeolite ini juga cocok dipakai menjadi alas kandang hamster. Jangan lupa memilih ukuran pasir sesuai kenyamanan Anda dan anabul, ya.

No.3

ArthacatNatural Tofu Clumping Cat Litter Arthacat

Mulai dari Rp77.000,00

Tofu cat litter dengan enam pilihan aroma

Tak perlu khawatir rumah jadi bau karena kotoran kucing kesayangan. Anda bisa memilih tofu cat litter dari Arthacat. Tofu cat litter ini memiliki beragam pilihan varian aroma, seperti apel, green tea, milk, peach, charcoal, dan kopi. 


Sudah banyak konsumen yang menggunakan produk ini menyatakan bahwa aromanya dapat membantu mengurangi bau kotoran kucing. Kemudian, tofu cat litter ini juga tidak menyumbat saluran toilet Anda. Jadi, Anda bisa membuat kotoran kucing ke dalam toilet.

No.4

Harganya ekonomis, tidak membuat pemilik kucing merasa terbebani

Untuk para cat lovers yang mencari pasir kucing dengan harga terjangkau, pertimbangkan produk yang satu ini. Top Cat Litter tersedia dalam beragam pilihan ukuran. Selain itu, pasir kucing berbahan bentonite ini lebih minim debu serta memiliki beragam pilihan aroma.


Pasir kucing ini juga aman digunakan oleh kitten sampai kucing dewasa. Namun, Anda sebaiknya menyaring pasir terlebih dahulu untuk memisahkan debu yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

No.5

Kong IraeTofu Cat Litter

Mulai dari Rp70.500,00

Serpihan tofunya tidak mudah patah dan cepat menggumpal

Pasir kucing tofu dari Kong Irae berasal dari ampas pembuatan susu kedelai. Pasir tofu dari Korea ini tidak mengandung bahan sintetis sehingga sangat aman untuk kucing Anda. Karakteristik serpihan Kong Irae lebih panjang dan tipis, tetapi tidak mudah patah. Serpihan Kong Irea juga tidak lengket saat terkena cairan. Jika Anda mencari tofu cat litter dengan harga terjangkau, pertimbangkan Kong Irea.

No.6

CatsanLight Cat Litter

Mulai dari Rp38.350,00

Bobotnya ringan, ampuh serap bau lebih cepat

Pasir kucing dari Catsan ini diklaim memiliki bobot 20% lebih ringan dibandingkan pasir bentonite sejenis. Anda bisa memilih pasir ini saat sedang bepergian membawa anabul kesayangan. Bobotnya yang ringan akan memudahkan Anda membawa barang kebutuhan anabul.


Selain itu, cat litter ini pun dapat menyerap cairan dan menggumpal dengan cepat. Alhasil, bau dari kotoran anabul akan cepat teratasi. Pasirnya pun tidak mudah lengket ke litter box.

No.7

CatureNatural Wood Clumping Cat Litter Smart Pellets

Mulai dari Rp98.000,00

Cat litter pintar, 7 hari tanpa serok dan bebas bau!

Pekerjaan yang padat mungkin membuat para pawrents lupa membersihkan litter box. Kotoran yang menumpuk di dalam litter box dapat menjadi sumber bau dan bakteri. Nah, Anda bisa memilih cat litter dari Cature ini. 


Meski kotoran tidak diserok, cat litter dari wood clumping ini dapat bertahan selama 7 hari tanpa bau sedikit pun. Kandungan wood essential oil di dalamnya juga dapat menyerap bau dan mencegah tumbuhnya bakteri.

No.8

JRSPet's Dream Universal Hygienic Litter

Mulai dari Rp220.000,00

Cat litter multifungsi, bisa untuk binatang lainnya dan untuk kompos

Apakah Anda memelihara hewan kecil selain kucing, seperti binatang kelinci, hamster, atau burung di rumah? Usut punya usut, pasir ini bisa juga digunakan untuk peliharaan kecil dan untuk pupuk kompos, lho.

Tambahan lagi, produk ini juga diklaim mudah menyerap cairan dan bahannya tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Dengan membeli produk ini, Anda bisa menggunakannya untuk beberapa kebutuhan sekaligus dengan aman! 

No.9

Qingdao Da An Industry KittySand Cat Litter

Mulai dari Rp344.900,00

Melenyapkan bau secara alami tanpa pewangi tambahan

Untuk para pencinta kucing yang tak mau repot soal cat litter, pilihlah pasir silika ini. Pasir silika relatif lebih mudah untuk dibersihkan. Silika ini memang tidak diberi tambahan pewangi. Meski begitu, pasir silika dapat membantu melenyapkan bau kotoran kucing Anda. Pasir silika ini juga cocok untuk kucing yang memiliki alergi terhadap debu.

No.10

Yi HuAristo-Cats Natural Pine Cat Litter

Mulai dari Rp180.000,00

Wood cat litter 100% alami dengan aroma pinus

Pasir kucing Aristo-Cats ini terbuat dari kayu pohon pinus. Dengan begitu, pasir berbahan kayu ini memiliki aroma pinus alami yang menyegarkan tanpa tambahan pewangi. Pasir berbahan kayu alami ini sangat cocok untuk kitten ataupun kucing yang memiliki alergi. 


Kapasitas penyerapan wood pellet ini diklaim tiga kali lebih banyak dari cat litter sejenisnya. Menariknya lagi, wood cat litter ini dapat Anda gunakan sebagai pupuk tanaman ketika sudah basah. Jadi, Anda bisa mengurangi limbah yang ada di rumah.

Pertanyaan umum seputar pasir kucing

Pertanyaan umum seputar pasir kucing

Kini Anda sudah tahu cara memilih pasir kucing dan produk terbaiknya. Di samping itu, masih ada pertanyaan umum seputar pasir kucing yang perlu Anda ketahui. Yuk, langsung saja simak jawaban kami untuk berbagai pertanyaan umum seputar pasir kucing!

Apakah pasir kucing bisa dicuci?

Tidak semua pasir kucing dapat dicuci. Salah satu jenis pasir kucing yang dapat dicuci adalah jenis pasir zeolite. Anda harus merendamnya dengan disinfektan dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Berapa hari sekali ganti pasir kucing?

Anda sebaiknya mengganti pasir kucing tiap 2 minggu sampai 3 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk mencuci litter box dengan sabun tiap kali Anda mengganti pasirnya. Anda juga dapat mengganti pasir jika sudah terlihat banyak gumpalan dan tercium bau tidak sedap.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk kucing di sini

Tak hanya pasir kucing, kami juga telah me-review produk lainnya untuk kebutuhan kucing yang dapat Anda beli secara online. Anda dapat membeli pelbagai kebutuhan kucing berkualitas, seperti makanan, tempat minum, sampai rumput untuk kucing.

Kesimpulan

Apakah pasir kucing yang Anda pilih ada dalam rekomendasi kami? Pasir kucing yang mudah untuk dibersihkan bagi pemilik kucing belum tentu nyaman dipakai oleh kucing, lho. Jadi, pastikan Anda memperhatikan kebutuhan anabul kesayangan Anda, ya.


Apabila sekarang Anda masih ragu memilih pasir kucing, cobalah untuk melihat review pasir kucing. Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran tentang jenis pasir yang akan Anda pilih. Selamat menemukan cat litter yang cocok!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer