• 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat pawrents dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda perlu menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.

Harga dan jenis pasir kucing atau cat litter sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merek pasir kucing juga cukup banyak, seperti Arthacat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan anabul? Bacalah artikel ini untuk mengetahui step by step memilih pasir kucing yang bagus!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih pasir kucing

Walaupun namanya adalah pasir kucing, ternyata tidak semua pasir kucing berbahan dasar pasir, lho. Lantas, jenis pasir kucing seperti apa yang nyaman digunakan oleh si kucing dan mudah dibersihkan oleh sang pemilik? Anda dapat berpedoman pada poin penting ini untuk memilih pasir kucing yang baik dan berkualitas.

Pilih pasir kucing berdasarkan jenis bahan baku yang digunakan

Umumnya terdapat lima jenis bahan baku utama pasir kucing. Dari kelima jenis bahan utama tersebut, ada pula yang dapat diaplikasikan di cat litter dengan sistem toilet yang dilengkapi dengan lapisan berdeodoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengganti pasir kucing selama satu pekan. Saking banyaknya pilihan, Anda pun akan dibuat dilema untuk memilih bahan pasir kucing. Manakah yang terbaik?

Kertas, daya serap tinggi dan bisa dibuang di kloset

Kertas, daya serap tinggi dan bisa dibuang di kloset
Jenis bahan utama kertas memiliki daya serap yang tinggi dan dapat dibuang ke dalam kloset. Oleh karena itu, pasir kucing jenis kertas cocok bagi Anda yang sangat memperhatikan kebersihan rumah.

Sebagai tambahan, pasir kucing jenis ini terbuat dari kertas sehingga ringan dan mudah untuk dibawa. Oleh sebab itu, Anda bisa membeli langsung dalam jumlah banyak tanpa perlu khawatir terasa berat.


Namun, ada beberapa keluhan yang menyebutkan bahwa kloset (WC) dapat tersumbat karena pasir kucing berbahan kertas. Untuk mencegah WC tersumbat, Anda dapat menggunakan garam sebelum menyiram kloset. Produk ini sayangnya masih sulit untuk dicari di Indonesia.

Batu-batu mineral, berbentuk seperti pasir dan nyaman dipakai anabul

Batu-batu mineral, berbentuk seperti pasir dan nyaman dipakai anabul
Pasir kucing dengan bahan utama batu-batu mineral, seperti bentonite dan zeolite.

  • Bentonite sangat nyaman digunakan kucing karena berbentuk seperti pasir. Teksturnya tentu saja disukai oleh para anabul. Harganya pun terjangkau. Pasir kucing dengan bahan utama batu-batu mineral ini sayangnya mudah berceceran di sekitar litter box. Selain itu, kebanyakan pasir bentonite juga menghasilkan debu yang lebih banyak dan Anda harus lebih telaten saat menggunakan jenis pasir ini.


  • Zeolite adalah mineral lainnya yang bisa dipakai sebagai cat litter. Pasir zeolite dapat menyerap zat-zat beracun dan ampuh mengatasi bau kotoran kucing. Ukuran pasir zeolite juga tergolong beragam, yaitu pasir yang halus sampai batuanya yang lebih besar.

Kayu, lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau

Kayu, lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau
Pasir kucing yang terbuat dari kayu tergolong ramah lingkungan. Jenis pasir kucing ini dapat digunakan tanpa khawatir menimbulkan bau seperti bahan pasir kucing lainnya. Terdapat pula jenis kayu tertentu yang dapat dibuang di toilet dan dapat dibakar. Jadi, Anda memiliki kebebasan untuk melakukan proses pembuangan.

Banyak orang memilih pasir kucing berbahan kayu karena efek menyerap bau yang tinggi dan beratnya yang relatif lebih ringan. Pasir kucing dengan bahan dasar kayu juga tidak mudah berceceran.

Ampas kedelai atau okara, tidak menghasilkan debu dan bau

Ampas kedelai atau okara, tidak menghasilkan debu dan bau
Pasir kucing dari ampas kedelai cukup populer di kalangan pawrents. Pasir ini tergolong ramah lingkungan dan tidak berdebu. Kelebihan pasir dari ampas kedelai adalah dapat dibuang ke dalam kloset tanpa menyumbat.

Fungsi penyerapan dan penghilang baunya pun sangat baik. Ampas kedelai ini memang memiliki aroma yang berbeda, tetapi Anda akan terbiasa dengan aroma tersebut.

Gel silika, terbuat dari bahan alami dan bebas dari racun

Gel silika, terbuat dari bahan alami dan bebas dari racun
Pasir kucing dengan bahan gel silika dapat menyerap bau tak sedap dengan sangat baik. Pasir kucing ini menggunakan bahan utama yang aman dan alami menyerupai kuarsa sehingga tidak beracun. Ketika si kucing tidak sengaja memakannya, gel silika akan keluar tanpa diserap oleh tubuh.

Ketahui kemampuan gumpal pasir kucing

Ada dua jenis pasir kucing, yaitu pasir gumpal dan pasir yang tidak menggumpal. Kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari jenis pasir gumpal dan non clumping sebagai pertimbangan Anda.

Pasir gumpal: Paling umum ditemui dan mudah dibersihkan

Pasir gumpal: Paling umum ditemui dan mudah dibersihkan

Pasir gumpal adalah pasir yang paling umum digunakan para pawrents.. Pasir ini akan menggumpal saat terkena urin ataupun feses kucing. Kemampuan pasir untuk menggumpal membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Jenis pasir gumpal biasanya terbuat dari bahan bentonite dan soya.


Pasir gumpal sayangnya cenderung menghasilkan debu. Debu yang dihasilkan tentu saja tidak baik untuk pernapasan Anda dan anabul. Jika Anda ingin membersihkan litter box dengan pasir gumpal, gunakanlah masker untuk melindungi pernapasan Anda. Hindari juga menggunakan pasir gumpal untuk anabul yang memiliki riwayat asma.


Masalah lainnya saat memilih pasir gumpal adalah pasirnya yang ternyata sulit menggumpal. Nah, kami punya sedikit tips untuk Anda yang menggunakan pasir gumpal.


  • Tunggu agar kotoran kucing menggumpal bersama pasir kucing terlebih dahulu.
  • Jika Anda mengeluarkan kotoran kucing terlalu cepat, ada kemungkinan masih ada kotoran kucing dan pasir yang belum menggumpal.
  • Selanjutnya, periksa apakah seluruh pasir kucing tersebar merata di dalam litter box.
  • Jika masih sulit menggumpal meski Anda sudah mencoba semua cara, mungkin kualitas pasir kucing tersebut kurang bagus.

Pasir non gumpal atau non clumping: Lebih minim debu dan memiliki daya serap yang baik

Pasir non gumpal atau non clumping: Lebih minim debu dan memiliki daya serap yang baik

Pasir kucing berbahan silica, zeolite, kertas, dan kayu tergolong dalam pasir non gumpal. Pasir non-gumpal memiliki daya serap cairan yang lebih baik. Kelebihan dari pasir non-gumpal adalah lebih minim debu.


Kemampuan daya serap cairan yang baik tanpa dapat menggumpal terkadang membuat cairan tersebut rembes ke dasar litter box. Anda harus lebih sering membersihkan litter box jika menggunakan pasir non gumpal, ya.

Perhatikan kemampuannya dalam menyerap bau tak sedap

Perhatikan kemampuannya dalam menyerap bau tak sedap
Hal wajib yang mesti Anda perhatikan saat membeli pasir kucing adalah soal ada dan tidaknya bau. Apakah pasir kucing tersebut dapat menyerap bau tak sedap yang muncul setelah kucing buang kotoran?

Jika dibandingkan hewan peliharaan lain, bau kencing kucing memang lebih menyengat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan protein cauxin yang dikeluarkan dari ginjal. Protein cauxin pun diproduksi dalam jumlah yang banyak. Hal ini menyebabkan kencing kucing memiliki bau yang menyengat dibandingkan binatang sekerabatnya.


Saat ini sudah banyak pasir kucing yang dapat menghilangkan bau menyengat dan tidak perlu diganti secara terus-menerus. Namun, kucing adalah hewan yang menyukai kebersihan. Jadi, kebersihan litter box harus tetap diperhatikan untuk meminimalkan munculnya bau yang tak diinginkan.


Anda juga dapat memilih pasir yang sudah diformulasikan dengan aroma wewangian atau pasir wangi. Pasir ini memiliki beragam aroma untuk mengurangi bau pada liter box. Untuk mengetahui beragam produk pasir wangi terbaik untuk kucing, langsung saja cek link berikut ini, ya!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

MarkotopsPasir Gumpal Wangi 25 L

Mulai dari Rp 105.000,00

10 Rekomendasi pasir kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pasir kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Varian isi10 kg
Bahan bakuWood
MenggumpalX
Aroma✔︎ (pinus)
9

Qingdao Da An Industry KittySand Cat Litter

Mulai dari Rp 79.900,00

Varian isi3,8 kg, 7,6 kg, 16 kg
Bahan bakuSilica
MenggumpalX
AromaX
8

JRSPet's Dream Universal Hygienic Litter

Mulai dari Rp 220.000,00

Varian isi1 kg, 15 kg
Bahan baku100% organic fibres
MenggumpalX
AromaX
7

CatureNatural Wood Clumping Cat Litter Smart Pellets

Mulai dari Rp 148.000,00

Varian isi2,4 kg
Bahan bakuNatural wood fiber
Menggumpal✔︎
Aroma✔︎
6
Varian isi2 kg
Bahan bakuBentonite, perlite
Menggumpal✔︎
AromaX
5
Varian isi3 kg
Bahan bakuTofu
Menggumpal✔︎
Aroma✔︎ (coffee, lavender, baby powder, green tea, charcoal, coconut, retinospora)
4
Varian isi3,7 kg, 8 kg, 20 kg
Bahan bakuBentonite
Menggumpal✔︎
Aroma✔︎ (coffee, lemon, apple, lavender)
3

ArthacatNatural Tofu Clumping Cat Litter Arthacat

Mulai dari Rp 77.000,00

Varian isi2,9 kg
Bahan bakuTofu
MenggumpalX
Aroma✔︎ (coffee, apple, peach, green tea, milk, charcoal)
2
Varian isi25 kg
Bahan bakuZeolite
MenggumpalX
AromaX
1
Varian isi20 kg
Bahan bakuZeolite
Menggumpal✔︎
Aroma✔︎ (coffee, lemon, lavender)

Tabel perbandingan produk pasir kucing terbaik

Gambar produk
1
Vet n Sand Activated Zeolite Granule 1

Vet n Sand

2
Kristal Cat Sand 1

Kristal

3
Arthacat Natural Tofu Clumping Cat Litter Arthacat 1

Arthacat

4
Top Cat Litter 1

Top

5
Kong Irae Tofu Cat Litter  1

Kong Irae

6
Catsan Light Cat Litter 1

Catsan

7
Cature Natural Wood Clumping Cat Litter Smart Pellets 1

Cature

8
JRS Pet's Dream Universal Hygienic Litter 1

JRS

9
Qingdao Da An Industry  KittySand Cat Litter 1

Qingdao Da An Industry

10
Yi Hu Aristo-Cats Natural Pine Cat Litter 1

Yi Hu

Nama produk

Activated Zeolite Granule

Cat Sand

Natural Tofu Clumping Cat Litter Arthacat

Cat Litter

Tofu Cat Litter

Light Cat Litter

Natural Wood Clumping Cat Litter Smart Pellets

Pet's Dream Universal Hygienic Litter

KittySand Cat Litter

Aristo-Cats Natural Pine Cat Litter

Keunggulan

Produk pasir kucing zeolite lokal pertama yang dapat menggumpal

Pasir zeolite dengan tiga pilihan ukuran

Tofu cat litter dengan enam pilihan aroma

Harganya lebih ekonomis, tidak membuat babu kucing merasa terbebani

Serpihan tofunya tidak mudah patah dan cepat menggumpal

Bobotnya lebih ringan, ampuh serap bau lebih cepat

Cat litter pintar, tujuh hari tanpa serok bebas bau!

Cat litter multifungsi, bisa untuk binatang lainnya dan untuk kompos

Melenyapkan bau secara alami tanpa pewangi tambahan

Wood cat litter 100% alami dengan aroma pinus

Harga mulai dariRp 47.500,00Rp 26.876,00Rp 77.000,00Rp 29.900,00Rp 69.000,00Rp 38.350,00Rp 148.000,00Rp 220.000,00Rp 79.900,00Rp 180.000,00
Varian isi20 kg25 kg2,9 kg3,7 kg, 8 kg, 20 kg3 kg2 kg2,4 kg1 kg, 15 kg3,8 kg, 7,6 kg, 16 kg10 kg
Bahan bakuZeoliteZeoliteTofuBentoniteTofuBentonite, perliteNatural wood fiber100% organic fibresSilicaWood
Menggumpal✔︎XX✔︎✔︎✔︎✔︎XXX
Aroma✔︎ (coffee, lemon, lavender)X✔︎ (coffee, apple, peach, green tea, milk, charcoal)✔︎ (coffee, lemon, apple, lavender)✔︎ (coffee, lavender, baby powder, green tea, charcoal, coconut, retinospora)X✔︎XX✔︎ (pinus)
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pasir kucing

Pertanyaan umum seputar pasir kucing

Kini Anda sudah tahu cara memilih pasir kucing dan produk terbaiknya. Di samping itu, masih ada pertanyaan umum seputar pasir kucing yang perlu Anda ketahui. Yuk, langsung saja simak jawaban kami untuk berbagai pertanyaan umum seputar pasir kucing!

Apakah pasir kucing bisa dicuci?

Tidak semua pasir kucing dapat dicuci. Salah satu jenis pasir kucing yang dapat dicuci adalah jenis pasir zeolite. Anda harus merendamnya dengan disinfektan dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Berapa hari sekali ganti pasir kucing?

Anda sebaiknya mengganti pasir kucing tiap dua sampai tiga minggu sekali. Jangan lupa juga untuk mencuci litter box dengan sabun tiap kali Anda mengganti pasirnya. Anda juga dapat mengganti pasir juga sudah terlihat banyak gumpalan dan tercium bau yang tidak sedap.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk kucing di sini

Tak hanya pasir kucing, kami juga telah me-review produk lainnya untuk kebutuhan kucing yang dapat Anda beli secara online. Anda dapat membeli pelbagai kebutuhan kucing berkualitas, seperti makanan, tempat minum, sampai rumput untuk kucing.

Kesimpulan

Apakah pasir kucing yang Anda pilih ada dalam rekomendasi kami? Pasir kucing yang mudah untuk dibersihkan bagi pemilik kucing belum tentu nyaman dipakai oleh si kucing, lho. Pastikan Anda juga memperhatikan kebutuhan anabul kesayangan Anda, ya.


Apabila sekarang Anda masih ragu memilih pasir kucing, cobalah untuk melihat review pasir kucing. Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran tentang jenis pasir yang akan Anda pilih. Selamat menemukan cat litter yang cocok!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Tidak hanya itu, area sekitar litter box pun akan beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga KitCat merupakan contoh merek pasir kucing yang wangi dan bagus di pasaran. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing wangi. Kami juga sudah mencantumkan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Kulitnya sensitif, bahkan kadang mengalami masalah karena kutu atau jamur. Karena itu, memilih shampo untuknya membutuhkan perhatian yang khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan kitten Anda menjadi taruhannya karena salah memilih shampo, bukan?Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih shampo anak kucing yang bagus serta rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari shampo 2-in-1 hingga antikutu dari merek terpercaya ada di daftar rekomendasi, seperti Bio-Groom, earthbath, Dixci, dan Bioline. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kalung Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Selain meningkatkan keamanan, kalung kucing juga membuat peliharaan kesayangan Anda tampil makin lucu. Kini sudah banyak produk yang bagus di pasaran. Ada yang diberi nama, lonceng, bahkan antikutu. Anda juga bisa menambahkan GPS untuk selalu melacak kucing.Kami akan membagikan cara memilih kalung kucing. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi kalung kucing yang bagus dari berbagai merek. Ada produk dari Beaphar, Gentle Pup, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas, lho. Untuk kucing lokal atau Anggora, semuanya cocok. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori