10 Rekomendasi Eyeshadow Base Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Eyeshadow Base Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Eyeshadow base diperlukan sebagai dasar sebelum memakai eyeshadow. Fungsinya untuk menghilangkan kusam pada area mata, menghidupkan warna eyeshadow, dan membuat riasan mata tidak mudah luntur. Eyeshadow base dijual dalam berbagai varian warna dan jenis sehingga terkadang membuat Anda bingung untuk memilihnya.

Sekarang ini, banyak merek eyeshadow base yang beredar di pasaran seperti NYX, Revlon, dan Wet n Wild. Pada kesempatan ini kami akan memaparkan tips memilih eyeshadow base yang cocok untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk eyeshadow base terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih eyeshadow base

Hasil penggunaan eyeshadow base akan berbeda tergantung pada tekstur dan warnanya. Untuk itu, berikut ini akan kami paparkan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih eyeshadow base.

Pilihlah jenisnya sesuai dengan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan

Ada tiga macam jenis eyeshadow base berdasarkan bentuknya, yakni krim, cair, dan bubuk. Kami akan mengulasnya satu per satu karena cara penggunaannya maupun efek yang ditimbulkan pada kulit berbeda.

Tipe krim dengan tekstur yang ringan dan mudah digunakan

Tipe krim dengan tekstur yang ringan dan mudah digunakan

Eyeshadow base jenis krim dapat diratakan dengan mudah, cukup diusapkan dengan cepat menggunakan jari Anda. Selain itu, teksturnya juga ringan sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membuat riasan sendiri dengan cepat. Dengan produk krim ini, Anda bisa membuat berbagai variasi makeup eyeshadow sesuai keinginan Anda.

Kelemahannya hanya tangan Anda menjadi kotor setiap kali mengusapkannya. Namun, pengaplikasiannya jadi tidak pernah gagal lantaran dapat disesuaikan dengan gerakan ujung jari Anda. Jadi, jenis ini disarankan bagi Anda yang baru pertama kali mencoba eyeshadow base.

Tipe cair yang tidak mudah luntur

Tipe cair yang tidak mudah luntur

Eyeshadow base cair adalah jenis yang sangat menempel pada kulit dan tidak mudah luntur. Tipe ini sangat berguna ketika Anda banyak berkeringat dan tidak sempat melakukan touch up. Umumnya ada dua macam eyeshadow base cair, yakni tipe sikat dan tipe tube yang nyaman dibawa bepergian.

Di sisi lain, tingkat adhesi yang tinggi membuat kulit Anda akan lebih terbebani. Tipe ini dianjurkan bagi Anda yang ingin tampil dengan riasan tebal dan untuk acara yang formal. Akan tetapi, tidak disarankan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan eyeshadow base jenis bubuk.

Tipe bubuk yang lembut untuk tampil dengan riasan natural

Tipe bubuk yang lembut untuk tampil dengan riasan natural

Jenis bubuk sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil natural. Anda bisa merias mata Anda dengan lembut dan natural. Namun, dibandingkan dengan jenis lainnya, tipe ini sangat mudah terhapus sehingga Anda harus sering melakukan touch up. Di sisi lain, tipe ini bisa digunakan oleh Anda yang memiliki kulit sensitif karena ringan dan nyaman dipakai. Selain itu juga tidak membuat kulit menjadi tegang. Namun, sayang sekali eyeshadow base tipe bubuk masih sulit ditemukan di pasar Indonesia.

Pilihlah warna yang sesuai dengan masalah kulit Anda

Warna eyeshadow base tidak hanya krim dan bening, tetapi juga ada aneka warna. Contohnya merah muda, oranye, dan lainnya tergantung merek. Setiap warna tersebut memiliki perannya masing-masing.

Warna clear beige cocok untuk Anda yang tidak memiliki masalah kulit

Warna clear beige cocok untuk Anda yang tidak memiliki masalah kulit

Jika Anda tidak memiliki masalah kulit di sekitar area mata, Anda dapat memilih warna clear beige. Warna ini mampu mendukung warna eyeshadow yang akan ditambahkan, menyatu dengan semua warna kulit. Selain itu, warna ini paling mudah ditemukan hampir di semua merek. Namun, penggunaan warna ini tidak efektif untuk menyamarkan mata kusam meskipun Anda menggunakannya dalam jumlah yang banyak. Lebih baik Anda coba untuk menggunakan warna yang lain.

Warna merah muda efektif untuk menyamarkan kulit berwarna kebiruan

Warna merah muda efektif untuk menyamarkan kulit berwarna kebiruan

Jika Anda memiliki kulit kusam, cobalah eyeshadow base warna merah muda. Warna ini bisa mengatasi kulit kusam atau pun warna kebiru-biruan di mata Anda. Efeknya menjadikan kulit putih, indah, dan memberikan kesan transparan pada area mata Anda.

Warna oranye paling efektif untuk mengatasi kulit cokelat kusam di mata Anda

Warna oranye paling efektif untuk mengatasi kulit coklat kusam di mata Anda

Jika mata Anda memiliki kulit kusam kecokelatan, Anda dapat memilih eyeshadow base berwarna oranye. Warna ini akan membantu menghilangkan kusam dan membuat kulit Anda terlihat lebih sehat. Warna oranye juga match dengan hitam dan cokelat sehingga bisa digunakan sebagai warna dasar untuk riasan berwarna. Namun, sayangnya eyeshadow base dengan warna oranye lebih sulit dijumpai dibandingkan warna lainnya.

Pilihlah produk yang memiliki kandungan pelembap

Pilihlah produk yang memiliki kandungan pelembap

Pastikan Anda memilih eyeshadow base yang mengandung banyak bahan pelembap. Hal ini lantaran kulit di sekitar area mata merupakan kulit yang tipis dan hanya terdapat sedikit kelenjar keringat. Oleh sebab itu, kulit di area mata merupakan daerah yang mudah kering dan rawan masalah.

Saat menggunakan eyeshadow, tentunya Anda tidak ingin tampak kerutan setiap kali tertawa. Jadi, sangat penting untuk memilih produk dengan kandungan pelembap. Hal ini berguna untuk menjaga mata tetap segar dan mencegah kekeringan yang menyebabkan penuaan kulit.

Pilihlah tipe waterproof agar makeup tahan lama

Pilihlah tipe waterproof agar makeup tahan lama

Jika Anda menginginkan makeup yang tahan lama dan tidak perlu sering touch up, gunakan waterproof eyeshadow base. Beberapa produk ada yang menyebutnya water resistant. Produk jenis ini tidak mudah luntur terkena air, keringat, atau pun air mata. Oleh karena itu sangat efektif untuk riasan di musim panas, di mana produksi keringat menjadi berlebih.

Bahkan untuk Anda jarang berkeringat, kulit manusia tetap menghasilkan sebum dan keringat walaupun dalam jumlah sedikit. Jadi, dengan memilih produk yang waterproof Anda akan membantu mempertahankan makeup. Namun, jangan lupa untuk membersihkannya dengan baik, ya!

10 Rekomendasi eyeshadow base terbaik

Berikut ini adalah beberapa produk populer untuk eyeshadow base yang sudah kami pilih dengan mempertimbangkan jenis, kualitas, dan harganya. Selamat menemukan produk favorit Anda!

10. Mizzu Eye Base Essentials

10. Mizzu Eye Base Essentials

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 60.000

Mudah digunakan dan harganya ekonomis, bisa diandalkan untuk belajar makeup!

Produk cantik ini sekilas mirip lip cream lantaran bentuk kemasan dan aplikatornya. Bahkan pengaplikasiannya pun semudah memulas lip cream, bedanya produk ini dioleskan ke area kelopak mata. Kami merekomendasikannya untuk Anda yang pertama kali menggunakan eyeshadow base, apalagi harganya terjangkau.

Dengan menggunakan Mizzu Eye Base Essentials, eyeshadow, concealer, atau eyeliner yang Anda gunakan akan lebih tahan lama. Tekstur krimnya cukup kental, tetapi lembut di kulit sehingga membuat Anda semakin nyaman saat memakainya. Ditambah lagi hasil akhirnya semi matte dan tahan lama. Cukup memuaskan untuk pemula!

Isi 6 gr
Jenis Krim
Warna Skin tone
Bahan pelembap Butylene gylcol

9. Mineral Botanica Eye Make Up Base

9. Mineral Botanica Eye Make Up Base

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 24.000

Tak hanya sebagai base, tetapi juga membantu menjaga kelembapan kulit Anda

Di samping fungsi utamanya sebagai eyeshadow base, produk lokal satu ini juga bisa menjaga kelembapan kelopak mata Anda. Hal itu dikarenakan produk ini mengandung Aloe vera, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, kandungan beeswax-nya juga bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Isi 10 gr
Jenis Liquid (gel)
Warna White
Bahan pelembap Aloe vera, vitamin A, vitamin E

8. Revlon PhotoReady™Eye Primer + Brightener

8. Revlon PhotoReady™Eye Primer + Brightener

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 157.000

Membantu menyamarkan kerutan dan mata yang tampak lelah!

Sering lembur dan begadang bisa membuat lingkar mata Anda tampak hitam dan kusam. Produk dari Revlon ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengatasinya. Tidak hanya menjadikan warna eyeshadow Anda lebih hidup, produk ini juga mencerahkan area sekitar mata Anda.

Hasilnya, wajah Anda terlihat lebih fresh dengan riasan mata yang menawan, serta tanpa adanya lingkaran hitam. Kerutan pada kelopak mata Anda juga bisa disamarkan oleh produk ini. Dengan begitu Anda bisa tampil lebih muda dan bercahaya. Cocok untuk wanita karir yang sering lembur atau begadang!

Isi 2,4 ml
Jenis Krim
Warna Nude pink
Bahan pelembap Glycerin

7. NYX Eyeshadow Base

7. NYX Eyeshadow Base

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 105.000

Hadir dengan pilihan warna yang lebih bervariasi!

Produk lain pada umumnya hadir dengan satu shade saja, tetapi NYX berbeda. Produk ini hadir dengan empat pilihan warna, yakni white, white pearl, skin tone, dan black. Anda bisa menyesuaikannya dengan riasan mata yang ingin ditampilkan dan kondisi kulit Anda. Misalnya, warna black dapat membantu menciptakan efek shadow dengan mudah.

Pengaplikasiannya juga disarankan agar menggunakan jari saja, jangan menggunakan brush. Hal ini lantaran penggunaan berlebih dapat mengakibatkan kulit berminyak. Jadi, cukup bubuhkan tipis saja secara merata dan dapatkan hasil yang maksimal.

Isi 7 gr
Jenis Krim
Warna White, white pearl, skin tone, dan black
Bahan pelembap Mineral oils

6. Wet n Wild Photofocus Eyeshadow Primer

6. Wet n Wild Photofocus Eyeshadow Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 108.000

Solusi praktis untuk wajah dengan kulit berminyak!

Produk yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Hal ini lantaran krimnya yang super light, tidak lengket, dan tidak luntur saat terkena minyak. Selain itu, coverage-nya juga sangat baik, cukup setitik saja untuk meng-cover seluruh kelopak mata Anda.

Isi 10 ml
Jenis Krim
Warna White
Bahan pelembap Tidak ada

5. MAC Prep + Prime 24 Hour Extend Eye Base

5. MAC Prep + Prime 24 Hour Extend Eye Base

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 325.000

Untuk eyeshadow yang sempurna dari pagi hingga malam

Tampil memukau sepanjang hari dengan riasan mata yang sempurna tentu menjadi dambaan para wanita. Untuk itu, produk ini hadir untuk mempertahankan warna eyeshadow, shimmer, bahkan eyeliner Anda sepanjang hari. Kandungannya pun sudah dipastikan aman untuk semua jenis kulit lantaran sudah teruji secara dermatologist dan ophthalmologist.

Dengan menggunakan produk ini, riasan mata Anda lebih memancarkan warna aslinya. Ditambah lagi teksturnya yang ringan dan kaya vitamin E yang membantu menjaga kesehatan kulit. Sangat cocok Anda gunakan saat mempersiapkan riasan mata dan mempertahankannya untuk tampil memukau seharian!

Isi 12 ml
Jenis Krim
Warna Beige
Bahan pelembap Dimethicone silylate, tocopheryl acetate, lecithin 

4. Marc Jacobs Under(cover) Eye Perfecting Coconut Eye Primer

4. Marc Jacobs Under(cover) Eye Perfecting Coconut Eye Primer

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 493.000

Eyeshadow base dengan manfaat skin care

Marc Jacobs hadir dengan base yang diformulasikan dengan ekstrak kelapa yang membantu menutrisi kulit kelopak mata Anda. Produk ini juga diformulasikan tanpa kandungan paraben, sulfat, dan phthalates. Cocok bagi Anda yang mencari produk yang aman sekaligus merawat kulit dengan baik.

Kandungan lainnya seperti silica spheres dan bark exctract membantu menyerap minyak berlebih. Di sisi lain, kandungan lilac stem cell-nya menjadikan eyeshadow Anda tahan seharian. Aplikatornya juga sangat lembut dan nyaman digunakan sehingga memudahkan Anda saat mengaplikasikan riasan mata lainnya.

Isi 11,34 ml
Jenis Liquid
Warna White
Bahan pelembap Glycerin

3. Too Faced Shadow Insurance Primer

3. Too Faced Shadow Insurance Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 115.000

Tahan hingga 24 jam, crease-proof, budge-proof, dan waterproof

Produk ini dikemas dalam tube ramping dengan needle-nose aplicator, memudahkan Anda saat mengeluarkan isinya. Kemasan ini membuat Anda bisa mengeluarkan isinya sesuai kebutuhan sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia.

Formulasinya juga mampu mengikat pigmen warna pada eyeshadow dengan baik. Tidak hanya tahan air, produk ini juga crease-proofbudge-proof, dan tahan sepanjang hari. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang menghadiri acara penting atau berkunjung ke berbagai tempat seharian penuh.

Isi 5 gr
Jenis Krim
Warna Natural
Bahan pelembap Tidak ada keterangan

2. Make Up For Ever Step 1 Eye & Lip Primer

2. Make Up For Ever Step 1 Eye & Lip Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 365.000

Mampu mempersiapkan kulit Anda dengan sempurna

Produk ini diformulasikan khusus untuk Anda yang ingin mempersiapkan tekstur kulit sebagai dasar riasan wajah. Mulai dari mengurangi kerutan sampai ketidaksempurnaan lain di kulit maupun bibir Anda. Dengan begitu akan tercipta dasar yang halus untuk riasan. Formulasinya juga mampu mengoptimalkan setiap warna, baik itu di area mata maupun di bibir.

Isi 10 ml
Jenis Liquid
Warna Colorless
Bahan pelembap Tidak ada keterangan

1. Urban Decay Eyeshadow Primer Potion

1. Urban Decay Eyeshadow Primer Potion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 350.000

Ramuan legendaris yang dipadu dengan teknologi terkini

Produk ini diolah dengan ramuan legendaris yang mampu memberi hasil yang lebih smooth dan no creasing. Selain itu,warna eyeshadow juga lebih hidup. Teknologi space-age polimer di dalamnya mampu mengisi segala ketidaksempurnaan pada permukaan kulit.

Pilihan warnanya juga sangat beragam sehingga cocok untuk semua warna kulit dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Segala kelebihan produk ini semakin lengkap lagi dengan desain kemasan yang cantik serta tutup yang menyerupai permata.

Isi 10 ml
Jenis Liquid
Warna Sin, original, minor sin, freebase, eden, caffeine
Bahan pelembap Rice bran oil

Keuntungan menggunakan eyeshadow base

Setelah membaca artikel di atas, mungkin Anda masih bertanya-tanya, “Mengapa harus menggunakan eyeshadow base? Bukankah bisa menggunakan eyeshadow tanpa base?”. Untuk itu, berikut ini akan kami paparkan manfaat menggunakan eyeshadow base.

Warna eyeshadow lebih hidup dan tidak mudah luntur

Warna eyeshadow lebih hidup dan tidak mudah luntur

Menggunakan eyeshadow base dapat membuat warna eyeshadow Anda lebih hidup. Cukup dengan membubuhkannya pada pangkal kelopak mata, maka Anda dapat memunculkan warna eyeshadow Anda dengan indah. Selain itu, eyeshadow base juga mempermudah Anda dalam membubuhkan eyeshadow. Jika langsung menggunakan eyeshadow, warnanya akan sulit menempel. Hal ini pun menjadikan eyeshadow Anda lebih tahan lama dan tidak mudah rontok atau luntur.

Menghilangkan kusam dan membuat mata Anda terlihat lebih sehat dan cerah

Menghilangkan kusam dan membuat mata Anda terlihat lebih sehat dan cerah

Secara khusus, eyeshadow base yang berwarna dapat membuat mata Anda lebih hidup. Anda bisa mengaplikasikannya pada area sekitar mata agar kusam dan lelah di wajah Anda menghilang. Dengan begitu, tampilan Anda pun akan terlihat lebih sehat dan fresh. Efek lainnya adalah tampilan eyeshadow Anda jauh lebih indah karena sudah tidak ada kulit kusam.

Baca juga produk lain untuk mempercantik mata Anda di sini

Anda tentu ingin mendapatkan riasan mata yang sempurna. Untuk itu, berikut ini kami paparkan produk lain yang Anda perlukan untuk mempercantik mata Anda. Baca artikel eyeshadow palete dan eyeshadow cream di sini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan artikel tentang eyeshadow base ini? Eyeshadow base membantu Anda menutupi kulit kusam dan menjadikan riasan mata jauh lebih indah. Selain itu, jika Anda memilih yang memiliki kandungan pelembap, Anda juga bisa sekaligus mengatasi kulit kering di sekitar area mata Anda. Selamat mencoba dan bersiaplah untuk takjub dengan hasilnya!