10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Selai marmalade yang dibuat dari buah-buahan citrus banyak digemari karena rasanya yang segar, dengan perpaduan manis dan pahit yang seimbang. Selain digunakan sebagai olesan roti tawar, selai ini juga bisa dinikmati dengan berbagai cara.

Selai marmalade seperti apa yang enak dan berkualitas? Kali ini akan kami paparkan cara memilih dan ulasan produk-produk selai marmalade, seperti Morin, MACKAYS, dan lainnya. Simak pula tips menarik untuk menikmati selai marmalade di akhir artikel ini.

Daftar isi

Apa perbedaan antara selai marmalade dengan selai biasa?

Apa perbedaan antara selai marmalade dengan selai biasa?

Baik selai marmalade maupun selai biasa sama-sama diolah dengan memanaskan daging buah dan gula secara bersamaan. Lantas, apa yang membedakan keduanya? Sebenarnya, pada pembuatan selai marmalade, tidak hanya daging buah yang dimanfaatkan, tetapi kulitnya juga turut diolah.

Karena diolah bersama dengan kulit buahnya, selai marmalade juga lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan selai biasa. Kulit buah citrus bagian luar dan kulit arinya ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, terdapat pula kandungan flavonoid yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Daging buah citrus memang bisa dinikmati begitu saja, tetapi tentu saja tidak dengan kulitnya. Kulit buah citrus dikenal pahit sehingga hampir tak mungkin menikmatinya mentah-mentah. Akan tetapi, dengan mengolahnya menjadi selai marmalade, Anda dapat menikmati daging buah citrus sekaligus kulitnya dengan cara yang nikmat. Selain vitamin C, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi penting lainnya.

Selain itu, rasa pahit dari kulitnya justru memberikan aksen pada selai marmalade sehingga terasa segar di mulut. Anda yang selalu menikmati selai biasa, bagaimana bila kali ini mencoba selai marmalade?

Cara memilih selai marmalade

Ketika hendak membeli selai marmalade, sebaiknya hal apa saja yang perlu diperhatikan? Kali ini kami akan memaparkan cara memilih selai marmalade dari segi rasa pahit dan manisnya yang khas. Yuk, lihat selengkapnya!

Pilihlah berdasarkan keseimbangan cita rasa pahit dan manisnya

Pilihlah berdasarkan keseimbangan cita rasa pahit dan manisnya

Ciri khas dari selai marmalade tentu saja perpaduan rasa manis daging dan rasa pahit kulit buah citrus. Akan tetapi, keseimbangan perpaduan rasa ini akan berbeda pada setiap produk.

Rasa pahit dari selai marmalade akan berubah tergantung pada kuantitas kulit buah citrus yang digunakan. Bila Anda penggemar aksen pahit pada selai ini, Anda perlu memastikan presentase kulit buah citrus yang digunakan di dalam produk.

Di Indonesia, selai marmalade biasa digunakan sebagai teman makan roti tawar saat sarapan. Padahal, selai marmalade bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain. Selengkapnya, simak tips cara menikmati selai marmalade di akhir artikel ini.

Pilihlah berdasarkan jenis buah citrus yang digunakan

Pilihlah berdasarkan jenis buah citrus yang digunakan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selai marmalade terbuat dari daging dan kulit buah citrus yang dipanaskan. Sebagian orang menyebut selai marmalade sebagai selai jeruk karena umumnya terbuat dari jeruk buah biasa. Padahal, ada beragam jenis buah citrus yang menjadi bahan selai ini. Ada pula selai marmalade yang terbuat dari lebih satu jenis buah citrus.

Saat mulai bosan dengan satu produk selai marmalade saja, bagaimana kalau memilih produk selai marmalade lain yang berbeda bahan baku jeruk citrus-nya? Pilih saja selai marmalade yang terbuat dari jeruk lemon atau jeruk navel untuk merasakan sensasi kesegaran yang berbeda. Produk lokal yang menggunakan jeruk nipis atau limau juga perlu dicoba. Selalu berganti-ganti merek setiap kali membeli juga penting agar Anda menemukan rasa yang pas di lidah.

Perhatikan tanggal expired ketika membeli dalam jumlah banyak

Perhatikan tanggal expired ketika membeli dalam jumlah banyak

Saat menentukan kuantitas selai marmalade yang hendak dibeli, tentukanlah berdasarkan jumlah pemakaian setiap harinya. Membeli dalam jumlah banyak sekaligus memang sering kali lebih hemat. Namun, Anda juga harus ingat bahwa produk ini memiliki tanggal expired atau masa kedaluwarsa yang berbeda-beda tergantung produsennya.

Bila Anda tidak setiap hari mengonsumsinya, selai marmalade dalam kemasan kecil lebih ideal untuk Anda. Sebaliknya, bila Anda mengonsumsinya hampir setiap hari atau membutuhkannya dalam jumlah besar untuk membuat kue atau masakan lainnya, kemasan besar lebih tepat dipilih.

10 Rekomendasi selai marmalade terbaik

Setelah menyimak cara memilih di atas, tentunya Anda memiliki gambaran rasa selai marmalade yang pas di lidah Anda. Berikut ini ulasan berbagai produk selai marmalade yang barangkali salah satunya merupakan produk yang sedang Anda cari.

10. Morin Orange Marmalade

10. Morin Orange Marmalade

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 34.750

Lezat dan ekonomis, selai marmalade pilihan untuk sekeluarga

Brand yang barangkali tak lagi asing bagi Anda ini juga mengeluarkan produk selai marmalade yang pas untuk Anda sekeluarga. Memiliki aroma jeruk yang begitu terasa, produk yang satu ini adalah teman makan roti yang nikmat dengan harga ekonomis. Sediakan selalu di meja makan untuk menemani momen sarapan sehari-hari Anda dan keluarga.

Isi 330 gr
Komposisi Gula, marmalade jeruk (34%), sari jeruk (10%), pengental (pektin), pengatur keasaman (asam sitrat), pengawet (natrium benzoat), pewarna makanan (tartrazine Cl. 19140, kuning FCF Cl. 15985).

9. Bonne Maman Orange Marmalade

9. Bonne Maman Orange Marmalade

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.000

Wangi jeruk yang begitu terasa, menambah sedap aroma camilan manis Anda

Memiliki kemasan sederhana yang begitu khas, produk ini barangkali sudah sering Anda lihat di supermarket terdekat. Bagi Anda yang biasa menggunakan selai marmalade sebagai topping yoghurt, kue, atau makanan kecil lainnya, produk dengan aroma jeruk kuat ini bisa dicoba.

Dibuat dengan resep tradisional Prancis, produk ini hanya dibuat dari bahan pilihan, tanpa pengawet dan pewarna. Tidak heran bila rasa manisnya tak meninggalkan rasa pahit di lidah, sementara aroma wangi jeruknya langsung tercium begitu jar dibuka.

Isi 370 gr
Komposisi Sugar, bitter oranges, cane sugar, concentrated lemon juice, fruit pectin.

8. d’arbo Seville Bitter Orange

8. d'arbo Seville Bitter Orange

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 105.700

Proses pemanasan dan pengadukan perlahan yang mempertahankan rasa asli jeruk

Selai marmalade dibuat dengan memanaskan daging dan kulit buah citrus sehingga sering kali menghilangkan rasa asli buahnya. Bagi Anda pencinta berat selai marmalade rasa orisinal yang mendekati rasa buah aslinya, produk inilah pilihannya. Selain dibuat dari jeruk berkualitas, produk ini yang dibuat dengan proses pemanasan dan pengadukan yang perlahan.

Hasilnya adalah selai marmalade dengan rasa yang lembut bagaikan buah jeruk asli. Apalagi didukung oleh konsentrasi buah jeruk yang tinggi di dalamnya. Selain itu, tekstur daging dan kulit buah yang tidak hancur seluruhnya menimbulkan sensasi asyik di mulut saat dikunyah.

Isi 450 gr
Komposisi Gula, jeruk, air, konsentrat jus lemon, pectin agen pembentuk gel.

7. Hero Bitter Orange

7. Hero Bitter Orange

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 68.000

Rasa pahit dan manis seimbang yang tak berubah meski didinginkan atau dipanaskan

Bagi Anda yang mencari selai marmalade untuk tujuan diolah lebih lanjut menjadi berbagai kudapan panas atau dingin, produk ini bisa menjadi pilihan. Produk yang memenuhi high-quality Swiss standard ini diklaim tidak akan berubah rasa dan aromanya, meski terpapar perubahan suhu.

Mencampurkannya ke dalam minuman dingin favorit atau menggunakannya sebagai filling kue nastar pun oke. Kemudian, karena memiliki rasa pahit dan manis yang seimbang, produk ini ideal bagi Anda yang menyukai rasa netral dan standar dari selai marmalade.

Isi 340 gr
Komposisi Sugar, bitter orange pulp, glucose syrup, pectin, citric acid.

6. EAST JAVA & CO Orange Jam with Javanese Tea

6. EAST JAVA & CO Orange Jam with Javanese Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 54.000

Karena lemon tea tidak hanya bisa dinikmati sebagai minuman!

Bagi Anda penggemar minuman lemon tea, produk yang satu ini akan sangat sayang untuk dilewatkan. Produsen lokal ini berkreasi dengan mengombinasikan rasa teh yang nikmat dengan rasa jeruk yang segar. Hasilnya adalah selai marmalade dengan rasa bagaikan minuman lemon tea.

Menikmatinya dengan cara dioles pada roti pun oke, dicampurkan ke dalam minuman pun oke. Hebatnya, 70% dari selai ini adalah daging dan kulit buah jeruk! Pasti Anda sudah bisa membayangkan wanginya jeruk yang berpadu dengan aroma teh pada produk yang satu ini, bukan?

Isi 250 gr
Komposisi Orange, black tea, cane sugar, lemon, apple pectin.

5. Bali Asli Marmalade Orange Lime

5. Bali Asli Marmalade Orange Lime

Lihat produk ini di Tokopedia

Lhat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 73.000

Keistimewaan lemon yang menyegarkan dan jeruk yang manis dalam satu wadah

Satu lagi brand yang membuat produk berkualitas dari bahan-bahan lokal pilihan. Selai marmalade yang satu ini merupakan hybrid antara selai marmalade jeruk manis dan lemon. Bagi Anda yang ingin merasakan kesegaran lemon tetapi enggan dengan rasanya yang terlalu asam, bisa memilih produk ini.

Selain kombinasi rasa yang tidak bikin bosan, selai yang satu ini masih menyisakan potongan-potongan daging serta kulit buah di dalamnya. Rasa manis, wangi segar, dan tekstur mantap bisa Anda nikmati dalam satu produk saja!

Isi 360 gr
Komposisi Lime, ginger, cane sugar, pectin, citric acid.

4. MACKAYS Orange Marmalade with Champagne

4. MACKAYS Orange Marmalade with Champagne

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 52.000

Nikmati aksen rasa champagne dalam selai marmalade asli Skotlandia

Tahukah Anda bahwa selai marmalade sebenarnya berasal dari Dundee, salah satu daerah di Skotlandia? Rasa selai marmalade orisinal dari kampung halaman marmalade dapat Anda nikmati dalam produk yang satu ini.

Bukan hanya selai marmalade biasa, produk yang satu ini juga terasa semakin segar di lidah dengan sentuhan aksen rasa champagne. Variasi rasa ini tak akan Anda temukan pada produk lainnya. Meski begitu, bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi alkohol, lebih baik berpikir dua kali sebelum membelinya.

Isi 340 gr
Komposisi Sugar, Spanish sweet oranges, lemon juice (from concentrate), champagne (with Marc de Champagne) (1%), gelling agent: fruit pectin, acidity regulator: citric acid.

3. Bali Asli Marmalade Lime

3. Bali Asli Marmalade Lime

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 84.000

Rasa asam yang lebih menyegarkan dalam selai marmalade produksi lokal

Jeruk nipis, buah citrus yang satu ini terkenal dengan aroma asamnya yang tajam dan khas, serta kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Ketika Anda bosan dengan selai marmalade berbahan jeruk manis, produk yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan.

Berbahan utama jeruk nipis, tingkat keasaman rasanya lebih tinggi daripada produk selai marmalade lainnya. Bagi Anda yang doyan dengan segarnya rasa asam jeruk, selai ini akan terasa nikmat dimakan bersama roti. Bila Anda lebih menyukai rasa manis, menjadikannya sebagai perasa tambahan minumah teh adalah pilihan tepat.

Isi 380 gr
Komposisi Lime, cane sugar, pectin, citric acid.

2. SMUCKER’S Sweet Orange Marmalade

2. SMUCKER'S Sweet Orange Marmalade

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Rasa asam yang minimalis, favorit para pencinta makanan manis

Rasa asam adalah rasa yang pasti ada dalam sebuah produk selai marmalade. Bila Anda baru pertama kali ingin mencoba selai marmalade, tetapi khawatir produk pilihan Anda akan terasa terlalu asam di lidah, produk ini ideal sebagai starter pack.

Tetap memiliki rasa asam segar khas jeruk manis, produk ini diklaim memiliki rasa lebih manis dibandingkan produk lainnya. Meski begitu, rasa manisnya tak akan terasa berlebihan bila Anda seorang pencinta makanan manis. Menikmatinya bersama roti untuk sarapan tentu bisa menambah semangat saat beraktivitas.

Isi 340 gr
Komposisi High fructose corn syrup, corn syrup, orange peel, orange juice, fruit pectin, citric acid, natural orange flavor.

1. Awani Bali Lime Marmalade with Ginger

1. Awani Bali Lime Marmalade with Ginger

Lihat produk ini di Tokopedia

Lhat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Sensasi segar jeruk nipis dan jahe yang menghangatkan tenggorokan

Sebagai minuman tradisional, jeruk nipis yang dicampur jahe memiliki rasa segar yang khas, disusul dengan kehangatan yang melegakan tenggorokan. Bila Anda termasuk penggemar minuman sehat tersebut, tentu produk ini merupakan pilihan yang tepat.

Racikan resepnya menghadirkan rasa yang berlapis begitu mendarat di atas lidah. Pertama adalah rasa asam menyegarkan, kemudian disusul rasa semu pahit dan kesat khas jahe yang menghangatkan tenggorokan. Kedua rasa ini berpadu sempurna menghasilkan selai marmalade dengan inovasi rasa baru yang tak terbayangkan sebelumnya.

Isi 255 gr
Komposisi Lime (30%), ginger, raw cane sugar, citrus pectin.

Berbagai variasi dalam menikmati selai marmalade

Ketika membeli selai marmalade terlalu banyak atau saat produk pilihan Anda ternyata tidak cocok dengan selera Anda, apa yang harus dilakukan? Jangan dibuang dulu! Selai marmalade yang terlanjur Anda beli ternyata dapat digunakan untuk hal lain, selain dioles di atas roti tawar.

Sebagai bumbu penambah rasa pada berbagai masakan

Sebagai bumbu penambah rasa pada berbagai masakan

Selain untuk olesan roti atau bahan membuat kue, selai marmalade juga dapat digunakan sebagai bumbu masak. Siapa sangka kalau selai yang satu ini bisa melezatkan masakan daging Anda. Selain menambah rasa, selai marmalade juga mengandung citric acid yang membantu melunakkan daging.

Selai marmalade yang dikenal memberikan aroma segar pada cookie dan kue, juga bisa dijadikan pengganti gula saat Anda membuat asinan atau manisan. Nah, terbuktilah kalau selai marmalade memiliki potensi manfaat yang beragam!

Sebagai pemberi rasa pada air putih biasa

Sebagai pemberi rasa pada air putih biasa

Bila Anda tipe orang yang jarang memasak atau membuat kue sendiri di rumah, tips ini perlu dipertimbangkan. Bagaimana kalau menambahkan selai marmalade pada air putih dingin atau hangat? Hasilnya adalah minuman jenis baru yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Hot marmalade drink dapat dibuat dengan mudah hanya dengan mencampurkan tiga sendok makan selai marmalade ke dalam dua cangkir air hangat. Aduk dan siap dinikmati. Untuk penyajian dingin, campurkan empat sendok makan selai marmalade ke dalam 400 ml air dingin dan aduk hingga merata. Tambahkan es batu bila suka. Baik saat udara dingin atau panas, marmalade drink tetap enak dinikmati.

Sebagai penambah rasa pada kopi atau teh

Sebagai penambah rasa pada kopi atau teh

Di Rusia, teh biasa dinikmati dengan selai sebagai penambah rasa manis. Nah, bagaimana kalau Anda juga mencobanya di rumah? Selain itu, selai marmalade juga terasa pas ditambahkan pada kopi hitam. Masukkan saja satu sampai dua sendok makan selai marmalade ke dalam secangkir kopi. Selain rasa manis, aroma segar khas citrus akan memberikan sensasi baru pada kopi favorit Anda.

Bila Anda lebih menyukai teh, menggunakan teh darjeeling lebih dianjurkan. Teh earl grey juga bisa menjadi pilihan untuk membuat marmalade lemon tea drink. Tambahkan saja satu sampai dua sendok makan selai marmalade ke dalam secangkir teh, atau sesuaikan dengan selera Anda.

Baca juga rekomendasi berbagai jenis selai lain yang tak kalah lezat!

Seberapapun Anda menyukai selai marmalade, menikmatinya setiap hari, bahkan setiap saat, tentu akan membuat bosan. Menyediakan berbegai jenis selai di rumah sebagai selingan bisa menjadi solusi. Simak tips memilih dan rekomendasi berbagai produk selai berkualitas di artikel menarik berikut ini!

Kesimpulan

Selai marmalade tidak hanya dapat dinikmati sebagai olesan roti. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menikmati selai marmalade dalam berbagai olahan, mulai dari masakan hingga minuman. Apakah Anda tertarik untuk bereksperimen?

Dalam memilih selai marmalade, perhatikanlah keseimbangan rasa, bahan baku buah citrus yang digunakan, dan juga tanggak expired-nya. Sesuaikanlah juga jumlah pembelian berdasarkan kuantitas pemakaiannya. Selamat berbelanja!