• 10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Selai Marmalade Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Selai marmalade yang dibuat dari buah-buahan citrus banyak digemari karena rasanya yang segar. Rasa segar selai marmalade ini juga dilengkapi dengan perpaduan manis dan pahit yang seimbang. Selain digunakan sebagai olesan roti tawar, selai ini juga bisa dinikmati dengan berbagai cara.

Selai marmalade seperti apa yang enak dan berkualitas? Kali ini, akan kami paparkan cara memilih dan ulasan produk-produk selai marmalade, seperti Morin, Mackays, dan lainnya. Simak pula tips menarik untuk menikmati selai marmalade di akhir artikel ini.
  • Pembaharuan terakhir: 11 Maret 2020
  • 1.160 Views
Daftar isi

Apa perbedaan antara selai marmalade dengan selai biasa?

Apa perbedaan antara selai marmalade dengan selai biasa?
Baik selai marmalade maupun selai biasa sama-sama diolah dengan memanaskan daging buah dan gula secara bersamaan. Lantas, apa yang membedakan keduanya? Sebenarnya, pada pembuatan selai marmalade, tidak hanya daging buah yang dimanfaatkan, tetapi kulitnya juga turut diolah.
Karena diolah bersama dengan kulit buahnya, selai marmalade juga lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan selai biasa. Kulit buah citrus bagian luar dan kulit arinya ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, terdapat pula kandungan flavonoid yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.
Daging buah citrus memang bisa dinikmati begitu saja, tetapi tentu saja tidak dengan kulitnya. Kulit buah citrus dikenal pahit sehingga hampir tak mungkin menikmatinya mentah-mentah. Akan tetapi, dengan mengolahnya menjadi selai marmalade, Anda dapat menikmati daging buah citrus sekaligus kulitnya dengan cara yang nikmat. Selain vitamin C, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi penting lainnya.
Selain itu, rasa pahit dari kulitnya justru memberikan aksen pada selai marmalade sehingga terasa segar di mulut. Anda yang selalu menikmati selai biasa, bagaimana bila kali ini mencoba selai marmalade?

Cara memilih selai marmalade

Ketika hendak membeli selai marmalade, sebaiknya hal apa saja yang perlu diperhatikan? Kali ini kami akan memaparkan cara memilih selai marmalade dari segi rasa pahit dan manisnya yang khas. Yuk, lihat selengkapnya!

Pilihlah berdasarkan keseimbangan cita rasa pahit dan manisnya

Pilihlah berdasarkan keseimbangan cita rasa pahit dan manisnya
Ciri khas dari selai marmalade tentu saja perpaduan rasa manis daging dan rasa pahit kulit buah citrus. Akan tetapi, keseimbangan perpaduan rasa ini akan berbeda pada setiap produk.
Rasa pahit dari selai marmalade akan berubah tergantung pada kuantitas kulit buah citrus yang digunakan. Anda yang menyukai aksen pahit pada selai ini perlu memastikan presentase kulit buah citrus pada produk tersebut.
Di Indonesia, selai marmalade biasa digunakan sebagai teman makan roti tawar saat sarapan. Padahal, selai marmalade bisa digunakan untuk berbagai keperluan lain. Selengkapnya, simak tips cara menikmati selai marmalade di akhir artikel ini.

Pilihlah berdasarkan jenis buah citrus yang digunakan

Pilihlah berdasarkan jenis buah citrus yang digunakan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selai marmalade terbuat dari daging dan kulit buah citrus yang dipanaskan. Sebagian orang menyebut selai marmalade sebagai selai jeruk karena umumnya terbuat dari jeruk buah biasa. Padahal, ada beragam jenis buah citrus yang menjadi bahan selai ini. Ada pula selai marmalade yang terbuat dari lebih satu jenis buah citrus.
Saat mulai bosan dengan satu produk selai marmalade, cobalah memilih produk yang berbeda bahan baku jeruk citrus-nya. Pilih saja selai marmalade yang terbuat dari jeruk lemon atau jeruk navel untuk merasakan sensasi kesegaran yang berbeda. Produk lokal yang menggunakan jeruk nipis atau limau juga perlu dicoba. Selalu berganti-ganti merek setiap kali membeli juga penting agar Anda menemukan rasa yang pas di lidah.

Perhatikan tanggal expired ketika membeli dalam jumlah banyak

Perhatikan tanggal expired ketika membeli dalam jumlah banyak
Saat menentukan kuantitas selai marmalade yang hendak dibeli, tentukanlah berdasarkan jumlah pemakaian setiap harinya. Membeli dalam jumlah banyak sekaligus memang sering kali lebih hemat. Namun, Anda juga harus ingat bahwa produk ini memiliki tanggal expired atau masa kedaluwarsa yang berbeda-beda tergantung produsennya.
Bila Anda tidak setiap hari mengonsumsinya, selai marmalade dalam kemasan kecil lebih ideal untuk Anda. Sebaliknya, Anda bisa memilih kemasan besar bila Anda mengonsumsinya hampir setiap hari. Kemasan besar juga tepat untuk Anda yang membutuhkannya dalam jumlah besar untuk membuat kue atau masakan lainnya.

10 Rekomendasi selai marmalade terbaik

Setelah menyimak cara memilih di atas, tentunya Anda memiliki gambaran rasa selai marmalade yang Anda suka. Berikut ini ulasan berbagai produk selai marmalade yang barangkali salah satunya merupakan produk yang sedang Anda cari.
10
Isi330 gr
KomposisiGula, marmalade jeruk (34%), sari jeruk (10%), pengental (pektin), pengatur keasaman (asam sitrat), pengawet (natrium benzoat), dan pewarna makanan (tartrazine Cl. 19140, kuning FCF Cl. 15985)
9
Isi370 gr
KomposisiSugar, bitter oranges, cane sugar, concentrated lemon juice, dan fruit pectin
8
Isi450 gr
KomposisiGula, jeruk, air, konsentrat jus lemon, dan pectin agen pembentuk gel
7
Isi340 gr
KomposisiSugar, bitter orange pulp, glucose syrup, pectin, dan citric acid
6
Isi250 gr
KomposisiOrange, black tea, cane sugar, lemon, dan apple pectin
5
Isi360 gr
KomposisiLime, ginger, cane sugar, pectin, dan citric acid
4
Isi340 gr
KomposisiSugar, seville oranges, orange juice (from concentrate), lemon juice (from concentrate)・Gelling agent: fruit pectin・Acidity regulator: citric acid, orange oil
3
Isi380 gr
KomposisiLime, cane sugar, pectin, dan citric acid
2
Isi340 gr
KomposisiHigh fructose corn syrup, corn syrup, orange peel, orange juice, fruit pectin, citric acid, dan natural orange flavor
1
Isi255 gr
KomposisiLime (30%), ginger, raw cane sugar, dan citrus pectin

Tabel perbandingan produk selai marmalade terbaik

Gambar produk
1
Awani Lime Marmalade with Ginger 1

Awani

2
Smucker's Sweet Orange Marmalade 1

Smucker's

3
Bali Asli  Lime Marmalade 1

Bali Asli

4
Mackays The Dundee Orange Marmalade 1

Mackays

5
Bali Asli  Lemon Orange Marmalade 1

Bali Asli

6
East Java & Co Orange Jam with Javanese Tea 1

East Java & Co

7
Hero  Bitter Orange 1

Hero

8
D'arbo Seville Bitter Orange 1

D'arbo

9
Bonne Maman  Bitter Orange Fine Shred Marmalade 1

Bonne Maman

10
Morin  Orange Marmalade 1

Morin

Nama produk

Lime Marmalade with Ginger

Sweet Orange Marmalade

Lime Marmalade

The Dundee Orange Marmalade

Lemon Orange Marmalade

Orange Jam with Javanese Tea

Bitter Orange

Seville Bitter Orange

Bitter Orange Fine Shred Marmalade

Orange Marmalade

KeunggulanMenghangatkan tenggorokan d...Rasa asam yang minimalis, f...Beraroma asam yang tajam kh...Nikmati selai marmalade asl...Keistimewaan lemon yang men...Karena lemon tea tidak hany...Rasa pahit dan manis seimba...Proses pemanasan dan pengad...Wangi jeruk yang begitu ter...Lezat dan ekonomis, selai m...
HargaRp 65.000,00Rp 80.000,00Rp 130.000,00Rp 40.000,00Rp 147.600,00Rp 54.000,00Rp 70.000,00Rp 42.000,00Rp 69.000,00Rp 34.400,00
Isi255 gr340 gr380 gr340 gr360 gr250 gr340 gr450 gr370 gr330 gr
KomposisiLime (30%), ginger, raw cane sugar, dan citrus pectinHigh fructose corn syrup, corn syrup, orange peel, orange juice, fruit pectin, citric acid, dan natural orange flavorLime, cane sugar, pectin, dan citric acidSugar, seville oranges, orange juice (from concentrate), lemon juice (from concentrate)・Gelling agent: fruit pectin・Acidity regulator: citric acid, orange oilLime, ginger, cane sugar, pectin, dan citric acidOrange, black tea, cane sugar, lemon, dan apple pectinSugar, bitter orange pulp, glucose syrup, pectin, dan citric acidGula, jeruk, air, konsentrat jus lemon, dan pectin agen pembentuk gelSugar, bitter oranges, cane sugar, concentrated lemon juice, dan fruit pectinGula, marmalade jeruk (34%), sari jeruk (10%), pengental (pektin), pengatur keasaman (asam sitrat), pengawet (natrium benzoat), dan pewarna makanan (tartrazine Cl. 19140, kuning FCF Cl. 15985)
Tautan produk

Berbagai variasi dalam menikmati selai marmalade

Anda membeli selai marmalade terlalu banyak atau produk pilihan Anda ternyata tidak cocok dengan selera Anda? Jangan dibuang! Selai marmalade yang terlanjur Anda beli ternyata dapat digunakan untuk hal lain selain dioleskan di roti tawar.

Sebagai bumbu penambah rasa pada berbagai masakan

Sebagai bumbu penambah rasa pada berbagai masakan
Selain untuk olesan roti atau bahan membuat kue, selai marmalade juga dapat digunakan sebagai bumbu masak. Siapa sangka kalau selai yang satu ini bisa melezatkan masakan daging Anda. Selain menambah rasa, selai marmalade juga mengandung citric acid yang membantu melunakkan daging.
Selai marmalade yang memiliki aroma segar juga bisa dijadikan pengganti gula saat Anda membuat asinan atau manisan. Nah, terbuktilah kalau selai marmalade memiliki potensi manfaat yang beragam!

Sebagai pemberi rasa pada air putih biasa

Bagaimana kalau selai marmalade ditambahkan pada air putih dingin atau hangat? Hasilnya adalah minuman jenis baru yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Bila Anda tipe orang yang jarang memasak atau membuat kue sendiri di rumah, tips ini perlu dipertimbangkan.
Hot marmalade drink dapat dibuat dengan mencampurkan tiga sendok makan selai marmalade ke dalam dua cangkir air hangat. Aduk dan siap dinikmati. Untuk penyajian dingin, campurkan empat sendok makan selai marmalade ke dalam 400 ml air dingin dan aduk hingga merata. Tambahkan es batu bila suka. Baik saat udara dingin atau panas, marmalade drink tetap enak dinikmati.

Sebagai penambah rasa pada kopi atau teh

Selai sering dinikmati sebagai penambah rasa manis teh di Rusia. Nah, bagaimana kalau Anda juga mencobanya di rumah? Selain itu, selai marmalade juga terasa pas ditambahkan pada kopi hitam. Masukkan saja satu sampai dua sendok makan selai marmalade ke dalam secangkir kopi. Selain rasa manis, aroma segar khas citrus akan memberikan sensasi baru pada kopi favorit Anda.
Bila Anda lebih menyukai teh, menggunakan teh darjeeling lebih dianjurkan. Teh earl grey juga bisa menjadi pilihan untuk membuat marmalade lemon tea drink. Tambahkan saja satu sampai dua sendok makan selai marmalade ke dalam secangkir teh atau sesuaikan dengan selera Anda.

Baca juga rekomendasi berbagai jenis selai lainnya di sini

Seberapa pun Anda menyukai selai marmalade, menikmatinya setiap hari, bahkan setiap saat, tentu akan membuat bosan. Menyediakan berbagai jenis selai di rumah sebagai selingan bisa menjadi solusi. Simak tips memilih dan rekomendasi berbagai produk selai berkualitas di artikel menarik berikut ini!

Kesimpulan

Selai marmalade tidak hanya dapat dinikmati sebagai olesan roti. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menikmati selai marmalade dalam berbagai olahan, mulai dari masakan hingga minuman. Apakah Anda tertarik untuk bereksperimen?
Dalam memilih selai marmalade, perhatikanlah keseimbangan rasa, bahan baku buah citrus yang digunakan, dan juga tanggal expired-nya. Sesuaikanlah juga jumlah pembelian berdasarkan kuantitas pemakaiannya. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kopi instan merupakan salah satu cara termudah untuk menikmati kopi yang enak. Tidak hanya kopi panas, ada kopi instan yang bisa disajikan sebagai es kopi, kopi susu, atau kopi rendah kafein. Banyak merek kopi instan terkenal seperti NESCAFÉ, Torabika, dan Kapal Api yang mengeluarkan berbagai produk di Indonesia.Kali ini, kami akan merekomendasikan kopi instan terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih kopi instan agar Anda dapat menemukan produk yang Anda sukai. Di bagian akhir, kami juga akan menjelaskan cara menyajikan kopi supaya menjadi lebih nikmat. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    40.144 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    16.450 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    51.669 Views
  • 10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keju Cheddar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keju cheddar pertama kali dibuat di negara Inggris. Sejak itu, cheddar menjadi jenis keju yang paling banyak dibuat di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah rasa asam yang lembut dan tidak berlebihan. Keju cheddar membuat piza dan telur dadar Anda menjadi semakin enak, serta cocok dijadikan isian sandwich dan salad dressing. Rasanya memang tidak tergantikan.Untuk membantu Anda, kami akan mengulas cara memilih keju cheddar sekaligus memberi rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Anchor, Bega, Kraft, dan merek lainnya. Pilihlah keju cheddar favorit Anda agar waktu makan terasa lebih istimewa. Mari kita mulai!
    Makanan & minuman
    17.180 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    51.920 Views
  • 10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Margarin Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di Indonesia, margarin sering dikonsumsi sebagai teman makan roti tawar, bahan pembuat kue kering, cake, donat, atau pengganti minyak goreng saat menumis. Anda dapat dengan mudah menemukan margarin dengan berbagai merek, seperti Blue Band, forVITA, Palmia, Filma, dan sebagainya.Setiap produk margarin memiliki keistimewaan yang berbeda, bahkan ada yang lebih cocok untuk kegunaan tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas poin-poin yang perlu diketahui saat memilih margarin. Selain itu, terdapat rekomendasi margarin terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    18.718 Views
  • 10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Chia Seed Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Chia seed semakin populer karena dianggap kaya nutrisi dan cocok sebagai makanan pendamping saat menjalani diet. Chia seed awalnya dikonsumsi oleh selebriti dan model di luar negeri, serta sering disebut sebagai superfood.Bagaimanakah cara memilih chia seed yang berkualitas? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan sepuluh chia seed terbaik dari Bioglan, Nutiva, dan lainnya. Jika Anda belum mahir mengolah chia seed, perhatikan juga cara mudah untuk mengonsumsinya di akhir artikel ini.
    Makanan & minuman
    13.575 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori