• 10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Pelindung cat mobil atau paint protection merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Ada wax atau pelindung cat mobil antigores, pengilap mobil warna putih, nano ceramic coating berbasis SiO2, dan lainnya.

Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelindung cat mobil untuk Anda. Kami juga merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek yang bagus agar body mobil Anda tampil mengilat, seperti Turtle Wax, Meguiar's, dan KIT. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ayi Adiana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana, S.T.

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana, S.T.
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif.


Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Apa manfaat pelindung cat mobil?

Apa manfaat pelindung cat mobil?
Tidak seperti sampo mobil, lapisan pelindung mobil akan melapisi mobil dengan pelindung yang kuat. Anda dapat mengembalikan lagi kilau pada body mobil yang telah hilang akibat bertahun-tahun pemakaian.

Penggunaan lapisan pelindung cat mobil ini akan melindungi mobil Anda dari debu dan kotoran sehingga dapat mengurangi frekuensi pencucian mobil. Sebagian produk pelindung cat mobil bahkan dapat mencegah goresan pada body mobil. Hal ini penting untuk menjaga mobil Anda senantiasa berkilau.


Namun, bila mobil Anda sudah mulai luntur catnya, sebaiknya jangan menggunakan pelindung cat. Pelindung cat tersebut justru berisiko akan memperjelas bagian warna cat yang luntur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelindung cat mobil

Agar Anda tidak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan sebelum memilih lapisan pelindung cat mobil. Yuk, simak selengkapnya!

Tentukan jenisnya berdasarkan hasil akhir tampilan dan biaya

Secara garis besar, terdapat empat jenis pelindung cat mobil. Tentukanlah terlebih dahulu hal yang ingin Anda fokuskan, kemudian periksalah kelebihan dan kekurangan dari tiap jenisnya.

Wax, harganya terjangkau, tetapi hanya tahan sebentar

Wax merupakan lapisan lilin yang digunakan untuk memoles kendaraan agar senantiasa tampak mengilap. Penggunaannya praktis, Anda cukup mengaplikasikannya dengan lap halus dan lap microfiber tanpa perlu mesin poles. Lalu, proses aplikasinya bisa dilakukan dalam waktu singkat sehingga cocok untuk Anda yang ingin membuat tampilan mobil mengilap seketika

Selain itu, harga yang ekonomis juga membuat banyak konsumen menyukainya. Di samping harganya terjangkau, wax banyak dijual di minimarket terdekat. Meski demikian, ketahanan dari lapisan wax ini hanya bersifat sementara, yakni sekitar 2-4 minggu setelah pemolesan. Perbedaan waktu ketahanan ini akan ditentukan dari frekuensi pencucian mobil serta sering tidaknya mobil terkena air hujan.

Polymer coating, sangat mudah digunakan

Polymer coating adalah lapisan polimer yang akan melindungi cat mobil saat dioleskan di permukaan cat mobil Anda. Tidak hanya memiliki harga bersahabat, polymer coating juga merupakan tipe yang paling efektif melindungi cat mobil dibanding tipe lainnya. Selain itu, tipe ini juga akan membuat cat mobil Anda terlihat mengilap.

Tempat yang menyediakan jasa pemolesan seperti salon mobil bisa Anda pilih bila ingin mendapatkan biaya pemolesan yang masih terjangkau. Meski begitu, Anda juga bisa mengerjakannya sendiri karena produk tipe ini sangat mudah ditemukan dan digunakan. Hal tersebut membuatnya cocok digunakan bahkan oleh orang yang tidak terlalu memahami mobil.


Namun, lapisan yang dihasilkan produk tipe ini tergolong tipis sehingga Anda perlu melakukan pemolesan ulang. Berhubung pemolesan ulang sebaiknya dilakukan setiap dua atau tiga bulan, tipe ini merupakan pilihan tepat untuk orang yang telaten melakukan perawatan berkala.

Glass coating, paling kuat dan tahan hingga lebih dari satu tahun

Glass coating memiliki ketahanan yang paling kuat dibanding jenis coating lainnya. Daya tahan yang kuat ini didapat dari serat kaca yang melapisi seluruh body kendaraan atau biasa disebut nano ceramic. Hal ini membuatnya tidak hanya tahan terhadap hujan dan debu, tetapi juga goresan. Setelah diaplikasikan, glass coating ini akan tahan lebih dari satu tahun sehingga Anda tidak perlu sering melakukan pemolesan ulang.

Jika Anda ingin memoleskannya sendiri, perlu pengetahuan dan persiapan khusus. Mungkin ini akan menyulitkan bagi Anda yang belum terbiasa melakukan perawatan mobil sendiri. Sebagai tambahan, harga yang ditawarkan untuk pemolesan jenis ini di salon mobil juga cukup mahal, bisa mencapai jutaan rupiah.


Walaupun dalam kemasannya tertulis glass coating, sebenarnya banyak produk glass coating yang mengandung polimer (polymer coating). Terutama produk glass coating yang ditujukan untuk Anda pakai sendiri (for self use). Jika demikian, hasilnya tentu tidak akan sekuat yang Anda harapkan. Karena itu, sebaiknya Anda memeriksa dahulu kualitas produk yang akan Anda pakai.

Flourine coating, memiliki kualitas di antara polymer coating dan glass coating

Kualitas fluorine coating berada di antara polymer coating dan glass coating. Harga dan hasil kilauannya lebih tinggi jika dibanding polymer coating. Meski begitu, harganya tetap lebih rendah ketimbang glass coating dan tetap memiliki daya tahan yang panjang dengan kualitas cukup baik.

Produk tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang mencari pelindung cat mobil dengan kualitas lebih tinggi dari polymer coating, tetapi di bawah glass coating. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak perlu melakukan pemolesan ulang dalam waktu 3-6 bulan ke depan. Fluorine coating ini bisa diaplikasikan sendiri di rumah, tetapi karena kualitas zatnya sangat bervariasi, selektiflah dalam memilihnya.

Pilih efek antiair yang sesuai dengan warna mobil

Mengaplikasikan pelindung pada cat mobil akan meningkatkan efek antiairnya. Berdasarkan efek tersebut, terdapat dua tipe produk, yaitu water repellent dan hidrofilik. Bila Anda menggunakan tipe yang tidak sesuai dengan warna cat mobil Anda, hasilnya akan menjadi kurang maksimal. Pilihlah produk yang sesuai dengan warna kendaraan Anda.

Tipe water repellent, cocok untuk mobil berwarna terang

Tipe water repellent atau kadang disebut hydrophobic memiliki karakteristik mampu menolak cairan semisal air hujan dan mengubahnya menjadi berbutir. Efek yang diberikan ini sama seperti penggunaan wax atau spray antiair. Sangat menarik ketika melihat cairan yang menyentuh permukaan mobil berubah menjadi butiran dan jatuh mengalir layaknya air mengalir di daun talas.

Namun, butiran air tersebut juga berefek seperti lensa. Bila terkena sinar matahari, akan menjadi noda bekas pada permukaan mobil atau biasa dikenal dengan water spot. Terutama pada mobil berwarna gelap, bekas noda air ini akan lebih terlihat jelas. Karena itu, tipe water repellent lebih cocok untuk mobil berwarna terang. 


Mengingat tipe ini paling mudah ditemukan di Indonesia, tidak menutup kemungkinan mobil berwarna gelap akan memakainya. Jadi, jika Anda menggunakannya pada mobil berwarna gelap, selalu keringkan atau lap air setelah pencucian mobil atau sehabis terkena hujan.

Tipe hidrofilik, aman untuk mobil berwarna gelap

Tipe hidrofilik, aman untuk mobil berwarna gelap
Produk tipe hidrofilik tidak membuat air berubah menjadi butiran, tetapi langsung mengalirkannya turun. Berhubung tidak menimbulkan noda air, Anda tidak perlu khawatir untuk memakainya pada mobil berwarna gelap. Tentu saja tipe ini juga cocok digunakan pada mobil berwarna terang sehingga bisa dikatakan tipe ini universal dalam pemakaiannya. 

Namun, dengan tidak adanya butiran air yang timbul, kelemahan tipe ini adalah Anda tidak bisa melihat secara langsung efek antiairnya. Selain itu, Anda juga harus melakukan pemolesan ulang secara teratur karena efek tipe ini tidak terlihat secara kasat mata. Bisa saja tanpa Anda sadari efeknya sudah lama menghilang, bukan? Selain itu, tipe hidrofilik masih cukup jarang ditemukan di pasaran.

Periksa keberadaan compound pada pelindung cat mobil Anda

Periksa keberadaan compound pada pelindung cat mobil Anda
Pelindung cat mobil terkadang mengandung zat abrasif yang disebut compound (compounding agent). Compound dapat menyingkirkan kotoran atau noda air membandel pada permukaan cat mobil Anda sekaligus berisiko merusak permukaan cat mobil.

Memang akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih, tetapi akan lebih aman bila Anda memilih produk yang tidak mengandung compound. Dengan begitu, permukaan bodi mobil Anda tidak akan tergores atau rusak. Sangat disarankan agar Anda menghilangkan terlebih dahulu kotoran dan debu pada bodi mobil. Setelah itu, barulah mengoleskan cairan pelindung cat mobil secara terpisah.


Patut diperhatikan juga bahwa kebanyakan produk yang beredar di Indonesia tidak selalu mencantumkan keberadaan kandungan compound ini dengan jelas. Karena itu, disarankan Anda berhati-hati saat memilih dan memperhatikan review pengguna lain agar Anda bisa lebih yakin dalam memilih.

Pertimbangkan produk untuk profesional bila Anda menginginkan hasil maksimal

Bila Anda menginginkan hasil polesan yang maksimal, Anda bisa menggunakan produk yang memang ditujukan bagi penggunaan profesional. Harganya tentu lebih mahal dan waktu penyelesaiannya mungkin tidak sebentar, tetapi hasilnya akan sangat jauh berbeda.

Selain itu, Anda juga memang perlu memiliki keterampilan khusus jika menginginkan hasil polesan maksimal. Kelebihannya, bila Anda memoles sendiri mobil kesayangan Anda, Anda akan makin memiliki ikatan kuat dengan mobil Anda. Apalagi jika Anda termasuk seorang penggemar mobil, tidak ada salahnya memilih produk dengan kualitas yang diperuntukkan bagi profesional.

10 Rekomendasi pelindung cat mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelindung cat mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 Juni 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa 3M Premium Wax memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Mr. Fix Premium Nano Ceramic Coating Liquid yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan dua berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.

10

SOFT99Fusso Coat F7 Pearl & Metalic

00338

Mulai dari Rp 309.100,00

TipeFluorine coating
Tipe antiairWater repellent
Isi300 ml
Penggunaan profesional×
9

Meguiar'sUltimate Fast Finish

G 18309

Mulai dari Rp 427.000,00

TipePolymer coating
Tipe antiairWater repellent
Isi241 gr
Penggunaan profesional×
8

nanoTECH PROTECTIONCeramic Spray

Mulai dari Rp 450.000,00

TipeGlass coating
Tipe antiairWater repellent
Isi375 ml
Penggunaan profesional×
7
TipeWax
Tipe antiairWater repellent
Isi437 ml
Penggunaan profesional×
6

Meguiar'sDeep Crystal System Carnauba Wax

A 2216

Mulai dari Rp 233.000,00

TipeWax
Tipe antiairWater repellent
Isi473 ml
Penggunaan profesional×
5

SC Johnson And SonKit Grand Prix Cleaner Wax

Mulai dari Rp 51.000,00

TipeWax
Tipe antiairTidak disebutkan
Isi275 ml
Penggunaan profesional×
4

Nanotech IndonesiaGraphene Hybrid

Mulai dari Rp 165.000,00

TipeGraphene + polymer coating
Tipe antiairWater repellent
Isi375 ml
Penggunaan profesional×
3
TipeWax
Tipe antiairWater repellent
Isi500 ml
Penggunaan profesional×
2

Mr. FixPremium Coating Protective Paint Coat 9H

Mulai dari Rp 22.900,00

TipeGlass coating
Tipe antiairWater repellent
Isi30 ml, 50 ml
Penggunaan profesional
1
TipeWax
Tipe antiairWater repellent
Isi350 ml
Penggunaan profesional×

Tabel perbandingan produk pelindung cat mobil terbaik

Gambar produk
1
3M Premium Wax 1

3M

2
Mr. Fix Premium Coating Protective Paint Coat 9H 1

Mr. Fix

3
Turtle Wax Metallic Car Wax + PTFE 1

Turtle Wax

4
Nanotech Indonesia Graphene Hybrid 1

Nanotech Indonesia

5
SC Johnson And Son Kit Grand Prix Cleaner Wax  1

SC Johnson And Son

6
Meguiar's Deep Crystal System Carnauba Wax 1

Meguiar's

7
Turtle Wax JET BLACK Black Spray Wax 1

Turtle Wax

8
nanoTECH PROTECTION Ceramic Spray 1

nanoTECH PROTECTION

9
Meguiar's Ultimate Fast Finish 1

Meguiar's

10
SOFT99 Fusso Coat F7 Pearl & Metalic 1

SOFT99

Nama produk

Premium Wax

Premium Coating Protective Paint Coat 9H

Metallic Car Wax + PTFE

Graphene Hybrid

Kit Grand Prix Cleaner Wax

Deep Crystal System Carnauba Wax

JET BLACK Black Spray Wax

Ceramic Spray

Ultimate Fast Finish

Fusso Coat F7 Pearl & Metalic

Keunggulan

Melindungi badan mobil tanpa menutup pori-pori karena tidak mengandung silikon

Bebas diaplikasikan tanpa rasa khawatir akan berdampak buruk pada tubuh

Gabungan polish dan wax untuk merevitalitasasi kilau cat mobil yang pudar

Pelindung cat mobil yang dilengkapi dengan antigores

One step wax untuk membersihkan sekaligus melindungi cat mobil

Pengilap mobil dengan efek kilau yang tahan lama

Bikin warna hitam mobil Anda lebih bold!

Nano ceramic coating yang serbaguna, bisa untuk cat mobil hingga kaca!

Pengaplikasiannya singkat, perlindungannya tahan lama

Lebih tahan air, tidak masalah lagi kena hujan terus-menerus

Harga mulai dariRp 70.000,00Rp 22.900,00Rp 125.000,00Rp 165.000,00Rp 51.000,00Rp 233.000,00Rp 275.000,00Rp 450.000,00Rp 427.000,00Rp 309.100,00
TipeWaxGlass coatingWaxGraphene + polymer coatingWaxWaxWaxGlass coatingPolymer coatingFluorine coating
Tipe antiairWater repellentWater repellentWater repellentWater repellentTidak disebutkanWater repellentWater repellentWater repellentWater repellentWater repellent
Isi350 ml30 ml, 50 ml500 ml375 ml275 ml473 ml437 ml375 ml241 gr300 ml
Penggunaan profesional×××××××××
Tautan produk

Hilangkan juga fingerprint di layar smartphone Anda!

Hilangkan juga fingerprint di layar smartphone Anda!
Tahukah Anda bahwa pelindung cat mobil juga bisa Anda gunakan untuk meminimalisasi munculnya fingerprint pada layar smartphone? Berikut ini caranya.

  • Bersihkan permukaan layar smartphone Anda dari debu dan kotoran yang menempel
  • Oleskan sedikit cairan pelindung cat mobil menggunakan kain halus bersih pada layar smartphone 

Dengan begitu, jejak sidik jari atau minyak akan lebih sulit menempel pada layar, malah tampilannya akan makin mengilap. Cara ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memasangkan screen guard pada smartphone. Terkadang pemakaian screen guard bisa membuat sidik jari lebih mudah menempel dan smartphone tampak kotor.

Baca juga rekomendasi produk perawatan bodi mobil di sini

Agar perawatan mobil Anda lebih maksimal, milikilah produk-produk perawatan mobil dengan kualitas yang bagus. Hal tersebut berguna untuk menjaga kilau dan tampilan mobil Anda selalu maksimal. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Untuk proses pemolesan pelindung cat mobil, sebaiknya Anda menyerahkan mobil pada ahlinya seperti salon mobil. Bagi pencinta mobil yang teliti dalam perawatan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memoles sendiri.

 
Nah, kami sudah menjelaskan jenis-jenis pelindung cat mobil dan memberikan rekomendasi produk pelindung cat terbaik. Apakah Anda sudah menentukan mana yang cocok untuk mobil Anda? Pilihlah produk pelindung cat mobil sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang sudah disiapkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan baik. Selain itu, kami juga akan mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Sampo mobil adalah produk yang esensial untuk menjaga mobil tetap bersih dan terawat. Berbagai jenis produk sudah dihasilkan oleh merek-merek ternama, seperti Meguiar's dan 3M. Ada produk yang mengandung wax untuk mencegah noda air menempel, ada juga yang memberikan kilau ekstra pada cat mobil Anda.Hal ini tentunya membuat konsumen bingung dalam memilih sampo mobil yang paling sesuai. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sampo mobil yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kanebo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Produk yang paling dicari saat mencuci kendaraan adalah lap, salah satunya lap chamois. Lap chamois ini lebih dikenal dengan nama kanebo. Kanebo memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mengeringkan motor atau mobil yang sudah dicuci dengan lebih efisien. Tak hanya kendaraan, kanebo juga bisa untuk mengelap perabotan atau furnitur rumah. Produk yang serbaguna, bukan?Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih kanebo beserta merekomendasikan merek kanebo yang bagus untuk Anda. Beberapa contohnya adalah AION, 3M, dan Kenmaster. Yuk, simak selengkapnya untuk mendapatkan kanebo terbaik!
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori