• 10 Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Salep Ruam Popok Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Beberapa bayi mengalami ruam popok di area pinggul, selangkangan, dan lingkar pinggang. Iritasi tersebut disebabkan oleh zat amonia pada air seni. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa bintik-bintik merah, eksem, bahkan luka lecet. Sayangnya, banyak orang salah menduga dan menganggapnya sebagai atopi atau biang keringat.

Nah, di artikel ini, selain ada ulasan berbagai salep ruam popok, Anda juga bisa menemukan tips dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. Baca juga rekomendasi berbagai produk dari merek Cussons, Zwitsal, Pigeon, dan Sebamed. Pastikan Anda membaca informasi di bawah ini untuk mendapatkan produk yang ampuh.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Aldila Ardine
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Aldila Ardine

Profil pakar: Dokter umum, dr. Aldila Ardine

dr. Aldila Ardine merupakan dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran YARSI. Wanita ini telah menamatkan pendidikan profesi dokter umum pada 2018. Saat ini, dokter Aldila bekerja sebagai dokter umum di RSUD Pondok Gede. Selain itu, pemilik akun Instagram aldilaardine ini juga bekerja sebagai asisten penelitian di Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih salep ruam popok untuk bayi

Pertama-tama, kami akan menjelaskan hal-hal penting dalam memilih salep untuk ruam popok. Setiap salep memiliki khasiat yang berbeda tergantung pada tingkat peradangan kulit yang terjadi. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih.

Pilihlah berdasarkan tingkat peradangan pada kulit bayi

Salah satu aspek yang harus dipertimbangkan saat memilih salep ruam popok adalah tingkat peradangan yang terjadi pada kulit bayi. Perhatikan apakah peradangannya masih dalam kadar ringan, agak berat, atau sudah parah. Setiap kondisi membutuhkan jenis salep yang berbeda.

Untuk peradangan ringan seperti kulit kemerahan, pilihlah produk pelembap

Untuk peradangan ringan seperti kulit kemerahan, pilihlah produk pelembap

Kulit bayi mudah kering karena tipis dan hanya memiliki sedikit kandungan minyak. Kulit yang kering bisa mengakibatkan ruam popok atau membuat ruam menjadi makin parah.


Jika gejala ruam popok masih tergolong ringan, Anda dapat menggunakan pelembap seperti petrolatum (vaselin) atau krim. Produk pelembap akan memberikan kelembapan untuk kulit serta mencegah terjadinya iritasi, pembengkakan, dan biang keringat.


Pelembap juga memberi asupan minyak yang dibutuhkan kulit sehingga dapat mencegah terjadinya ruam popok. Di samping itu, jenis ini relatif lebih aman karena ramah untuk kulit.


Bagi Anda yang tertarik mengetahui lebih lanjut secara spesifik mengenai krim bayi, silakan simak pembahasannya melalui tautan di bawah ini.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Pelembap digunakan untuk melindungi, melembapkan, dan melumas permukaan kulit. Menggunakan pelembap cukup membantu mereka yang memiliki kulit kering. Tak hanya itu, pelembap juga berfungsi saat kulit mengalami peradangan yang bersifat ringan. Tanda peradangan pada kulit adalah panas, nyeri, kemerahan, pembengkakan, dan kehilangan fungsi dari kulit tersebut.

Apabila peradangan sudah agak berat, pilihlah salep nonsteroid

Apabila peradangan sudah agak berat, pilihlah salep nonsteroid
Kami menyarankan Anda memilih salep nonsteroid jika telah terjadi eksem, kemerahan, atau luka pada bokong bayi. Hanya saja, proses penyembuhannya tidak akan terjadi dengan cepat karena salepnya tidak mengandung steroid. Produk ini cocok bagi para ibu yang ingin menghindari efek samping dari steroid.
dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Terdapat beberapa derajat peradangan dan luas peradangan pada kulit. Derajat dan luasnya peradangan pada kulit ini harus diperhatikan dengan baik. Penanganan yang baik pada kasus peradangan dapat mempercepat waktu pemulihan. Ketika kulit mengalami peradangan yang cukup berat, gunakan obat topikal atau obat oles (salep) anti-inflamasi nonsteroid untuk mengurangi peradangan kulit.

Jika ruam popok sudah parah, mintalah resep topikal (obat oles) steroid dari dokter

Jika ruam popok sudah parah, mintalah resep topikal (obat oles) steroid dari dokter
Apabila peradangan pada kulit bayi sudah parah, obat oles atau salep steroid dapat menjadi pilihan berikutnya. Beberapa ibu merasa khawatir menggunakan salep steroid untuk bayinya karena adanya risiko efek samping dan iritasi kulit. Namun, jika peradangan sudah makin parah atau penggunaan salep nonsteroid tidak ampuh, berkonsultasilah kepada dokter mengenai penggunaan salep steroid.
dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Terkadang, meski sudah menggunakan obat topikal atau obat oles (salep) anti-inflamasi nonsteroid, peradangan juga tidak kunjung membaik. Untuk mengatasinya, Anda tidak dapat menggunakan obat topikal atau obat oles (salep) secara sembarangan. 


Penilaian tingkat peradangan bisa dilakukan berdasarkan temuan klinis dokter yang nantinya akan memengaruhi pemilihan obat. Jika peradangan pada kulit sudah parah, dokter akan meresepkan obat anti-inflamasi steroid kuat. Penggunaan obat anti-inflamasi ini harus dilakukan dengan hati-hati. Karena itu, perhatikan juga dosisnya agar tidak menimbulkan efek samping.

Bedakan penggunaan salep sesuai dengan kebutuhan

Bedakan penggunaan salep sesuai dengan kebutuhan

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan jenis salep yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi kulit bayi. Jadi, seandainya kulit bayi Anda mengalami peradangan yang agak berat disertai eksem dan luka, gunakan salep nonsteroid. Jika kondisinya mulai membaik, Anda dapat beralih ke pelembap untuk memulihkan keadaan kulitnya.


Sebagai informasi tambahan, Anda tidak diizinkan menggunakan salep steroid untuk jangka waktu yang lama. Ketika gejalanya sudah membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter dan mengganti obat Anda dengan salep nonsteroid atau pelembap untuk mengatasi iritasi dan efek sampingnya.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Ikuti anjuran dokter dalam menggunakan obat topikal atau obat oles (salep) dengan baik. Dosis dan cara pakai obat topikal atau obat oles harus benar-benar diperhatikan. Sebelum menggunakan obat topikal atau obat oles, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengurangi efek samping yang terjadi.

Pastikan kandungannya lembut untuk kulit bayi

Pastikan kandungannya lembut untuk kulit bayi

Kulit bayi sangat tipis dan memiliki sedikit kandungan minyak. Tingkat ketebalan kulit bayi bahkan tidak mencapai setengah dari kulit orang dewasa. Lapisan pelindungnya mudah rusak sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih salep ruam popok yang lembut bagi kulit bayi.


Zat aditif alkohol, wewangian, dan pewarna buatan dapat memicu alergi, serta membuat kulit menjadi kasar. Selain mempertimbangkan kondisi peradangan, kami menyarankan Anda untuk memilih salep ruam popok dengan tingkat keasaman yang rendah, serta tidak mengandung zat aditif. Dengan demikian, produk tersebut lebih lembut dan aman untuk kulit bayi.

dr. Aldila Ardine
Dokter umum
dr. Aldila Ardine

Pilihlah obat topikal atau obat oles (salep) dengan kandungan yang aman untuk kulit bayi. Karena kulit bayi cukup sensitif dan cenderung tipis, hindarilah penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung pewarna, pewangi, dan zat kimia berbahaya. 


Obat topikal atau obat oles yang mengandung emolien atau pelembap dapat diberikan kepada bayi. Hal ini bisa mencegah kulit bayi menjadi kering serta memperbaiki tesktur kulit.

10 Rekomendasi salep ruam popok terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh salep ruam popok terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Aldila Ardine.

10
Pilihan isi80 ml
JenisMinyak pelembap
Kandungan bahan aktifPIGEON Baby Lipid (menyerupai vernix)
9
Pilihan isi75 ml
JenisSalep nonsteroid
Kandungan bahan aktifZinc oxide, chamomile, vitamin E, avocado oil, sunflower seed oil
8

Beauty Barn OrganicsMoisture Barrier Lotion

Mulai dari Rp 139.000,00

Pilihan isi60 ml, 120 ml, 250 ml
JenisPelembap
Kandungan bahan aktifBetaine, black oat, shea butter, Aloe vera, jojoba oil, calendula extract, lecithin
7
Pilihan isi50 ml
JenisKrim pelembap
Kandungan bahan aktifJojoba oil, sunflower oil, shea butter, vitamin E, tea tree oil
6

BayerBepanthen Salep Bayi Ruam Popok

Mulai dari Rp 47.000,00

Pilihan isi10 gram, 20 gram
JenisSalep nonsteroid
Kandungan bahan aktifDekspanthenol, petrolatum
5
Pilihan isi100 ml
JenisSalep nonsteroid
Kandungan bahan aktifSqualane, lecithin, titanium dioxide, honey wax
4
Pilihan isi50 ml, 100 ml
JenisSalep nonsteroid
Kandungan bahan aktifAvocado, oxeoiline alcacea, sunflower oil distillate, zinc oxide
3
Pilihan isi50 gram
JenisSalep nonsteroid
Kandungan bahan aktifZinc oxide, allantoin, witch hazel extract
2

UnileverZwitsal Baby Extra Care Cream With Zinc

Mulai dari Rp 18.000,00

Pilihan isi50 ml, 100 ml
JenisSalep nonsteroid
Kandungan bahan aktifZinc, vitamin E, allantoin, canola oil, jojoba oil
1
Pilihan isi100 ml
JenisPelembap
Kandungan bahan aktifJojoba dan Chamomile

Tabel perbandingan produk salep ruam popok terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Pigeon Baby Lotion 1

Pigeon

2
Unilever Zwitsal Baby Extra Care Cream With Zinc 1

Unilever

3
Cussons Baby Protect Care Diaper Rash Cream 1

Cussons Baby

4
Mustela Barrier Cream 1

Mustela

5
Sebamed Baby Diapers Rash Cream 1

Sebamed

6
Bayer Bepanthen Salep Bayi Ruam Popok 1

Bayer

7
Buds Organics  Baby Bum Balm 1

Buds Organics

8
Beauty Barn Organics Moisture Barrier Lotion 1

Beauty Barn Organics

9
Naif Care NAIF Baby Diaper Cream 1

Naif Care

10
Pigeon Baby Clear Oil 1

Pigeon

Nama produk

Baby Lotion

Zwitsal Baby Extra Care Cream With Zinc

Protect Care Diaper Rash Cream

Barrier Cream

Baby Diapers Rash Cream

Bepanthen Salep Bayi Ruam Popok

Baby Bum Balm

Moisture Barrier Lotion

NAIF Baby Diaper Cream

Baby Clear Oil

Keunggulan

Harum, tetapi tidak menyebabkan alergi

Pilihan tepat untuk mengatasi iritasi ringan

Memberikan perlindungan ganda terhadap ruam popok

Tekstur gelnya lembut dan mudah diratakan pada kulit bayi

Menyembuhkan luka dan membantu regenerasi kulit

Bisa juga untuk mengobati lecet puting pada ibu menyusui

Sangat aman bagi kulit bayi berkat bahan-bahan organik bersertifikasi

Bebas dari berbagai zat aditif penyebab iritasi

Mencegah, mengobati, hingga membantu proses pemulihan akibat ruam popok

Mengandung pelembap yang menyerupai lapisan pelindung alami bayi

Harga mulai dariRp 15.010,00Rp 18.000,00Rp 19.200,00Rp 108.000,00Rp 160.000,00Rp 47.000,00Rp 339.900,00Rp 139.000,00Rp 267.800,00Rp 118.400,00
Pilihan isi100 ml50 ml, 100 ml50 gram50 ml, 100 ml100 ml10 gram, 20 gram50 ml60 ml, 120 ml, 250 ml75 ml80 ml
JenisPelembapSalep nonsteroidSalep nonsteroidSalep nonsteroidSalep nonsteroidSalep nonsteroidKrim pelembapPelembapSalep nonsteroidMinyak pelembap
Kandungan bahan aktifJojoba dan ChamomileZinc, vitamin E, allantoin, canola oil, jojoba oilZinc oxide, allantoin, witch hazel extractAvocado, oxeoiline alcacea, sunflower oil distillate, zinc oxideSqualane, lecithin, titanium dioxide, honey waxDekspanthenol, petrolatumJojoba oil, sunflower oil, shea butter, vitamin E, tea tree oilBetaine, black oat, shea butter, Aloe vera, jojoba oil, calendula extract, lecithinZinc oxide, chamomile, vitamin E, avocado oil, sunflower seed oilPIGEON Baby Lipid (menyerupai vernix)
Tautan produk

Tips dari dokter umum kami, dr. Aldila Ardine

Tips dari dokter umum kami, dr. Aldila Ardine

Pelembap berfungsi untuk mencegah kulit kering dan memperbaiki barier kulit yang rusak. Pilihlah pelembap berbentuk krim tanpa parfum. Aplikasikan pelembap minimal dua kali sehari setelah mandi atau lebih ketika cuaca dingin, kering, atau bayi mengalami eksem. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah produk tersebut aman diberikan kepada bayi atau tidak.

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan bayi lainnya di sini

Selain salep untuk mencegah ruam popok, tentunya bayi Anda juga memerlukan berbagai produk lain untuk perawatan yang sempurna. Bingung mau memilih produk yang mana? Tenang saja! Kami sudah merangkumkan rekomendasi produk kebutuhan bayi terbaik untuk Anda. Silakan klik link di bawah ini untuk membaca artikel selanjutnya, ya.

Kesimpulan

Ruam popok tentu terasa menyakitkan bagi bayi sehingga sebaiknya segera disembuhkan. Selain itu, kelembapan kulit bayi juga harus selalu dijaga supaya tetap sehat. Sekarang, apakah Anda telah menjatuhkan pilihan pada suatu produk? Ingatlah untuk selalu memeriksa kondisi kulit bayi dan peradangan yang terjadi sebelum memilih salep yang tepat. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja, intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Di pasaran terdapat berbagai produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape. Kami akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan.Kami akan merekomendasikan berbagai jenis gendongan bayi, termasuk gendongan SSC terbaik, dari merek Momaz, Mooi, Timang, dan lainnya. Rekomendasi gendongan bayi newborn yang bagus juga kami berikan. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu bayi bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan tulang si kecil dan menjaga kakinya dari kotoran. Saat ini, merek perlengkapan bayi, seperti PYOPP, Attipas, hingga Tamagoo menawarkan beragam model sepatu bayi yang bagus. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda pasti bingung memilih produk yang cocok untuk si buah hati. Agar Anda tidak salah pilih, berikut ini kami suguhkan informasi cara memilih sepatu bayi yang tepat. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan sepatu bayi yang nyaman dan berdesain menarik untuk si kecil. Yuk, simak penjelasan artikel ini lebih lanjut!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori