• 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pisau dapur merupakan salah satu peralatan penting yang harus ada di dapur. Selain pisau koki yang biasa digunakan, ada juga pisau daging, pisau paring, dan lain-lain. Setiap pisau memiliki harga, kualitas, dan bahan bilah yang berbeda-beda.


Kali ini, kami akan merekomendasikan pisau dapur terbaik yang tersedia di pasaran, seperti Oxone, IKEA, Victorinox, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menginformasikan bagaimana cara memilih pisau dapur supaya Anda tidak salah membeli. Temukan pisau dapur yang cocok untuk Anda dan nikmatilah waktu memasak.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Primastuti Indah
  • Pembaharuan terakhir: 10 Juni 2020
  • 42.407 Views
Daftar isi

Temukan pisau dapur yang cocok dan nikmatilah waktu memasak

Temukan pisau dapur yang cocok dan nikmatilah waktu memasak

Pisau dapur yang bagus memengaruhi tampilan, tekstur, dan rasa pada makanan. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa pisau merupakan peralatan dapur yang paling penting di antara peralatan dapur lainnya.


Saat terlalu sering memakainya, terkadang Anda tidak menyadari bahwa pisau tersebut sudah tumpul dan tidak nyaman digunakan. Untuk itu, Anda harus melakukan perawatan rutin sebab pisau yang mahal pun akan menjadi tumpul jika tidak diperlakukan dengan benar. Sementara itu, pekerjaan di dapur akan menjadi lebih menyenangkan saat pisau sudah diasah tajam atau menggunakan pisau baru.


Memilih pisau yang tepat akan menjauhkan Anda dari aneka permasalahan yang mungkin timbul. Jadi, pilihlah pisau dapur yang paling cocok dan sesuai dengan gaya memasak Anda.

Cara memilih pisau dapur

Sekarang, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilih pisau dapur. Karena pisau dapur merupakan alat yang dipakai setiap hari, pilihlah yang terbaik dengan hati-hati.

Pilih berdasarkan bahan bilahnya

Terdapat bermacam-macam material yang digunakan untuk membuat pisau dapur. Namun, untuk kali ini kami akan memperkenalkan empat jenis material yang umum digunakan. Mari memilih pisau dapur yang nyaman dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan.

Stainless steel, tahan karat dan mudah dibersihkan. Cocok untuk pemula

Stainless steel, tahan karat dan mudah dibersihkan. Cocok untuk pemula

Keunggulan pisau dapur dengan material stainless steel adalah tidak mudah berkarat, mudah dibersihkan, dan harganya terjangkau. Material ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan pisau dan yang bingung dengan aneka jenis material pisau.


Ketajaman pisau stainless steel bisa dipengaruhi oleh adanya campuran material lain seperti molybdenum dan tungsten. Kedua campuran material tersebut akan berpengaruh pada ketajaman dan harga pisau. Semakin tinggi harganya, semakin bagus ketajaman dan kenyamanan saat digunakan. Namun, jangan lupa, keunggulan utama dari pisau stainless steel adalah harganya yang masuk akal dan penggunaannya yang mudah. 

Baja, ketajamannya awet. Cocok untuk yang sudah terampil memasak

Baja, ketajamannya awet. Cocok untuk yang sudah terampil memasak

Pisau dapur berbahan baja sangat cocok bagi Anda yang sudah terampil memasak. Selain memiliki ketajaman yang luar biasa, pisau dengan material baja mudah diasah ketika tumpul. Jika Anda membeli pisau baja yang bagus, pisau ini bisa digunakan seumur hidup.


Kekurangan dari pisau baja adalah mudah berkarat. Karena itu, jangan sekali-kali meninggalkan pisau dalam kondisi basah. Pisau ini juga membutuhkan perawatan rutin sehingga membutuhkan sedikit usaha dan waktu untuk merawatnya. Selain itu, meski Anda dapat mengiris bahan makanan dengan mudah tanpa perlu banyak tenaga, pisau ini cukup berat untuk digunakan sehari-hari.


Pisau dapur dengan material baja ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda hendak membelinya, ada baiknya Anda pertimbangkan juga perawatan yang harus dilakukan.

Pisau keramik, tidak meninggalkan bau pada makanan. Pisau titanium, lebih higienis karena bakteri sulit berkembang

Pisau keramik, tidak meninggalkan bau pada makanan. Pisau titanium, lebih higienis karena bakteri sulit berkembang

Bagi Anda yang mengutamakan aspek fungsi pada pisau dapur, kami sarankan untuk memilih pisau dapur berbahan keramik atau titanium. Masing-masing bahan memiliki keunggulannya.


Pisau dapur dengan material keramik tidak akan meninggalkan jejak bau pada makanan. Pisau dapur jenis ini sangat cocok digunakan untuk membuat fillet. Akan tetapi, pisau keramik memiliki ketahanan yang kurang bagus sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Kelebihan dari pisau keramik ini adalah mudah dibersihkan dan tidak mudah berkarat. Selain itu, pisau jenis ini cukup ringan sehingga mudah digunakan.


Pisau berbahan titanium memiliki kelebihan tidak mudah berkarat, tidak perlu disterilkan menggunakan air panas, dan kondisinya selalu bersih. Dibandingkan dengan pisau stainless steel, pisau titanium lebih ringan sehingga pergelangan tangan Anda tidak mudah lelah meski menggunakannya dalam jangka waktu lama. Pisau titanium memang mudah dibersihkan, tetapi ketajamannya kurang dibandingkan dengan pisau lain. Bagi Anda yang tidak ingin direpotkan dengan perawatan, pilihlah pisau titanium.

Pilih jenis pisau berdasarkan penggunaan

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan satu pisau dapur sebagai pisau dapur utama dan satu pisau cadangan atau pisau khusus untuk digunakan sesuai kebutuhan. Di sini, kami akan menjelaskan cara memilih pisau utama, pisau cadangan, dan pisau khusus.

Untuk pisau dapur utama, pilih pisau koki atau pisau daging

Untuk pisau dapur utama, pilih pisau koki atau pisau daging

Untuk pisau pertama atau pisau dapur utama yang digunakan sehari-hari, kami sarankan untuk memilih pisau koki (chef's knife) atau pisau daging. Keduanya dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan makanan sehingga banyak masakan yang dapat diselesaikan dengan satu pisau ini.


Pada umumnya, panjang bilah koki atau pisau dapur adalah sekitar 16-18 cm. Jika bilah pisau lebih panjang daripada talenan, hal itu akan berbahaya dan sulit digunakan. Saat memilih pisau dapur, pertimbangkanlah ukuran talenan dan wastafel hunian Anda.

Untuk pisau cadangan yang praktis, pilih pisau paring atau pisau buah

Untuk pisau cadangan yang praktis, pilih pisau paring atau pisau buah

Jika Anda ingin mengupas buah atau memotong sayuran untuk isian sandwich, Anda bisa menggunakan pisau paring atau pisau buah yang bilahnya lebih pendek. Begitu pula bagi Anda yang tidak terlalu sering memasak dan menggunakan pisau, kami sarankan untuk memilih pisau paring dengan panjang bilah sekitar 13 cm. Pisau paring memang kurang cocok untuk memasak dalam porsi banyak. Namun, jika untuk memasak porsi sedikit, pisau paring dapat digunakan sebagai pisau utama.


Pisau cadangan sangat direkomendasikan bagi Anda yang hobi memasak. Pisau cadangan dapat digunakan untuk pekerjaan detail, semisal membuat hiasan yang tidak dapat dilakukan menggunakan pisau besar. Namun, jika Anda ingin melakukan pekerjaan yang detail, perhatikan juga ketajaman ujung pisau. Jangan hanya memilih pisau cadangan berdasarkan ukuran, tetapi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pisau khusus, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan

Untuk pisau khusus, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan

Terdapat beragam pisau khusus yang praktis dan mudah digunakan saat memasak. Namun, pisau khusus tersebut akan sia-sia ketika tidak digunakan dan hanya menjadi pajangan saja. Contoh pisau khusus adalah pisau sayur, pisau keju, dan pisau roti. Berbeda dengan pisau utama yang digunakan setiap hari, pisau khusus hanya dapat dipakai pada saat tertentu saja. Sebelum membeli, Anda perlu memikirkan baik-baik seberapa sering Anda akan menggunakannya.


Jika Anda menambah jumlah pisau dapur, Anda juga perlu menambah tempat penyimpanan serta harus meluangkan waktu untuk melakukan perawatan rutin. Jadi, kami tidak menyarankan untuk membeli pisau khusus yang kegunaannya dapat digantikan dengan pisau koki atau pisau daging. Pastikan Anda memilih pisau khusus yang benar-benar dibutuhkan.

Anda juga dapat membeli pisau dapur dari merek dan seri yang sama

Anda juga dapat membeli pisau dapur dari merek dan seri yang sama

Jika sudah menemukan pisau utama yang nyaman, Anda dapat membeli pisau cadangan atau pisau khusus dari merek yang sama. Anda dapat dengan mudah memilih pisau dapur yang dibutuhkan tanpa perlu mengkhawatirkan kualitas gagang dan ketajaman pisau.


Di Indonesia sendiri, Oxone dan Victorinox merupakan merek pisau dapur yang cukup terkenal serta banyak digunakan orang-orang. Selain dua merek tersebut, ada juga pisau serbaguna merek Global dan Verdun. Kemudian, ada pisau Tojiro dan Seki Magoroku yang dikenal karena kualitas bilahnya, serta pisau Henckels dari Jerman. Akhir-akhir ini, terdapat juga pisau dapur dengan desain stylish dan terlihat bagus saat ditata di dapur. Temukanlah pisau favorit Anda di antara semuanya itu!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi pisau dapur terbaik

Berikut ini rekomendasi pisau dapur terbaik yang sudah kami siapkan untuk Anda. Pilihlah yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!

10
Material bilahStainless steel
JenisPisau koki
Panjang bilah27,5 cm
Panjang keseluruhanTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Material gagang pisauTidak disebutkan
9
Material bilahStainless steel
JenisTidak disebutkan
Panjang bilah13 cm
Panjang keseluruhanTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Material gagang pisauTidak disebutkan
8
Material bilahKeramik
JenisPisau dapur set
Panjang bilah8-15,5 cm
Panjang keseluruhan18-27,1 cm
BeratTidak disebutkan
Material gagang pisauTidak disebutkan
7
Material bilahBaja karbon tinggi Aus-8, titanium
JenisPisau koki
Panjang bilahTidak disebutkan
Panjang keseluruhanTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Material gagang pisauTidak disebutkan
6

Victorinox Swiss ArmySwiss Classic Bread Knife

Rp 469.000,00

Material bilahTidak disebutkan
JenisPisau roti
Panjang bilah21 cm
Panjang keseluruhanTidak disebutkan
Berat108 g
Material gagang pisauThermoplastic elastomers
5
Material bilahStainless molybdenum dan baja vanadium
JenisPisau sayur
Panjang bilah16 cm
Panjang keseluruhan30 cm
BeratTidak disebutkan
Material gagang pisauPlastik polipropilena dan karet sintetis
4

Victorinox Swiss ArmySwiss Classic Paring Knife

Rp 78.000,00

Material bilahStainless steel
JenisPisau paring
Panjang bilah10 cm
Panjang keseluruhanTidak disebutkan
Berat28 g
Material gagang pisauPolypropylene (PP)
3
Material bilahStainless steel
JenisPisau santoku
Panjang bilah17 cm
Panjang keseluruhanTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
Material gagang pisauResilient synthetic handle, riveted
2
Material bilahStainless steel
JenisPisau koki
Panjang bilah19 cm
Panjang keseluruhan25 cm
BeratTidak disebutkan
Material gagang pisauTidak disebutkan
1

OXONEPisau Dapur Carving Knife 7″

OX-62D

Rp 119.000,00

Material bilahStainless steel with anodised
JenisPisau carving
Panjang bilah18 cm
Panjang keseluruhanTidak disebutkan
Berat1 kg
Material gagang pisauStainless steel with end 1/4 brown silk coating

Tabel perbandingan produk pisau dapur terbaik

Gambar produk
1
OXONE Pisau Dapur Carving Knife 7″ 1

OXONE

2
Jamie Oliver Chef Knife 1

Jamie Oliver

3
Wusthof Classic Ikon Santoku 17 cm / 7" 1

Wusthof

4
Victorinox Swiss Army Swiss Classic Paring Knife 1

Victorinox Swiss Army

5
IKEA VÖRDA Vegetable knife 1

IKEA

6
Victorinox Swiss Army Swiss Classic Bread Knife 1

Victorinox Swiss Army

7
BOLDe Super Knives Titanium Cooking Knife 1

BOLDe

8
FINDKING Pisau Dapur Set 5 in 1 1

FINDKING

9
Tanica Laser Pisau Utility 13cm 1

Tanica

10
G-Smart Pisau Jepang Berlubang 1

G-Smart

Nama produk

Pisau Dapur Carving Knife 7″

Chef Knife

Classic Ikon Santoku 17 cm / 7"

Swiss Classic Paring Knife

VÖRDA Vegetable knife

Swiss Classic Bread Knife

Super Knives Titanium Cooking Knife

Pisau Dapur Set 5 in 1

Laser Pisau Utility 13cm

Pisau Jepang Berlubang

Keunggulan

Pisau yang terbuat dari 100% logam

Pisau stylish berkualitas tinggi dari chef favorit

Gagangnya didesain khusus agar lebih seimbang dan nyaman saat digunakan

Mungil dan serbaguna, cocok untuk dibawa piknik atau camping

Campuran material bilahnya menjadikan pisau ini makin awet

Memotong roti lebih mudah dengan pisau andalan para pencinta roti dan baking

Pisau bermata dua yang tajam dan ringan

Dilengkapi dengan penutup pisau, lebih aman saat disimpan

Gerigi pada bilah pisaunya menjaga ketajaman pisau

Desain granton edge di tepi bilahnya membuat hasil irisan jadi lebih rapi

HargaRp 119.000,00Rp 880.000,00Rp 803.000,00Rp 78.000,00Rp 201.000,00Rp 469.000,00Rp 92.500,00Rp 183.000,00Rp 64.000,00Rp 60.000,00
Material bilahStainless steel with anodisedStainless steelStainless steelStainless steelStainless molybdenum dan baja vanadiumTidak disebutkanBaja karbon tinggi Aus-8, titaniumKeramikStainless steelStainless steel
JenisPisau carvingPisau kokiPisau santokuPisau paringPisau sayurPisau rotiPisau kokiPisau dapur setTidak disebutkanPisau koki
Panjang bilah18 cm19 cm17 cm10 cm16 cm21 cmTidak disebutkan8-15,5 cm13 cm27,5 cm
Panjang keseluruhanTidak disebutkan25 cmTidak disebutkanTidak disebutkan30 cmTidak disebutkanTidak disebutkan18-27,1 cmTidak disebutkanTidak disebutkan
Berat1 kgTidak disebutkanTidak disebutkan28 gTidak disebutkan108 gTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Material gagang pisauStainless steel with end 1/4 brown silk coatingTidak disebutkanResilient synthetic handle, rivetedPolypropylene (PP)Plastik polipropilena dan karet sintetisThermoplastic elastomersTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aneka pisau lainnya di sini!

Selain membahas mengenai pisau dapur, kami juga membahas beberapa pisau lainnya. Mulai dari pisau daging atau chef knife, pisau roti, pisau pemotong keju, pisau pemotong pizza, hingga pisau set yang mampu mempercantik dapur Anda. Simak selengkapnya pada tautan di bawah ini dan temukan produk pisau terbaik pilihan Anda.

Baca juga rekomendasi pengasah pisau dan tempat pisau di sini!

Pengasah pisau amat diperlukan untuk menjaga ketajaman pisau Anda setiap waktu. Karena itu, kami akan merekomendasikan pengasah pisau terbaik yang dapat Anda pilih pada artikel di bawah ini. Tidak lupa kami juga akan mencantumkan rekomendasi tempat pisau supaya koleksi pisau Anda tertata rapi.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami sudah memperkenalkan beberapa pisau dapur yang populer. Bagaimana tanggapan Anda tentang produk-produk yang kami rekomendasikan? Karena ukuran tangan setiap orang berbeda, ada baiknya Anda mencoba menggunakan produk tersebut satu per satu.

Setiap produk memiliki kelebihannya masing-masing, baik dari segi bahan pembuatnya, ketajaman, hingga harganya. Pilihlah pisau yang paling mampu menjawab semua kebutuhan Anda dan jadikan momen memasak semakin menyenangkan. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    257.706 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    247.517 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, perhatian terhadap bantal tidur berkualitas semakin meningkat. Dengan menggunakan bantal yang tepat, Anda dapat mengatasi bahu yang kaku dan mengurangi ketegangan pada leher. Namun, bantal memiliki beragam ketebalan, kepadatan, dan ukuran yang dapat membingungkan Anda saat memilihnya.Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang penting dalam memilih bantal. Kemudian, kami akan merekomendasikan merek bantal populer, seperti KING KOIL, RESTKING, Bestway, PillowPeople, Willow Pillow, dan lain-lain untuk Anda. Semoga artikel kami dapat membantu Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    79.459 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Plastik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem plastik adalah jenis lem yang digunakan untuk menempelkan dan memperbaiki benda berbahan plastik. Ada banyak jenis lem yang dijual di pasaran, seperti lem khusus benda polypropylene, akrilik, resin, polyethylene, dan plastik. Contoh merek-merek lem plastik yang sering ditemui adalah Alteco, General Power Glue, dan Dextone. Setiap merek pun memiliki keunggulannya tersendiri.Anda mungkin akan sedikit bingung saat menentukan lem plastik mana yang sebaiknya Anda beli. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih lem plastik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    12.768 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, semakin banyak muncul variasi deterjen, baik dari segi aroma maupun kandungan yang dinilai aman untuk kulit sensitif, bahkan kulit bayi. Banyaknya varian deterjen tentunya membuat bingung dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga menyertakan tips cara memilih dan cara penggunaan deterjen yang benar agar hasil cuci lebih memuaskan.
    Kebutuhan rumah tangga
    56.635 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini yang dapat disimpan di dalam kantong!Dengan semakin banyaknya pilihan, Anda bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain merek UHU dan Fox, apakah Anda tertarik untuk mencoba merek lain? Temukan keunggulan dari masing-masing produk dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas terbaik dari kami.
    Kebutuhan rumah tangga
    32.929 Views
  • 10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laser Pointer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Laser pointer adalah salah satu item penting yang digunakan ketika melakukan presentasi. Dengan menggunakan laser pointer, Anda dapat menunjuk bagian pada slide dengan lebih mudah. Untuk Anda yang sering melakukan presentasi, laser pointer adalah benda yang wajib dimiliki.Saat ini sudah tersedia berbagai merek laser pointer di pasaran, seperti Logitech, Lenovo, Doosl, dan lainnya. Hal ini sering kali membuat Anda bingung memilih laser pointer mana yang sesuai dengan gaya presentasi Anda. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih laser pointer terbaik beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan disimak!
    Kebutuhan rumah tangga
    7.350 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori