10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Tas gitar diperlukan untuk melindungi gitar dari debu dan kotoran. Terdapat case yang khusus dibuat untuk tipe gitar tertentu seperti electric guitar dan acoustic guitar. Di sisi lain, case gitar pun memiliki beragam kemasan, seperti hard, semi-hard, serta soft. Sebaiknya pilih yang mana, ya?

Untuk membantu Anda menetapkan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih tas gitar yang sesuai, sekaligus memberikan daftar rekomendasi tas gitar terbaik dari merek seperti Perrygord dan Dr. Case. Pilih tas yang sesuai dengan kebutuhan dan yang dapat melindungi gitar Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih tas gitar

Pertama kali, kami akan menjabarkan poin yang perlu diperhatikan dalam memilih tas gitar. Jadikanlah poin ini sebagai panduan Anda dalam membeli, ya!

Pilih jenis tas gitar yang mudah dibawa saat bepergian

Tas gitar secara umum bisa dibagi menjadi tiga tipe, yaitu hard case, semi-hard case, dan soft case. Pahami karakteristik masing-masing tas gitar dan pilihlah yang paling cocok untuk Anda.

Soft case direkomendasikan bagi yang bepergian dengan berjalan kaki

Soft case direkomendasikan bagi yang bepergian dengan berjalan kaki

Soft case memiliki bobot ringan dan sempurna dibawa sambil berjalan kaki. Dikarenakan praktis untuk mengeluarkan dan memasukkan gitar, tipe ini paling direkomendasikan pada saat membawa gitar ke studio musik yang hanya berjarak 5 menit. Soft case juga bisa dilipat dan mudah disimpan pada saat tidak digunakan. Harganya pun relatif murah, lho!

Namun, dibandingkan tipe lain, tipe soft yang umumnya terbuat dari material nilon cenderung rentan menahan benturan. Di samping itu, ritsleting tipe ini juga mudah rusak dan bagian bawah tas sering kali robek. Oleh sebab itu, pakailah tas gitar tipe soft case hanya pada perjalanan dekat yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja.

Semi-hard case tepat bagi yang bepergian menggunakan kereta dan bus

Semi-hard case tepat bagi yang bepergian menggunakan kereta dan bus

Keunggulan semi-hard case adalah kekuatannya dalam menahan benturan. Tipe ini juga mudah diangkat, sesuai untuk perjalanan menengah dan jauh dengan menggunakan kereta rel listrik atau bus.

Pada umumnya, bagian interior tas dilapisi bahan poliuretan yang kenyal, tetapi kaku sehingga dapat menyerap benturan. Sementara itu, bagian eksterior terbuat dari email yang keras untuk memberikan rasa aman saat berkendara. Tipe ini memiliki beberapa model. Salah satunya adalah model ransel yang membuat beban terasa lebih ringan diangkat saat perjalanan jauh.

Selain cocok digunakan bagi mereka yang bepergian menggunakan kereta, semi-hard case juga tepat dipakai bagi mereka yang bepergian menggunakan sepeda motor. Kami merekomendasikan tipe ini bagi Anda yang menggunakan transportasi apakah itu kereta, bus, atau motor sebagai sarana menuju studio musik.

Hard case adalah tipe terbaik untuk perjalanan jauh

Hard case adalah tipe terbaik untuk perjalanan jauh

Eksterior tas tipe ini terbuat dari bahan kayu atau plastik yang membuat daya tahannya terhadap benturan meningkat. Alhasil, gitar dapat terlindungi secara lebih optimal saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil atau pesawat. Jika ditutup, debu dan kotoran akan sulit menembus case sehingga sempurna sebagai tempat penyimpanan gitar.

Kekuatannya dalam melindungi gitar harus diimbangi dengan bobotnya yang berat sehingga tidak portabel. Tambahan lagi, ketiadaan tali bahu untuk tipe ini membuat tas semakin terasa berat pada saat ditenteng. Sementara itu, ukuran case yang besar membuatnya memakan banyak tempat. Oleh sebab itu, tipe ini paling direkomendasikan bagi Anda yang bepergian dengan mobil.

Pilih tas yang sesuai dengan ukuran gitar

Pilih tas yang sesuai dengan ukuran gitar

Di samping tipenya, penting juga untuk memilih tas yang pas dengan ukuran gitar. Meskipun sama-sama gitar, ketebalan bodi antara gitar listrik dan akustik pada dasarnya berbeda, yang berakibat tasnya pun berbeda. Khusus untuk gitar listrik, bentuk gitar yang radikal seperti flying V membutuhkan tas yang spesial.

Meskipun praktis dan portabel, tas tersebut tidak akan berguna apabila gitar tidak dapat masuk. Di pihak lain, ukuran tas yang terlalu besar menyebabkan gitar bergeser yang akan mengakibatkan rusaknya gitar. Sementara itu, jika tidak dibungkus, gitar akan terekspos dan rawan terbentur. Oleh sebab itu, pilihlah tas yang pas dengan ukuran gitar agar gitar kesayangan senantiasa terlindungi.

Pilih yang portabel atau mudah dibawa

Pilih yang portabel atau mudah dibawa

Case yang mudah dibawa juga merupakan salah satu poin penting saat memilih tas. Jika terdapat tali bahu, tas bisa dibawa dengan disampirkan pada satu bahu. Model ini disebut dengan tas selempang diagonal. Selain itu, ada juga tas yang memiliki model dua tali (sepasang). Pada model ini, beban di punggung dan bahu dapat diminimalkan karena case dapat dipakai sebagaimana mengenakan tas ransel.

Selanjutnya, apabila tas tidak memiliki tali bahu, mau tidak mau harus dijinjing. Meskipun ada juga cara lain yaitu dengan menaikkan tas ke troli gitar, tetapi tetap saja tidak portabel karena Anda harus membawanya dengan menggunakan sebelah tangan. Jika Anda hendak membawa tas gitar dalam waktu lama, pilihlah tas gitar yang memiliki sepasang tali bahu.

Pilih yang dilengkapi dengan saku tambahan

Pilih yang dilengkapi dengan saku tambahan

Tas dengan saku tambahan merupakan tipe yang praktis karena Anda dapat menyimpan gitar sekaligus beberapa aksesori kecilnya. Misalnya, untuk menyimpan music stand (dudukan untuk meletakkan kertas musik) dan tuner (alat untuk menyetem nada)

Di pihak lain, tas yang tidak dilengkapi dengan saku mengharuskan Anda untuk menyediakan wadah lain sebagai tempat untuk menyimpan peralatan kecil. Dengan demikian, barang bawaan Anda jadi lebih banyak.

Tas dengan saku lebih banyak atau berukuran lebih besar membuat jenis barang yang bisa disimpan pun semakin bervariasi. Tergantung dari produk tasnya, keberadaan, jumlah, dan ukuran saku akan sangat bervariasi. Kesimpulannya, pilihlah tas dengan saku sesuai dengan aksesori yang hendak Anda simpan.

10 Rekomendasi tas gitar terbaik

Di bawah ini adalah tas gitar terbaik rekomendasi kami untuk Anda. Pilihlah salah satu produk tersebut dengan mempertimbangkan poin di bagian cara memilih. Inilah sepuluh produk terbaik!

10. Artist DC400 Dreadnought Acoustic Guitar Hard Case with Artist Logo

10. Artist DC400 Dreadnought Acoustic Guitar Hard Case with Artist Logo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.152.000

Andalan dalam memproteksi gitar akustik lebih optimal

Case gitar akustik ini memiliki eksterior yang bermaterialkan kayu kokoh untuk melindungi gitar favorit Anda lebih optimal. Material kayu tersebut berbalut kulit sintetis hitam agar menjinjing gitar bisa terlihat lebih keren di mata orang lain. Tas ini juga dilengkapi dengan kunci pengaman supaya tidak hilang saat disimpan.

Kontras dengan eksterior yang keras, bagian interior justru lembut. Lapisan kain beledu tebal mencegah gitar bergeser di dalam tas sehingga goresan pun bisa diminimalkan. Karena bobotnya cukup berat, pastikan Anda menggunakan kendaraan beroda empat atau menaikkannya ke atas troli gitar saat dibawa.

Tipe tas Hard case
Jumlah tali bahu ×
Saku ×
Ukuran 112 cm × 41,5 cm × 14,5 cm

9. Artist REC350TO Electric Guitar Hard Case Rectangular with Lock

9. Artist REC350TO Electric Guitar Hard Case Rectangular with Lock

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.303.000

Simpan gitar elektrik beserta semua aksesorinya dengan aman dan nyaman

Produk ini khusus dibuat untuk gitar listrik berbentuk konvensional, bukan yang radikal seperti flying V. Perpaduan eksterior kayu berlapis kanvas emas dan interior kain lembut kokoh dalam meredam benturan, serta mencegah lecet.

Handel gitarnya terbuat dari kulit berkualitas tinggi yang membuat tangan Anda nyaman saat menggenggam. Meskipun produk ini tidak memiliki saku, terdapat kompartemen yang cukup besar di bagian interior. Semua aksesori, seperti tunercapo (alat untuk meninggikan nada gitar), dan senar cadangan dapat masuk semua.

Tipe tas Hard case
Jumlah tali bahu ×
Saku ×
Ukuran 105 cm × 37 cm × 10 cm

8. Dr. Case Electric Guitar Case

8. Dr. Case Electric Guitar Case

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 625.000

Hypalon sole meredam getaran saat tas diletakkan vertikal

Dr. Case adalah merek semi-hard case untuk beragam instrumen musik. Salah satu produknya, Electric Guitar Case, terbuat dari material tebal yang memberikan proteksi 360° terhadap gitar. Di bagian bawahnya terdapat karet hypalon sole yang berfungsi meredam getaran saat Anda meletakkan tas secara vertikal di lantai.

Masih membahas seputar eksterior, handel tas ini dijahit dengan kokoh dan diperkuat paku baja sehingga solid menopang bobot gitar. Sementara itu, bahan handel terbuat dari kain webbing berkualitas agar nyaman digenggam. Tas ini juga dilengkapi tali bahu yang adjustable untuk kemudahan menggendongnya.

Tipe tas Semi-hard case
Jumlah tali bahu 2 buah
Saku ✔️
Ukuran Tidak disebutkan

7. Dr. Case Nylon Guitar Case

7. Dr. Case Nylon Guitar Case

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 649.000

Kompartemen transparan menyimpan pick lebih apik

Selain tas untuk gitar listrik, Dr. Case juga menciptakan tas untuk gitar klasik dan akustik. Terdapat dua saku yang cukup besar pada tas semi-hard ini. Saku besar bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan music stand, sedangkan kompartemen transparan di saku kecilnya bisa menyimpan pick gitar yang rentan hilang.

Tipe tas Semi-hard case
Jumlah tali bahu 2 buah
Saku ✔️
Ukuran Tidak disebutkan

6. Perrygord Case Specular Pro

6. Perrygord Case Specular Pro

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 499.000

Smart storage buat klasifikasi aksesori semakin cermat

Perrygord Case Specular Pro adalah tas universal untuk gitar listrik. Tas ini dapat menyimpan beragam model gitar, kecuali untuk model yang unik. Bahannya terbuat dari kain tahan air supaya air hujan tidak merusak gitar. Supaya aman disimpan, ritsleting dilengkapi dengan lubang untuk mengaitkan gembok.

Keunggulan terbesar produk ini adalah sakunya. Hampir semua produk Perrygord Case keluaran terbaru memiliki empat saku dengan ukuran yang bervariasi. Saku tersebut memudahkan Anda memilah aksesori, seperti kabel, efek (alat penghasil distorsi nada), headphone, dan aksesori lainnya secara lebih cermat.

Tipe tas Semi-hard case
Jumlah tali bahu 2 buah
Saku ✔️
Ukuran Tidak ada keterangan

5. Perrygord Case Classic Player

5. Perrygord Case Classic Player

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 349.000

Kombinasi beledu halus dan busa tebal ideal melindungi gitar

Produk Perrygord yang satu ini menargetkan pengguna gitar akustik dengan model standar. Bagian interiornya berlapiskan kain beledu halus dengan ketebalan denier 1800D supaya kuat dan tahan lama. Bagian interior juga dilapisi busa tebal sehingga perlindungan terhadap gitar akustik Anda semakin ideal.

Agar gitar semakin terlindungi, Perrygord menambahkan tali pengaman di bagian leher gitar (neck) supaya posisinya tidak bergeser saat dibawa. Selain itu, pengaman juga terdapat di bagian bridge yang meminimalkan kain beledu tergesek dan robek.

Tipe tas Semi-hard case
Jumlah tali bahu 2 buah
Saku ✔️
Ukuran Tidak ada keterangan

4. Folk Style Knitted Acoustic Guitar Case

4. Folk Style Knitted Acoustic Guitar Case

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 402.000

Rajutan folk dan warna bohemian membikin tampilan makin bergaya!

Apabila Anda menyukai perpaduan case gitar akustik tebal dan desain trendi dari rajutan folk bohemian yang hangat, produk ini adalah rekomendasinya. Bagian eksteriornya dilengkapi dua tali bahu dengan mesh (material jaring) agar tidak mudah selip saat digendong, serta meminimalkan rasa gerah di punggung.

Bagian interiornya dilapisi dengan cotton setebal 1 cm yang dapat memproteksi gitar dari benturan. Sementara itu, untuk mencegah guitar neck bergeser saat dibawa, Anda dapat meletakkannya ke bantalan dan mengikatnya dengan tali yang sudah terintegrasi pada tas.

Tipe tas Soft case
Jumlah tali bahu 2 buah
Saku ✔️
Ukuran 107 cm × 43 cm × 15 cm

3. Shoulder Case for Acoustic & Classical Guitar

3. Shoulder Case for Acoustic & Classical Guitar    

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 138.000

Praktis dikaitkan pada satu bahu, pas buat para gitaris wanita

Tas gitar dengan bahan nilon ini memiliki bobot yang ringan sehingga tepat digunakan untuk perjalanan jarak dekat dengan berjalan kaki. Jadi, Anda tinggal mengaitkan talinya pada satu bahu dan membawanya ke studio musik terdekat.

Di sisi lain, ketiadaan busa di seluruh bagiannya membuat case dapat dilipat dan disimpan tanpa menyita banyak tempat. Sementara itu, warna merah mudanya yang feminin cocok untuk kaum wanita yang tentunya akan membuat penampilan Anda semakin girly.

Tipe tas Soft case
Jumlah tali bahu 1 buah
Saku Tidak ada keterangan
Ukuran 104 cm × 40,5 cm

2. Denim Gig Bag for Accoustic and Electric Guitar

2. Denim Gig Bag for Accoustic and Electric Guitar

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.932.000

Denim biru eksentrik, jadi gampang identifikasi tas

Simple, stylish, dan safe. Kata-kata tersebut dapat menggambarkan tas berdesain ramping, nyentrik, sekaligus aman melindungi gitar ini. Bahan denimnya lebih tebal daripada nylon, memaksimalkan proteksi terhadap goresan. Selain itu, warnanya membuat Anda mudah mengenali tas di antara case hitam lainnya.

Tipe tas Semi-hard case
Jumlah tali bahu 2 buah
Saku ✔️
Ukuran Tidak ada keterangan

1. Soft Guitar Case Double Strap Waterproof

1. Soft Guitar Case Double Strap Waterproof

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 74.500

Kini gitar tidak akan lagi tertukar dengan bass, banjo, apalagi ukulele

Soft guitar case ini terbuat dari kain oxford tebal, tidak mudah robek dan waterproof, dapat memproteksi gitar akustik Anda selama di perjalanan. Perpaduan warna hitam dan lis putih, serta emblem bertuliskan “GUITARS”  pastinya membuat penampilan semakin keren, sekaligus menandakan bahwa Anda seorang gitaris.

Sakunya berukuran besar cukup besar sehingga tidak hanya dapat menyimpan barang yang kecil saja, tetapi juga yang lumayan besar seperti music stand dan tablet elektronik. Kami merekomendasikan produk ini jika Anda berorientasi pada harga dalam memilih tas gitar.

Tipe tas Soft case
Jumlah tali bahu 2 buah
Saku ✔️
Ukuran 106 cm × 42 cm × 13 cm

Baca juga rekomendasi produk gitar dan aksesori terbaiknya di sini!

Selain tas gitar terbaik yang telah kami bahas pada artikel ini, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli gitar dan aksesorinya agar bermusik bisa semakin komplet. Simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai rekomendasi tas gitar dari kami. Apakah ada produk yang sesuai dengan kebutuhan? Selain bertujuan menjaga gitar agar tetap mulus, terhindar dari benturan, terdapat banyak variasi tas yang dijual, baik itu dari segi tipe, material, desain, maupun sakunya. Gunakan artikel ini dalam memilih tas atau case gitar favorit Anda. Selamat memilih!