• 10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Penghilang Goresan Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)

Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, ada begitu banyak produk berkualitas di pasaran, seperti merek Mothers, Meguiar's, dan Turtle Wax.


Supaya tidak bingung memilih, kami akan merekomendasikan beberapa produk penghilang goresan mobil berjenis compound, wax, serta touch pen. Sebelumnya, simak cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ayi Adiana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana

Profil pakar: Guru teknik otomotif, Ayi Adiana
Ayi Adiana
Guru Teknik Otomotif
Ayi Adiana

Hobinya pada dunia otomotif sejak sekolah dasar membawa Ayi menjadi seorang sarjana teknik mesin. Ketertarikannya makin besar ketika orang tuanya memberikan sepeda motor dan mobil kepadanya saat masih SMA. Ia menjadikan sepeda motor dan mobil tersebut sebagai percobaan untuk mengobati rasa penasarannya dengan dunia otomotif.

Ayi menggunakan waktu senggangnya untuk menambah pengetahuan di setiap event otomotif saat masih kuliah. Ia membuka bengkel untuk menjual oli dan spare part, serta salon mobil dan motor pada 2011. Ia juga bekerja sebagai guru teknik otomotif di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri.

Manfaat penghilang goresan mobil

Manfaat penghilang goresan mobil

Menghilangkan goresan di bodi mobil termasuk gampang-gampang susah. Bagi sebagian orang, masalah ini bisa diselesaikan dengan memperbaikinya ke salon mobil, tetapi biayanya cukup tinggi. Sebenarnya, Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Dengan memperbaiki sendiri, Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan budget minim.


Produk penghilang goresan mobil terdiri dari beberapa tipe, yaitu wax, compound, spray, touch pen, dan lain-lain. Dengan mengikuti prosedur yang tertulis pada masing-masing tipe, Anda akan terhindar dari risiko kegagalan. Lagipula, di pasaran tersedia banyak produk yang mudah digunakan oleh pemula bahkan wanita sekalipun.


Jika goresan dapat diperbaiki sendiri, Anda tidak perlu lagi pergi ke bengkel atau salon mobil. Dengan demikian, tentu Anda akan menghemat banyak biaya. Selain itu, Anda dapat mengerjakan perbaikan tersebut kapan saja di waktu luang Anda. Jadi, jika ingin menghilangkan goresan pada mobil, jangan ragu untuk menggunakan produk penghilang goresan mobil.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih penghilang goresan mobil

Agar goresan mobil bisa hilang, Anda perlu memilih produk sesuai dengan tingkat goresan dan beberapa poin lainnya. Mari simak penjelasan lebih rinci mengenai ini.

Pilih berdasarkan tingkat goresan

Tipe produk yang Anda pilih akan sangat bergantung pada tingkat dan kedalaman goresan mobil. Gunakan panduan di bawah ini untuk menentukan tipe penghilang goresan yang cocok dengan kebutuhan mobil Anda.

Tipe wax, untuk menyamarkan goresan halus

Tipe wax, untuk menyamarkan goresan halus

Untuk goresan halus yang disebabkan oleh pemolesan, gunakan penghilang goresan tipe wax. Tipe ini dibagi lagi menjadi dua, yakni cair dan padat, dengan perbedaan terkait kandungan zat abrasifnya.


Wax cair memiliki komponen abrasif yang dapat membuat goresan halus terlihat samar bahkan hilang. Efeknya terhadap goresan tetap bertahan walau lapisan wax sudah tidak ada. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya, ya. Jika digosok terlalu kuat atau dipakai berlebihan, goresan pada mobil Anda malah dapat bertambah.


Selanjutnya ada wax padat. Wax ini tidak mengandung zat abrasif dan bekerja dengan cara mengisi goresan menggunakan silikon atau zat serupa. Seiring dengan hilangnya wax, goresan bisa terlihat kembali karena wax padat memang hanya menutupi goresan, bukan menghilangkannya.


Namun, berhubung wax ini tidak mengandung zat abrasif, Anda bisa merasa tenang saat menggunakannya. Mobil tidak akan tergores walau dipoles dengan kuat. Hanya saja, Anda perlu melakukan pemolesan ulang secara berkala agar mobil selalu tampil prima.

Tipe compound, untuk menghilangkan goresan dangkal

Tipe compound, untuk menghilangkan goresan dangkal

Produk tipe compound cocok digunakan untuk menghilangkan goresan yang tidak terlalu dalam. Kandungan zat abrasifnya mampu mengatasi goresan kecil serta dapat digunakan untuk memoles setelah proses perbaikan/pengecatan ulang. Tersedia beberapa bentuk compound di pasaran, yakni krim, cair, pasta dan lain-lain. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


Ukuran partikel dalam produk compound cukup beragam, mulai dari yang kasar hingga sangat halus. Akan tetapi, seluruhnya memiliki cara kerja yang sama, yaitu mengikis permukaan cat mobil untuk menghilangkan goresan. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati memakainya karena akan membuat lapisan cat mobil makin tipis.


Kemudian, ingatlah bahwa tipe compound hanya efektif untuk goresan yang dangkal. Goresan dangkal didefinisikan sebagai goresan yang sulit terlihat apabila terkena air dan tidak menggores kuku ketika disentuh. Setelah menggunakan compound, gunakan wax supaya goresan yang sudah tersamarkan bisa kembali mengilap.

Tipe spray, untuk menutupi goresan yang lebar dan dalam

Tipe spray, untuk menutupi goresan yang lebar dan dalam

Jika ukuran goresan cukup lebar, Anda bisa menggunakan penghilang goresan tipe spray. Tipe ini mampu menghilangkan goresan yang dalam dan tidak dapat diatasi oleh tipe-tipe sebelumnya.


Mobil seperti diberi lapisan cat baru karena spray membawa sebagian partikel warna dari lapisan cat yang ada di sekitar goresan. Tidak hanya itu, produk ini efektif menyamarkan goresan akibat gesekan dengan benda padat. Namun, tipe ini masih sulit ditemukan di market Indonesia.

Tipe touch pen, untuk menghilangkan goresan pada cat yang terkelupas

Tipe touch pen, untuk menghilangkan goresan pada cat yang terkelupas

Penghilang goresan tipe touch pen cocok digunakan untuk menghilangkan goresan pada mobil yang lapisan catnya terkelupas. Sama halnya dengan tipe spray, Anda perlu melakukan persiapan sebelum menggunakan touch pen. Termasuk di antaranya membersihkan karat, menghilangkan silikon, dan lain-lain. Hasil yang diberikan akan sebanding dengan usaha Anda. Jika dikerjakan dengan benar, mobil Anda pada akhirnya akan terbebas dari goresan-goresan.


Pengerjaan dengan tipe ini sebaiknya dilakukan beberapa kali supaya goresan bisa tersamarkan dengan sempurna. Setelah proses selesai, tentu Anda perlu mengecat ulang area bekas goresan dengan warna yang sesuai dengan cat mobil. Lalu, lakukan waxing saat tahap finishing.


Namun, sebelum mengecat, lakukan proses masking dan gosok menggunakan amplas agar permukaan menjadi rata. Langkah ini memang sedikit merepotkan, tetapi penting untuk dilakukan agar hasil pengecatan terlihat natural dan mulus. Selain keempat tipe di atas, ada pula tipe cat yang juga efektif menghilangkan goresan pada mobil.

Pilih produk dengan cara pengerjaan yang mudah

Pilih produk dengan cara pengerjaan yang mudah

Sebelum membeli produk, periksa dulu prosedur pengerjaannya dan pilihlah yang mudah dilakukan. Mencuci dan mengeringkan mobil adalah langkah yang wajib dilakukan sebelum memulai proses menghilangkan goresan. Akan tetapi, rumit tidaknya langkah selanjutnya akan bergantung pada masing-masing produk.


Jika Anda baru pertama kali menggunakan produk ini, pilihlah penghilang goresan yang bisa dilakukan dalam satu langkah. Tentunya setelah mobil dicuci bersih serta dalam kondisi kering. Akan tetapi, jika Anda sudah terbiasa, produk dengan beberapa langkah pengerjaan lebih direkomendasikan.


Kemudian, jika Anda telah mahir, sebaiknya pilih produk yang membutuhkan tahap persiapan terlebih dulu. Seperti penjelasan sebelumnya, persiapan yang dilakukan dengan benar akan membuat goresan benar-benar tidak terlihat. Mari kembali ke pembahasan awal, jika Anda seorang pemula, tetapkan pilihan pada produk yang praktis dan mudah digunakan.

Pilih produk dengan fungsi tambahan

Pilih produk dengan fungsi tambahan

Agar lebih efisien, alangkah baiknya jika produk memiliki fungsi tambahan di luar fungsi utamanya sebagai penghilang goresan. Sebagai contoh, tipe compound bukan hanya dapat digunakan untuk menghilangkan goresan, melainkan juga membersihkan kerak air.


Contoh lainnya, efek water repellent pada produk tipe wax menjadikan mobil seperti baru keluar dari tempat pencucian. Sepertinya produk dengan fungsi tambahan yang membuat mobil tampak glossy juga patut Anda pertimbangkan. Selain itu, ada juga produk yang sekaligus dapat mencegah kerusakan lapisan cat mobil. Perhatikan fungsi-fungsi tambahan ini saat akan memilih produk penghilang goresan, ya!

Pilih produk yang dilengkapi spons atau kain poles

Pilih produk yang dilengkapi spons atau kain poles

Tentunya akan sangat memudahkan jika produk sudah dilengkapi dengan benda-benda lain yang diperlukan untuk bekerja. Misalnya saja pada produk dengan hasil akhir antigores. Produk semacam ini memerlukan kain poles untuk tahap akhir pemolesan.


Selain itu, kain poles ini nantinya dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan lain. Jadi, pilihlah produk yang sudah dilengkapi kain poles jika memang tersedia di pasaran. Senada dengan hal di atas, produk dengan tambahan spons juga menarik dimiliki. Periksalah ketersediaan benda-benda ini sebelum Anda membeli produk.

10 Rekomendasi penghilang goresan mobil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk penghilang goresan mobil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ayi Adiana.

10

SimonizFix It Pro Scratch Repair Pen

Mulai dari Rp 6.000,00

TipeTouch pen
Mudah digunakanYa
Efek tambahanTidak ada
Aksesoris1 buah extra tip
9
TipeCat
Mudah digunakanYa
Efek tambahanHasil yang bersinar
AksesorisTidak diketahui
8
TipeWax
Mudah digunakanYa
Efek tambahanMenghilangkan swirl marks
AksesorisTidak diketahui
7
TipePen
Mudah digunakanYa
Efek tambahanTidak diketahui
AksesorisTidak diketahui
6
TipeCompound
Mudah digunakanYa
Efek tambahanMenghilangkan goresan ringan pada kaca
AksesorisTidak ada
5

Turtle WaxPolishing Compound

T 241A

Mulai dari Rp 87.500,00

TipeCompound
Mudah digunakanYa
Efek tambahanMembersihkan kotoran, sisa aspal, dan debu
AksesorisTidak ada
4
TipeWax
Mudah digunakanYa
Efek tambahanMenghilangkan swirl marks, hasil yang mengilap
AksesorisAplicator pad R3060
3

Turtle WaxClean Finish Polishing Compound

T 417

Mulai dari Rp 162.500,00

TipeCompound
Mudah digunakanYa
Efek tambahanMengatasi getah pohon dan noda kotoran burung
AksesorisTidak ada
2
TipeWax
Mudah digunakanYa
Efek tambahanTidak diketahui
AksesorisTidak ada
1
TipeCompound
Mudah digunakanYa
Efek tambahanCat tampak jernih dan tajam seperti baru
AksesorisAplicator pad R3060

Tabel perbandingan produk penghilang goresan mobil terbaik

Gambar produk
1
Meguiar’s Ultimate Compound 1

Meguiar’s

2
Mothers California Gold Scratch Remover 1

Mothers

3
Turtle Wax Clean Finish Polishing Compound 1

Turtle Wax

4
Meguiar’s  ScratchX 2.0 1

Meguiar’s

5
Turtle Wax Polishing Compound 1

Turtle Wax

6
Carlack 68 Polish Compound 1

Carlack 68

7
Zhandian  Paint Pen 1

Zhandian

8
Energizer Auto Nu Finish Scratch Doctor 1

Energizer Auto

9
T-UP Automotive Paint 1

T-UP

10
Simoniz Fix It Pro Scratch Repair Pen 1

Simoniz

Nama produk

Ultimate Compound

California Gold Scratch Remover

Clean Finish Polishing Compound

ScratchX 2.0

Polishing Compound

Polish Compound

Paint Pen

Nu Finish Scratch Doctor

Automotive Paint

Fix It Pro Scratch Repair Pen

Keunggulan

Tampilan jadi flawless dengan teknologi micro-abrasive

Hilangkan goresan tanpa makan waktu lama

Lindungi mobil dari sinar UV dengan nanotechnology

Hilangkan gores sekaligus beri finishing glossy

Bisa membersihkan dan meratakan cat juga, lho!

Basmi goresan dari body dan kaca mobil Anda

Mudah kering dan praktis digunakan

Hilangkan goresan tanpa timbulkan goresan baru!

Nitro-cellulose, ampuh atasi goresan yang dalam

Harganya ramah di kantong, mudah digunakan pula!

Harga mulai dariRp 308.000,00Rp 200.000,00Rp 162.500,00Rp 284.000,00Rp 87.500,00Rp 330.000,00Rp 25.000,00Rp 264.600,00Rp 109.200,00Rp 6.000,00
TipeCompoundWaxCompoundWaxCompoundCompoundPenWaxCatTouch pen
Mudah digunakanYaYaYaYaYaYaYaYaYaYa
Efek tambahanCat tampak jernih dan tajam seperti baruTidak diketahuiMengatasi getah pohon dan noda kotoran burungMenghilangkan swirl marks, hasil yang mengilapMembersihkan kotoran, sisa aspal, dan debuMenghilangkan goresan ringan pada kacaTidak diketahuiMenghilangkan swirl marksHasil yang bersinarTidak ada
AksesorisAplicator pad R3060Tidak adaTidak adaAplicator pad R3060Tidak adaTidak adaTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui1 buah extra tip
Tautan produk

Cara tepat menghilangkan goresan pada mobil

Cara tepat menghilangkan goresan pada mobil

Anda mungkin merasa tidak yakin untuk mencoba produk penghilang goresan mobil. Sebetulnya, Anda tidak perlu khawatir gagal setelah mengetahui tips berikut ini. Pertama-tama, pastikan Anda sudah membersihkan debu dan kotoran pada permukaan mobil sebelum memakai produk.


Kegagalan saat menggunakan penghilang goresan umumnya disebabkan oleh pemolesan berlebih dan pengeringan yang kurang. Sehubungan dengan ini, tips berikutnya ialah hindari memoles terlalu intens ketika menggunakan tipe compound. Kemudian, untuk tipe spray dan touch pen, pastikan produk yang diaplikasikan sudah benar-benar kering sebelum ke tahapan selanjutnya.


Itulah tips-tips yang dapat kami bagikan. Jika Anda mengikutinya dengan baik, Anda akan dapat menghilangkan goresan tanpa membuat kesalahan. Akan tetapi, kalau masih tidak yakin, Anda bisa membeli trial set terlebih dulu. Selanjutnya, lakukan uji coba pada bagian mobil yang tidak terlalu mencolok dan evaluasi hasilnya.

Baca juga rekomendasi produk perawatan mobil lainnya di sini

Menghilangkan goresan pada mobil tentu membuat mobil Anda senantiasa terlihat indah bak mobil baru. Namun, Anda pun harus merawat kilau dan warna mobil Anda menggunakan produk perawatan mobil yang pas. Mari simak artikel berikut untuk menemukan produk terbaik rekomendasi kami.

Kesimpulan

Produk penghilang goresan mobil akan menghemat banyak biaya apabila Anda bisa menggunakannya dengan baik. Tersedia berbagai tipe produk untuk berbagai tingkat goresan. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.


Pertimbangkan juga kemudahan penggunaan, fungsi tambahan dan kelengkapan produk saat memilihnya, ya! Silakan gunakan artikel ini sebagai panduan dan temukan produk penghilang goresan terbaik yang Anda perlukan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Terbaik untuk Motor Matic - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Selain sebagai pelumas, oli berfungsi merawat dan menjaga mesin motor agar dapat bekerja secara maksimal. Supaya motor matic Anda memiliki usia yang awet, jangan sampai telat melakukan penggantian oli. Lantas, berapa bulan sekali Anda harus mengganti oli motor? Kami akan mengulas oli motor matic dengan tips memilihnya. Ada juga produk oli motor matic yang bagus dari berbagai merek, seperti Castrol, Enduro, dan Evalube. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Temukan oli motor matic murah untuk Honda Scoopy, Vario 150, Beat, motor Yamaha, dan sebagainya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Fungsi oli motor sangatlah penting. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi mengurangi gesekan, mendinginkan, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih oli untuk motornya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang bagus dan baik. Selain itu, kami juga akan mengulas berbagai merek oli motor terbaik, seperti Yamalube, Shell, ataupun Enduro. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Shock Depan yang Bagus - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Para pengguna sepeda motor, tahukah bahwa oli shock depan harus diganti secara berkala? Idealnya, penggantian oli shock depan dilakukan ketika speedometer mencapai 15.000 km atau sekitar 1 tahun lebih pemakaian. Itu pun asumsi jika kendaraan digunakan dengan pemakaian normal.Apakah kendaraan Anda sudah waktunya ganti oli shock depan? Jika iya, Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan membahas cara memilih oli shock depan yang bagus, misalnya merek Yamalube, Top 1, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Merek pengharum mobil yang bagus, seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Oli Mesin Terbaik untuk Mobil - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, apakah Anda sudah tahu produk mana yang harus dipilih?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mobil yang bagus, seperti Shell, Castrol, dan Pertamina. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Disimak, ya!
    Perawatan kendaraan
  • 10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelindung Cat Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Pelindung cat mobil atau paint protection merupakan cairan yang mampu melindungi permukaan cat mobil. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Ada wax atau pelindung cat mobil antigores, pengilap mobil warna putih, nano ceramic coating berbasis SiO2, dan lainnya.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelindung cat mobil untuk Anda. Kami juga merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek yang bagus agar body mobil Anda tampil mengilat, seperti Turtle Wax, Meguiar's, dan KIT. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana.
    Perawatan kendaraan
  • 10 Pembersih Kaca Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembersih Kaca Mobil Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Kotoran yang menempel di kaca mobil terkadang sulit dihilangkan hanya dengan dicuci, contohnya jamur, debu, serta lapisan minyak. Untuk membersihkan jenis-jenis kotoran tersebut, gunakanlah pembersih kaca mobil. Terdapat beragam jenis pembersih untuk kaca mobil bagian dalam dan luar, baik dalam bentuk cairan maupun lembaran.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pembersih kaca mobil. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Kit, 3M, dan Waxco. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit. Yuk, temukan pembersih kaca mobil terbaik untuk Anda di artikel ini!
    Perawatan kendaraan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori