1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Supaya rumah terlihat rapi, Anda bisa menyimpan barang-barang pada tempat penyimpanan khusus. Ada berbagai jenis tempat penyimpanan barang, mulai dari container box, rak gantung, hingga rak partisi. Kali ini kami akan secara khusus membahas storage penyimpanan untuk ruangan yang terbatas atau Anda yang tinggal sendiri.

Simaklah tips dari kami untuk menemukan tempat penyimpanan yang praktis. Selanjutnya, Anda dapat melihat rekomendasi produk yang bagus dari merek Olymplast, ACE Hardware Krishome, Pira, dan Shinpo. Anda bisa menemukan tempat penyimpanan plastik dan kayu. Mari langsung baca artikel ini sampai habis!

Diperbaharui 11-18-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih tempat penyimpanan barang

Meski Anda memiliki ruangan yang terbatas, Anda tetap dapat memilih tempat penyimpanan barang yang tepat. Ikuti tips dari kami agar Anda bisa menemukan tempat penyimpanan barang yang efisien. Bagi Anda yang tinggal di indekos, apartemen, atau rumah mungil dapat mengikuti tips dari kami, ya.

① Ketahui beberapa jenis tempat penyimpanan barang untuk menghemat ruang

Kami pertama-tama akan memperkenalkan beberapa jenis tempat penyimpanan barang yang dapat Anda pilih. Tempat penyimpanan ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan pakaian, mainan anak, sampai bahan makanan.

Standing rack: Untuk menyimpan beberapa barang

Standing rack: Untuk menyimpan beberapa barang

Model tempat penyimpanan pertama adalah standing rack. Dengan menggunakan standing rack, Anda tak perlu repot memantek tembok di hunian Anda. Standing rack dapat berupa rak dengan beberapa sekat dan rak gantung untuk pakaian. Namun, kapasitas rak gantung ini umumnya hanya dapat digunakan untuk menyimpan beberapa potong pakaian.


Saat memilih standing rack, pastikan materialnya cukup kuat untuk menahan beban. Kelebihan lainnya dari standing rack adalah dapat dijadikan sebagai partisi ruangan. Pastikan Anda menata barang dengan lebih rapi di standing rack karena isi rak ini sangat mudah dilihat. Standing rack yang tertata rapi membuat ruangan Anda terlihat lebih estetis.

Tempat penyimpanan dengan kantong: Memudahkan Anda mengatur barang

Tempat penyimpanan dengan kantong: Memudahkan Anda mengatur barang

Anda pasti sudah tak asing dengan tempat penyimpanan barang berbentuk kantong. Kantong-kantong penyimpanan ini dapat digantungkan di tembok untuk menyimpan pernak-pernik. Namun, Anda harus menambahkan cantolan untuk menggantungkan tempat penyimpanan tersebut.


Di sisi lain, ada juga kantong penyimpanan yang dapat Anda pasang di dalam lemari pakaian. Tempat penyimpanan tersebut dapat difungsikan untuk menyimpan tas ataupun memisahkan pakaian Anda.

Container atau storage box: Membantu Anda menyimpan lebih banyak barang

Container atau storage box: Membantu Anda menyimpan lebih banyak barang

Apabila Anda memiliki banyak barang yang tercecer, Anda bisa memilih boks kontainer. Boks kontainer memiliki beragam kapasitas, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Anda bisa memilih yang sesuai dengan banyaknya barang yang dimiliki. Kotak kontainer berukuran besar pun dapat Anda gunakan untuk menyimpan karpet.


Untuk luas ruangan yang terbatas, Anda sebaiknya memilih boks kontainer yang dapat ditumpuk ke atas atau stackable. Hal ini karena kotak penyimpanan yang diletakkan berjajar akan membuat ruangan terasa sempit. Meski begitu, perhatikan berat barang-barangnya juga agar boks kontainer tidak pecah saat ditumpuk.


Tips lainnya untuk Anda yang memiliki ruangan terbatas adalah menyimpan boks kontainer di bawah meja atau tempat tidur. Alhasil, ruangan Anda tidak tampak penuh dengan barang-barang karena tersimpan di dalam kontainer.

② Sesuaikan bentuk tempat penyimpanan dengan lokasi peletakannya

Di dalam rumah biasanya terdapat sudut ruangan yang tidak terpakai, misalnya celah di antara kulkas dan furnitur lain. Ada beberapa tempat penyimpanan barang yang dirancang untuk ditempatkan di ruang tidak terpakai seperti itu. Produk seperti ini akan sangat menghemat penggunaan ruangan Anda.

Tempat penyimpanan yang ramping, pas untuk celah di ruangan

Tempat penyimpanan yang ramping, pas untuk celah di ruangan
Sumber: ruparupa.com

Mungkin di tempat tinggal Anda masih ada sisa sedikit ruang yang tidak terpakai. Agar penyimpanan barang lebih maksimal, Anda bisa memilih tempat penyimpanan dengan ukuran yang ramping. Contohnya adalah tempat penyimpanan yang bisa diletakkan di celah antara kulkas dan furnitur lain. 


Benda tersebut biasanya dirancang seperti troli ramping yang memiliki roda sehingga mudah untuk dipindahkan. Namun, Anda sebaiknya mengukur ruang yang tersedia lebih dahulu sebelum membeli suatu produk, ya.


Selain itu, ada juga tempat penyimpanan berbentuk siku-siku agar dapat Anda tempatkan di sudut ruangan. Alhasil, setiap sudut ruangan Anda dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Box dengan sekat, cocok untuk menata isi lemari pakaian

Box dengan sekat, cocok untuk menata isi lemari pakaian
Beberapa orang mengeluhkan lemari pakaian mereka yang terlalu sempit. Padahal, bisa jadi hal itu disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan ruang kosong yang maksimal. Agar ruang tersebut bisa digunakan secara maksimal, Anda bisa memilih boks yang dilengkapi dengan sekat.

Model tempat penyimpanan ini cocok untuk menyimpan pakaian dalam, scarf hijab, kaus kaki, ikat pinggang, sampai dasi. Alhasil, seluruh pakaian yang kecil bisa tersimpan dengan rapi tanpa tercecer di dalam lemari pakaian. Anda pun lebih mudah mengambil barang yang dibutuhkan.

10 Rekomendasi tempat penyimpanan barang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat penyimpanan barang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Oxihom

Kotak Tempat Pakaian Dalam

Oxihom Kotak Tempat Pakaian Dalam 1枚目

Tempat penyimpanan pakaian dalam dan kaos kaki menjadi lebih rapi

2

Shinpo

Sky Container

Shinpo Sky Container 1枚目

Kontainer plastik beroda yang mudah dipindahkan

3

Olymplast

Starterpack E

Olymplast  Starterpack E 1枚目

Tempat penyimpanan plastik yang praktis untuk kebutuhan anak

4

TEC Houseware

Makuu Organizer Box

TEC Houseware Makuu Organizer Box 1枚目

Tempat penyimpanan makanan serbaguna yang stackable, bisa untuk skincare juga!

5

Buku Brankas Mini

 Buku Brankas Mini 1枚目

Tempat penyimpanan barang berharga dengan bentuk unik

6

Ace Hardware

Krishome Rak Penyimpanan 4 Tingkat

Ace Hardware Krishome Rak Penyimpanan 4 Tingkat 1枚目

Mengubah celah sempit menjadi lebih berguna

7

Livien

Storage Box

Livien Storage Box 1枚目

Tempat penyimpanan kayu yang multifungsi dan aesthetic

8

Pira

Aster

Pira Aster  1枚目

Rak gantung pakaian serbaguna, simple dan minimalis

9

IKEA

SKUBB Penyimpanan dengan 6 kompartemen

IKEA SKUBB Penyimpanan dengan 6 kompartemen 1枚目

Memisahkan pakaian ataupun tas dengan lebih rapi

10

Dekoruma

Heim Studio Sekai Rak Display

Dekoruma Heim Studio Sekai Rak Display 1枚目

Display rack dengan dua jenis penggunaan

Perincian produk
Close
No.1

OxihomKotak Tempat Pakaian Dalam

Mulai dari Rp32.250,00

Tempat penyimpanan pakaian dalam dan kaos kaki menjadi lebih rapi

Kelebihan:

  • Sekatnya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Membuat lemari pakaian menjadi lebih rapi
  • Ada seri produk yang dilengkapi dengan tutup sehingga dapat ditumpuk

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan produk dengan build quality yang kurang bagus

Lemari pakaian tentunya tidak dilengkapi dengan sekat khusus untuk barang-barang kecil. Agar lemari pakaian Anda menjadi lebih rapi, Anda bisa memilih tempat penyimpanan yang satu ini. Boks dengan sekat ini dapat membantu Anda menata pakaian dalam, kaus kaki, dan pernak-pernik lainnya dengan lebih tertata.


Sekat dari kotak ini mudah Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ada beberapa produk yang dilengkapi dengan tutup. Anda bisa menumpuk kotak dengan tutup tersebut agar lebih menghemat ruang penyimpanan di dalam lemari.

No.2

ShinpoSky ContainerSIP 111 CB 45

Mulai dari Rp74.700,00

Kontainer plastik beroda yang mudah dipindahkan

Kelebihan:

  • Container plastik yang dilengkapi dengan roda
  • Kapasitasnya besar yaitu 45 L

Kekurangan:

  • Ada produk dengan build quality yang kurang, seperti rodanya lepas

Bagi anak indekos yang sedang mencari kontainer plastik praktis, pertimbangkanlah kontainer dari Shinpo ini. Kontainer plastik dari Shinpo dilengkapi dengan roda. Jadi, Anda akan lebih mudah membawanya saat pindahan atau saat membersihkan kamar. Bagian pengunci kontainernya pun tergolong kuat sehingga tutupnya tidak mudah lepas saat dibawa.

No.3

Olymplast Starterpack E

Mulai dari Rp1.008.000,00

Tempat penyimpanan plastik yang praktis untuk kebutuhan anak

Kelebihan:

  • Menawarkan beragam pilihan warna tutup yang menarik
  • Kotak dengan bukaan depan memudahkan pengambilan barang
  • Kotak dapat ditumpuk sehingga menghemat ruang

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan produk dengan build quality yang buruk

Jika Anda mencari tempat penyimpanan plastik untuk kamar anak, pertimbangkan produk dari Olymplast. Model kotak plastik ini adalah model yang cukup kekinian. Anda cukup melipat bagian tutupnya saja. Jadi, Anda bisa mengambil barang dari bagian depan kotak. 


Kotak penyimpanan plastik ini juga dapat ditumpuk sehingga Anda dapat menghemat ruang penyimpanan. Selain itu, kami sarankan agar Anda tidak mengisi kotak sampai penuh agar pintunya dapat tertutup rapat.

No.4

TEC HousewareMakuu Organizer Box

Mulai dari Rp30.500,00

Tempat penyimpanan makanan serbaguna yang stackable, bisa untuk skincare juga!

Kelebihan:

  • Container makanan yang dilengkapi dengan tutup
  • Modelnya bisa ditumpuk (stackable) untuk menghemat ruang penyimpanan
  • Container ukuran besar dilengkapi dengan lubang sebagai pegangan

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan barang yang pecah ataupun penyok

Untuk menata dapur Anda menjadi lebih rapi, Anda bisa mempertimbangkan organizer yang satu ini. Makuu Organizer Box adalah food container serbaguna. Kotak dengan ukuran XS dan M bisa Anda gunakan untuk menyimpan makanan di dalam kulkas. Sisanya dapat Anda pakai sebagai tempat penyimpanan botol bumbu ataupun barang-barang lainnya, seperti skincare.

No.5

Tempat penyimpanan barang berharga dengan bentuk unik

Kelebihan:

  • Cash box berbentuk unik seperti buku
  • Beberapa produknya dilengkapi dengan password

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pembeli, beberapa produk agak sulit dibuka

Jangan sampai barang berharga Anda tercecer di rumah, apalagi rumah Anda sering kedatangan tamu. Simpanlah barang-barang berharga Anda dalam kotak yang aman. Jika cash box biasa masih tampak obvious, Anda bisa memilih tempat penyimpanan yang unik ini.


Kotak penyimpanan barang berharga ini berbentuk seperti buku. Jadi, Anda bisa menyamarkannya di antara rak-rak buku Anda. Tampilannya pun sangat menarik seperti layaknya buku. Di samping itu, Anda juga bisa memilih cash box dengan password.

No.6

Ace HardwareKrishome Rak Penyimpanan 4 Tingkat

Mulai dari Rp179.900,00

Mengubah celah sempit menjadi lebih berguna

Kelebihan:

  • Lebarnya lebih kecil sehingga pas untuk tempat yang sempit
  • Rak dilengkapi dengan roda sehingga mudah digeser

Kekurangan:

  • Anda tidak bisa menggunakannya untuk menyimpan barang yang terlalu besar

Ini dia tempat penyimpanan yang banyak dicari oleh Anda yang ingin memanfaatkan celah kecil di ruangan. Dengan desain yang sangat ramping, rak ini sangat pas untuk diselipkan di celah yang kosong sehingga lebih berguna.


Produk ini juga memiliki empat rak yang cocok untuk menempatkan bumbu dapur atau berbagai minuman favorit Anda. Menariknya lagi, rak penyimpanan ini juga memiliki roda sehingga mudah dipindahkan sesuka hati. 

No.7

Tempat penyimpanan kayu yang multifungsi dan aesthetic

Kelebihan:

  • Kotak penyimpanan kayu multifungsi yang dapat dijadikan bench
  • Modelnya sangat minimalis dan estetis
  • Barang dikirim dalam keadaan sudah dirakit

Kekurangan:

  • Tempat penyimpanan kayu ini cukup sulit dipindahkan

Investasikan uang Anda untuk tempat penyimpanan barang yang estetis, seperti produk Livien ini. Tempat penyimpanan berbahan kayu ini tampak estetis dengan warna putih dan cokelat. Modelnya sangat minimalis dan lebih netral untuk dipajang dengan furnitur lainnya.


Tempat penyimpanan dari Livien ini juga dapat digunakan sebagai kursi di ruang tamu. Anda dapat melapisi bagian tutupnya dengan bantalan agar lebih empuk. Selain estetis, kotak penyimpanan ini juga multifungsi, ya.

No.8

Rak gantung pakaian serbaguna, simple dan minimalis

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan rak untuk hanger dan gantungan tambahan
  • Dilengkapi dengan kaca di sisi lainnya
  • Memiliki roda agar mudah untuk dipindahkan

Kekurangan:

  • Anda perlu merakit produknya sendiri

Tempat penyimpanan yang satu ini tergolong model tempat penyimpanan yang sangat simpel dan minimalis. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan beberapa pakaian. Menariknya, model tempat penyimpanan dari Pira ini dilengkapi dengan cermin di sisi lainnya. Lalu, di bagian bawahnya juga terdapat roda. Jadi Anda bisa memindahkannya dengan lebih praktis.

No.9

IKEASKUBB Penyimpanan dengan 6 kompartemen

Mulai dari Rp179.000,00

Memisahkan pakaian ataupun tas dengan lebih rapi

Kelebihan:

  • Tempat penyimpanan gantung dengan enam sekat
  • Dapat dilipat jika tidak digunakan

Kekurangan:

  • Harus dipasangkan ke dalam besi di lemari

Apabila lemari pakaian Anda tidak memiliki sekat untuk memisahkan pakaian, Anda bisa memilih seri SKUBB dari IKEA. Tempat penyimpanan gantung ini memiliki enam tempat penyimpanan. Anda bisa menggunakannya untuk memisahkan pakaian agar lebih mudah diambil. Selain untuk pakaian, Anda dapat menggunakan sekatnya untuk menyimpan koleksi tas kesayangan Anda.

No.10

DekorumaHeim Studio Sekai Rak Display

Mulai dari Rp2.499.000,00

Display rack dengan dua jenis penggunaan

Kelebihan:

  • Dapat dijadikan sebagai partisi ruangan
  • Rak dapat dibuat memanjang ataupun membentuk sudut siku-siku
  • Rak ini memiliki cukup banyak sekat penyimpanan

Kekurangan:

  • Anda perlu merakit produk ini terlebih dahulu

Untuk membuat tempat tinggal Anda makin luas, Anda bisa menggunakan standing rack sebagai sekat. Jika Anda membutuhkannya, pertimbangkan rak display dari Dekoruma ini. Rak ini begitu unik karena dapat dibuat memanjang ataupun membentuk sudut siku-siku.


Rak ini terdiri dari lima tingkatan. Selain itu, terdapat dua tingkat yang disertai dengan tutup sehingga Anda bisa menyimpan barang-barang yang tidak ingin ditunjukkan. Tatalah barang-barang Anda dengan apik agar standing rack ini dapat menjadi display menarik.

Tips menyimpan barang di dalam rumah supaya rapi

Walaupun luas ruangan Anda terbatas, Anda dapat mengoptimalkan kapasitas penyimpanan dengan menggunakan benda-benda yang praktis dan mudah digunakan. Yuk, simak tips berikut ini!

Gunakan vacuum bag untuk menyimpan pakaian yang jarang dipakai

Gunakan vacuum bag untuk menyimpan pakaian yang jarang dipakai
Ada beberapa pakaian yang biasanya jarang Anda kenakan atau dikenakan hanya pada waktu tertentu. Untuk menyimpan pakaian yang jarang dikenakan, gunakanlah vacuum bag. Tas kompresi ini juga bermanfaat untuk menyimpan selimut ataupun seprai yang sedang tidak dipakai.

Dengan menggunakan kantong khusus ini, pakaian dan selimut pun jadi lebih ringkas serta tidak memakan banyak ruang. Jika Anda tertarik memiliki vacuum bag, simak ulasan kami dalam artikel berikut ini!

Pilih sofa atau stool yang memiliki tempat penyimpanan

Pilih sofa atau stool yang memiliki tempat penyimpanan
Apabila Anda tinggal di rumah yang ukurannya terbatas, penggunaan sofa dan stool akan menghabiskan banyak ruang. Jika Anda tetap ingin memiliki benda tersebut karena alasan kenyamanan, sebaiknya pilih sofa yang memiliki tempat penyimpanan barang.

Ada dua model tempat penyimpanan di sofa, yaitu yang berupa laci dan yang mengharuskan Anda untuk mengangkat tempat duduk. 

  • Tempat penyimpanan model laci cocok untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan.
  • Sebaliknya, tempat penyimpanan yang mengharuskan Anda mengangkat tempat duduk membutuhkan usaha lebih besar untuk mengambil dan menyimpan barang. Model tersebut lebih cocok untuk menyimpan barang yang jarang dipakai.

Baca juga rekomendasi tempat penyimpanan barang lainnya di sini

Kami telah memberikan rekomendasi produk penyimpanan barang terbaik untuk ruangan sempit atau Anda yang tinggal sendiri. Jika Anda membutuhkan rak atau tempat penyimpanan khusus lainnya, kami sudah menyiapkan artikelnya untuk Anda. Silakan klik tautan di bawah ini guna melihat rekomendasi dari kami!

Kesimpulan

Storage box atau tempat penyimpanan dapat membantu Anda menyusun barang dengan lebih rapi. Ada beragam model tempat penyimpanan, seperti kontainer, rak, dan banyak lainnya. Anda bisa menyesuaikan tempat penyimpanan dengan barang yang ingin disimpan.


Pastikan Anda menyusun barang-barang dengan rapi, ya. Dengan begitu, rumah Anda akan lebih tertata dan akan memudahkan Anda mencari barang. Sekian dahulu artikel kali ini. Semoga Anda terbantu dengan tips dari kami, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer