1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Panci Penggorengan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Panci Penggorengan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Panci Penggorengan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Panci Penggorengan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Panci Penggorengan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Panci Penggorengan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Panci Penggorengan Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng seperti ayam goreng tepung memiliki teknik khusus untuk membuatnya crispy. Dengan panci penggorengan khusus, masakan akan terasa lebih renyah. Ada berbagai panci penggorengan dengan bentuk, ukuran, dan bahan yang berbeda, misalnya stainless steel dan aluminium.

Banyaknya pilihan produk membuat Anda bingung, kan? Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih panci penggorengan. Kami juga akan merekomendasikan panci penggorengan yang bagus dari berbagai merek, seperti Skitchen dan Maxim. Simak artikelnya dan temukan panci penggorengan terbaik! Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
Diperbaharui 09-11-2022
Pakar
Home Cook, Influencer
Mariska Tracy

Mantan wartawan salah satu majalah remaja terbesar di Indonesia ini pernah menulis buku nonfiksi dan fiksi. Mariska juga pernah menjadi content writer di sebuah online travel agent. Setelah menikah, Mariska aktif memasak dan baking. Ia kerap berbagi resep masak dan baking di Instagram melalui foto dan video masak. Dari hobi tersebut, akhirnya Mariska aktif mengikuti aneka lomba fotografi makanan dan lomba memasak. Ia cukup sering pula meraih gelar juara. Mariska kemudian ikut MasterChef Indonesia dan berhasil menjadi finalis di MasterChef Indonesia season 7, hingga menduduki peringkat Top 10. Kini, Mariska aktif menjadi content creator di bidang memasak. Selain aktif berbagi resep, Mariska juga kerap me-review aneka jajanan, aneka produk memasak, cookware, dan aneka peralatan dapur.

Profil Mariska Tracy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apakah panci bisa digunakan untuk menggoreng?

Apakah panci bisa digunakan untuk menggoreng?

Apakah Anda memakai wajan saat menggoreng makanan? Tentu saja itu hal yang wajar, tetapi rasanya akan jauh lebih istimewa jika Anda memiliki panci penggorengan khusus. Tahukah Anda bahwa peralatan dapur yang dilapisi teflon lebih mudah rusak saat dipakai untuk menggoreng? Jadi, pikirkan baik-baik produk mana yang paling cocok untuk digunakan menggoreng.


Panci penggorengan pada dasarnya dipakai untuk menggoreng makanan. Panci yang terbuat dari bahan dengan retensi suhu yang baik akan awet digunakan dan optimal dalam menjaga suhu. Kemudian, konduktivitas dan retensi suhu yang baik membuat panas minyak lebih menyeluruh. Gorengan Anda pun bisa matang dengan merata.


Tambahan lagi, panci yang dalam dapat membuat waktu untuk menggoreng menjadi lebih hemat. Anda dapat menggoreng dengan cepat karena tidak perlu membolak-balik makanan. Sekali menggunakan panci penggorengan, Anda akan merasakan perbedaannya. Bahkan Anda yang pemula pun akan mudah memasak gorengan dengan panci penggorengan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih panci penggorengan

Terdapat banyak jenis panci penggorengan di pasaran. Selain ukuran dan bentuk yang berbeda-beda, bahan dari panci pun harus dipertimbangkan. Karena itu, baca poin-poin di bawah ini terlebih dahulu, yuk!

① Sesuaikan ukuran dengan jumlah makanan

Sesuaikan ukuran dengan jumlah makanan

Pilihlah panci penggorengan sesuai jumlah anggota keluarga. Jika Anda tinggal sendiri dan menggunakan panci untuk memasak bekal, pilih panci dengan diameter 16 cm. Namun, kalau Anda memasak untuk empat orang, panci yang berdiameter 22 cm adalah pilihan tepat.


Meskipun sudah memiliki panci besar, akan jauh lebih praktis kalau Anda juga memiliki panci berukuran kecil. Dengan panci penggorengan kecil, minyak yang digunakan lebih sedikit dan lebih cepat panas, Anda dapat memasak secara efisien.


Di sisi lain, panci yang terlalu kecil jika dipakai di kompor tertentu akan mudah terbakar. Karena itu, pastikan panci penggorengannya pas dengan tatakan kompor karena keamanan saat memasak penting.

② Ketahui katakteristik tiap bahan panci

Produsen panci penggorengan biasanya menggunakan bahan yang berbeda. Anda tahu apa alasannya? Ternyata bahan baku panci akan memberikan hasil penggorengan yang berbeda. Hal ini merupakan poin yang penting. Jadi, pastikanlah Anda memperhatikan keunggulan dan cara pemakaiannya saat memilih.

Panci besi: Kokoh dan pas untuk menggoreng dalam suhu tinggi

Panci besi: Kokoh dan pas untuk menggoreng dalam suhu tinggi

Panci penggorengan dengan bahan besi memiliki retensi suhu panas yang baik. Dari sekian banyak panci penggorengan, panci besi cocok untuk menggoreng. Panci besi juga mampu menjaga suhu minyak tetap tinggi serta dapat menambah kandungan zat besi dalam tubuh.


Hal inilah yang membuat panci besi cocok dipakai untuk menggoreng makanan dalam jumlah banyak atau memasak daging tebal. Namun, perawatannya lebih ekstra karena panci besi tidak boleh basah dan harus di-seasoning dengan minyak.

Panci enamel: Daya serap panas tinggi dan mudah dirawat

Panci enamel: Daya serap panas tinggi dan mudah dirawat

Perpaduan kekuatan besi dan kelebihan kaca melahirkan panci enamel yang mudah dirawat. Tidak mudah bau dan kotor membuat tampilan panci enamel selalu menawan. Panci ini mengunakan pelat besi enamel pada bagian dasarnya sehingga kuat dan memiliki retensi suhu yang baik. Dengan begitu, Anda bisa menjaga suhu minyak saat menggoreng.


Panci penggorengan enamel memang cukup tebal dan berat, tetapi Anda tidak perlu mengangkatnya saat memasak, bukan? Jadi, hal ini sepertinya bukan masalah besar. Namun, karena panci mudah retak, berhati-hatilah agar panci tidak sampai terbentur. 

Panci keramik: Aman, menarik, dan mudah dibersihkan

Panci keramik: Aman, menarik, dan mudah dibersihkan

Di antara berbagai bahan panci, keramik termasuk salah satu bahan yang dapat mengantarkan panas secara merata. Alhasil, bahan makanan bisa matang lebih cepat. Penggorengan keramik juga tidak menimbulkan reaksi kimia ketika terpapar suhu yang tinggi. Jadi, Anda tidak perlu heran kalau panci keramik selalu dijuluki panci yang bagus untuk kesehatan.


Sayangnya, bahan keramik mudah tergores. Karena itu, Anda harus memakai spatula berbahan kayu supaya permukaannya tidak rusak. Selain itu, panci keramik juga tidak boleh dipakai dengan suhu yang terlalu tinggi. Hal ini karena selain membuat panci cepat menghitam dan rusak, zat yang berbahaya untuk tubuh bisa saja muncul.

Panci stainless: Cocok bagi Anda yang sering menggoreng

Panci stainless: Cocok bagi Anda yang sering menggoreng

Apabila Anda mencari panci penggorengan untuk penggunaan rumah tangga, panci stainless steel sangat direkomendasikan. Produk ini tak mudah berkarat dan juga mudah dirawat. Selain itu, panci ini juga memiliki retensi panas yang tinggi sehingga Anda bisa menggoreng dengan mudah. Produk ini juga dapat digunakan dalam jangka waktu lama karena tahan goresan. 

③ Pilih panci yang dalam untuk retensi panas yang tinggi

Pilih panci yang dalam untuk retensi panas yang tinggi

Kemampuan retensi panas panci penggorengan tidak hanya berdasarkan bahan, tetapi juga bentuknya. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksanya dengan cermat. Terkadang untuk mempertahankan suhunya, Anda perlu menambahkan minyak dalam jumlah banyak ke dalam panci. Jika kapasitas pancinya sama, lebih baik Anda memilih panci penggorengan yang lebih dalam.


Bahkan saat Anda memasukkan bahan makanan dingin ke dalam panci, suhu minyak akan tetap terjaga dan tidak turun. Dengan demikian, hasil gorengan pun akan lebih renyah. Poin ini perlu Anda perhatikan, terutama saat mengoreng makanan dalam jumlah banyak.

④ Perhatikan juga fitur tambahan agar lebih praktis

Fitur tambahan dari panci penggorengan mampu memberikan kemudahan yang berbeda berdasarkan fungsinya. Kira-kira fitur tambahan mana yang paling cocok untuk Anda?

Bagi pemula: Panci yang dilengkapi termometer dapat dilirik

Bagi pemula: Panci yang dilengkapi termometer dapat dilirik

Bagi Anda yang masih pemula, produk yang dilengkapi termometer lebih disarankan. Jika panci dilengkapi termometer, suhu minyak bisa terlihat jelas. Jadi, Anda tak perlu takut gagal. Selain itu, bila Anda tidak memperhatikan dengan baik, suhu minyak yang dipanaskan akan makin panas dan bisa menyebabkan kebakaran. Dengan adanya termometer, Anda bisa berhati-hati dan mengantisipasi hal berbahaya.


Sebenarnya, Anda dapat mengetahui suhu minyak tanpa termometer. Caranya dengan memasukkan sedikit adonan tepung atau remah roti ke dalam minyak. Kalau tepung atau remah roti mengambang dan meletup, tandanya minyak sudah siap. Cara lain adalah mencelupkan sumpit. Jika ada gelembung di sekitar sumpit, berarti minyak sudah panas. Namun, cara-cara ini membutuhkan sedikit pengalaman.

Tirisan: Memasak jadi lancar dan bebas tetesan minyak

Tirisan: Memasak jadi lancar dan bebas tetesan minyak

Jika Anda ingin memasak dengan lancar, pilihlah panci penggorengan yang dilengkapi tirisan. Anda bisa menaruh makanan yang telah digoreng langsung di atas tirisan sehingga kegiatan memasak berjalan lancar. Minyak dari makanan yang sudah digoreng pun bisa langsung jatuh kembali ke wajan. Dengan demikian, risiko minyak menetes di atas kitchen set bisa dihindari.

Pelindung percikan: Melindungi Anda dari minyak panas

Pelindung percikan: Melindungi Anda dari minyak panas

Saat Anda menggoreng, sebisa mungkin hindarilah percikan minyak yang menyebabkan luka bakar. Karena itu, pilihlah panci penggorengan yang dilengkapi pelindung percikan minyak supaya lebih aman. Panci penggorengan jenis ini memiliki pinggiran yang menjorok ke dalam sehingga mampu melindungi Anda dari percikan.


Poin ini perlu diperhatikan untuk Anda yang sering menggoreng ikan atau cumi yang memiliki cipratan minyak yang banyak. Tanpa pelindung percikan, sensasi ketika Anda menggoreng akan jauh berbeda.

Mulut panci: Bebas tumpah saat menuangkan minyak

Mulut panci: Bebas tumpah saat menuangkan minyak

Kalau Anda ingin menggunakan minyak penggorengan kembali, pilihlah panci yang memiliki bibir panci. Perhatikan poin ini baik-baik, terutama saat Anda menggunakan panci penggorengan besar. Dengan produk ini, Anda bisa mengurangi risiko minyak tumpah ke atas kompor atau meja.

⑤ Pertimbangkan produk yang kompatibel dengan kompor induksi

Pertimbangkan produk yang kompatibel dengan kompor induksi

Jika keluarga Anda menggunakan kompor induksi, pastikan panci penggorengan kompatibel dengan kompor Anda. Kebanyakan panci penggorengan kompatibel dengan kompor induksi, tetapi beberapa panci aluminium dan panci berlapis tidak bisa digunakan.


Tambahan lagi, panci dengan alas yang tidak datar tidak bisa digunakan untuk kompor induksi. Sementara itu, panci dengan alas yang cekung atau mempunyai tatakan tidak menghantarkan panas dengan baik.


Hal tersebut membuat fitur pengaman pada kompor induksi mungkin jadi tak berfungsi jika Anda menggunakannya. Pasalnya suhu kompor bisa menjadi terlalu panas bila Anda menggunakan panci yang bentuk dan warnanya sudah berubah. Jadi, selalu perhatikan poin ini dan lebih baik tak menggunakan panci jika tidak kompatibel dengan kompor.

10 Rekomendasi panci penggorengan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk panci penggorengan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mariska Tracy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KSI

Chefina - Tempura Nabe

KSI Chefina - Tempura Nabe 1枚目

Panci enamel nan imut yang aman untuk kesehatan

2

Micoe

Panci Penggorengan Stainless Steel

Micoe Panci Penggorengan Stainless Steel 1枚目

Masak lebih cepat dengan panci penggorengan tanpa minyak

3

Skitchen

Sabang Deep Skillet

Skitchen Sabang Deep Skillet 1枚目

Lebih awet dan menahan panas lebih lama

4

Hongzhuo

Panci 3 in 1

Hongzhuo Panci 3 in 1 1枚目

Menggoreng kentang hingga mengukus, semuanya bisa!

5

Crioware

Crio Copper Squarepan 6in1

Crioware Crio Copper Squarepan 6in1 1枚目

Goreng donat jadi mudah dengan penggorengan kotak

6

AF Handicraft Aluminium

Panci Penggorengan Sempol

AF Handicraft Aluminium Panci Penggorengan Sempol  1枚目

Ada pemisahnya, menggoreng sempol jadi mudah

7

Hi-Cook

Panci Casserole Pan

Hi-Cook Panci Casserole Pan 1枚目

Mengolah dan menyajikan makanan? Pakai produk ini!

8

Maxim

Ultra Pink Wajan Panci Teflon Anti Lengket 24cm Deep Wok

Maxim Ultra Pink Wajan Panci Teflon Anti Lengket 24cm Deep Wok 1枚目

Tiriskan gorengan jadi mudah, kitchen set tetap indah

9

Subron

Frying Pot 3.4L

Subron Frying Pot 3.4L 1枚目

Buat ayam goreng dan tempura renyah dengan panci ini

10

Calypso

Panci Stainless Steel Set

Calypso Panci Stainless Steel Set 1枚目

Lebih awet! Tak perlu ragu beli satu set

Perincian produk
Close
No.1

KSIChefina - Tempura Nabe

Mulai dari Rp139.000,00

Panci enamel nan imut yang aman untuk kesehatan

Anda sedang mencari merek panci yang aman untuk kesehatan? Kalau begitu, coba lirik produk ini. Penggorengan ini mirip seperti penggorengan lainnya, tetapi KSI menggunakan bahan enamel berstandar food grade yang tidak mengubah rasa makanan.

Materialnya juga sudah berstandar SNI, LFGB 23, FDA Cal Prop 65, dan JIS. Perpaduan tersebut membuat produk ini aman untuk kesehatan. Jika menggunakan produk ini, Anda tak perlu khawatir saat mengolah makanan untuk si kecil.

No.2

MicoePanci Penggorengan Stainless Steel

Mulai dari Rp598.000,00

Masak lebih cepat dengan panci penggorengan tanpa minyak

Rekomendasi panci stainless steel ini cocok untuk Anda yang ingin masak cepat dan bebas ribet. Dengan memakai panci ini, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mulai mengolah bahan makanan. Pasalnya, bagian bawah panci untuk menggoreng ini didesain agar dapat menghantarkan panas dalam waktu delapan detik. Cepat, kan?

Panci stainless steel yang bagus ini makin unggul karena memakai teknologi pola non-stick honeycomb. Jadi, Anda bisa masak tanpa minyak sekalipun. Jika dilihat dari kelebihannya, produk ini sepertinya cocok dijuluki sebagai salah satu penggorengan stainless steel terbaik di pasaran.

No.3

SkitchenSabang Deep Skillet

Mulai dari Rp345.000,00

Lebih awet dan menahan panas lebih lama

Anda menginginkan panci penggorengan yang awet? Produk ini sepertinya bisa jadi jawabannya. Terbuat dari besi cor (iron cast), bahan ini dikenal tahan lama sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, panci besi memiliki kelebihan bisa dibersihkan dengan mudah. Makin sering panci ini dipakai, makin mudah digunakan sehingga cocok untuk Anda yang sering menggoreng makanan.

No.4

Menggoreng kentang hingga mengukus, semuanya bisa!

Milikilah produk ini apabila Anda gemar membuat camilan yang digoreng secara deep fried, contohnya kentang goreng. Desain panci yang dalam akan membuat gorengan matang dengan sempurna, sedangkan keberadaan saringannya dapat memudahkan Anda saat mengangkatnya.


Anda tidak perlu khawatir minyak akan memercik keluar karena panci penggorengan ini sudah dilengkapi tutup kaca antipanas. Desain bagian atasnya juga dibuat melebar keluar agar percikan minyak bisa tertahan dan memungkinkan Anda untuk mengukus makanan. Multifungsi, kan?

No.5

CriowareCrio Copper Squarepan 6in1

Mulai dari Rp499.000,00

Goreng donat jadi mudah dengan penggorengan kotak

Ada banyak jenis wajan untuk menggoreng donat. Kira-kira jenis wajan apa yang disarankan untuk digunakan dalam proses penggorengan donat? Dalam hal ini, kami merekomendasikan produk ini. Panci PFOA free ini memang tidak dikhususkan untuk menggoreng donat. Namun, bentuknya yang persegi dan dalam akan membuat proses menggoreng donat jadi lebih mudah dan tidak ada space tersisa.


Selain untuk menggoreng donat, penggorengan kotak ini juga bisa digunakan untuk menanak nasi, memanggang, menumis, hingga mengukus. Anda yang menyukai alat masak serbaguna sepertinya akan suka dengan produk ini.

No.6

AF Handicraft AluminiumPanci Penggorengan Sempol

Mulai dari Rp75.000,00

Ada pemisahnya, menggoreng sempol jadi mudah

Anda yang pernah menggoreng sempol sendiri pasti tahu repotnya membalikkan sempol supaya matang merata. Agar kegiatan menggoreng sempol jadi mudah, kami merekomendasikan panci penggorengan sempol ini untuk Anda.

Panci penggorengan berbahan aluminium ini dilengkapi pemisah untuk disimpan di bagian tengah. Jadi, saat Anda menggoreng sempol, tusukan satenya tetap berada di atas sehingga bisa dipegang dengan mudah. Tambahan lagi, penggorengan sempol ini juga tersedia dalam beragam ukuran. Anda tinggal pilih saja panci buat goreng sempol yang paling sesuai.

No.7

Hi-CookPanci Casserole PanCP-24

Mulai dari Rp500.000,00

Mengolah dan menyajikan makanan? Pakai produk ini!

Panci casserole adalah panci berukuran besar yang bisa digunakan untuk memasak dan juga menyajikan makanan. Kalau Anda tertarik memiliki panci casserole, kami mengajukan produk ini. Gagangnya yang tahan panas akan memudahkan Anda saat mengangkat panci yang berisi makanan.

Selain itu, produk ini juga menggunakan keramik yang bebas FPOA, FTFE, cadmium, dan lead. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Supaya panci dapat digunakan dalam jangka panjang, gunakanlah spatula kayu atau silikon, ya!

No.8

MaximUltra Pink Wajan Panci Teflon Anti Lengket 24cm Deep Wok

Mulai dari Rp659.500,00

Tiriskan gorengan jadi mudah, kitchen set tetap indah

Membuat gorengan akan lebih mudah jika memakai penggorengan ini karena sudah dilengkapi tirisan. Jadi, gorengan yang sudah matang tinggal diangkat dan diletakkan di tirisan tersebut. Tetesan minyak yang mengganggu pun bisa dikurangi. Anda yang sangat menjaga kebersihan saat memasak kemungkinan akan suka produk ini.


Bagian interior produk ini memang menggunakan teflon. Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir penggorengan akan cepat rusak karena Maxim menggunakan teknologi Teflon Xtra. Bahan ini diklaim dua kali lebih kuat dibandingkan Teflon Classic.

No.9

Buat ayam goreng dan tempura renyah dengan panci ini

Salah satu syarat untuk mendapatkan tempura yang renyah adalah menggorengnya di dalam minyak panas bersuhu 160–170°C. Sementara itu, untuk mendapatkan ayam goreng yang renyah, Anda perlu menggorengnya di dalam minyak bersuhu 250°C.


Memperkirakan suhu tentu terasa merepotkan. Karena itu, kami menyarankan salah satu panci stainless terbaik ini bagi Anda yang gemar membuat tempura atau ayam goreng. Produk ini dilengkapi termometer sehingga suhu minyak bisa diketahui dengan mudah. Agar Anda makin nyaman ketika menggoreng, panci penggorengan ini juga dilengkapi tirisan dan pelindung percikan.

No.10

CalypsoPanci Stainless Steel Set

Mulai dari Rp215.000,00

Lebih awet! Tak perlu ragu beli satu set

Beberapa dari Anda mungkin merasa ragu membeli satu set alat masak karena khawatir tidak akan terpakai dan akhirnya rusak. Untungnya, panci set ini dapat digunakan untuk menggoreng atau merebus. Anda tinggal pilih ukuran yang pas dengan banyaknya bahan makanan.


Produk ini terbuat dari stainless steel 304. Bahan tersebut tidak mudah berkarat serta mudah dibersihkan. Jadi, produk ini cocok dijadikan investasi agar Anda tidak perlu sering-sering membeli alat masak. Anda yang gemar masak dan hanya sesekali memasak sepertinya cocok memiliki produk ini.

Cara membersihkan panci besi yang praktis dan mudah

Cara membersihkan panci besi yang praktis dan mudah

Jika Anda menggunakannya secara hati-hati, panci ini bisa digunakan seumur hidup. Banyak orang yang ragu memilih panci ini karena berpikir cukup merepotkan untuk merawatnya. Namun, merawat panci besi sebenarnya tak begitu merepotkan, bahkan tak perlu sabun tiap kali mencucinya.


  • Pertama. Ketika memakai panci penggorengan untuk pertama kali, cucilah panci dengan sabun, lalu keringkan. Setelah itu, olesi seluruh permukaan wajan dengan minyak dan panaskan wajan sampai muncul asap tipis. Tuangkan minyak tersebut pada wadah. Terakhir, lap bersih semua sisa minyak dengan tisu dapur. Dengan cara ini, panci besi akan awet dan tidak mudah berkarat.

  • Kedua. Minyak yang sudah membaur dengan panci besi melindunginya dari kerak sehingga tak mudah berkarat. Anda juga tak perlu menggunakan sabun untuk penggunaan sehari-hari. Ketika selesai dipakai, segera cuci panci besi hingga bersih, lalu keringkan. Setelah itu, panaskan panci di atas kompor agar kondisinya tetap kering. Jika sudah kering, oleskan minyak secara tipis menggunakan tisu agar tidak mudah berkarat.

  • Ketiga. Jika panci Anda terlanjur berkarat, tak usah khawatir. Bersihkan karat dengan sikat besi dan lakukan lagi langkah pertama, yaitu membersihkan panci besi dengan minyak. Rawat panci penggorengan besi baik-baik dan buatlah gorengan yang renyah!

Baca juga rekomendasi panci dan wajan lainnya di sini

Selain panci penggorengan, masih ada berbagai peralatan dapur yang membantu kegiatan memasak Anda, misalnya panci untuk mengukus dan wajan. Jika Anda juga tertarik mencari wajan atau panci untuk koleksi dapur, simak beberapa artikel kami dibawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh panci penggorengan terbaik. Bagaimana menurut Anda? Dengan memilih panci penggorengan yang sesuai dengan kebutuhan, pastinya gorengan yang dihasilkan akan menjadi lebih enak.


Tak hanya itu, proses membuat gorengan pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Pilihlah panci penggorengan yang paling cocok untuk Anda. Semoga rekomendasi kami berguna bagi Anda dan keluarga.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer