10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sambal Bawang Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Apa pun jenis makanannya, harus ada sambal! Begitulah perumpamaan yang bisa menggambarkan budaya makan orang Indonesia. Kecintaan kita terhadap sambal telah menghasilkan beragam varian sambal dengan cita rasa khas. Di antara sekian banyak jenis sambal tersebut, ada satu jenis sambal yang menjadi hits, yaitu sambal bawang.

Namun, banyaknya produk yang dijual terkadang membingungkan sebagian orang dalam memilih. Agar lebih mudah menemukan produk terbaik, kami akan membahas bagaimana cara memilih sambal bawang yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk sambal yang populer, seperti Bu Rudy, Bu Susan, dan Bu Sandra. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu sambal bawang?

Apa itu sambal bawang?

Sambal bawang adalah jenis sambal yang menggunakan cabai rawit dan bawang sebagai bahan utamanya. Secara umum, setiap produk sambal juga mengandung garam, gula, dan minyak. Pada beberapa produk terdapat pula bahan tambahan lain, seperti terasi, potongan ikan, kacang, atau dedaunan bumbu masak, yang membuat sambal lebih kaya rasa.

Biasanya sambal bawang paling banyak digunakan untuk dihidangkan bersama jenis makanan gorengan atau yang dipanggang. Meskipun demikian, ada juga sambal bawang yang cocok digunakan sebagai topping nasi putih, mie, maupun makanan berkuah seperti bakso. Rasa pedas bercampur gurih ini membuat sambal bawang menjadi salah satu kegemaran orang Indonesia.

Cara memilih sambal bawang

Sambal dalam kemasan mungkin hampir semuanya terlihat sama saja. Begitu juga dengan sambal bawang. Lalu, bagaimana caranya memilih sambal bawang yang terbaik? Meski definisi terbaik bisa jadi relatif, ada beberapa poin yang bisa dijadikan indikasi supaya dapat memenuhi ekspektasi Anda. Di antaranya adalah jenis cabai, komposisi bahan tambahan, dan juga wujudnya.

Selain itu, terdapat pula faktor lain yang juga berperan dalam menentukan kualitas sambal, seperti masa kedaluwarsa, sertifikasi yang menjamin mutu, serta kehalalan produk tersebut. Perhatikanlah poin-poin ini saat memilih sambal bawang untuk disantap bersama hidangan favorit Anda!

Pilih jenis cabai sesuai tingkat kepedasan

Standar internasional tingkat kepedasan cabai diukur menggunakan skala Scoville Heat Unit (SHU). Objek penentu jumlah satuan pedas SHU adalah kelenjar kapsaisin yang terdapat di dalam cabai. Semakin tinggi angka SHU-nya, semakin pedas pula rasa cabainya. Lalu, jenis cabai apa saja yang bisa membuat sambal semakin pedas dan lezat untuk dikonsumsi?

Cabai rawit, pedas yang populer di lidah orang Indonesia

Cabai rawit, pedas yang populer di lidah orang Indonesia

Jenis cabai ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama bird’s eye chili peppers. Dengan tingkat SHU 50.000-100.000, cabai ini cukup populer sebagai bumbu masakan, tidak hanya di tanah air, tetapi juga di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Warna cabai rawit akan berubah dari hijau menjadi merah seiring tingkat kematangannya. Cabai rawit berwarna hijau memiliki rasa yang paling tidak pedas. Sementara itu, cabai berwarna merah terang memiliki rasa yang terpedas.

Trinidad scorpion, puluhan kali lebih pedas dari cabai rawit!

Trinidad scorpion, puluhan kali lebih pedas dari cabai rawit!

Varian cabai ini memiliki skala SHU hampir menembus angka 1.500.000 sehingga sempat diakui oleh Guiness World Records sebagai yang terpedas di dunia. Skala SHU-nya sekitar lima belas kali lebih tinggi daripada jenis cabai rawit, membuat cabai ini lebih cocok dikonsumsi oleh maniak sambal.

Walau terkenal sebagai salah satu cabai terpedas di dunia, varietas ini memiliki rasa dasar yang manis seperti buah. Jadi, saat mencicip untuk pertama kalinya, rasa manis inilah yang lebih dahulu terasa sebelum pedas datang menyengat mulut dan lidah Anda.

Perhatikan komposisi bahan tambahannya

Hampir seluruh produk sambal yang dijual di pasaran mengandung bahan tambahan. Bahan ini diperlukan untuk berbagai macam tujuan, dari mulai memperbaiki penampilan, cita rasa, tekstur, atau juga memperpanjang masa kedaluwarsa. Terdapat dua jenis komposisi tambahan, yaitu bahan alami dan buatan (zat aditif).

Bahan alami untuk sambal yang lebih kaya rasa

Bahan alami untuk sambal yang lebih kaya rasa

Berbagai macam komposisi tambahan yang alami ditambahkan ke dalam produk sambal agar rasa tidak melulu pedas, tetapi juga bisa lebih kompleks. Salah satu bahan yang populer adalah terasi. Fermentasi ikan atau udang ini ditambahkan untuk menambah asin dan gurih, sekaligus menambah harum aroma sambal.

Rempah-rempah juga populer sebagai bahan tambahan karena memiliki aroma dan rasa yang kuat, serta dapat membuat sambal lebih tahan lama. Selain itu, terdapat juga bumbu tambahan seperti cuka dan potongan ikan yang berguna untuk membuat sambal lebih kaya rasa.

Tambahan bahan buatan supaya rasa lebih unggul dan tahan lebih lama

Tambahan bahan buatan supaya rasa lebih unggul dan tahan lebih lama

Zat aditif adalah bahan senyawa kimia yang tidak bisa didapatkan dari bahan alami. Tujuan utama penggunaan ini adalah memperbaiki kelemahan mutu sambal agar kualitasnya meningkat, lebih lezat, dan lebih tahan lama disimpan. Bahan pengawet yang aman untuk makanan, di antaranya adalah MSG (Monosodium glutamate) dan sodium benzoat.

MSG merupakan penguat dan penyeimbang rasa makanan. Dengan dosis yang tepat, segala jenis makanan, termasuk sambal, akan menjadi lebih sedap ketimbang hanya menggunakan bahan alami. Lain halnya dengan sodium benzoat. Bahan ini adalah pengawet makanan yang dapat memperpanjang masa pakai jauh lebih lama.

Pilih berdasarkan wujudnya

Penilaian terhadap kelezatan rasa juga dipengaruhi oleh wujud sambal. Ada orang yang suka mengonsumsi sambal “basah“ dengan cara dicocol, ada juga yang lebih memilih kering, menaburkannya di atas makanan.

Wujud basah yang umum dikonsumsi secara turun-temurun 

Wujud basah yang umum dikonsumsi secara turun-temurun 

Pada wujud ini, cabai diolah menjadi sambal dengan cara dilumatkan untuk mendapatkan kandungan sari pati kemudian ditambahkan bahan-bahan lain sebagai penyedap ataupun pengawet. Kebanyakan orang menyukai tipe ini karena semua sari pati cabai masih terkandung di dalamnya. Sambal tipe ini merupakan yang paling umum dikonsumsi turun-temurun.

Wujud kering renyah agar praktis dan tidak berlepotan

Wujud kering renyah agar praktis dan tidak berlepotan

Meski tidak sepopuler tipe basah, wujud kering banyak dipakai sebagai alternatif karena kepraktisannya. Tipe ini digemari karena cairan benar-benar hilang seluruhnya. Dengan demikian, makanan tidak terlalu berminyak dan cara makan yang berlepotan pun bisa diminimalkan.

Periksa juga sertifikasinya

Sertifikasi produk memang tidak berkaitan langsung dengan julukan yang terbaik. Akan tetapi, segala atribut pada kemasan, termasuk sertifikat jaminan mutu dan halal, sangat memengaruhi kepopuleran produk di mata konsumen. Lalu, apa saja jenis sertifikasi tersebut?

Badan POM, izin keamanan konsumsi produk skala manufaktur

Badan POM, izin keamanan konsumsi produk skala manufaktur

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang mengeluarkan sertifikat izin pengedaran obat dan makanan. Produk yang mendapatkan izin adalah yang berasal dari industri skala manufaktur. Persyaratan keamanan pangan komprehensif yang ditetapkan harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi jenis ini.

SPP-IRT, izin layak konsumsi untuk produk skala kecil

SPP-IRT, izin layak konsumsi untuk produk skala kecil

Sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) adalah izin yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan melalui pemerintah daerah. Sertifikat ini hanya dikeluarkan untuk izin industri rumah tangga dengan produksi skala kecil yang tidak membutuhkan modal besar.

Halal MUI, label aman konsumsi kepercayaan mayoritas orang Indonesia

Halal MUI, label aman konsumsi kepercayaan mayoritas orang Indonesia

Selain dari dua lembaga kesehatan negara yang disebutkan di atas, terdapat pula sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Meski tidak diwajibkan, adanya label sertifikat ini bisa meyakinkan mayoritas masyarakat Indonesia bahwa produk sambal tersebut aman untuk dikonsumsi.

Cek masa kedaluwarsanya. Yang lezat umumnya tidak tahan lama

Cek masa kedaluwarsanya. Yang lezat umumnya tidak tahan lama

Produk sambal yang lezat pada umumnya adalah yang paling sedikit proses olahannya karena rasanya hampir menyerupai bahan alaminya. Walau tidak semua, biasanya produk semacam ini memiliki masa konsumsi relatif lebih singkat. Periksalah tanggal kedaluwarsa produk sebelum membeli, dan simpanlah di dalam kulkas setelah mengonsumsinya.

Cek juga review-nya di internet

Cek juga review-nya di internet

Sambal yang lezat tentu mendapatkan review bagus di kalangan konsumennya. Kepuasan akan produk sambal tertentu akan disebarkan dari mulut ke mulut atau melalui review di internet.

Meski tanpa informasi memadai di situs resmi atau bahkan tidak memiliki official site, beberapa produk, seperti sambal Bu Majun dan Bu Sandra, bisa menjadi terkenal hanya dengan mengandalkan word of mouth dan internet review. Cek terlebih dahulu “gosip”nya di internet sebelum mengambil keputusan membeli produk sambal yang terbaik.

10 Rekomendasi sambal bawang terbaik

Setelah memahami beberapa poin untuk memilih sambal bawang, pada bagian ini kami akan membahas sepuluh produk sambal bawang terbaik yang populer di toko online. Pilihlah produk yang dapat memenuhi ekspektasi rasa pedas Anda!

10. Sambal Bawang Jebreet

10. Sambal Bawang Jebreet

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Rasa cabai rawit merahnya jebreet banget di lidah!

Sesuai dengan mereknya, sambal bawang ini memiliki perpaduan rasa asin dan pedas yang “menendang“ lidah, alias “jebret“ banget! Rasa cabai rawit merah segarnya yang diracik dengan bumbu rempah khas daerah Banjar, Jawa Barat, membuat produk ini cocok untuk dijadikan pelengkap menu makanan favorit Anda.

Produk ini juga telah mendapat sertifikat jaminan mutu dan halal sehingga Anda tidak perlu khawatir atau ragu untuk mencoba produknya. Bagi Anda pencinta sambal yang menginginkan sambal yang pedasnya dahsyat, boleh mencoba sambal yang satu ini!

Jenis cabai Rawit
Tingkat kepedasan 50.000-100.000 SHU
Komposisi tambahan Rempah
Sertifikasi SPP-IRT, Halal MUI
Masa kedaluwarsa Tidak ada keterangan
Isi 165 gram

9. Kokita Sambal Rawit Bawang

9. Kokita Sambal Rawit Bawang  

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.999

Manufaktur higienis buat sambal lebih tahan lama

Produk satu ini memakai cabai rawit hijau sebagai komposisi utamanya. Meski tidak sepedas yang berwarna merah, rasanya tetap kuat “menusuk“ hidung dan lidah. Perpaduan cabai dengan resep tradisional ini cocok untuk aneka hidangan masakan tanpa membuat kerongkongan terlalu panas.

Proses pembuatan sambal dilakukan dalam pabrik higienis di Bandung dengan standar kontrol yang canggih untuk memenuhi persyaratan salah satu badan standar pangan Indonesia, BPOM. Dengan proses yang terawasi secara maksimal, masa kedaluwarsa bisa lebih lama sehingga produk ini bisa dijadikan sebagai stok sambal di rumah.

Jenis cabai Rawit hijau
Tingkat kepedasan 50.000-100.000 SHU
Komposisi tambahan Penguat rasa, MSG, Sodium benzoat
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Masa kedaluwarsa Tidak ada keterangan
Isi 200 gram

8. Little Dragon Chili Sauce

8. Little Dragon Chili Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.500

Bawa serta rasa Indonesia ke mana saja kaki melangkah dengan kemasan saset yang praktis

Lahirnya Little Dragon Chili Sauce terilhami dari kesulitan menemukan sambal pada saat berwisata ke luar negeri. Produk ini dikemas dalam bentuk saset yang tidak mudah sobek dan praktis sehingga Anda tetap bisa merasakan nikmatnya sambal khas nusantara meskipun sedang jauh dari tanah air.

Merek asli Surabaya ini menggunakan cabai rawit merah sebagai bahan dasarnya tanpa pewarna dan tepung kanji. Untuk membangkitkan selera, ditambahkan pula daun serai dan terasi udang supaya wangi sambal dan rasa gurih lebih terasa di indra. Sementara itu, manufaktur dilakukan di pabrik-pabrik modern yang higienis di bawah pengawasan ahli sehingga tahan lebih lama.

Jenis cabai Rawit
Tingkat kepedasan 50.000-100.000 SHU
Komposisi tambahan Daun serai, terasi udang, MSG
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Masa kedaluwarsa Tidak ada keterangan
Isi 8 gram/sachet

7. Sambal Bawang Neng Geulis

7. Sambal Bawang Neng Geulis

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.000

Sambal pun bisa dikonsumsi secara “krenyes“, lho!

Jikalau selama ini kebanyakan produk sambal berwujud saus yang cenderung berminyak, produk satu ini menawarkan cara konsumsi alternatif, yaitu berwujud kering. Sambal tanpa cairan cabai dan minyak ini tidak hanya membuat konsumsi lebih mudah tetapi juga meminimalkan berlepotan pada saat makan.

Campuran cabai, teri, kacang, dan bawang yang renyah membuat produk ini cocok dijadikan topping nasi putih hangat, mi goreng, ataupun bakso. Tingkat kepedasannya pun terbagi menjadi beberapa level yang bisa disesuaikan dengan selera. Selain dalam toples, produk ini juga tersedia dalam kemasan pouch yang praktis dibawa-bawa.

Jenis cabai Rawit
Tingkat kepedasan 50.000-100.000 SHU
Komposisi tambahan Kacang, ikan teri, perasa tanpa bahan pengawet
Sertifikasi SPP-IRT, Halal MUI
Masa kedaluwarsa 7 bulan
Isi 100 gram

6. Sambal Naknan Level 5

6. Sambal Naknan Level 5

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.000

Cabai Trinidad scorpion untuk memuaskan hasrat maniak sambal!

Sambal Naknan dengan tingkat kepedasan level 5 menggunakan salah satu jenis cabai terpedas di dunia, Trinidad scorpion. Kami merekomendasikan produk ini untuk pencinta sambal yang tidak puas dengan pedasnya cabai jenis rawit.

Produksi sambal Naknan menggunakan kualitas cabai tertinggi yang ada di pasaran tanpa menggunakan bahan pengawet. Agar masa kedaluwarsa bisa lama, proses pembuatan dan pengepakan produk dilakukan dengan mesin otomatis yang disupervisi tenaga ahli.

Jenis cabai Trinidad scorpion 
Tingkat kepedasan 1.500.000 SHU
Komposisi tambahan Rempah, penyedap rasa, sodium benzoat
Sertifikasi BPOM, Halal MUI
Masa kedaluwarsa 12 bulan
Isi 140 gram

5. Sambal Bu Sandra dengan Rasa Bawang

5. Sambal Bu Sandra dengan Rasa Bawang

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 18.000

Tak perlu tambah lauk lagi dengan potongan cabai ikannya!

Sambal Bu Sandra dengan Rasa Bawang merupakan produk terlaris di antara 12 varian rasa sambal produksi Bu Sandra. Salah satu keunikan produk ini adalah adanya potongan ikan di dalamnya yang bisa juga dijadikan lauk tambahan sehingga dapat menambah cita rasa saat menyantap makanan.

Setiap kemasan dilengkapi dengan lapisan pelindung yang terbuat dari aluminium pada bagian tutupnya sehingga kualitas rasa tidak mengalami degradasi pada saat pengiriman. Hal ini juga meminimalkan terjadinya kebocoran. Dengan demikian, Anda dapat meletakkan sambal di dalam tas selama perjalanan tanpa perlu khawatir tumpah.

Jenis cabai Rawit
Tingkat kepedasan 50.000-100.000 SHU
Komposisi tambahan Ikan
Sertifikasi SPP-IRT, Halal MUI
Masa kedaluwarsa 6 bulan
Isi 150 gram

4. Selera Pedas Bu Majun

4. Selera Pedas Bu Majun

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 25.000

Diolah agak mentah dengan potongan cabai yang lebih besar

Selera Pedas Bu Majun merupakan merek sambal khas Bali yang memiliki dua ragam rasa, yaitu sambal matah dan sambal bawang. Varian sambal bawangnya memiliki potongan cabai yang relatif besar dan diolah tidak terlalu matang sehingga menghasilkan rasa ekstra pedas. Cocok untuk Anda yang menyukai sambal cenderung mentah dengan tekstur agak kasar.

Jenis cabai Tidak ada keterangan
Tingkat kepedasan Tidak ada keterangan
Komposisi tambahan Sodium benzoat
Sertifikasi Halal MUI
Masa kedaluwarsa 2 bulan
Isi 180 gram

3. Sambel Mertua Sambel Bawang

3. Sambel Mertua Sambel Bawang

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.800

Gambar dan nama yang unik, pas sebagai oleh-oleh untuk menantu kesayangan

Selain kejenakaan nama produknya, rasa cabai yang pedas dari produk ini juga mampu membuat penggemar sambal ketagihan setelah mencobanya. Sambal Mertua Bawang memiliki dua level kepedasan yang dapat Anda pilih sesuai selera, yaitu level 3 dan level 5.

Secara umum, sambal produksi industri rumah tangga mudah basi, tetapi tidak dengan Sambal Mertua Bawang! Masa kedaluwarsanya bisa tahan sampai sekitar 5 bulan karena menggunakan cabai dan bawang segar berkualitas yang segar. Selain itu, desain gambar yang unik pada kemasannya menjadikan produk ini pantas juga dijadikan oleh-oleh.

Jenis cabai Tidak ada keterangan
Tingkat kepedasan Tidak ada keterangan
Komposisi tambahan Rempah, penyedap rasa
Sertifikasi Halal MUI
Masa kedaluwarsa 5 bulan
Isi 180 gram

2. Sambal Bu Susan

2. Sambal Bu Susan

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 21.800

Potongan bawang segar buat produk “naik daun“

Sambal Bu Susan unik tidak hanya karena rasanya saja yang ekstra pedas, tetapi juga karena terdapat potongan bawang segar di dalam setiap kemasannya. Bagi Anda yang ingin berkeringat kepedasan sekaligus menikmati gurihnya potongan bawang, produk ini adalah rekomendasinya!

Berbeda dari kemasan produk sambal lain yang menggunakan seal dari aluminium foil, sambal Bu Susan menggunakan tutup dalam berbentuk plastik sehingga mengurangi udara masuk yang bisa mengakibatkan sambal lebih cepat basi. Agar produk bisa tahan lebih dari dua bulan, disarankan untuk menyimpannya dalam lemari es.

Jenis cabai Tidak ada keterangan
Tingkat kepedasan Tidak ada keterangan
Komposisi tambahan Tidak ada keterangan
Sertifikasi SPP-IRT, Halal MUI
Masa kedaluwarsa 3 bulan
Isi 150 gram

1. Sambal Bawang Bu Rudy

1. Sambal Bawang Bu Rudy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 23.000

Sambal bawang legenda yang aman dikonsumsi vegetarian

Produk dari Bu Rudy adalah salah satu perintis sambal tradisional kemasan. Nama Bu Rudy terkenal pertama kali melalui produk sambal bawangnya. Kuantitas cabai rawit merah di dalam setiap kemasannya cukup banyak sehingga menghasilkan sambal super pedas yang digemari sambal lover, tidak hanya di Surabaya, tetapi juga di provinsi lainnya.

Selain menggunakan cabai dan bawang bermutu tinggi, produk ini hanya mengandung komposisi tambahan nonhewani sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang vegetarian. Karena bahan bakunya yang segar, sambal ini hanya mampu bertahan 1 bulan di dalam suhu ruangan. Jadi, sebaiknya segera dikonsumsi, ya!

Jenis cabai Rawit
Tingkat kepedasan 50.000-100.000 SHU
Komposisi tambahan Penyedap rasa, MSG
Sertifikasi SPP-IRT
Masa kedaluwarsa 1 bulan
Isi 150 gram

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi sambal bawang terbaik yang telah kami berikan, apakah sudah ada produk yang Anda pilih? Setiap produk sambal memiliki rasa yang unik, berbeda dengan produk lainnya. Selain itu, beberapa produk juga memiliki jenis sertifikat dan wujud yang berbeda. Bacalah dengan cermat cara penjelasan setiap produk agar dapat memilih dengan mantap. Selamat memilih!