10 Rekomendasi Lonceng Angin Terbaik untuk Bel Rumah (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lonceng Angin Terbaik untuk Bel Rumah (Terbaru Tahun 2019)

Lonceng angin yang memiliki bunyi khas gemerincing juga kerap digunakan sebagai bel pintu. Dari perspektif feng shui, lonceng angin juga dikenal sebagai hiasan pembawa keberuntungan. Namun, banyaknya produk yang dijual mungkin bisa membuat Anda bingung dalam memilih.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan rekomendasi lonceng angin terbaik untuk bel rumah kepada Anda. Simak terus dan temukanlah lonceng angin yang sesuai dengan rumah Anda.

Daftar isi

Cara memilih lonceng angin untuk bel rumah

Sekarang, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih lonceng angin untuk bel rumah. Jadikanlah penjelasan berikut ini sebagai referensi sebelum membeli lonceng angin.

Pilihlah berdasarkan tipe lonceng untuk mendapatkan warna bunyi yang tepat

Lonceng angin terdiri dari dua tipe, yakni tipe bel dan chime. Tipe bel yang dapat menghasilkan bunyi layaknya bel dan tipe chime yang menghasilkan bunyi khas hasil benturan beberapa pipa logam. Karena setiap orang memiliki selera masing-masing, pilihlah lonceng angin dengan bunyi yang Anda sukai.

Tipe bel, menghasilkan bunyi khas lonceng yang hangat dan klasik

Tipe bel, menghasilkan bunyi khas lonceng yang hangat dan klasik

Tipe bel yang memiliki desain sederhana ini menghasilkan bunyi khas lonceng klasik. Kesan hangat dan tenang dari lonceng angin tipe ini cocok dipadukan dengan interior yang bernuansa natural.

Tipe chime, mampu menghasilkan bunyi yang nyaring dan riang

Tipe chime, mampu menghasilkan bunyi yang nyaring dan riang

Tipe chime terdiri dari pipa-pipa logam kecil yang saling bertabrakan untuk menghasilkan bunyi yang riang dan nyaring. Bila Anda ingin menghadirkan nuansa sejuk di rumah Anda ketika angin berhembus, pilihlah lonceng angin bertipe chime.

Pilihlah tipe pemasangan yang sesuai dengan kebutuhan

Tipe pemasangan lonceng cukup beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Di antaranya adalah tipe magnet, tipe suspensi, tipe sekrup, tipe yang dipasang dengan double tape, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan menjelaskan tipe pemasangan yang paling umum ditemui, yakni tipe magnet, tipe suspensi, dan tipe sekrup.

Tipe magnet, memanfaatkan daya tarik magnet untuk melekat pada pintu

Tipe magnet, memanfaatkan daya tarik magnet untuk melekat pada pintu

Seperti namanya, lonceng angin dengan tipe magnet memanfaatkan daya tarik magnet untuk melekat pada pintu. Bila pintu rumah Anda terbuat dari bahan besi, Anda bisa langsung melekatkan lonceng angin tersebut begitu saja. Lain halnya bila pintu rumah Anda terbuat dari bahan lain. Anda bisa menempelkan pelat besi pada salah satu sisi pintu sebagai tempat menempelkan lonceng angin tersebut.

Pelat besi hampir selalu disertakan pada setiap pembelian lonceng angin bertipe magnet. Sebelum membeli, pastikanlah kelengkapan pelat besi ini disertakan dalam pembelian produk pilihan Anda. Tipe magnet memang masih cukup jarang ditemui. Meski begitu, tentu masih banyak lonceng angin lain yang tak kalah menarik untuk dimiliki dan mudah ditemukan di online shop kesayangan Anda.

Tipe suspensi, dapat dipasang dengan mudah

Tipe suspensi, dapat dipasang dengan mudah

Tipe suspensi dapat dipasangkan pada pintu dengan menggantungkannya pada hook permanen atau S-hook. Bila Anda menggunakan S-hook, lonceng tipe ini akan semakin mudah dipasang. Selain menggantungkannya pada pintu masuk rumah atau pintu ruang lainnya, Anda juga bisa menggantungkannya pada jendela. Nikmatilah bunyi indah yang akan menambah suasana santai di rumah Anda saat lonceng terterpa angin.

Tipe sekrup, melekat lebih kuat untuk pemasangan permanen

Tipe sekrup, melekat lebih kuat untuk pemasangan permanen

Tipe sekrup biasa dipasang pada pintu berbahan kayu. Sekrupnya akan menjaga lonceng angin agar tidak terjatuh saat pintu dibuka dan ditutup. Lebih kuat melekat pada medianya, jenis ini ideal untuk pemasangan secara permanen.

Lonceng angin tipe magnet juga sering kali dilengkapi dengan sekrup tapping agar dapat dipasang pada pintu berbahan kayu atau aluminium. Karena kedua tipe tersebut sama-sama dilengkapi dengan sekrup, cermatilah terlebih dahulu agar Anda tidak salah membeli.

Pilihlah bahan lonceng sesuai performa dan karakteristik yang diinginkan

Badan lonceng dari lonceng angin terbuat dari macam-macam bahan, seperti aluminium, kuningan, besi, dan lain sebagainya. Meski begitu, kali ini kami hanya akan menjelaskan tiga bahan yang paling umum digunakan, yaitu aluminium, kuningan, dan besi. Simak selengkapnya berikut ini!

Bahan aluminium, memiliki tampilan menawan, bobot ringan, dan ketahanan tinggi

Bahan aluminium, memiliki tampilan menawan, bobot ringan, dan ketahanan tinggi

Salah satu kelebihan lonceng angin berbahan aluminium ialah bobotnya yang ringan. Karena itulah lonceng berbahan ini mudah berayun ketika pintu terbuka atau terkena hembusan angin. Dengan begitu, Anda bisa menikmati bunyi lonceng yang khas meski hanya membuka atau menutup pintu secara perlahan. Selain itu, bahan aluminium juga merupakan bahan metal yang bisa diwarnai, baik menggunakan cat biasa maupun dengan proses anodizing. Hasilnya adalah desain produk yang beragam. Bila Anda mencari produk yang menawan sekaligus kuat, pilihlah bahan aluminium.

Bahan kuningan, memiliki tampilan yang antik dan klasik

Bahan kuningan, memiliki tampilan yang antik dan klasik

Kuningan merupakan bahan logam hasil perpaduan tembaga dan seng. Bahan kuningan banyak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk membuat kerajinan. Lonceng angin yang terbuat dari bahan kuningan memiliki warna kuning indah yang akan berubah seiring waktu karena proses oksidasi alami. Perubahan warna ini mampu memberi kesan antik pada logam tersebut. Karena itu, lonceng angin berbahan kuningan ideal bagi Anda yang hendak menggunakan lonceng dalam waktu lama untuk mendapatkan nuansa antiknya.

Bahan besi, memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan berbunyi nyaring

Bahan besi, memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan berbunyi nyaring

Lonceng angin dari besi berkarakteristik bahan keras dan kuat. Bila Anda menginginkan produk yang awet, pilihlah lonceng angin berbahan besi. Selain itu, lonceng angin berbahan besi juga mampu menghasilkan bunyi yang nyaring dan menyenangkan. Meski secara visual tampak biasa dan sederhana, produk berbahan ini ternyata mampu menghasilkan bunyi yang terkesan cerah. Gap dari dua hal tersebut bisa dinikmati dengan memilih lonceng angin berbahan ini.

Selain bahan-bahan di atas, lonceng angin juga banyak terbuat dari bahan tembaga, metal, bahkan bambu yang bisa Anda temukan dengan mudah di online shop kesayangan Anda. Silakan pilih bahan lonceng angin yang paling sesuai dengan kesukaan dan suasana rumah Anda.

Pilihlah lonceng yang sesuai dengan desain pintu rumah Anda

Pilihlah lonceng yang sesuai dengan desain pintu rumah Anda

Dalam pemilihan lonceng angin, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan desain pintu Anda. Jika Anda ingin menggunakan lonceng angin pada pintu geser, periksalah tipenya terlebih dahulu agar tidak mengganggu fungsi pintu. Apabila pintu di rumah Anda merupakan pintu berengsel, Anda bisa lebih bebas memilih tipe lonceng angin tanpa khawatir loncengnya akan mengganggu fungsi pintu.

Sementara itu, bila Anda memilih lonceng angin dengan tipe gantung, pastikanlah bahwa pintu Anda dapat dipasangi hook. Setelah itu, barulah Anda bisa membeli lonceng angin tanpa khawatir salah pilih.

10 Rekomendasi lonceng angin terbaik untuk bel rumah

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi lonceng angin terbaik untuk bel rumah yang telah kami rangkum khusus untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin di atas dan temukanlah produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

10. Lonceng Angin Motif Naga

10. Lonceng Angin Motif Naga

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Desainnya simpel, pas sebagai penghias rumah minimalis Anda

Berdesain sederhana, lonceng angin berikut layak dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menambah kesan minimalis dan tenang pada rumah Anda. Selain itu, bila diperhatikan dari jarak dekat, produk ini juga memiliki motif naga yang membuatnya tampak lebih keren. Ditambah lagi, konon lonceng ini bisa menghalau kesialan bila dipasangkan di sisi barat daya rumah Anda!

Tipe lonceng Tipe chime
Tipe pemasangan Tipe suspensi
Bahan Tidak disebutkan
Saran tipe pintu Pintu engsel

9. Lonceng Angin 3 Cup

9. Lonceng Angin 3 Cup

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 85.000

Tersedia dalam beragam desain yang melambangkan beragam jenis keberuntungan

Lonceng angin berikut tersedia dalam beberapa lambang berbeda yang masing-masing desainnya melambangkan keberuntungan tertentu.  Karena itu, bila Anda mencari produk yang dapat menghadirkan aura positif di rumah Anda dengan beragam pilihan desain menarik, pilihlah lonceng ini. Dengan lonceng ini, tentukan sendiri keberuntungan yang Anda inginkan!

Tipe lonceng Tipe bel
Tipe pemasangan Tipe suspensi
Bahan Tembaga
Saran tipe pintu Pintu engsel

8. Lonceng Angin 8 Batang Taichi

8. Lonceng Angin 8 Batang Taichi

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Mencari lonceng angin yang dipercaya dapat mendatangkan pelanggan atau keberuntungan? Ini dia jawabannya

Menurut ilmu tipografi kuno Tiongkok, lonceng angin dengan delapan batang pipa dapat mengundang pelanggan. Karena itu, Anda yang membuka usaha toko tentunya akan menyukai produk dengan simbol yin dan yang berikut ini.

Keyakinan berbeda pada setiap orang, tetapi bila Anda termasuk orang yang percaya akan keberuntungan yang dibawa lonceng angin, dianjurkan untuk menggantinya setiap tahun. Membelinya sebagai hadiah tahun baru untuk teman atau kerabat juga ide yang bagus.

Tipe lonceng Tipe chime
Tipe pemasangan Tipe suspensi
Bahan Aluminium
Saran tipe pintu Pintu engsel

7. Lonceng Angin Kuningan Wayang Punakawan

7. Lonceng Angin Kuningan Wayang Punakawan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Desain elegan plus nyaring bunyinya!

Jika Anda mencari produk yang dapat memberi kesan elegan sekaligus klasik untuk pintu rumah Anda, lonceng angin berikut layak Anda pilih. Dengan dua lonceng yang dihubungkan dengan rantai di bagian tengahnya, tampilkanlah kesan mewah pada rumah Anda! Selain itu, lonceng ganda membuat produk ini bisa berbunyi lebih nyaring dari lonceng tipe bel lainnya.

Tipe lonceng Tipe bel
Tipe pemasangan Tipe sekrup (bisa menggunakan sekrup kecil)
Bahan Kuningan campuran
Saran tipe pintu Pintu engsel atau pintu geser

6. Lonceng Angin Klasik Berbentuk Kuda

6. Lonceng Angin Klasik Berbentuk Kuda

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 65.000

Hadirkan kesan klasik dan retro di rumah Anda

Bila Anda mencari lonceng angin dengan nuansa retro, produk berikut cocok menjadi pilihan Anda. Perpaduan warna dan desain produk ini membuat gaya rumah Anda seakan kembali ke tahun 1970-an yang kental dengan nuansa antik. Adanya tulisan ‘welcome’ juga menjadikan lonceng ini semakin cocok dijadikan sebagai penghias pintu masuk rumah Anda.

Tipe lonceng Tipe bel
Tipe pemasangan Tipe sekrup
Bahan Logam besi campuran
Saran tipe pintu Pintu engsel dan pintu geser

5. Lonceng Angin Pagoda 5 Susun

5. Lonceng Angin Pagoda 5 Susun 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 100.000

Buat rumah Anda kian menawan dengan lonceng angin pagoda berwarna-warni

Memiliki desain yang cantik, produk berikut bisa menjadi pilihan bila Anda ingin memperindah tampilan depan rumah. Dengan pagoda lima susun yang berwarna-warni, lonceng angin ini mampu menambah kesan colorful. Desainnya yang ramai dengan banyak lonceng juga membuat produk ini membawa suasana riang di rumah Anda.

Tipe lonceng Tipe chime
Tipe pemasangan Tipe suspensi
Bahan Metal campuran
Saran tipe pintu Pintu engsel

4. Lonceng Angin Burung Bambu

4. Lonceng Angin Burung Bambu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 99.000

Perpaduan bahan dan bentuk yang unik membuat wajah rumah semakin menarik

Menggunakan bahan utama yang berbeda dari lonceng angin pada umumnya, produk ini layak dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menonjolkan kesan asri dan alami pada rumah Anda. Bunyi yang dihasilkan pun tidak kalah khas dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, bentuknya yang unik bisa menjadikan rumah Anda lebih eye-catching dan mudah dikenali.

Tipe lonceng Tipe chime
Tipe pemasangan Tipe suspensi
Bahan Bambu dan kelapa
Saran tipe pintu Pintu engsel

3. El Swan Wind Chime

3. El Swan Wind Chime

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 238.100

Dapatkan tampilan rumah kian elegan dengan lonceng yang tampak mewah

Bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan elegan pada rumah Anda, pilih saja lonceng angin berikut. Di samping desain burung angsa yang melambangkan keanggunan, produk ini juga dipadukan dengan kristal Swarovski premium. Dengan kilau yang menawan secara visual, lonceng angin yang satu ini menghadirkan kesan mewah pada rumah Anda.

Tipe lonceng Tipe chime
Tipe pemasangan Tipe suspensi
Bahan Tidak diketahui
Saran tipe pintu Pintu engsel

2. Lonceng Angin Lucky Cat

2. Lonceng Angin Lucky Cat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 153.100

Halau energi negatif dengan lonceng kucing pembawa keberuntungan

Dipadukan dengan dua bahan logam yang berbeda, produk berikut bisa menjadi pilihan bila Anda mencari lonceng yang awet. Ditambah lagi, desain kucingnya yang menggemaskan juga menjadi daya tarik dari produk ini.

Kucing yang menjadi desain pada produk ini bukan kucing biasa, melainkan “lucky cat” atau “maneki neko” (dalam bahasa Jepang), yang dipercaya membawa keberuntungan. Selain itu, loncengnya yang berjumlah enam pun dipercaya efektif untuk menghalangi energi negatif menyusup ke dalam rumah Anda.

Tipe lonceng Tipe bel
Tipe pemasangan Tipe magnet
Bahan Bagian kucing terbuat dari logam campuran, bagian lonceng terbuat dari tembaga murni
Saran tipe pintu Pintu engsel dan pintu geser

1. Lonceng Angin Metal Copper Chimes

1. Lonceng Angin Metal Copper Chimes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 193.000

Desain lonceng-lonceng mini yang ramai tanpa memekakkan telinga

Apakah Anda mencari lonceng angin untuk meramaikan tampilan wajah rumah Anda? Jika iya, produk berikut ini layak Anda jadikan pilihan. Didesain dengan jumlah lonceng yang banyak, bunyi yang dihasilkan pun dapat berdurasi lebih lama setiap kali dibunyikan. Suasana pun jadi semakin nyaman karena suara gemerincingnya nyaring dan merdu, tanpa memekakkan telinga.

Tipe lonceng Tipe bel
Tipe pemasangan Tipe suspensi
Bahan Metal
Saran tipe pintu Pintu engsel

Tingkatkan keberuntungan Anda dengan lonceng angin!

Tingkatkan keberuntungan Anda dengan lonceng angin!

Pintu masuk merupakan bagian terdepan dari sebuah rumah. Itulah yang menjadikan pintu masuk sebagai bagian terpenting dalam feng shui. Banyak orang yang mengatakan bahwa tidak hanya aura positif yang dapat masuk melalui pintu masuk rumah, tetapi juga aura negatif. Namun, adanya lonceng angin dipercaya dapat membawa aura positif sehingga layak digunakan sebagai barang pembawa keberuntungan.

Bunyi indah dari lonceng angin yang diletakkan di depan pintu masuk pun dipercaya dapat membawa nasib baik serta keberuntungan kepada pemilik rumah. Dengan menggantungkan lonceng angin di depan pintu masuk rumah, Anda jadi bisa menikmati bunyi yang menyenangkan sekaligus membawa keberuntungan masuk ke dalam rumah Anda.

Perlu dicatat bahwa tidak semua orang memiliki kepercayaan yang sama terhadap feng shui. Sebab itu, tidak ada salahnya membeli lonceng angin hanya karena Anda menyukai bunyinya yang indah.

Kesimpulan

Gemerincing lonceng angin yang khas menciptakan nuansa berbeda di rumah Anda. Nah, kami sudah merekomendasikan sepuluh lonceng angin terbaik untuk bel rumah kepada Anda. Sudahkah Anda temukan satu yang paling sesuai dengan selera?

Lonceng angin memiliki beragam desain, bahan baku, dan tipe pemasangan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Silakan jadikan artikel ini sebagai acuan dan referensi dalam memilih produk agar Anda tidak salah membeli. Selamat berbelanja!