10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Chlorella merupakan bahan alam yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan terutama untuk anti-aging. Suplemen chlorella banyak diminati karena nutrisinya yang berlimpah. Anda dapat menemukan berbagai merek suplemen chlorella, seperti Puritan’s Pride, Jarrow Formulas, Swanson, dan masih banyak lagi.

Anda akan menemukan harga serta bentuk suplemen yang berbeda-beda sehingga barangkali Anda merasa kebingungan saat memilih. Tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kami akan membantu Anda memilih suplemen chlorella terbaik serta memberikan rekomendasinya. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa nutrisi dan efek chlorella?

Sebelum kami menjelaskan tentang cara memilih suplemen chlorella, kami akan menjelaskan tentang nutrisi yang terkandung serta efeknya untuk kesehatan Anda.

Superfood yang mengandung 9 asam amino esensial

Superfood yang mengandung 9 asam amino esensial

Chlorella merupakan fitoplankton yang hidup pada air tawar dan diperkirakan sudah ada sejak 2 milyar tahun lalu. Chlorella sangat kaya akan kandungan nutrisi karena 60 persennya adalah protein dan mengandung 9 asam amino esensial. Asam amino tersebut sangat dibutuhkan untuk otot, kulit, dan rambut, tetapi tidak bisa dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia. Karena itu, mengonsumsi suplemen ini sangat dibutuhkan.

Selain klorofil yang akan kami jelaskan selanjutnya, mineral seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, asam pantotenat, asam folat, asam nukleat, serta serat sangat berlimpah di dalam chlorella. Karena kandungannya yang kaya tersebut, chlorella dapat disebut juga sebagai superfood.

Kaya serat! Efektif untuk mengurangi konstipasi

Kaya serat! Efektif untuk mengurangi konstipasi

Klorofil yang terkandung di dalam chlorella merupakan pigmen hijau yang terkandung di dalam tanaman dan alga. Beberapa penelitian menunjukkan klorofil memiliki efek untuk memperbaiki tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, serta meningkatkan imunitas.

Berhubung kaya akan kandungan serat yang larut air dan tidak larut air, chlorella sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering mengalami konstipasi. Serat yang tidak larut berfungsi untuk meningkatkan pembuangan kotoran Anda. Sementara itu, serat yang larut berfungsi untuk meningkatkan pergerakan otot usus sehingga Anda dapat dengan lancar membuang kotoran setiap harinya.

Lalu, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah fungsi antibakteri dari chlorella. Meskipun zat aditif dan pestisida terakumulasi terus-menerus di dalam tubuh tanpa Anda ketahui, klorofil akan menyerap racun tersebut dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Kaya antioksidan plus dapat meningkatkan imunitas

Kaya antioksidan plus dapat meningkatkan imunitas

Cahaya ultraviolet dan kondisi stres dapat membuat sel-sel di dalam tubuh Anda menua dan teroksidasi. Namun, vitamin C, vitamin E, karoten, serta lutein yang terkandung di dalam chlorella akan bekerja untuk memperlambat proses oksidasi di dalam tubuh tersebut.

Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa kombinasi chlorella dan vitamin B dapat mengurangi risiko serangan jantung. Tidak hanya untuk kecantikan, suplemen ini juga efektif dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup.

Cara memilih suplemen chlorella

Chlorella merupakan suplemen yang kaya nutrisi. Ada banyak produk suplemen di pasaran, tetapi suplemen mana yang cocok untuk Anda? Karena itu, kami akan memberikan cara memilih suplemen chlorella. 

Periksa informasi dengan teliti dari website resmi dan sebagainya

Saat memilih suplemen chlorella, sangat penting untuk Anda memeriksa informasi terkait produk tersebut. Jika ada produk yang membuat Anda tertarik, periksalah tempat pembuatannya, sistem produksi, teknologi, lokasi pabrik, serta website resmi produk tersebut. Berikut akan kami jelaskan 3 poin penting untuk Anda perhatikan saat memeriksa suatu produk.

Perhatikan tempat produksi dan lingkungannya

Perhatikan tempat produksi dan lingkungannya

Taukah Anda bahwa terdapat hingga 20 spesies chlorella di alam? Spesies yang biasa dipakai untuk memproduksi suplemen berasal dari Chlorella vulgaris, Chlorella ellipsoidea, serta Chlorella pyrenoidosaChlorella yang biasa diproduksi di Jepang merupakan spesies vulgaris dan pyrenoidosa.

Anda tentunya juga perlu memeriksa lingkungan tempat chlorella tersebut tumbuh. Chlorella membutuhkan cahaya matahari yang akan ditangkap oleh pigmen hijaunya untuk dapat berkembang dengan baik. Selanjutnya, cahaya matahari akan diubah menjadi nutrisi dan proses ini disebut dengan nama fitokimia.

Ada banyak informasi yang dapat Anda temukan pada website resmi produk tersebut mengenai cara pengembangan chlorella serta penjelasan produknya. Namun, sayangnya tidak banyak produk yang mencantumkan tempat dan kondisi lingkungan kultur bahan dasarnya.

Periksa kemudahan chlorella untuk diserap tubuh

Periksa kemudahan chlorella untuk diserap tubuh

Disebutkan bahwa satu-satunya kekurangan chlorella sebagai bahan mentah adalah sulit untuk dicerna. Hal ini disebabkan chlorella memiliki dinding sel yang tebal sehingga mencegah penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Untuk itu, pilihlah produk dengan metode produksi yang sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat meningkatkan penyerapan. Sebagai contoh, dinding selnya sudah dihancurkan terlebih dahulu atau dikembangkan dengan metode tertentu yang membuat dinding selnya lebih tipis. Biasanya informasi ini sudah dituliskan pada website resmi produk atau pada label produk, jadi pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu.

Periksa standardisasi penelitian, pengembangan, dan kualitas suplemen

Periksa standardisasi penelitian, pengembangan, dan kualitas suplemen

Chlorella akan memiliki nutrisi yang berbeda bergantung pada metode pengembangan dan lingkungan pertumbuhannya. Namun, tentu hal tersebut akan menyulitkan proses standardisasi dalam produksi suatu suplemen. Karena itu, banyak perusahaan yang melakukan riset dan penelitian sendiri, yaitu mengembangbiakkan serta mengembangkan kulturnya sendiri.

Lalu, ada juga sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP) yang dapat dijadikan indikator proses produksi. Hal ini sangat penting untuk mengevaluasi proses produksi suplemen telah sesuai dengan standar yang ada, sekaligus sebagai indikator produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, kualitas produknya pun jadi lebih terjamin sesuai standar yang berlaku.

Jika Anda baru mulai mengonsumsi suplemen dan cukup bingung untuk memilih suplemen, pertimbangkan produk yang telah tersertifikasi GMP karena lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Pilih berdasarkan kemudahannya untuk dikonsumsi

Agar Anda dapat mengonsumsi suplemen secara berkelanjutan, kemudahan dalam mengonsumsi sangatlah penting untuk diperhatikan. Umumnya suplemen chlorella memiliki 3 bentuk, yakni tablet, bubuk, dan cair. Pemilihan bentuknya harus Anda sesuaikan dengan preferensi Anda mengenai kemudahan saat mengonsumsinya.

Bentuk tablet, paling mudah dikonsumsi tanpa rasa yang mengganggu

Bentuk tablet, paling mudah dikonsumsi tanpa rasa yang mengganggu

Dikatakan bahwa bentuk tablet merupakan bentuk yang paling mudah untuk dikonsumsi. Jika Anda menelannya dengan air, aroma dan rasa chlorella yang khas tidak akan terlalu mengganggu. Namun, beberapa produk harus dikonsumsi sampai lebih dari 10 tablet. Jumlah konsumsi ini mungkin tidak cocok untuk Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi tablet. Kemudahan konsumsi bentuk tablet ini juga bergantung pada ukuran serta jumlah konsumsi hariannya. Jika Anda sulit mengonsumsi tablet, pilihlah ukuran tablet yang lebih kecil.

Bentuk serbuk, lebih mudah dicampurkan dengan minuman lainnya

Bentuk serbuk, lebih mudah dicampurkan dengan minuman lainnya

Dikatakan bahwa chlorella memiliki rasa yang khas seperti rumput laut. Karena itu, jika Anda mengonsumsi bentuk serbuk yang harus dilarutkan di dalam air, suplemen ini akan meninggalkan rasa khas di mulut Anda. Rasa tersebut terkadang kurang disukai oleh sebagian orang.

Cara mengonsumsi bentuk serbuk jika Anda kurang menyukai rasanya adalah dengan mencampurkannya bersama susu, jus, atau makanan lainnya. Keuntungan mengonsumsi bentuk serbuk tentunya lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bentuk cair, mudah dikonsumsi kapan saja

Bentuk cair, mudah dikonsumsi kapan saja

Sama seperti bentuk serbuk, bentuk cair juga sangat mudah dicerna dan diserap tubuh. Ketika Anda mendengar bentuk cair, mungkin terbayang rasa yang pahit atau aneh. Namun, tidak perlu khawatir tentang rasanya karena beberapa produsen telah memformulasikan agar produknya lebih mudah untuk diminum.

Meski begitu, suplemen chlorella dalam bentuk ini lebih mahal daripada bentuk tablet atau serbuk. Sesuai dengan harganya, kandungan nutrisi di dalamnya juga lebih banyak sehingga lebih cocok untuk Anda yang membutuhkan energi lebih saat sedang letih atau sakit.

10 Rekomendasi suplemen chlorella terbaik

Berikut kami sajikan rekomendasi suplemen chlorella dari berbagai merek pilihan kami. Anda dapat mempertimbangkan suplemen mana yang hendak Anda pilih berdasarkan bentuk dan jumlah konsumsi hariannya.

10. Swisse CHLOROPHYLL+

10. Swisse CHLOROPHYLL+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 264.999

Isi lebih sedikit untuk yang baru mencoba

Jika Anda baru ingin mencoba mengonsumsi suplemen chlorella, pilihlah suplemen dengan isi yang tidak terlalu banyak. Dengan isi yang tidak terlalu banyak, Anda dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan konsumsi suplemen tersebut atau tidak. Nah, suplemen ini hanya berisi 100 tablet sehingga cocok untuk Anda yang baru akan mencobanya.

Bentuk Tablet
Jumlah konsumsi harian 6 tablet
Chlorella mudah dicerna Tidak disebutkan

9. Puritan’s Pride Natural Chlorella

9. Puritan's Pride Natural Chlorella

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 189.999

Suplemen yang bersahabat tanpa alergen

Memiliki berbagai alergi terhadap bahan-bahan makanan tertentu membuat Anda harus memilih suplemen dengan cermat. Chlorella dari Puritan’s Pride ini bebas alergen, seperti gluten, laktosa, susu, kedelai, dan ikan. Di samping itu, ukuran tabletnya pun cukup kecil untuk Anda konsumsi.

Bentuk Tablet
Jumlah konsumsi harian 2 x 3 tablet
Chlorella mudah dicerna Tidak disebutkan

8. Orihiro Clean Culture Chlorella

8. Orihiro Clean Culture Chlorella

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.200.000

Ukuran tabletnya kecil, mengonsumsi banyak pun bukan masalah!

Kultur untuk suplemen ini ditumbuhkan di dalam ruangan dengan kontrol yang stabil sehingga tidak dipengaruhi cuaca dan lingkungan luar. Soal standar, produk ini telah mendapatkan sertifikasi dari Japan Health Food Authorization (JHFA). Tentunya kualitas suplemen ini semakin terjamin untuk Anda.

Meski konsumsi hariannya terbilang banyak, ukuran tabletnya yang kecil akan memudahkan Anda untuk mengonsumsi suplemen ini. Sangat pas untuk Anda yang Anda kesulitan mengonsumsi tablet berukuran besar. Selain itu, kandungan garam yang rendah membuat suplemen ini cocok untuk Anda yang harus mengurangi konsumsi garam harian.

Bentuk Tablet
Jumlah konsumsi harian 30-40 tablet
Chlorella mudah dicerna Ya

7. Jarrow Formulas Yaeyama Chlorella

7. Jarrow Formulas Yaeyama Chlorella

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 275.000

Aktif dan sehat sepanjang hari dengan suplemen ini!

Suplemen chlorella satu ini sudah diproses dengan menghancurkan dinding selnya agar lebih mudah dicerna tubuh. Selain itu, jenis chlorella ini mengandung lebih banyak nutrisi sehingga cocok untuk Anda yang aktif. Berbeda dengan suplemen lain, Jarrow Formulas juga mengandung DNA dan RNA dari chlorella untuk hasil yang lebih maksimal.

Bentuk Kapsul
Jumlah konsumsi harian 5 kapsul
Chlorella mudah dicerna Ya

6. Earth Circle Organics Chlorella Powder

6. Earth Circle Organics Chlorella Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 250.000

Suplemen organik tersertifikasi, lebih tepercaya!

Apakah Anda senang mengonsumsi bahan makanan organik? Jika jawabannya ya, suplemen chlorella satu ini dapat memenuhi suplemen organik Anda. Dengan sertifikasi USDA Organic, suplemen ini sudah terjamin menggunakan bahan baku organik yang berasal dari negeri Tirai Bambu.

Metode cold-processed dalam proses produksinya juga membuat nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Cukup konsumsi 1 sendok teh suplemen ini, kebutuhan nutrisi Anda akan terpenuhi. Lalu, kemasan resealable bag ini pun lebih praktis untuk menjaga isinya tetap kering.

Bentuk Serbuk
Jumlah konsumsi harian 1 sdt (3 gr)
Chlorella mudah dicerna Ya

5. Sunfood Spirulina/Chlorella Tablets

5. Sunfood Spirulina/Chlorella Tablets

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 389.000

2 superfoods dalam 1 suplemen, manfaatnya makin banyak!

Selain chlorella, suplemen ini juga mengandung spirulina dalam tiap tabletnya. Kandungan kedua superfood ini membuat kandungan klorofilnya semakin tinggi, membuat produk ini sangat tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan imunitas.

Kemudian, sumber bahan suplemen ini didapatkan dari perairan terbersih di Korea Selatan atau Taiwan dan dikembangkan di dalam ruangan dengan lingkungan terkontrol. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir adanya pencemar pada suplemen Anda.

Bentuk Tablet
Jumlah konsumsi harian 12 tablet
Chlorella mudah dicerna Ya

4. Swanson Kyoto Brand Chlorella

4. Swanson Kyoto Brand Chlorella

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 590.000

Sekali pesan, ternutrisi sampai 100 hari ke depan!

Suplemen dari Swanson ini memiliki kandungan chlorella cukup banyak, yaitu 3 g per konsumsinya. Lalu, isi yang cukup banyak sampai dapat dikonsumsi hingga 100 hari tentunya sangat pas untuk Anda yang sibuk. Tidak perlu repot memesan suplemen berkali-kali, bukan?

Soal penyerapan di dalam tubuh juga tidak perlu Anda ragukan karena kecepatan penyerapannya di dalam tubuh telah diuji oleh Japanese Food Hygiene Association sehingga makin tepercaya. Di samping itu, produk ini telah mengantongi sertifikasi GMP sehingga keamanan produk ini menjadi lebih terjamin.

Bentuk Tablet
Jumlah konsumsi harian 15 tablet
Chlorella mudah dicerna Ya

3. PHHP Phyto Chlorophyll

3. PHHP Phyto Chlorophyll

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 175.000

Rasa menyegarkan peppermint akan memenuhi mulut Anda saat meminumnya

Untuk Anda yang ingin mengonsumsi suplemen chlorella berbentuk cair dengan rasa enak di lidah, Anda bisa mencoba produk ini. Suplemen ini mengandung peppermint sehingga akan memberikan efek rasa segar, bukan rasa rumput laut yang khas chlorella pada umumnya.

Selain chlorella, suplemen ini juga mengandung klorofil lain yang berasal dari daun mulberry. Klorofil yang diekstrak berupa sodium copper chlorophyllin yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Jadi, jika Anda kurang menyukai sayuran, suplemen yang satu ini juga bisa memenuhi kebutuhan harian Anda.

Bentuk Cair
Jumlah konsumsi harian 20 ml
Chlorella mudah dicerna Ya

2. Source Naturals Cilantro Metal Detox with Chlorella

2. Source Naturals Cilantro Metal Detox with Chlorella

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 500.000

Lebih banyak antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Hidup di kota besar dengan banyak polusi tentunya membuat Anda cukup khawatir akan kesehatan Anda. Jika Anda dalam kondisi tersebut, suplemen yang satu ini dapat Anda coba. Dengan tambahan ketumbar, antioksidan yang terkandung di dalamnya lebih banyak untuk menangkal radikal bebas.

Konsumsinya pun cukup mudah, hanya dengan beberapa tetes per harinya. Kemasan yang kecil serta cara konsumsinya ini sangat cocok untuk Anda yang sering bepergian. Lalu, tanpa adanya bahan-bahan hewani, suplemen ini juga sangat direkomendasikan untuk para vegetarian.

Bentuk Cair
Jumlah konsumsi harian 3 x 2,5 tetes
Chlorella mudah dicerna Tidak disebutkan

1. NutriCology KingChlorella

1. NutriCology KingChlorella

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.315.020

Konsumsi suplemen lebih asyik dengan tablet kunyah

Jika Anda tidak terbiasa dengan mengonsumsi tablet, tidak akan menjadi masalah saat mengonsumsi suplemen ini. Suplemen ini hadir dalam bentuk tablet kunyah sehingga dapat lebih mudah untuk Anda konsumsi. Konsumsi 6 tablet per hari pun tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Selain chlorella, suplemen dari Nutricology ini juga mengandung probiotik Lactobacillus rhamnosus. Probiotik ini juga akan membantu menjaga kesehatan pencernaan serta meningkatkan sistem imun Anda. Jika Anda sering mengalami konstipasi, cobalah suplemen yang satu ini.

Bentuk Tablet kunyah
Jumlah konsumsi harian 6 tablet
Chlorella mudah dicerna Ya

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chlorella 

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chlorella

Berhubung chlorella mengandung banyak nutrisi, konsumsi suplemen ini bersamaan dengan obat lain sangat perlu diperhatikan. Contohnya bila Anda mengonsumsi chlorella bersama warfarin yang biasa digunakan untuk pengobatan sistem peredaran darah, dapat mengurangi efek obat tersebut. Jika Anda sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Kemudian, jika Anda sedang mengonsumsi suplemen serat lainnya atau bakteri asam laktat, Anda akan merasa lapar lebih sering jika mengonsumsinya bersamaan dengan chlorella. Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi suplemen chlorella dalam jumlah sedikit terlebih dahulu kemudian ditingkatkan sampai kadar normal.

Baca juga rekomendasi suplemen DHA yang mengandung EPA di sini

Selain suplemen chlorella, pada artikel berikut kami akan menjelaskan mengenai suplemen DHA yang mengandung EPA. Suplemen ini juga penting dan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Bila Anda ingin mengetahuinya lebih jelas, Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi tentang cara memilih suplemen chlorella serta rekomendasi produk dalam berbagai bentuk untuk Anda. Beragam manfaat untuk kesehatan serta kecantikan dapat Anda rasakan setelah mengonsumsi suplemen ini.

Semoga ulasan kami ini dapat menjadi referensi saat Anda memilih suplemen chlorella yang sesuai untuk Anda. Temukanlah produk yang sesuai dengan kemudahan Anda mengonsumsinya serta sesuaikan dengan anggaran Anda. Stay healthy!