• 10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Chlorella merupakan bahan alam yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan terutama untuk anti-aging. Suplemen chlorella banyak diminati karena nutrisinya yang berlimpah. Anda dapat menemukan berbagai merek suplemen chlorella, seperti Puritan’s Pride, Jarrow Formulas, Swanson, dan masih banyak lagi.

Anda akan menemukan harga serta bentuk suplemen yang berbeda-beda sehingga barangkali Anda merasa kebingungan saat memilih. Tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kami akan membantu Anda memilih suplemen chlorella terbaik serta memberikan rekomendasinya. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 79 Views
Daftar isi

Apa nutrisi dan efek chlorella?

Sebelum kami menjelaskan tentang cara memilih suplemen chlorella, kami akan menjelaskan tentang nutrisi yang terkandung serta efeknya untuk kesehatan Anda.

Superfood yang mengandung 9 asam amino esensial

Superfood yang mengandung 9 asam amino esensial
Chlorella merupakan fitoplankton yang hidup pada air tawar dan diperkirakan sudah ada sejak 2 milyar tahun lalu. Chlorella sangat kaya akan kandungan nutrisi karena 60 persennya adalah protein dan mengandung 9 asam amino esensial. Asam amino tersebut sangat dibutuhkan untuk otot, kulit, dan rambut, tetapi tidak bisa dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia. Karena itu, mengonsumsi suplemen ini sangat dibutuhkan.
Selain klorofil yang akan kami jelaskan selanjutnya, mineral seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, asam pantotenat, asam folat, asam nukleat, serta serat sangat berlimpah di dalam chlorella. Karena kandungannya yang kaya tersebut, chlorella dapat disebut juga sebagai superfood.

Kaya serat! Efektif untuk mengurangi konstipasi

Kaya serat! Efektif untuk mengurangi konstipasi
Klorofil yang terkandung di dalam chlorella merupakan pigmen hijau yang terkandung di dalam tanaman dan alga. Beberapa penelitian menunjukkan klorofil memiliki efek untuk memperbaiki tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, serta meningkatkan imunitas.
Berhubung kaya akan kandungan serat yang larut air dan tidak larut air, chlorella sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering mengalami konstipasi. Serat yang tidak larut berfungsi untuk meningkatkan pembuangan kotoran Anda. Sementara itu, serat yang larut berfungsi untuk meningkatkan pergerakan otot usus sehingga Anda dapat dengan lancar membuang kotoran setiap harinya.
Lalu, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah fungsi antibakteri dari chlorella. Meskipun zat aditif dan pestisida terakumulasi terus-menerus di dalam tubuh tanpa Anda ketahui, klorofil akan menyerap racun tersebut dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Kaya antioksidan plus dapat meningkatkan imunitas

Kaya antioksidan plus dapat meningkatkan imunitas
Cahaya ultraviolet dan kondisi stres dapat membuat sel-sel di dalam tubuh Anda menua dan teroksidasi. Namun, vitamin C, vitamin E, karoten, serta lutein yang terkandung di dalam chlorella akan bekerja untuk memperlambat proses oksidasi di dalam tubuh tersebut.
Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa kombinasi chlorella dan vitamin B dapat mengurangi risiko serangan jantung. Tidak hanya untuk kecantikan, suplemen ini juga efektif dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup.

Cara memilih suplemen chlorella

Chlorella merupakan suplemen yang kaya nutrisi. Ada banyak produk suplemen di pasaran, tetapi suplemen mana yang cocok untuk Anda? Karena itu, kami akan memberikan cara memilih suplemen chlorella.

Periksa informasi dengan teliti dari website resmi dan sebagainya

Saat memilih suplemen chlorella, sangat penting untuk Anda memeriksa informasi terkait produk tersebut. Jika ada produk yang membuat Anda tertarik, periksalah tempat pembuatannya, sistem produksi, teknologi, lokasi pabrik, serta website resmi produk tersebut. Berikut akan kami jelaskan 3 poin penting untuk Anda perhatikan saat memeriksa suatu produk.

Perhatikan tempat produksi dan lingkungannya

Perhatikan tempat produksi dan lingkungannya
Taukah Anda bahwa terdapat hingga 20 spesies chlorella di alam? Spesies yang biasa dipakai untuk memproduksi suplemen berasal dari Chlorella vulgaris, Chlorella ellipsoidea, serta Chlorella pyrenoidosa. Chlorella yang biasa diproduksi di Jepang merupakan spesies vulgaris dan pyrenoidosa.
Anda tentunya juga perlu memeriksa lingkungan tempat chlorella tersebut tumbuh. Chlorella membutuhkan cahaya matahari yang akan ditangkap oleh pigmen hijaunya untuk dapat berkembang dengan baik. Selanjutnya, cahaya matahari akan diubah menjadi nutrisi dan proses ini disebut dengan nama fitokimia.
Ada banyak informasi yang dapat Anda temukan pada website resmi produk tersebut mengenai cara pengembangan chlorella serta penjelasan produknya. Namun, sayangnya tidak banyak produk yang mencantumkan tempat dan kondisi lingkungan kultur bahan dasarnya.

Periksa kemudahan chlorella untuk diserap tubuh

Periksa kemudahan chlorella untuk diserap tubuh
Disebutkan bahwa satu-satunya kekurangan chlorella sebagai bahan mentah adalah sulit untuk dicerna. Hal ini disebabkan chlorella memiliki dinding sel yang tebal sehingga mencegah penyerapan nutrisi oleh tubuh.
Untuk itu, pilihlah produk dengan metode produksi yang sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat meningkatkan penyerapan. Sebagai contoh, dinding selnya sudah dihancurkan terlebih dahulu atau dikembangkan dengan metode tertentu yang membuat dinding selnya lebih tipis. Biasanya informasi ini sudah dituliskan pada website resmi produk atau pada label produk, jadi pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu.

Periksa standardisasi penelitian, pengembangan, dan kualitas suplemen

Periksa standardisasi penelitian, pengembangan, dan kualitas suplemen
Chlorella akan memiliki nutrisi yang berbeda bergantung pada metode pengembangan dan lingkungan pertumbuhannya. Namun, tentu hal tersebut akan menyulitkan proses standardisasi dalam produksi suatu suplemen. Karena itu, banyak perusahaan yang melakukan riset dan penelitian sendiri, yaitu mengembangbiakkan serta mengembangkan kulturnya sendiri.
Lalu, ada juga sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP) yang dapat dijadikan indikator proses produksi. Hal ini sangat penting untuk mengevaluasi proses produksi suplemen telah sesuai dengan standar yang ada, sekaligus sebagai indikator produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, kualitas produknya pun jadi lebih terjamin sesuai standar yang berlaku.
Jika Anda baru mulai mengonsumsi suplemen dan cukup bingung untuk memilih suplemen, pertimbangkan produk yang telah tersertifikasi GMP karena lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Pilih berdasarkan kemudahannya untuk dikonsumsi

Agar Anda dapat mengonsumsi suplemen secara berkelanjutan, kemudahan dalam mengonsumsi sangatlah penting untuk diperhatikan. Umumnya suplemen chlorella memiliki 3 bentuk, yakni tablet, bubuk, dan cair. Pemilihan bentuknya harus Anda sesuaikan dengan preferensi Anda mengenai kemudahan saat mengonsumsinya.

Bentuk tablet, paling mudah dikonsumsi tanpa rasa yang mengganggu

Bentuk tablet, paling mudah dikonsumsi tanpa rasa yang mengganggu
Dikatakan bahwa bentuk tablet merupakan bentuk yang paling mudah untuk dikonsumsi. Jika Anda menelannya dengan air, aroma dan rasa chlorella yang khas tidak akan terlalu mengganggu. Namun, beberapa produk harus dikonsumsi sampai lebih dari 10 tablet. Jumlah konsumsi ini mungkin tidak cocok untuk Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi tablet. Kemudahan konsumsi bentuk tablet ini juga bergantung pada ukuran serta jumlah konsumsi hariannya. Jika Anda sulit mengonsumsi tablet, pilihlah ukuran tablet yang lebih kecil.

Bentuk serbuk, lebih mudah dicampurkan dengan minuman lainnya

Bentuk serbuk, lebih mudah dicampurkan dengan minuman lainnya
Dikatakan bahwa chlorella memiliki rasa yang khas seperti rumput laut. Karena itu, jika Anda mengonsumsi bentuk serbuk yang harus dilarutkan di dalam air, suplemen ini akan meninggalkan rasa khas di mulut Anda. Rasa tersebut terkadang kurang disukai oleh sebagian orang.
Cara mengonsumsi bentuk serbuk jika Anda kurang menyukai rasanya adalah dengan mencampurkannya bersama susu, jus, atau makanan lainnya. Keuntungan mengonsumsi bentuk serbuk tentunya lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bentuk cair, mudah dikonsumsi kapan saja

Bentuk cair, mudah dikonsumsi kapan saja
Sama seperti bentuk serbuk, bentuk cair juga sangat mudah dicerna dan diserap tubuh. Ketika Anda mendengar bentuk cair, mungkin terbayang rasa yang pahit atau aneh. Namun, tidak perlu khawatir tentang rasanya karena beberapa produsen telah memformulasikan agar produknya lebih mudah untuk diminum.
Meski begitu, suplemen chlorella dalam bentuk ini lebih mahal daripada bentuk tablet atau serbuk. Sesuai dengan harganya, kandungan nutrisi di dalamnya juga lebih banyak sehingga lebih cocok untuk Anda yang membutuhkan energi lebih saat sedang letih atau sakit.

10 Rekomendasi suplemen chlorella terbaik

Berikut kami sajikan rekomendasi suplemen chlorella dari berbagai merek pilihan kami. Anda dapat mempertimbangkan suplemen mana yang hendak Anda pilih berdasarkan bentuk dan jumlah konsumsi hariannya.
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian6 tablet
Chlorella mudah dicernaTidak disebutkan
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian2 x 3 tablet
Chlorella mudah dicernaTidak disebutkan
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian30-40 tablet
Chlorella mudah dicernaYa
BentukKapsul
Jumlah konsumsi harian5 kapsul
Chlorella mudah dicernaYa
BentukSerbuk
Jumlah konsumsi harian1 sdt (3 gr)
Chlorella mudah dicernaYa
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian12 tablet
Chlorella mudah dicernaYa
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian15 tablet
Chlorella mudah dicernaYa
BentukCair
Jumlah konsumsi harian20 ml
Chlorella mudah dicernaYa
BentukCair
Jumlah konsumsi harian3 x 2,5 tetes
Chlorella mudah dicernaTidak disebutkan

1. NutriCology KingChlorella

Rp1.315.020,00

BentukTablet kunyah
Jumlah konsumsi harian6 tablet
Chlorella mudah dicernaYa

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chlorella

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chlorella
Berhubung chlorella mengandung banyak nutrisi, konsumsi suplemen ini bersamaan dengan obat lain sangat perlu diperhatikan. Contohnya bila Anda mengonsumsi chlorella bersama warfarin yang biasa digunakan untuk pengobatan sistem peredaran darah, dapat mengurangi efek obat tersebut. Jika Anda sedang dalam pengobatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.
Kemudian, jika Anda sedang mengonsumsi suplemen serat lainnya atau bakteri asam laktat, Anda akan merasa lapar lebih sering jika mengonsumsinya bersamaan dengan chlorella. Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi suplemen chlorella dalam jumlah sedikit terlebih dahulu kemudian ditingkatkan sampai kadar normal.

Baca juga rekomendasi suplemen DHA yang mengandung EPA di sini

Selain suplemen chlorella, pada artikel berikut kami akan menjelaskan mengenai suplemen DHA yang mengandung EPA. Suplemen ini juga penting dan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Bila Anda ingin mengetahuinya lebih jelas, Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi tentang cara memilih suplemen chlorella serta rekomendasi produk dalam berbagai bentuk untuk Anda. Beragam manfaat untuk kesehatan serta kecantikan dapat Anda rasakan setelah mengonsumsi suplemen ini.
Semoga ulasan kami ini dapat menjadi referensi saat Anda memilih suplemen chlorella yang sesuai untuk Anda. Temukanlah produk yang sesuai dengan kemudahan Anda mengonsumsinya serta sesuaikan dengan anggaran Anda. Stay healthy!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik Untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik Untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    16.885 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    14.618 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    14.284 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    12.381 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Memutihkan Wajah (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Memutihkan Wajah (Terbaru Tahun 2019)
    Apakah Anda mendambakan kulit wajah yang putih dan sehat? Langkah awal untuk mendapatkan kulit yang putih dan sehat adalah mencuci muka. Ya, Anda harus memilih sabun pencuci muka yang mampu membersihkan dan memberi efek memutihkan wajah.Merek terkemuka seperti Laneige, SK-II, Hadalabo, Pond’s, hingga Garnier telah memproduksi pencuci muka dengan efek memutihkan. Akan tetapi manakah yang terbaik untuk dipilih? Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pencuci muka dan merekomendasikan beberapa produk yang memiliki efek memutihkan wajah. Mari dapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat dengan tahapan mencuci muka!
    Kosmetik & kesehatan
    10.704 Views
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    14.022 Views
  • 10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)
    Kulit kombinasi adalah keadaan kulit yang sebagian kering atau sebagian berminyak, tetapi di daerah lainnya tetap normal. Bagi orang dengan kulit kombinasi, Anda harus menemukan base makeup yang tepat.Untuk itu, kami akan membahas produk base makeup terbaik untuk kulit kombinasi. Beberapa brand ternama, seperti Lakme, Maybelline, dan Benefit dapat Anda temukan di sana. Sebelumnya, kami akan menunjukkan cara memilih base makeup terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    1.060 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori