• 10 Suplemen Chlorella Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Chlorella Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Chlorella Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Chlorella Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Chlorella Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Chlorella Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Chlorella adalah sejenis alga yang dewasa ini banyak diminati karena nutrisinya yang berlimpah. Selain efek anti-aging, chlorella juga memiliki manfaat lainnya, seperti mencegah anemia, membantu detox, dan menurunkan gula darah. Suplemen chlorella hadir dalam berbagai harga dan bentuk.

Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen chlorella terbaik serta memberikan rekomendasinya. Anda dapat menemukan suplemen chlorella yang bagus dari Puritan’s Pride, CNI, dan merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Selamat membaca dan temukan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.


Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Perbedaan antara chlorella, klorofil, dan spirulina

Perbedaan antara chlorella, klorofil, dan spirulina

Saat mencari rekomendasi suplemen serat, tiga produk yang mungkin Anda temukan adalah chlorella (klorella), klorofil, dan spirulina. Chlorella dan spirulina termasuk golongan organisme microalgae. Sementara itu, klorofil merupakan pigmen berwarna hijau yang terkandung dalam kloroplas tanaman, alga, atau bakteria.


Karena berpigmen hijau, chlorella diklasifikasikan sebagai alga hijau. Selain itu, chlorella juga memiliki karotenoid dalam jumlah kecil. Di sisi lain, spirulina termasuk sianobakteri, yaitu mikroalga berpigmen biru (fikosianin), hijau (klorofil), dan oranye (karoten).


Baik chlorella maupun spirulina sering disebut sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Namun, suplemen chlorella memiliki kalori, asam lemak omega-3, zat besi, dan antioksidan lebih banyak daripada spirulina. Sementara itu, beberapa merek klorofil yang bagus umumnya mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan tanpa memberi Anda kalori.


Untuk jumlah kandungan serat, sebenarnya ketiga produk tersebut kurang dapat mencukupi kebutuhan serat harian Anda. Akan tetapi, mengonsumsi ketiganya tetap membawa manfaat yang cukup luar biasa bagi tubuh.

Apa nutrisi dan efek chlorella?

Sebelum membahas cara memilih suplemen chlorella, kami akan menjelaskan tentang kandungan serta efeknya untuk kesehatan Anda.

Superfood yang mengandung seluruh asam amino esensial

Superfood yang mengandung seluruh asam amino esensial
Chlorella kaya akan nutrisi karena 57–59 persennya adalah protein dan mengandung seluruh asam amino esensial. Asam amino dibutuhkan untuk otot, kulit, dan rambut, tetapi tidak bisa dihasilkan oleh tubuh manusia.

Tidak hanya itu, chlorella juga mengandung asam amino non-esensial dalam jumlah banyak, misalnya arginine. Arginine merupakan substrat penghasil nitrite oxide (NO) yang bekerja dalam mengontrol tekanan darah. Karena itu, mengonsumsi suplemen ini sangat dibutuhkan.


Di dalam chlorella juga terdapat 11 persen asam lemak esensial yang menjaga kesehatan pembuluh darah dan fungsi otak. Beberapa contoh kandungannya adalah alpha-linolenic acid (ALA) dan linoleic acid. Akan tetapi, chlorella tidak mengandung DHA, EPA, maupun AHA.


Nutrisi lain di dalamnya membantu tubuh untuk mengeluarkan toksin serta logam berat seperti dioksin dan timbal. Karena kandungan dan manfaatnya yang berlimpah, chlorella dapat disebut sebagai superfood.

Kadar zat besi dan kalium yang tinggi untuk mencegah anemia

Kadar zat besi dan kalium yang tinggi untuk mencegah anemia
Ibu yang sedang mengandung rentan terkena anemia atau kekurangan darah. Ini dikarenakan kebutuhan zat besi yang lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan bayi. Chlorella memiliki kadar zat besi dan kalium yang tinggi sehingga cocok untuk suplementasi pencegahan anemia dan hipertensi pada ibu hamil.

Selain itu, chlorella mengandung berbagai bentuk mineral yang lain, tetapi bervariasi tergantung produk. Chlorella juga kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu vitamin esensial pada masa kehamilan. Vitamin C dibutuhkan oleh si kecil untuk menyerap zat besi, serta membentuk kulit yang sehat. Ibu yang sedang hamil juga memerlukannya agar sistem imunitas tetap optimal.


Vitamin B1, B2, B6, B12, D2, E, dan K juga ada di dalam chlorella. Tidak ketinggalan niacin, folate, biotin, asam pantotenat, serta ⍺- dan ß- karoten pun terkandung di dalamnya. Di antara vitamin-vitamin tersebut, vitamin B12 dan D2 merupakan yang paling banyak.

Kaya antioksidan plus memiliki efek anti-aging

Kaya antioksidan plus memiliki efek anti-aging
Cahaya ultraviolet dan kondisi stres dapat membuat sel-sel di dalam tubuh Anda menua dan teroksidasi. Stres oksidatif dapat menghasilkan ROS yang menyebabkan penuaan kulit intrinsik maupun ekstrinsik. Namun, kerja antioksidan kuat yang dimiliki pigmen klorofil dan karotenoid dalam chlorella mampu melawan stres oksidatif tersebut. Hasilnya, tubuh Anda akan terlihat muda dan bugar.

Selain untuk kecantikan, suplemen ini juga efektif dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup. Antioksidan dari chlorella dapat mengurangi produksi senyawa AGE yang menyebabkan komplikasi pada penderita diabetes.


Chlorella juga menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Namun, penelitian penurunan resistensi insulin lebih banyak terekam dalam penelitian pada hewan. Karena itu, efeknya terhadap manusia perlu penelitian lebih lanjut.


Kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin-nya mendukung kesehatan mata. Tidak hanya itu, klorofilnya memiliki efek untuk memperbaiki tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, serta meningkatkan imunitas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen chlorella

Banyak produk suplemen chlorella yang kini beredar di pasaran, tetapi manakah yang cocok untuk Anda? Untuk itu, simak tips kami dalam memilih suplemen chlorella di bawah ini!

Periksa informasi dari website resmi dan sebagainya

Sebelum memilih, periksa dulu informasi terkait produk tersebut, seperti tempat pembuatan, sistem produksi, serta teknologinya. Berikut ini, kami akan menjelaskan tiga poin terpenting saat memeriksa suatu produk.

Perhatikan tempat produksi dan lingkungannya

Perhatikan tempat produksi dan lingkungannya
Tahukah Anda bahwa terdapat hingga 20 spesies chlorella di alam? Chlorella vulgaris serta chlorella pyrenoidosa adalah dua jenis produk chlorella sp. yang paling sering ditemukan di pasaran. Kedua spesies ini biasanya diproduksi di Jepang. Kami merekomendasikan produk yang menggunakan chlorella pyrenoidosa sebab kandungan nutrisinya cenderung lebih tinggi.

Anda juga perlu memeriksa lingkungan tempat chlorella tersebut tumbuh. Chlorella membutuhkan cahaya matahari untuk berkembang dengan baik. Cahaya matahari akan ditangkap oleh klorofil dan diubah menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Sayangnya, tidak semua produk mencantumkan informasi mengenai tempat dan kondisi lingkungan kultur bahan dasarnya.

Periksa kemudahan chlorella untuk diserap tubuh

Periksa kemudahan chlorella untuk diserap tubuh

Chlorella memiliki dinding sel yang berlapis selulosa sehingga tidak bisa dicerna manusia. Karena itu, pilihlah produk yang melibatkan proses penghancuran atau penipisan dinding sel chlorella. Dengan begitu, tubuh Anda dapat lebih mudah menyerap nutrisi di dalamnya. Informasi ini biasanya tercantum pada website resmi atau label produk, jadi pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu.

Periksa standardisasi penelitian, pengembangan, dan kualitasnya

Periksa standardisasi penelitian, pengembangan, dan kualitasnya
Kandungan nutrisi dalam chlorella akan bergantung pada metode pengembangan dan lingkungan pertumbuhannya. Namun, hal tersebut akan menyulitkan proses standardisasi dalam produksi suatu suplemen. Karena itu, banyak perusahaan yang melakukan riset dan penelitian sendiri, yaitu mengembangbiakkan serta mengembangkan kulturnya sendiri.

Sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP) dapat dijadikan sebagai indikator proses produksi. Perusahaan yang menerapkan GMP membuat produknya sesuai standar yang ada sehingga aman dikonsumsi. Dengan begitu, kualitas produknya pun jadi lebih terjamin. Saat mencari suplemen chlorella, pilihlah produk yang telah tersertifikasi GMP karena lebih aman dan terjamin kualitasnya.

Pilih berdasarkan kemudahannya untuk dikonsumsi

Beberapa produsen menyarankan untuk mengonsumsi suplemen chlorella sebanyak 2–5 gram setiap harinya. Agar Anda dapat meminumnya secara berkelanjutan, kemudahan dalam mengonsumsi sangatlah penting. Suplemen chlorella memiliki tiga bentuk, yakni tablet, serbuk, dan cair. Pilihlah bentuk yang paling mudah untuk Anda konsumsi.

Bentuk tablet, mudah dikonsumsi tanpa rasa yang mengganggu

Bentuk tablet, mudah dikonsumsi tanpa rasa yang mengganggu

Tablet merupakan bentuk yang paling mudah untuk dikonsumsi. Jika Anda menelannya dengan air, aroma dan rasa chlorella yang khas tidak akan terlalu mengganggu.


Namun, beberapa produk menganjurkan Anda untuk meminum lebih dari sepuluh tablet dalam sehari. Hal ini dapat menyulitkan Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi tablet. Dalam kasus ini, pilihlah ukuran tablet yang kecil atau pertimbangkan bentuk suplemen lainnya.

Bentuk serbuk, bisa dicampurkan dengan minuman lainnya

Bentuk serbuk, bisa dicampurkan dengan minuman lainnya

Chlorella memiliki rasa yang mirip dengan rumput laut. Jika Anda mengonsumsi produk berbentuk serbuk, suplemen tersebut akan meninggalkan rasa yang kurang sedap di mulut Anda. Karena itu, ada baiknya Anda mencampurkannya bersama susu, jus, atau makanan lainnya. Keuntungan mengonsumsi bentuk serbuk tentunya lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bentuk cair, dapat dikonsumsi kapan saja

Bentuk cair, dapat dikonsumsi kapan saja
Sama seperti bentuk serbuk, bentuk cair juga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Ketika Anda mendengar bentuk cair, mungkin terbayang rasa yang pahit atau aneh. Namun, Anda tak perlu khawatir karena beberapa produsen telah memformulasikan produknya agar lebih mudah diminum.

Suplemen chlorella berbentuk cair cenderung lebih mahal daripada bentuk tablet atau serbuk. Namun, kandungan nutrisi di dalamnya lebih banyak sehingga cocok untuk Anda yang sedang letih atau sakit.

10 Rekomendasi suplemen chlorella terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen chlorella terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima Dimalouw.

10
Jenis chlorellaTidak disebutkan
Mudah dicernaTidak disebutkan
BentukTablet
Isi100 tablet
Konsumsi harian6 tablet
9
Jenis chlorellaTidak disebutkan
Mudah dicernaYa
BentukCair
Isi500 ml
Konsumsi harian20 ml
8
Jenis chlorellaTidak disebutkan
Mudah dicernaTidak disebutkan
BentukCair
Isi118 ml
Konsumsi harian7,5 ml
7
Jenis chlorellaTidak disebutkan
Mudah dicernaYa
BentukTablet
Isi1.400 tablet
Konsumsi harian30–40 tablet
6
Jenis chlorellaChlorella vulgaris
Mudah dicernaYa
BentukKapsul
Isi150 kapsul
Konsumsi harian5 kapsul
5

Sunfood SuperfoodsSpirulina/Chlorella Tablets

Mulai dari Rp 380.000,00

Jenis chlorellaChlorella pyrenoidosa
Mudah dicernaYa
BentukTablet
Isi228 tablet
Konsumsi harian12 tablet
4

Earth Circle OrganicsChlorella Powder

CHOP4ow

Mulai dari Rp 250.000,00

Jenis chlorellaChlorella pyrenoidosa
Mudah dicernaYa
BentukSerbuk
Isi113,4 g
Konsumsi harian3 g
3
Jenis chlorellaChlorella vulgaris
Mudah dicernaTidak disebutkan
BentukTablet
Isi120 tablet
Konsumsi harian6 tablet
2
Jenis chlorellaChlorella pyrenoidosa
Mudah dicernaTidak disebutkan
BentukCair
Isi1 L
Konsumsi harian60 ml
1
Jenis chlorellaChlorella pyrenoidosa
Mudah dicernaYa
BentukTablet
Isi30 tablet
Konsumsi harian5–10 tablet

Tabel perbandingan produk suplemen chlorella terbaik

Gambar produk
1
CNI Sun Chlorella 30 tab 1

CNI

2
CNI Wakasa Gold 1

CNI

3
Puritan’s Pride Natural Chlorella 1

Puritan’s Pride

4
Earth Circle Organics Chlorella Powder 1

Earth Circle Organics

5
Sunfood Superfoods Spirulina/Chlorella Tablets 1

Sunfood Superfoods

6
Jarrow Formulas Yaeyama Chlorella 1

Jarrow Formulas

7
Orihiro Clean Culture Chlorella 1

Orihiro

8
Source Naturals  Cilantro Metal Detox 1

Source Naturals

9
PHHP Phyto Chlorophyll Plus Liquid 1

PHHP

10
Swisse Chlorophyll+ 1

Swisse

Nama produk

Sun Chlorella 30 tab

Wakasa Gold

Natural Chlorella

Chlorella Powder

Spirulina/Chlorella Tablets

Yaeyama Chlorella

Clean Culture Chlorella

Cilantro Metal Detox

Phyto Chlorophyll Plus Liquid

Chlorophyll+

Keunggulan

Kaya akan CGF agar tubuh tetap bugar dan awet muda

Bantu pulihkan DBD dengan lebih cepat

Suplemen serba alami tanpa alergen dan zat aditif

Suplemen organik tersertifikasi, lebih tepercaya!

2 superfoods dalam 1 suplemen, manfaatnya makin banyak!

Aktif dan sehat sepanjang hari dengan suplemen ini!

Ukuran tabletnya kecil, mengonsumsi banyak pun bukan masalah!

Lebih banyak antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Rasa menyegarkan peppermint akan memenuhi mulut Anda saat meminumnya

Isi lebih sedikit untuk yang baru mencoba

Harga mulai dariRp 64.900,00Rp 3.200.000,00Rp 190.000,00Rp 250.000,00Rp 380.000,00Rp 316.000,00Rp 989.000,00Rp 450.000,00Rp 250.000,00Rp 299.000,00
Jenis chlorellaChlorella pyrenoidosaChlorella pyrenoidosaChlorella vulgarisChlorella pyrenoidosaChlorella pyrenoidosaChlorella vulgarisTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Mudah dicernaYaTidak disebutkanTidak disebutkanYaYaYaYaTidak disebutkanYaTidak disebutkan
BentukTabletCairTabletSerbukTabletKapsulTabletCairCairTablet
Isi30 tablet1 L120 tablet113,4 g228 tablet150 kapsul1.400 tablet118 ml500 ml100 tablet
Konsumsi harian5–10 tablet60 ml6 tablet3 g12 tablet5 kapsul30–40 tablet7,5 ml20 ml6 tablet
Tautan produk

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chlorella

Hal untuk diperhatikan saat mengonsumsi suplemen chlorella
Berhubung chlorella mengandung banyak nutrisi, konsumsi suplemen ini bersamaan dengan obat lain perlu diperhatikan. Contohnya, karena mengandung vitamin K yang tinggi, chlorella dapat mengurangi efek dari warfarin. Warfarin merupakan obat yang biasa digunakan untuk pengobatan sistem peredaran darah. Harap berhati-hati karena interaksi silang antarobat dapat berdampak buruk.

Jika Anda sedang dalam pengobatan, konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Suplemen chlorella juga dapat menimbulkan efek samping, seperti rasa mual dan sakit perut pada orang-orang tertentu. Karena itu, konsumsi suplemen chlorella dalam jumlah sedikit terlebih dahulu kemudian ditingkatkan sampai kadar normal.

Baca juga rekomendasi produk suplemen lainnya di sini

Selain suplemen chlorella, kami juga sudah membahas mengenai produk suplemen lainnya, seperti vitamin C, vitamin B1, dan glukosamin. Jika Anda sedang mencari suplemen-suplemen tersebut, simak link berikut ini untuk menemukan produk terbaiknya.

Kesimpulan

Kami telah memberikan informasi tentang cara memilih suplemen chlorella serta rekomendasi produk dalam berbagai bentuk untuk Anda. Chlorella adalah salah satu produk klorofil terbaik dengan beragam manfaat untuk kesehatan serta kecantikan.

Semoga ulasan kami ini dapat Anda dijadikan sebagai referensi saat memilih suplemen chlorella. Temukanlah produk yang mudah dikonsumsi dan sesuai dengan anggaran Anda. Stay healthy!

Artikel terkait

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen collagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, rekomendasi collagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan review collagen yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Menjaga kesehatan tulang harus dilakukan sedini mungkin. Anda bisa memperoleh kalsium dari makanan. Meski begitu, ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan asupan makanan mencukupi kebutuhan kalsium Anda. Karena itu, Anda membutuhkan vitamin tulang yang mengandung kalsium.Dari banyaknya merek suplemen tulang, produk seperti apakah yang sebaiknya dipilih untuk anak, dewasa, ataupun lansia? Kini kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan vitamin tulang yang bagus, seperti Blackmores, CDR, dan Osfit. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Mari simak dengan saksama!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Multi Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Multi Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin, tubuh juga membutuhkan zat bernama mineral. Mineral, seperti zat besi, kalsium, dan seng, memang dapat diperoleh dari makanan. Sayangnya, asupan mineral dalam makanan kadang tidak mencukupi sehingga Anda membutuhkan suplemen multi mineral.Ada berbagai merek suplemen multi mineral terbaik dengan beragam harga, seperti Natures Plus, Blackmores, dan sebagainya. Namun, kriteria suplemen multi mineral apa yang Anda butuhkan? Tenang, dalam artikel ini kami akan membahas cara memilih suplemen multi mineral yang bagus serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Mari disimak!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    L-carnitine adalah suplemen yang cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Suplemen ini terkenal dengan fungsinya untuk metabolisme lemak. Anda dapat menemukannya dari berbagai merek yang bagus, seperti Now Foods, Puritan's Pride, GNC, MuslePharm, sampai L-Men.Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih suplemen L-carnitine, simak terus artikel kali ini, ya Kami akan berbagi informasi seputar manfaat suplemen L-carnitine serta tips cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan berbagai suplemen L-carnitine yang aman untuk dikonsumsi. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Royal Jelly Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Royal jelly adalah makanan langka yang dihasilkan oleh lebah madu dan dikhususkan untuk ratu lebah. Royal jelly mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berlimpahnya khasiat dari royal jelly membuatnya sering dijadikan suplemen. Ada suplemen yang berbentuk cair maupun kapsul.Beberapa rekomendasi merek royal jelly yang bagus akan Anda temukan di sini, misalnya HDI Origins™, Puritan’s Pride, atau Nutrimax. Jika Anda bingung ketika memilihnya, tenang saja! Kami akan membahas manfaatnya, tips memilih produknya, dan memberikan ulasan produknya. Jadi, baca artikelnya dan dapatkan suplemen royal jelly terbaik di sini!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Propolis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Propolis merupakan zat yang dibuat oleh lebah madu untuk melindungi sarang mereka. Selain berkhasiat sebagai antibakteri dan antioksidan, propolis juga dapat meningkatkan imunitas. Saat ini, sudah banyak propolis kemasan yang siap dikonsumsi. Anda akan menemukan macam-macam propolis, seperti propolis tablet, cair, hingga spray dengan khasiatnya yang beragam.Nah, di artikel ini, kami akan mengulas beberapa merek propolis terbaik, seperti Melia Propolis, HNI, Blackmores, dan Moment Propolis. Yuk, dapatkan rekomendasi propolis yang bagus di sini. Sebelum itu, simak dahulu poin-poin penting berikut ini yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli propolis.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minyak Ikan Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Ikan Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Omega-3 dibutuhkan janin untuk pembentukan otak, retina, serta jaringan saraf. Ibu hamil bisa mengonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan omega-3. Sayangnya, sekarang laut sudah banyak tercemar sehingga ibu hamil disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi ikan.Untuk memenuhi kebutuhan omega-3, kapsul minyak ikan untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan. Di pasaran tersedia banyak merek suplemen minyak ikan yang bagus, seperti Blackmores, Sea-Quill, dan K-Link. Agar mudah dalam memilih, Anda bisa menyimak tips dan rekomendasi produknya berikut ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Suplemen zinc banyak digunakan untuk meringankan gejala flu, mengurangi radang jerawat, bahkan pengobatan COVID-19. Ada pula penelitian yang menghubungkan suplementasi zinc dengan tingkat keparahan pasien COVID-19 beserta terapinya. Akibatnya, suplemen zinc banyak dicari pada masa pandemi.Redoxon, Natures Plus, dan Fitkom adalah beberapa merek suplemen zinc yang bagus. Sebelum Anda membeli, bacalah dahulu artikel ini agar tak bingung memilih suplemen zinc untuk anak-anak sampai orang dewasa. Rekomendasi produk terbaiknya pun tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin C yang Bagus untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan anak, terutama dalam menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit. Ada berbagai merek vitamin C anak, mulai dari merek IPI yang harganya terjangkau hingga Blackmores yang harganya lumayan tinggi.Produk vitamin C anak dijual dalam berbagai tipe, di antaranya dalam bentuk tablet hisap atau kunyah, syrup dengan rasa buah, gummy yang kenyal, serta bubuk yang perlu dilarutkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Simak artikel ini sampai selesai jika Anda ingin mengetahui rekomendasi vitamin C yang bagus untuk anak!
    Vitamin & suplemen
  • Artikel populer

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen collagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, rekomendasi collagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan review collagen yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  •  10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak semua bakteri merugikan manusia. Beberapa bakteri juga memberikan manfaat yang menakjubkan, termasuk untuk pencernaan dan sistem imun. Kelompok bakteri baik ini disebut dengan probiotik. Untuk meningkatkan populasi bakteri baik di dalam tubuh, penggunaan suplemen probiotik bisa dipertimbangkan. Ada banyak suplemen probiotik yang bagus di apotek dan toko online. Untuk memandu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen probiotik. Review suplemen probiotik untuk orang dewasa dan anak-anak dari berbagai merek juga akan kami sajikan. Anda bisa memilih produk Liprolac, Rillus, hingga L-BIO®. Mari simak pembahasannya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti VectorLabs, Evolene, dan Optimum Nutrition juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri, salah satunya adalah lebih percaya diri. Oleh karena itu, suplemen peninggi badan yang bagus untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa banyak beredar di pasaran.  Beberapa merek suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lainnya. Di artikel ini kami akan mengulas peninggi badan yang terdaftar di BPOM. Untuk membantu Anda memilih produk terbaik dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Suplemen zinc banyak digunakan untuk meringankan gejala flu, mengurangi radang jerawat, bahkan pengobatan COVID-19. Ada pula penelitian yang menghubungkan suplementasi zinc dengan tingkat keparahan pasien COVID-19 beserta terapinya. Akibatnya, suplemen zinc banyak dicari pada masa pandemi.Redoxon, Natures Plus, dan Fitkom adalah beberapa merek suplemen zinc yang bagus. Sebelum Anda membeli, bacalah dahulu artikel ini agar tak bingung memilih suplemen zinc untuk anak-anak sampai orang dewasa. Rekomendasi produk terbaiknya pun tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori