10 Rekomendasi Krim Lidah Buaya / Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Krim Lidah Buaya / Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Lidah buaya dikenal juga sebagai Aloe vera dalam bahasa latin. Sejak dahulu lidah buaya dikenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam produk kecantikan, ekstrak lidah buaya banyak ditemukan dalam produk krim wajah, gel, atau quasi-drug lainnya.

Kali ini kami akan membahas mengenai krim lidah buaya, mulai dari cara memilihnya hingga rekomendasi produk-produk dari beragam merek krim lidah buaya terkenal, seperti Nature Republic, Wardah, dan The Body Shop. Perhatikan juga bagian cara memilihnya agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kulit Anda!

Daftar isi

Efek lidah buaya yang perlu Anda ketahui

Efek lidah buaya yang perlu Anda ketahui

Banyak orang mengenal lidah buaya sebagai bahan yang efektif melindungi kulit dari sengatan matahari atau pun mengatasi kulit yang terbakar matahari. Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja, lidah buaya juga mengandung aloin yang membantu kerja saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Selain itu, ada juga kandungan mucopolysaccharide yang berfungsi meningkatkan sistem imun tubuh dan mengatasi peradangan kulit. Ada juga kandungan saponin yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Tak hanya itu, saponin juga memiliki efek antialergi dan saat ini sedang dilakukan penelitian berkaitan dengan peran saponin pada penyakit dermatitis atopik.

Lidah buaya juga memiliki kandungan vitamin  C yang dapat membantu mencerahkan kulit, cocok digunakan sebagai perawatan kulit sehari-hari. Selain itu, lidah buaya memiliki kemampuan retensi air yang baik sehingga Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk melembapkan kulit Anda.

Cara memilih krim lidah buaya

Berikut ini akan kami paparkan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih krim lidah buaya agar Anda benar-benar dapat merasakan manfaatnya. Simak baik-baik, ya!

Periksalah jumlah kandungan ekstrak lidah buayanya

Periksalah jumlah kandungan ekstrak lidah buayanya

Saat ini, kebanyakan produk kosmetik sudah mencantumkan kandungan produk detail yang dimilikinya, termasuk krim lidah buaya. Biasanya, jumlah kandungan terbesar akan dituliskan di paling awal. Jadi, Anda bisa memperhatikan posisi urutan ekstrak lidah buaya yang merupakan bahan aktif. Semakin awal urutannya, maka semakin besar kandungan lidah buayanya. Lebih baik lagi jika disertakan angka kandungannya secara detail dalam kemasan produknya.

Anda yang ingin membeli krim lidah buaya, tentu mengharapkan produk dengan kandungan lidah buaya sebanyak mungkin. Selain itu, Anda perlu memperhatikan bahan lain yang mungkin terkandung dalam krim lidah buaya. Untuk itu, disarankan untuk memilih produk yang mengandung banyak bahan alami.

Pilihlah krim lidah buaya yang paling sedikit mengandung zat aditif

Pilihlah krim lidah buaya yang paling sedikit mengandung zat aditif

Krim yang langsung dioleskan ke kulit adalah suatu produk yang pastinya harus aman bagi Anda. Untuk itu, pilihlah produk dengan kandungan bahan aditif sesedikit mungkin. Namun, di pasaran banyak sekali krim yang mengandung banyak tambahan zat aditif seperti paraben, alkohol, serta pewarna buatan Red 202 yang digunakan untuk menambah warna dan meningkatkan penampilan suatu krim.

Dalam beberapa kasus, zat aditif tidak bisa dikatakan buruk. Contohnya, penambahan zat aditif pada krim bertujuan agar kulit tidak terasa lengket setelah pemakaian krim. Namun, berhati-hatilah bagi Anda yang memilih kulit sensitif. Bahkan untuk Anda yang tidak memiliki kulit sensitif juga harus berhati-hati. Hal ini karena krim lidah buaya akan Anda gunakan setiap hari dan dalam waktu yang lama. Sebisa mungkin pilihlah produk dengan zat aditif yang sedikit.

Pilihlah krim lidah buaya dengan kategori quasi-drug

Pilihlah krim lidah buaya dengan kategori quasi-drug

Di pasaran, ada beberapa krim perawatan kulit yang diberi label “krim obat”. Lalu, apa bedanya dengan kosmetik biasa? Kosmetik secara umum bisa diklasifikasikan menjadi kosmetik, semiobat (quasi drug), dan pharmaceuticals. Pharmaceuticals mengacu pada produk obat-obatan, sedangkan produk semi obat sebenarnya juga dikenal sebagai produk cosmeceuticals.

Perbedaan antara kosmetik dan quasi drug terletak pada bahan aktif yang terdapat di dalamnya (setiap negara berbeda bergantung pada aturan negara tersebut). Dalam kasus quasi drug, produk ini ditandai dengan label semi obat pada wadah atau kotak luarnya sehingga pembeli bisa mengerti jika produk tersebut dikategorikan antara obat dan kosmetik.

Ekstrak lidah buaya sendiri merupakan bahan aktif yang bekerja untuk mengatasi peradangan dan melembapkan kulit. Jadi, jika Anda mengharapkan manfaat maksimal dari lidah buaya, pilihlah produk yang dijual dengan label quasi drug.

Pilih produk yang teksturnya nyaman di kulit

Pilih produk yang teksturnya nyaman di kulit

Produk krim lidah buaya meskipun disebut dengan krim, tetapi tidak semua memiliki tekstur krim. Banyak produk yang dijual memiliki tekstur berbeda sesuai dengan tujuan penggunaannya. Misalnya, tipe gel yang relatif creamy, sangat mudah diaplikasikan ke seluruh tubuh. Lalu, tipe krim dengan tekstur yang lebih berat cocok untuk tangan dan kaki yang kering dan kasar.

Produk krim dengan tekstur mirip gel juga bisa diaplikasikan pada punggung Anda sebagai aftercare akibat sengatan sinar matahari. Di sisi lain, krim yang kaku dan padat bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering yang parah. Jadi, pilihlah jenis krim yang tepat sesuai dengan tujuan penggunaannya. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan review dari para pengguna yang lain. Dari review tersebut, Anda bisa memaksimalkan informasi dan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang tekstur produk tersebut saat terkena kulit.

Pilihlah krim lidah buaya yang sesuai dengan budget Anda

Pilihlah krim lidah buaya yang sesuai dengan budget Anda

Sebagai aftercare untuk sunburn, krim lidah buaya memang digunakan hanya dalam jangka waktu tertentu. Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk perawatan sehari-hari, tentu Anda perlu memperhatikan harganya. Hal ini dikarenakan untuk benar-benar merasakan manfaatnya, Anda harus menggunakan krim lidah buaya dengan intensif. Jika Anda memilih produk yang terlalu mahal, biaya pengeluaran bulanan Anda juga semakin meningkat.

Cara terbaik untuk menghitung biayanya adalah dengan membandingkan seberapa lama Anda menghabiskan suatu produk dan membagi biayanya dalam hitungan bulan atau hari. Namun, dalam kasus perawatan kulit, jumlah yang digunakan sangat bervariasi tergantung pada lokasi pemakaian dan kondisi kulit Anda. Meskipun begitu, cara ini terhitung efektif lantaran Anda bisa mendapatkan referensi anggaran biaya yang harus dikeluarkan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pemakaiannya dengan kemampuan Anda.

10 Rekomendasi krim lidah buaya terbaik

Berikut ini akan kami perkenalkan produk-produk krim lidah buaya terbaik yang sudah dirasakan khasiatnya oleh banyak orang. Jangan lupa, tetap pastikan terlebih dahulu efeknya bagi kulit Anda sebelum membeli.

10. Wardah Aloe Hydramild Moisturizer Cream

10. Wardah Aloe Hydramild Moisturizer Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 17.000

Mampu melembapkan kulit secara optimal dengan fitur moisturizing duo

Melembapkan kulit hingga lapisan terdalam dan bisa didapatkan dengan harga ekonomis! Mungkin inilah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan produk yang satu ini. Perpaduan ekstrak Aloe vera dan olive oil, serta fitur moisturizing duo membuat produk ini bisa melembapkan kulit hingga lapisan terdalam sehingga cocok untuk kulit kering yang parah.

Perpaduan sinergis antara humektan dan emmolien-nya membantu menjaga kelembapan kulit dengan optimal. Humektan membantu mengumpulkan air dan emmolien berfungsi mengisi bagian-bagian sel kulit yang kosong sehingga kulit Anda selalu terhidrasi dengan baik.

Isi 40 ml
Kandungan lain Olive oil
Bahan pengawet Phenoxyethanol, potassium sorbate, sodium benzoate 

9. Oriflame Love Nature Gel Cream Aloe Vera

9. Oriflame Love Nature Gel Cream Aloe Vera

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 63.000

Krim ringan untuk kulit kombinasi

Perpaduan gel dan krim pada tekstur produknya membuatnya terasa light di kulit dan tidak lengket. Cocok untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi karena membantu menyeimbangkan kelembapan pada area kulit berminyak dan menghidrasi area kulit kering. Hasilnya kulit Anda lebih cerah, lembut, dan terlihat sehat. Selain itu, wanginya lembut dan menyegarkan!

Isi 50 ml
Kandungan lain Shea butter extract
Bahan pengawet Phenoxyethanol

8. Sensatia Botanicals Aloe Vera Botanical Gel

8. Sensatia Botanicals Aloe Vera Botanical Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 70.000

Bisa melembapkan ujung kepala hingga ujung kaki

Dengan banyaknya bahan alami yang terkandung dalam produk ini, khasiatnya tidak hanya melembapkan kulit. Ekstrak lidah buaya dan ekstrak lavender membuat kulit lembap dan terhindar dari iritasi, sedangkan ekstrak gotu kola memberikan efek antioksidan tinggi sehingga kulit lebih sehat!

Untuk Anda yang menginginkan kelembapan ekstra, gunakan produk ini pada bagian wajah, tubuh, tangan, hingga kuku. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang senantiasa lembap dan sehat di seluruh bagian tubuh, gunakan produk ini. Harganya juga masih cukup terjangkau, kok!

Isi 100 ml
Kandungan lain Ekstrak lavender, gotu kula, panax gingseng root, pepaya, star fruit, dan linalool
Bahan pengawet Benzyl alcohol, benzoic acid

7. Holika Holika Aloe Soothing Essence 80% Moist Cream

7. Holika Holika Aloe Soothing Essence 80% Moist Cream

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 458.000

Dapatkan kelembapan sepanjang hari dalam waktu dua detik!

Produk dengan kandungan ekstrak lidah buaya organik ini secara instan melembapkan dan mengembalikan kesegaran kulit wajah Anda, serta menjaganya sepanjang hari dengan fitur moisture lock effect. Selain itu, kandungan asam amino, vitamin, dan mineralnya juga membantu memudarkan bekas jerawat.

Kandungan ectoin di dalamnya mampu melindungi kulit Anda dari perubahan cuaca, radiasi UV, dan antiinflamasi. Hanya dalam dua detik, efeknya sudah bisa Anda rasakan! Cocok bagi Anda yang mencari krim pelembap dengan efek instan untuk jenis kulit kering atau kulit sensitif.

Isi 100 ml
Kandungan lain Melissa officinalis leaf extract, Centella asiatica extract, Portulaca oleracea extract
Bahan pengawet Sodium benzoate

6. Bioaqua Aloe Vera Moisturizing Serum Cream

6. Bioaqua Aloe Vera Moisturizing Serum Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 47.ooo

Mengandung 92% ekstrak lidah buaya untuk melembapkan kulit!

Semakin banyak kandungan esktrak lidah buaya dalam kandungan produk tersbeut, maka semakin baik khasiatnya dalam melembapkan kulit. Produk ini mengandung 92% ekstrak lidah buaya ditambah dengan ekstrak hazel sehingga mampu menyegarkan dan melembapkan kulit dengan baik.

Selain itu, efek tambahannya adalah kulit menjadi sangat lembut dan halus. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari krim pelembap dengan kandungan lidah buaya yang tinggi. Semua manfaatnya dapat Anda peroleh dengan penggunaan teratur setiap pagi dan malam selama 14 hari. Aplikasikan pada kulit wajah Anda setelah toner.

Isi 50 gr
Kandungan lain Witch hazel extract, sodium hyaluronate, yeast extract, red myrrh mineral oil
Bahan pengawet Tidak ada

5. Mineral Botanica All in One Aloe Vera

5. Mineral Botanica All in One Aloe Vera

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 99.900

Bisa digunakan untuk base makeup!

Selain digunakan untuk mengatasi kulit kering dengan cara melembapkannya, krim ringan tanpa bahan pengawet ini dapat digunakan sebagai base makeup. Cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan penggunaan skin care dari bahan-bahan alami yang aman untuk kulit. Selain itu, bisa juga dipakai untuk merawat kuku yang kering dan kusam.

Isi 200 gr
Kandungan lain Tidak ada
Bahan pengawet Tidak ada

4. Skinfood Aloe Watery Sun Water Gel

4. Skinfood Aloe Watery Sun Water Gel

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 229.000

Melindungi kulit dari sinar matahari dengan tambahan SPF 50+ dan PA+++

Jika produk krim lidah buaya biasanya melembapkan, produk ini hadir dengan cara yang berbeda. Produk ini memiliki kandungan SPF dan PA yang bisa melindungi Anda dari paparan sinar matahari, cukup oleskan 15-20 menit sebelum terpapar sinar matahari. Selain itu, tekstur krimnya ringan, mudah meresap, dan tidak menyebabkan kulit berminyak.

Untuk Anda yang gemar traveling, produk ini sangat cocok untuk Anda. Selain untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi dari sengatan matahari, kemasannya yang berupa botol kecil berukuran 50 gram sangat tidak merepotkan saat dibawa bepergian.

Isi 50 gr
Kandungan lain SPF 50+, PA+++, Viscum album leaf extract, Portulaca oleracea extract 
Bahan pengawet Phenoxyethanol

3. COSRX Aloe Vera Oil Free Moisture Cream

3. COSRX Aloe Vera Oil Free Moisture Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 180.000

Krim lidah buaya oil free dengan tekstur seperti gel yang nyaman di kulit

Krim pelembap dengan kandungan Aloe barbandensis leaf juice water yang 200 kali lebih banyak ini mampu melembapkan kulit lebih intens dan meredakan iritasi. Teksturnya yang mirip gel sangat lembut di kulit, mudah menyerap, dan tidak lengket. Apalagi produk ini tidak mengandung mineral oil sehingga cocok untuk Anda pemilik kulit berminyak.

Isi 100 gr
Kandungan lain Allantoin
Bahan pengawet Tidak ada

2. The Body Shop Aloe Soothing Day Cream

2. The Body Shop Aloe Soothing Day Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 178.000

Diformulasikan khusus untuk kulit sensitif

Kandungan Aloe vera pada produk ini berasal dari Meksiko Tenggara, dipanen, dan diolah dalam waktu enam jam untuk menjaga kesegaran dan menjamin kualitasnya. Selain lidah buaya, kandungan lainnya seperti sesame seed oil dan oat extract juga memiliki manfaat antibakteri, antioksidan, serta soothing effect sehingga cocok bagi Anda pemilik kulit sensitif.

Isi 50 ml
Kandungan lain Sesame seed oil dan oat extract
Bahan pengawet Tidak ada

1. Nature Republic Real Squeeze Aloe Vera Cream

1. Nature Republic Real Squeeze Aloe Vera Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 430.000

Menjaga kulit tetap segar, lembap, dan awet muda!

Krim berkonsentrat tinggi dengan instant cooling effect yang tidak hanya mampu melembapkan dan menenangkan kulit, tetapi juga mampu meningkatkan elastisitas kulit Anda. Selain itu, kandungan polisakaridanya dapat membantu regenerasi kulit. Produk ini tepat untuk Anda yang mendambakan kulit cantik, sehat, dan awet muda!

Isi 50 ml
Kandungan lain Fruit wine extract
Bahan pengawet Phenoxyethanol 

Kesimpulan

Krim lidah buaya merupakan pelembap yang dapat digunakan sebagai perawatan sehari-hari. Selain itu, krim lidah buaya juga sangat baik untuk perawatan kulit berjerawat dan kulit yang terbakar sinar matahari.

Oleh karena digunakan untuk perawatan sehari-hari, penting bagi Anda untuk memastikan jumlah kandungan lidah buaya dan bahan aditif yang digunakan. Apakah Anda sudah mendapatkan produk yang tepat setelah membaca ulasan di atas?