10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Buku Agenda Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Buku agenda biasa digunakan untuk mencatat jadwal atau to-do list agar lebih rapi dan tidak ada yang terlewat. Agenda semacam ini banyak dipakai oleh kalangan siswa hingga para pekerja. Ada berbagai tipe buku agenda yang tersedia di pasaran, mulai dari yang bisa diisi ulang, yang bisa di-customize pengisiannya, atau lainnya sehingga Anda mungkin bingung dalam memilihnya.

Kali ini kami akan membahas cara memilih buku agenda yang tepat dan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan lebih lengkap di artikel ini!

Daftar isi

Cara memilih buku agenda

Mungkin akan cukup membingungkan saat memilih buku agenda, terutama untuk Anda yang baru pertama kali memulai mengatur jadwal. Berikut beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat memilih buku agenda yang sesuai.

Pilih tipe berdasarkan tujuan penggunaan

Umumnya terdapat tiga tipe agenda, yaitu bulanan, mingguan, serta harian. Preferensi pemilihan buku agenda sangat beragam untuk setiap orang. Pertama-tama, pilihlah yang mudah digunakan sesuai dengan tujuan Anda.

Tipe bulanan, dapat dipakai mulai dari mencatat kegiatan sehari-hari sampai bisnis

Tipe bulanan, dapat dipakai mulai dari mencatat kegiatan sehari-hari sampai bisnis

Model agenda bulanan memiliki format yang sama dengan kalender. Jadi, Anda bisa menuliskan jadwal harian pada kolom yang tersedia dalam bentuk catatan singkat. Model seperti ini akan memudahkan Anda untuk melihat jadwal setiap hari secara keseluruhan dalam waktu sebulan.

Oleh karena itu, model agenda yang universal seperti ini juga cocok dipakai untuk keperluan bisnis maupun untuk mengatur jadwal pribadi. Berhubung sangat mudah dilihat layaknya kalender, ada baiknya Anda memastikan ada tidaknya format bulanan ini saat membeli buku agenda.

Tipe mingguan, memudahkan dalam pengaturan tugas dan jadwal

Tipe mingguan, memudahkan dalam pengaturan tugas dan jadwal

Anda dapat mencatat dan memeriksa jadwal mingguan dalam satu halaman menggunakan agenda tipe mingguan ini. Ada berbagai tipe yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan, baik untuk bisnis maupun keperluan pribadi.

Format yang nyaman digunakan untuk keperluan bisnis adalah bentuk tabel vertikal. Bentuk tabel vertikal ini akan memudahkan Anda mengatur jadwal harian berdasarkan waktu. Selain itu, ada pula model tabel horizontal. Anda dapat mengisi jadwal untuk tiga hari pada bagian kiri dan empat hari pada bagian kanan. Dengan begitu, Anda semakin bebas menulis tidak hanya jadwal, tetapi juga berbagai catatan tambahan. Sangat fungsional!

Ada pula agenda mingguan tipe lainnya, misalnya yang kalendarnya terdapat dalam kolom memo. Jadi, pilihlah tipe yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Tipe harian, penggunaannya sangat fleksibel

Tipe harian, penggunaannya sangat fleksibel

Tipe harian sangat fleksibel digunakan untuk mencatat jadwal harian Anda. Tipe harian memberikan ruang yang lebih luas sehingga Anda dapat menulis dengan detail jadwal Anda berdasarkan waktu serta catatan lainnya. Karena Anda dapat mengatur lay out sesuai keinginan, tipe ini juga dapat digunakan sebagai pengganti catatan harian atau diary.

Namun, tipe ini tidak cocok untuk pengaturan jadwal jangka panjang karena Anda hanya bisa melihat catatan untuk dua hari saja dalam satu tampilan. Hal tersebut mungkin tidak terlalu terasa bermasalah jika Anda hanya menggunakannya sebagai catatan harian. Akan tetapi, jika Anda ingin mengatur jadwal pekerjaan, sebaiknya gunakanlah buku agenda tipe bulanan dan mingguan secara bersamaan.

Pilih ukuran berdasarkan kemudahan penulisan dan portabilitas

Pilih ukuran berdasarkan kemudahan penulisan dan portabilitas

Ukuran merupakan poin yang penting untuk diperhatikan dalam memilih buku agenda. Pemilhan ukuran yang tepat bergantung pada kegiatan Anda setiap hari. Apakah Anda hendak membawanya ke tempat kerja, sekolah, atau hanya diletakkan di atas meja? Berikut merupakan ukuran buku agenda yang umum beredar. Anda bisa menggunakannya sebagai acuan.

・ B5 (257 × 182 mm) – ukuran binder
・ A5 (210 × 148 mm) – ukuran buku teks pelajar sekolah
・ B6 (182 × 128 mm) – sedikit lebih kecil dari ukuran buku catatan
・ A6 (148 × 105 mm) – sedikit lebih besar dari ukuran buku saku

Buku agenda dengan ukuran besar tentu lebih memudahkan Anda untuk menulis. Sementara itu, produk dengan ukuran yang lebih kecil akan lebih mudah dibawa. Untuk itu, pilihlah produk dengan ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Pilih agenda yang mudah untuk diisi

Pilih agenda yang mudah untuk diisi

Ketika membeli buku agenda, bisa saja Anda tergoda untuk memilih produk dengan berbagai fungsi dalam satu buku. Namun, pada kenyataannya tidaklah mudah untuk mencatat jadwal sembari menggunakan seluruh fungsi tersebut dengan maksimal bila Anda belum terbiasa menggunakan agenda.

Buku agenda yang memiliki terlalu banyak fungsi bisa saja malah membingungkan. Anda mungkin jadi merasakan keharusan untuk memenuhi halaman agenda yang kosong. Karena itu, bila Anda baru pertama kali menggunakan buku agenda, sebaiknya gunakanlah buku agenda yang simpel.

Daripada langsung menggunakan produk dengan tipe bulanan atau tipe harian untuk diary, Anda bisa memulai dengan membeli buku agenda tipe mingguan. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu terbebani untuk rutin mengisinya setiap hari atau langsung mencatat seluruh jadwal bulanan. Setelah terbiasa mencatat dan mengatur jadwal, secara alami Anda akan mengenali cara Anda dalam menggunakan buku agenda.

10 Rekomendasi buku agenda terbaik

Setelah mengetahui cara memilih buku agenda, berikutnya kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilihnya berdasarkan tipe dan ukuran buku agenda.

10. Kokuyo Campus Diary Planner

10. Kokuyo Campus Diary Planner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 96.000

Makin versatile dengan blank planner dan 28 lembar halaman bergaris

Adanya blank planner yang dilengkapi kotak-kotak memungkinkan Anda untuk menulis jadwal bulanan pada bulan yang Anda tentukan. Anda juga bisa menggunakan 28 lembar halaman bergarisnya untuk menulis diary atau catatan tambahan sesuai kebutuhan. Sangat cocok untuk Anda yang mencari produk dengan cara penggunaan versatile!

Selain jadwal bulanan, Anda juga dapat melihat jadwal penting Anda secara menyeluruh dalam satu tahun. Jadwal tahunan ini juga membantu Anda melihat hari-hari penting orang-orang terkasih. Jangan sampai ketinggalan agenda ini untuk kegiatan sehari-hari Anda!

Tipe Tahunan, bulanan
Ukuran Semi B5

9. Kraft Weekly Planner

9. Kraft Weekly Planner

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.700

Mulailah mengatur jadwal dengan agenda yang lebih sederhana

Anda baru ingin memulai mengatur jadwal? Cobalah agenda mingguan minimalis yang satu ini. Agenda ini hanya berisi jadwal mingguan tanpa adanya tambahan halaman lainnya. Harganya yang tergolong bersahabat juga membuat produk ini semakin tepat dimiliki oleh Anda yang pertama kali mencoba menulis agenda.

Selain itu, halaman buku agenda ini juga dijahit sehingga tidak mudah lepas dan semakin awet untuk digunakan. Space setiap barisnya juga pas untuk menulis jadwal secara singkat. Buku agenda ini pun tidak terlalu tebal sehingga tidak akan menambah beban terlalu banyak di tas Anda.

Tipe Mingguan
Ukuran A5

8. Line Memopad Spiral Monthly Planner

8. Line Memopad Spiral Monthly Planner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 41.800

Bisa dipasang di meja kerja, praktis!

Jilid spiral pada bagian atas buku agenda ini memudahkan Anda untuk mengisi serta melihat jadwal bulanan seperti membuka kalender. Dengan cover yang terbuat dari karton,  agenda ini juga dapat Anda pasang di meja kerja sehingga Anda bisa langsung melihat jadwal tiap bulan secara keseluruhan.

Lalu, ukuran agenda yang cukup besar akan memudahkan Anda menulis jadwal di setiap kolomnya. Anda dapat menggunakannya lebih dari 1 tahun sebelum beralih ke agenda baru berikutnya. Jika Anda menginginkan buku agenda yang dapat memudahkan untuk melihat jadwal sambil tetap bekerja di meja, produk ini solusinya!

Tipe Bulanan
Ukuran B5

7. Simple Basic Monthly Planner

7. Simple Basic Monthly Planner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.000

Tidak perlu repot membeli agenda tahun selanjutnya

Jika Anda menyukai buku agenda yang dapat dipakai dalam jangka waktu lama, agenda minimalis ini dapat menjadi pilihan. Agenda dengan format bulanan ini memiliki jumlah halaman yang dapat Anda pakai sampai lebih dari 2 tahun. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi mencari dan membeli buku agenda baru setiap tahun, bukan?

Tipe Bulanan
Ukuran A5

6. Favorite Blue 365 Daily Planner

6. Favorite Blue 365 Daily Planner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 102.000

Isi jadwal harian dengan lebih detail dan kreatif

Untuk Anda yang suka menulis jadwal setiap hari secara detail, produk ini adalah pilihan paling tepat. Setiap halaman pada buku agenda model hardcover ini didesain polos tanpa garis maupun kotak-kotak. Dengan begitu, Anda bebas menulis jadwal harian secara mendetail dengan kreatif tanpa terlewat satu pun.

Tipe Harian
Ukuran B6

5. My Personal Hardcover Weekly Planner

5. My Personal Hardcover Weekly Planner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 88.800

Pilih format mingguan sesuai kenyamanan Anda

Agenda yang satu ini memiliki 2 format agenda mingguan, yakni tabel horizontal dan vertikal. Perbedaan format ini sangat pas untuk Anda yang biasa menggunakan agenda bulanan atau harian, tetapi ingin mencoba agenda mingguan. Anda dapat memilih format mingguan yang lebih cocok dengan style Anda mengisi agenda.

Dengan dilengkapi tabel waktu, Anda dapat mengatur jadwal secara terpisah untuk pagi, siang, sore, atau malam. Pastinya akan membuat jadwal Anda lebih teratur dan mudah ditulis. Di dalamnya juga terdapat banyak halaman kosong yang dapat Anda gunakan sebagai catatan atau berkreasi membuat format agenda sendiri.

Tipe Mingguan
Ukuran A6

4. My Life in the Pocketbook Hardcover Daily Planner

4. My Life in the Pocketbook Hardcover Daily Planner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 71.300

Makin detail mengatur seluruh jadwal dengan 3 format planner yang tersedia

Bagi Anda yang sudah sering menulis agenda dan suka mengatur jadwal harian hingga tahunan dengan teliti, agenda ini adalah partner yang pas. Di dalam agenda ini terdapat 3 format planner, yakni tahunan, bulanan, dan harian. Anda dapat mengatur jadwal jangka pendek hingga jangka panjang secara mendetail.

Sebagian isi agenda ini dihiasi dengan warna-warna lembut dan sedikit hiasan sehingga terlihat semakin menarik. Selain itu, ada pula halaman personal data agar agenda Anda tidak tertukar. Meskipun tergolong tebal, buku agenda ini kuat dipakai setiap hari karena halaman-halamannya dijahit serta dilem.

Tipe Tahunan, bulanan, harian
Ukuran B6

3. Jurnal Macaron 365 Leather Daily Planner

3. Jurnal Macaron 365 Leather Daily Planner

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.400

Tampil feminin dengan warna pastel

Pilihan warna-warna pastel membuat agenda ini terlihat elegan dan cantik saat digunakan setiap hari. Kesan elegan ini semakin terlihat dengan sampul agenda yang menggunakan kulit sintetis. Untuk Anda yang menyukai barang-barang dengan kesan girly dan feminin, produk ini patut diperhitungkan.

Agenda ini juga memiliki kantong khusus untuk menyimpan kartu nama para kolega atau kartu lainnya. Lalu ada juga tempat pulpen agar Anda tidak ketinggalan alat tulis. Kelebihannya ini akan sangat memudahkan Anda para eksekutif muda saat harus bertemu rekan bisnis.

Tipe Bulanan, harian
Ukuran A6

2. Planner Leather Blank Note Book

2. Planner Leather Blank Note Book

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 215.000

Tampilan sleek dan minimalis bikin produk ini makin stylish!

Hadir dengan tampilan minimalis dan sleek, produk ini terlihat stylish. Pilihan warnanya juga sangat sederhana, seperti hitam, biru, abu-abu, dan merah muda sehingga terkesan dewasa. Bila Anda mencari buku agenda yang tampilannya keren dan membuat Anda terkesan matang, produk ini tentu tidak boleh dilewatkan.

Di dalam agenda ini terdapat 80 lembar halaman kosong untuk mencatat hal-hal penting semisal hasil rapat. Selain itu, ada juga kalender untuk tahun 2019 dan 2020. Tidak hanya cocok dipakai sendiri, buku agenda bersampul kulit ini juga dapat Anda hadiahkan untuk rekan Anda yang baru mendapatkan pekerjaan.

Tipe Bulanan
Ukuran Tidak disebutkan

1. Journal Planner Book Full Colour & Custom

1. Journal Planner Book Full Colour & Custom

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Desain penuh warnanya cerahkan hari Anda

Bagi Anda yang menyukai agenda penuh warna, agenda yang satu ini akan sangat tepat untuk Anda miliki. Setiap lembarnya dipenuhi dengan warna-warni yang cerah tanpa mengganggu penulisan jadwal Anda. Agenda ini juga menyiapkan kolom today dan top goals agar Anda tidak lupa pencapaian Anda setiap hari dan tiap minggu.

Adanya 40 lembar halaman polos juga memungkinkan Anda untuk menulis berbagai catatan atau informasi penting. Dilengkapi 20 lembar monthly planner, Anda bisa mencatat seluruh jadwal bulanan Anda hingga beberapa waktu ke depan. Selain itu, desain cover-nya bisa di-custom sesuai keinginan Anda, mantap!

Tipe Bulanan, mingguan, harian
Ukuran A5

Baca juga rekomendasi agenda lainnya di sini

Cara pemakaian buku agenda bisa berbeda tergantung tujuan penggunaannya. Pada artikel di bawah ini, kami sudah merangkum daftar buku agenda terbaik rekomendasi kami untuk bisnis dan urusan kampus. Anda bisa memilih buku agenda yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda. Mari simak lebih jauh di sini.

Baca juga rekomendasi barang lainnya untuk digunakan bersama buku agenda di sini

Saat Anda sudah menemukan buku agenda pilihan Anda, perhatikan juga barang lainnya untuk membuat agenda Anda lebih stylish. Barang lainnya seperti pembatas buku juga memudahkan Anda saat membuka buku agenda terutama agenda harian. Untuk mencari pembatas buku yang stylish, Anda dapat membaca artikel berikut ini.

Kesimpulan

Tidak terlalu sulit untuk memilih agenda, bukan? Cukup perhatikan tipe yang paling mudah untuk Anda tulis serta ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang baru mulai mengatur jadwal, pilihlah buku agenda yang tidak memiliki terlalu banyak tipe. Ukuran yang tepat juga akan memudahkan Anda dalam menulis dan melihat jadwal.

Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Selamat mengatur jadwal Anda dan jangan sampai ada yang tertinggal, ya!