mybest
Garpu

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Garpu adalah salah satu peralatan dapur yang digunakan dalam keseharian, terutama untuk makan mi, kue, dan berbagai makanan lainnya. Garpu kue, garpu dessert, garpu makan, dan garpu saji merupakan jenis-jenis garpu yang umum tersedia di pasaran. Bahannya juga bervariasi, seperti dari kayu, stainless steel, atau plastik.

Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh garpu yang bagus. Produk dari berbagai merk seperti IKEA dan Capodimonte ada dalam rekomendasi kami. Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Lihat dan temukanlah jenis garpu terbaik untuk Anda!
Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih garpu

Pada dasarnya, gunakanlah garpu yang nyaman bagi Anda. Mungkin ada orang yang mencari garpu berbobot ringan, tetapi ada juga yang mencari garpu untuk digunakan memotong makanan dengan mudah. Terlepas dari preferensi Anda, mari simak terlebih dahulu cara memilihnya.
1

Pilih yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Sebagai alat makan utama, jenis serta variasi garpu yang ada saat ini sangatlah beragam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kali ini kami akan membahas empat dari sekian banyaknya jenis garpu yang ada. Simak penjelasannya berikut ini.

Garpu kue dan dessert: Berukuran kecil dan lengkap dengan fungsi khusus

Garpu kue dan dessert: Berukuran kecil dan lengkap dengan fungsi khusus
Garpu yang berukuran kecil umumnya digunakan untuk menikmati makanan pencuci mulut seperti kue atau buah. Selain ukurannya yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis lainnya, jumlah giginya pun lebih sedikit. Jenis garpu ini umumnya hanya memiliki dua sampai tiga gigi saja. 

Di samping itu, sebagian garpu dessert memiliki bentuk kepala yang membulat. Bentuk ini akan memudahkan Anda ketika menikmati makanan yang lembut seperti es krim atau puding. Sedangkan garpu kue dengan salah satu sisi yang tajam akan memudahkan Anda ketika memotong hidangan.

Garpu makan: Berukuran standar, digunakan untuk menyantap hidangan utama

Garpu makan: Berukuran standar, digunakan untuk menyantap hidangan utama
Garpu makan barangkali adalah jenis garpu yang paling sering Anda temui dalam keseharian. Sesuai namanya, garpu ini digunakan untuk memakan hidangan utama. Pergunakanlah garpu ini apabila Anda sedang makan steak, mi, kentang, atau makanan berat lainnya.

Meskipun dikatakan memiliki ukuran standar, sebenarnya ukuran dan bentuk garpu makan dapat berbeda-beda di setiap negara. Sebagai gambaran, garpu makan biasanya memiliki panjang sekitar 18 cm dan empat buah gigi.

Garpu salad: Bentuk khas dengan belahan panjang di tengah

Garpu salad: Bentuk khas dengan belahan panjang di tengah

Ciri khas garpu ini terletak pada belahan panjang pada bagian tengah garpu. Belahan ini berfungsi sebagai penjepit sekaligus pemotong sayuran pada salad. Bagian kepala garpu jenis ini membulat untuk memudahkan Anda mengambil salad. Sementara jumlah gigi garpu salad umumnya berjumlah dua atau kelipatannya dan selalu genap.

Garpu saji: Didesain untuk mengambil makanan dalam jumlah banyak

Garpu saji: Didesain untuk mengambil makanan dalam jumlah banyak

Garpu saji mungkin akan Anda jumpai saat makan prasmanan atau saat menikmati hidangan buffet. Seperti namanya, garpu ini memang diciptakan untuk memindahkan makanan yang tersaji ke piring pribadi Anda. Ukuran yang besar adalah ciri khas utama jenis ini. Bentuknya dapat beragam tergantung pada jenis makanan yang disajikan.

2

Tentukan bahan berdasarkan kebutuhan Anda

Bahan dasar garpu tidak hanya akan memberikan tampilan yang berbeda pada garpu, tetapi juga memiliki fungsi dan nuansa yang berbeda. Berikut beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai pembuat garpu.

Stainless steel, awet dan paling umum ditemukan

Stainless steel, awet dan paling umum ditemukan
Stainless steel adalah bahan dasar peralatan dapur yang paling umum ditemukan. Biasanya pada garpu stainless steel ini terdapat keterangan 18-8 stainless steel yang berarti mengandung kromium (18%) dan nikel (8%). Fungsi kromium ini adalah sebagai antikarat dan nikel berfungsi untuk menghindari terjadinya korosi.

Kayu atau bambu, unik dan tidak berisik saat beradu dengan piring

Kayu atau bambu, unik dan tidak berisik saat beradu dengan piring
Desain yang unik dan berbeda membuat garpu berbahan dasar kayu ini dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang kurang menyukai alat makan berbahan metal. Garpu ini juga pas untuk Anda yang tidak menginginkan adanya suara berisik pada piring ketika makan karena bahan kayu tidak akan mengeluarkan suara keras saat terkena piring. Hanya saja, dari segi kekuatan, garpu kayu tidak sekuat garpu stainless steel.

Plastik dan melamin, ringan dan desainnya sangat beragam

Plastik dan melamin, ringan dan desainnya sangat beragam

Garpu berbahan dasar melamin lebih kuat, higienis, serta memiliki desain bervariasi. Di sisi lain, ada juga garpu berbahan dasar plastik yang ringan dan mudah untuk digunakan. Hanya saja, garpu berbahan dasar plastik dan melamin ini mudah untuk patah sehingga Anda harus menggunakannya dengan lebih hati-hati. Sebagian garpu plastik malah dianjurkan untuk sekali pemakaian saja.

3

Pertimbangkan garpu grosir atau set dengan alat makan lainnya

Pertimbangkan garpu grosir atau set dengan alat makan lainnya
Apabila Anda sering mengadakan acara di rumah, kami sarankan untuk membeli garpu secara grosir. Garpu yang dibeli grosir juga umumnya berharga lebih miring daripada harga pembelian satuan. Khususnya bila Anda terbiasa kedatangan banyak tamu di rumah, memiliki banyak alat makan adalah investasi yang tepat.

Sementara itu, pilihlah produk cutlery set bila bukan hanya garpu saja yang Anda butuhkan. Produk cutlery set umumnya berisi beberapa macam sendok, garpu, dan pisau makan. Set semacam ini akan menghemat waktu berbelanja Anda. Peralatan makan pun menjadi seragam sehingga tampak lebih estetis. Tampilan meja makan Anda tentu akan lebih menarik dan tampak seperti di restoran.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi garpu terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh garpu terbaik. Ada beragam jenis garpu yang dapat Anda pilih berdasarkan fungsinya serta pilihlah desain yang Anda sukai.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Bima

Rhino Dinner Fork

Bima Rhino Dinner Fork 1

Rp34.800

Menengah

Garpu berkualitas premium untuk keluarga tercinta

2

Capodimonte

Sendok Set / Cutlery Set4185-Cutlery Set

Capodimonte Sendok Set / Cutlery Set 1

Rp406.250

Lebih Mahal

Satu set lengkap untuk acara elegan di rumah Anda

3

IKEA

GRÖNSAKER2-piece salad servers set

IKEA  GRÖNSAKER 1

Rp178.000

Agak Mahal

Tambahkan nuansa natural pada hidangan sehat Anda!

4

Kedaung Group

Super Doll Dessert Fork409

Kedaung Group Super Doll Dessert Fork 1

Rp20.000

Menengah

Harga terjangkau dan desain sederhana untuk pemakaian sehari-hari

5

MORI

Attica Serving Fork / Garpu Salad

MORI Attica Serving Fork / Garpu Salad 1

Rp42.000

Menengah

Desain simpel dan elegan untuk menemani gaya hidup sehat Anda

6

Garpu Motif Jerapah

 Garpu Motif Jerapah 1

Rp15.000

Agak Murah

Lebih ceria dengan garpu jerapah warna-warni di atas piring Anda

7

Set Garpu Sendok Sumpit Kayu

 Set Garpu Sendok Sumpit Kayu 1

Rp32.000

Menengah

Ciptakan rasa yang berbeda dengan menggunakan garpu kayu

8

Hoover Melamine

Garpu Makan Melamine104F

Hoover Melamine Garpu Makan Melamine 1

Rp5.200

Lebih Murah

Warna-warni menarik melamin dengan ketahanan yang tidak main-main!

9

Foldable Spoon and Fork

 Foldable Spoon and Fork 1

Rp6.500

Agak Murah

Lipat dan bawa ke mana saja, lebih praktis!

10

Disposable Wooden Spork

 Disposable Wooden Spork 1

Rp41.000

Menengah

Praktis untuk sekali pakai dan tetap ramah lingkungan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

BimaRhino Dinner Fork

Rhino Dinner Fork 1
Sumber: tokopedia.com
Harga referensi
Rp34.800
Menengah
Harga referensi
Rp34.800
Menengah

Garpu berkualitas premium untuk keluarga tercinta

Tidak hanya makanan sehat yang perlu Anda sajikan untuk seluruh keluarga, tetapi alat makan yang berkualitas juga perlu Anda siapkan. Pilihlah garpu makan keluaran Bima, perusahaan alat makan yang sudah berdiri sejak 1950 ini.

Kualitasnya sudah tidak diragukan lagi karena Bima menggunakan bahan berkualitas premium dan memiliki daya tahan yang lama. Dalam satu set pembelian, Anda akan mendapatkan enam buah garpu, cukup untuk semua anggota keluarga kecil Anda.
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

CapodimonteSendok Set / Cutlery Set4185-Cutlery Set

Harga referensi
Rp406.250
Lebih Mahal

Satu set lengkap untuk acara elegan di rumah Anda

Apabila Anda sering mengundang teman dan keluarga untuk santap bersama di rumah Anda, ada baiknya Anda memiliki satu set perlengkapan makan ini. Tidak hanya garpu yang Anda dapatkan, tetapi juga sendok serta pisau yang senada dapat Anda miliki.

Terbuat dari bahan stainless steel yang dilengkapi dengan motif garis berwarna emas, peralatan makan ini terlihat elegan. Padankan garpu, sendok, dan pisau ini dengan piring keramik dan lap makan untuk mendapatkan kesan lebih elegan.
No.3

IKEA GRÖNSAKER2-piece salad servers set

Harga referensi
Rp178.000
Agak Mahal

Tambahkan nuansa natural pada hidangan sehat Anda!

Untuk menambah semangat dalam menikmati salad yang sehat, gunakanlah alat makan favorit Anda. Set garpu dan sendok besar dari IKEA ini terbuat dari bahan alami yang kuat. Nuansa kayu yang dihadirkannya akan menambah kesan natural pada hidangan sehat Anda.

Desain garpu ini menyerupai sendok, tetapi memiliki gigi garpu, membuat Anda lebih mudah menusuk dan mengambil sayur. Gunakan bersama sendok pasangannya bila Anda perlu mengambil salad dengan cara dijepit. 
No.4

Kedaung GroupSuper Doll Dessert Fork409

Harga referensi
Rp20.000
Menengah

Harga terjangkau dan desain sederhana untuk pemakaian sehari-hari

Desain alat makan dengan ujung tangkai meruncing seperti ini tentu tidak lagi asing bagi Anda. Nah, lengkapi alat makan di rumah Anda dengan produk berdesain sederhana berikut ini. Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan setengah lusin garpu kue dan dessert. Jumlah yang pas untuk pemakaian oleh seluruh anggota keluarga di rumah!

No.5

MORIAttica Serving Fork / Garpu Salad

Harga referensi
Rp42.000
Menengah

Desain simpel dan elegan untuk menemani gaya hidup sehat Anda

Bagi Anda yang rutin menyajikan salad sebagai menu makanan harian, produk ini harus tersedia di dapur Anda. Produk-produk MORI dibuat dari stainless steel berkualitas sehingga diklaim lebih tahan lama. Desain-desainnya pun simpel dan elegan, cocok untuk mendukung nuansa mewah di meja makan Anda. 


Tangkai produk ini tidak terlalu panjang, tetapi memiliki kepala yang besar. Karena itu, produk ini ideal digunakan baik sebagai garpu salad maupun garpu saji.

No.6

Garpu Motif Jerapah

Harga referensi
Rp15.000
Agak Murah

Lebih ceria dengan garpu jerapah warna-warni di atas piring Anda

Untuk menyajikan makanan penutup dengan lebih menarik, Anda dapat menggunakan garpu yang memiliki motif jerapah ini. Dalam satu set pembelian garpu jerapah ini, Anda mendapatkan beberapa buah garpu dengan warna berbeda-beda. Selain itu, adanya jerapah warna-warni dapat meningkatkan selera makan si kecil. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga cocok digunakan sebagai alat makan untuk bekal.

No.7

Set Garpu Sendok Sumpit Kayu

Harga referensi
Rp32.000
Menengah

Ciptakan rasa yang berbeda dengan menggunakan garpu kayu

Set garpu dengan sendok dan sumpit ini sangat pas untuk Anda yang ingin makan dengan feeling berbeda. Terbuat dari bahan kayu bambu, set alat makan ini akan terlihat cantik dan elegan di meja makan Anda. Selain itu, bahan bambu juga dikenal sebagai bahan antibakteri alami sehingga alat makan Anda akan tetap terjaga kebersihannya.
No.8

Hoover MelamineGarpu Makan Melamine104F

Harga referensi
Rp5.200
Lebih Murah

Warna-warni menarik melamin dengan ketahanan yang tidak main-main!

Kesan tidak tahan panas dan tidak kukuh yang melekat pada produk berbahan melamin dipatahkan oleh produk ini. Meskipun berbahan melamin, produk ini diklaim tahan terhadap suhu -20°C–120°C. Produk ini juga diklaim tidak mudah pecah serta telah memiliki sertifikasi dari FDA dan SNI.


Tidak hanya itu, bahan melamine-MF yang digunakannya membuat produk ini tidak rentan akan perubahan warna karena bahan makanan. Pilih produk ini bila Anda ingin garpu dengan warna-warna menarik khas melamin, tetapi tetap mengutamakan keamanan.

No.9

Foldable Spoon and Fork

Harga referensi
Rp6.500
Agak Murah

Lipat dan bawa ke mana saja, lebih praktis!

Garpu yang juga berfungsi sebagai sendok ini dapat dilipat dengan sedemikian rupa. Karena praktis dan simpel, garpu ini cocok untuk Anda yang senang membawa garpu serta sendok ke mana saja. Menggunakan peralatan makan sendiri saat makan di luar tentu akan lebih higienis. Selain itu, Anda dapat andil dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan disposable cutlery.

No.10

Disposable Wooden Spork

Harga referensi
Rp41.000
Menengah

Praktis untuk sekali pakai dan tetap ramah lingkungan

Bila Anda hendak mengundang banyak tamu untuk makan bersama di rumah, pilih saja garpu ini. Garpu ini didesain untuk sekali pakai sehingga Anda tak perlu repot mencucinya. Meski begitu, produk ini tetap ramah lingkungan karena terbuat dari bahan yang mudah terurai. 


Bagi Anda yang memiliki usaha restoran, garpu kayu ini juga pilihan tepat untuk alat makan menu take away. Bentuk kepala yang membulat dan gigi-gigi yang pendek membuatnya bisa digunakan juga sebagai sendok. Fungsi tersebut yang membuat namanya menjadi "spork", yaitu singkatan dari "spoon fork".

Kesimpulan

Demikian cara memilih garpu dan beberapa rekomendasi produk garpu terbaik dari kami. Nah, sudahkah Anda menemukan dan memutuskan membeli garpu yang Anda butuhkan?

Suasana meja makan Anda dapat berubah dengan menggunakan garpu yang berbeda. Gunakanlah garpu yang sesuai dengan jenis makanan dan untuk setiap acara yang berbeda di ruang makan Anda. Setelahnya, nikmatilah waktu Anda bersama orang-orang terdekat Anda!

5 Rekomendasi Garpu terbaik

No. 1: BimaRhino Dinner Fork

No. 2: CapodimonteSendok Set / Cutlery Set4185-Cutlery Set

No. 3: IKEA GRÖNSAKER2-piece salad servers set

No. 4: Kedaung GroupSuper Doll Dessert Fork409

No. 5: MORIAttica Serving Fork / Garpu Salad

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Rekomendasi Garpu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.