10 Rekomendasi Ban Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Ban Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Ketika mentari bersinar dengan cerah, memang paling asyik bermain air. Anda dapat berenang memakai ban lucu berbentuk donat atau bersantai di atas matras sembari menikmati hari dengan menyeruput segelas cocktail! Aktivitas bermain air pun semakin menyenangkan.

Terlebih lagi, kini ban renang hadir dalam banyak varian dan merek! Anda dapat memilih ban renang berkualitas merek Intex, Bestway, dan Zebec. Mulai dari ban lengan untuk anak hingga ban flamingo untuk dewasa, silakan pilih yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih ban renang

Tahukah Anda bahwa berdasarkan bentuknya, ban renang dibedakan menjadi empat tipe? Jika selama ini Anda hanya mengetahui tipe standar berbentuk O, sebenarnya ada ada juga ban renang berbentuk U, matras, dan arm ring. Kami akan menjelaskan keunggulan dari masing-masing tipe ban renang ini. So, stay tune dan baca artikel ini sampai selesai, ya!

Pilih tipe O yang ukurannya pas dengan badan

Pilih tipe O yang ukurannya pas dengan badan 

Alih-alih tipe O, masih banyak orang di luar sana yang menganggap kalau tipe ini adalah tipe cincin. Tipe O adalah tipe ban renang yang paling umum dan memiliki keunggulan mudah untuk dipakai. Anda cukup memasukkan badan ke dalam lubang dari bagian atas ban, kemudian sudah bisa mengapung di atas air.

Sebelum memilih tipe ini, pastikan ukurannya sesuai dengan ukuran badan Anda. Jika terlalu kecil, sebaiknya jangan dipaksakan. Lebih berbahaya lagi jika Anda tetap membelinya meski ukurannya terlalu besar. Bisa-bisa Anda akan langsung nyemplung ke dalam air, lho! Selain itu, ada beberapa tempat yang melarang ban renang tipe O dengan ukuran tertentu. Nah, pastikan Anda memilih ban berdasarkan ukuran, lingkar dada, dan panduan usia di bawah ini.

(Perkiraan berdasarkan usia)
■ Usia 3 tahun: 45 cm, lingkar dada sekitar 49 cm
■ Usia 4 tahun: 45-50 cm, lingkar dada sekitar 54 cm
■ Usia 5 tahun: 50-55 cm, lingkar dada sekitar 56 cm
■ Usia 6 tahun: 55-60 cm, lingkar dada sekitar 58 cm
■ Usia 7-12 tahun: 60-70 cm, lingkar dada sekitar 60-70 cm
■ Usia 12-15 tahun: 70-100 cm, lingkar dada sekitar 70-80 cm
■ Usia 15 tahun ke atas: 100 cm atau lebih, ukuran lingkar dada sekitar 80 cm atau lebih.

Pilih tipe U agar lebih mudah untuk menggerakkan kaki

Pilih tipe U agar lebih mudah untuk menggerakkan kaki

Ban renang tipe U diciptakan untuk memberi kemudahan bagi penggunanya saat menggerakkan kaki di air. Boleh saja bagian atas tubuh disokong oleh ban, tetapi kaki Anda dapat bergerak ke sana kemari secara bebas. Meskipun memiliki stabilitas yang bagus layaknya tipe O, tipe ini lebih multifungsi dan mudah dipakai berenang. Apakah Anda ingin melatih gerakan kaki dan snorkeling? Silakan pilih tipe U!

Sebelum memilih tipe ini, pastikan jika ukurannya sesuai dengan tubuh Anda. Selain itu, penting juga untuk memilih produk yang dilengkapi dengan handle sehingga mudah untuk dipegang. Harap berhati-hati untuk tidak meninggalkan ban renang ini selama Anda berenang.

Ingin bersantai di atas air? Pilih tipe matras saja!

Ingin bersantai di atas air? Pilih tipe matras saja

Apakah Anda ingin berjemur di atas kolam renang sembari menikmati sinar sang mentari? Anda bisa memilih ban renang tipe matras. Saat ban mengapung di atas air, Anda bisa bergerak bebas di atasnya. Dengan adanya sandaran dan bantal, Anda dapat tiduran dan berjemur layaknya berada di daratan.

Namun, Anda jangan langsung buru-buru membelinya saat menemukan tipe ini di online shop. Coba cek dahulu apakah berat badan Anda tidak melebihi kapasitas beban ban. Jika Anda memilih tipe yang melebihi kapasitasnya, besar kemungkinan ban matras akan tenggelam saat Anda menaikinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek kapasitas beban dari ban tipe matras.

Untuk keselamatan si kecil, pilih tipe pelampung lengan (arm ring)

Untuk keselamatan si kecil, pilih tipe pelampung lengan (arm ring)

Anak kecil yang belum bisa berenang dapat bermain air secara aman dengan tipe arm ring. Sebenarnya, banyak sekali produk ban renang untuk anak kecil yang bisa dipilih. Namun, tipe ini tetap jadi primadona karena fungsinya menyerupai life jacket. Anda cukup melingkarkan ban renang ini di kedua lengan. Dengan demikian, tangan dan kaki anak dapat bergerak leluasa. Tak salah bila arm ring menjadi tipe yang paling mudah dipakai dibandingkan tipe ban renang lainnya.

Meskipun demikian, pemilihan ukuran ban juga sangatlah penting. Pelampung lengan menjadi sama sekali tidak berguna jika langsung terlepas saat baru saja dipakai, bukan? Makanya, kami sarankan untuk memilih arm ring yang sesuai ukuran lengan. Sebagai tolok ukur, Anda bisa memilih berdasarkan referensi usia yang dicantumkan pada deskripsi produk.

Pilih ban renang yang memenuhi standar keamanan

Pilih ban renang yang memenuhi standar keamanan

Dibandingkan mainan anak, ban renang memang lebih rawan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus memilih produk yang dapat digunakan dengan aman.

Jika Anda membeli produk dari Jepang, biasanya terdapat tanda ST pada produk. Tanda ini merupakan simbol standar keamanan mainan yang ditetapkan oleh Asosiasi Mainan Jepang. Jika suatu produk bertanda ST, artinya sudah diinspeksi secara ketat baik dari bentuk, kekuatan, maupun mudah terbakar atau tidak. Sementara itu, produk Eropa akan berlabel “CE” dan “ASTM” jika berasal dari Amerika. Apabila Anda membeli produk dalam negeri, pastikan sudah berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI) agar lebih aman digunakan.

10 Rekomendasi ban renang terbaik

Sebelum membeli, mohon untuk memperhatikan daftar rekomendasi ban renang terbaik dari kami. Tidak hanya ban renang tipe klasik seperti tipe O yang mudah ditemukan di online shop, Anda juga dapat membeli ban renang berbentuk matras yang cocok untuk bersantai di atas air!

10. Zihang Plastic ABC Inflatable Baby Swimming Ring Pool Float Mother & Child

10. Zihang Plastic ABC Inflatable Baby Swimming Ring Pool Float Mother & Child

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Ban renang untuk mama dan anak dengan fitur keamanan berlapis!

Ban renang produksi ABC ini didesain secara khusus untuk anak-anak dan orang tua. Di bagian tengahnya terdapat pegangan untuk menjaga keseimbangan ban. Anda dapat berenang bersama si kecil dan mengawasinya setiap saat di jarak yang sangat dekat.

Ban ini juga dilengkapi dengan sandaran dan lubang kaki. Anak dapat menggerakkan kakinya secara bebas tanpa khawatir akan terjatuh dan tenggelam. Sandaran ban juga bisa jadi pengaman agar anak tidak terjatuh saat asyik bergerak. Sembari berenang, Anda dapat mengajak si kecil bercengkerama setiap saat.

Tipe Tipe O
Lingkar dada 22 cm (terbuka di bagian belakang)
Ukuran 100 cm x 70 cm  (40 inci x 28 inci)
Kapasitas beban 15 kg (anak-anak) dan 75 kg (dewasa)

9. Nabaiji Green Child’s Tiswim Adaptable Armband-Waistbands Printed “Monkey”

9. Nabaiji Green Childs Tiswim Adaptable Armband Waistbands Printed Monkey

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 310.000

Anak bebas bermanuver ke segala arah

Produk ini terdiri dari tiga bagian yaitu dua ban lengan dan satu ban depan. Ketiga bagian ini saling berkaitan sehingga sangat aman digunakan anak-anak. Meskipun harganya sedikit mahal, si kecil bisa bermanuver ke segala arah dan lebih cepat terbiasa dengan air. Konon, tipe ban ini juga bisa membantu proses perkembangan motorik anak, lho!

Tipe Tipe arm ring
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran Tidak tercantum
Kapasitas beban 15-30 kg

8. Intex Swim Ring Clear Color Tubes

8. Intex Swim Ring Clear Color Tubes

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 48.000

Siapa pun bisa beli karena harganya hemat kantong!

Kini, Anda tak perlu lagi menolak ajakan untuk bermain di kolam renang karena tidak mau mengeluarkan duit untuk membeli ban renang. Ban renang dari Intex ini dijual dengan harga yang terjangkau sehingga bisa dibeli dari semua kalangan.

Meskipun harganya terjangkau, Anda tidak perlu meragukan kualitas produk keluaran Intex. Ban renang ini sudah memenuhi standar keamanan sehingga aman untuk dipakai. Selain itu, ban ini memiliki desain warna-warni, seperti orange, biru, dan pink yang memikat.

Tipe Tipe O
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran 91 cm (36 inci)
Kapasitas beban Tidak tercantum

7. Zebec Watertubes 48″ Double

7. Zebec Watertubes 48 Double 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 814.000

Bisa dipakai seru-seruan dengan pasangan di waterboom

Ini dia rekomendasi watertubes untuk Anda yang berlibur dengan pasangan. Zebec memiliki varian double watertubes yang dilengkapi handle di kedua sisi. Anda bisa meluncur dengan aman dan terkendali tanpa khawatir akan terjatuh dari ban. Mari menciptakan kenangan manis bersama pasangan dengan memakai produk ini!

Tipe Tipe O
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran 48 inci
Kapasitas beban Tidak tercantum

6. Intex Mega Flamingo Island 56288

6. Intex Mega Flamingo Island 56288

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp  686.000

Flamingo motif pink untuk cewek yang ingin rileks di atas air!

Flamingo berwarna pink ini menjadi primadona para cewek yang ingin bersantai di atas kolam renang atau laut. Anda yang jenuh dengan pekerjaan dapat bersantai hingga tiduran di atas ban renang dengan ukuran raksasa ini. Meskipun harganya cukup tinggi, tetapi Anda akan dimanjakan dengan banyaknya fitur pendukung.

Demi alasan keselamatan dan keamanan, float ini dilengkapi dengan pegangan di kedua sisinya. Meski dipakai di laut dengan ombak yang kuat, Anda tidak akan terjatuh. Kerennya lagi, float ini bisa jadi objek foto liburan. Wah, akhirnya ada foto keren yang bisa diunggah di Instagram, nih!

Tipe Tipe matras
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran 86 inci x 83 inci x 53 inci
Kapasitas beban 115 kg (dua orang dewasa)

5. Intex Inspirational Mats 58772-Biru

5. Intex Inspirational Mats 58772-Biru

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 315.000

Ciptakan sensasi musim panas saat berjemur di negara tropis

Untuk Anda yang supersibuk dan tidak bisa ke pantai, pilihlah ban mats bermotif tropis ini. Motifnya berupa bunga kemboja putih dan warna biru laut yang membuat Anda serasa berada di lautan lepas. Karena dilengkapi bantal, Anda dapat berjemur sambil merebahkan tubuh di atas mats ditemani segelas jus jeruk! Dijamin seru abis, deh.

Tipe Tipe matras
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran 178 cm x 84 cm
Kapasitas beban Tidak tercantum

4. Bestway Barbie 9″x 6″ Armband

4. Bestway Barbie 9 x 6 Armband

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.900

Ban lengan bercorak Barbie yang bisa dibawa ke mana saja

Ban bercorak karakter Barbie ini cocok untuk anak-anak yang baru belajar renang pada usia 3-5 tahun. Si kecil bisa bergerak bebas di air. Bahannya terbukti berkualitas sehingga aman dan nyaman untuk dipakai. Selain itu, arm ring ini juga mudah dipompa dan dikempiskan, praktis untuk dibawa selama liburan ke luar kota.

Tipe Tipe arm ring
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran 23 cm x 15 cm
Kapasitas beban 18-30 kg (3-6 tahun)

3. Zebec Single Waterpark Tubes NT Single Yellow

3. Zebec Single Waterpark Tubes NT Single Yellow

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 275.000

Ban renang tahan banting yang tak mudah terkikis oleh air

Zebec Single Waterpark Tubes menggunakan bahan pilihan yang tidak mudah terkikis oleh air. Jahitan ban juga sangat kuat sehingga tidak mudah rusak dan tahan lebih lama. Tidak ada cerita ban rusak dalam waktu singkat karena bahannya yang jelek dan murahan. Untuk liburan kok coba-coba?

Tipe Tipe O
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran 36 inci
Kapasitas ban Tidak tercantum

2. Intex Kickboard Pool School 58167

2. Intex Kickboard Pool School 58167

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 97.435

Belajar renang menjadi semakin asyik dengan ban seluncur

Ban renang berbentuk U ini bisa dipakai oleh anak-anak untuk belajar renang dan bermain di air. Anda cukup memompa ban berbentuk papan seluncur ini dan bisa langsung digunakan. Anda dapat tengkurap di atas ban luncur dan mulai belajar renang.

Di bagian ujung kanan dan kiri ban terdapat handle untuk pegangan. Saat kedua tangan memegang handle, Anda dapat meluncur dan menggerakkan kedua kaki. Dengan begitu, Anda akan jago berenang dalam waktu singkat karena belajar renang terasa asyik dan tidak membosankan.

Tipe Tipe U
Lingkar dada Tidak tercantum
Ukuran 79 cm x 76 cm (31 inci x 30 inci)
Kapasitas beban Tidak tercantum

1. Intex Donut Tube 59265

1. Intex Donut Tube 59265

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.900

Terlihat imut dan kekinian dengan ban berbentuk donat warna-warni

Ban renang tak sebatas untuk bermain air semata, tetapi juga untuk menunjang gaya hidup! Jika Anda ingin terlihat kekinian, silakan memilih ban renang donat ini. Tampilan ban semakin menggoda dengan adanya motif taburan meses warna-warni di atasnya. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun dijamin suka!

Tipe Tipe O
Lingkar dada 91 cm-113 cm
Ukuran 90-120 cm (10 tahun ke atas)
Kapasitas beban Tidak tercantum

Kesimpulan

Bagaimana dengan rekomendasi ban renang terbaik dari kami? Apakah ada yang cocok dengan kebutuhan Anda? Pastikan untuk memilih kolam yang dangkal dan kaki dapat menyentuh dasar kolam untuk menekan risiko kecelakaan.

Ada juga kolam renang yang melarang penggunaan ban renang dengan ukuran tertentu. Periksa terlebih dahulu peraturan kolam renang yang ingin didatangi. Dengan mematuhi anjuran keselamatan, Anda akan lebih menikmati acara main air. Selamat liburan!