• 10 Rekomendasi Headset Terbaik untuk PS4 (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Headset Terbaik untuk PS4 (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Headset Terbaik untuk PS4 (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Headset Terbaik untuk PS4 (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Headset Terbaik untuk PS4 (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Headset Terbaik untuk PS4 (Terbaru Tahun 2020)

Suara merupakan unsur penting saat bermain PS4 sehingga menggunakan headset menjadi hal yang lumrah bagi para gamer. Sound effect pada gaming headset dapat memberikan kesenangan berkali-kali lipat dari biasanya. Akan tetapi, banyaknya produk gaming headset akan membuat Anda bingung harus memilih yang mana.

Karena itu, melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan berbagai headset PS4 yang paling banyak diminati. Ada produk keluaran Logitech, Kingston, SADES, dan sebagainya. Tak hanya itu, kami pun akan menjelaskan perbedaan koneksi menggunakan wired USB, wireless USB, dan analog 3,5 mm. Yuk, mari disimak lebih lanjut!
  • Pembaharuan terakhir: 26 Mei 2020
  • 3.757 Views
Daftar isi

Cara memilih headset PS4

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headset terbaik untuk PS4. Ada berbagai pilihan, mulai dari efek suara, koneksi, material, dan fitur mikrofonnya. Berikut ini adalah tips-tips dari kami. Langsung saja disimak, yuk!

Pilihlah produk yang memiliki efek surround berdaya 5.1ch dan 7.1ch

Pilihlah produk yang memiliki efek surround berdaya 5.1ch dan 7.1ch
Surround sound merupakan unsur penting yang biasa dihasilkan oleh speaker. Anda pasti sering melihat tulisan "5.1ch" atau "7.1ch" pada headset, bukan? Jenis headset ini memberikan daya efek suara tiga dimensi, lho. Karena itu, kami sarankan para gamers agar memilih headset jenis ini. 

Efek surround tentu akan lebih terasa manfaatnya saat dipakai bermain gim FPS (first-person shooter). Hal ini dikarenakan dalam gim FPS, suara langkah kaki dan suara tembakan musuh sangatlah penting. Dengan menggunakan headset berefek surround, Anda dapat mengetahui posisi dan jarak musuh dengan baik. Kemenangan pun dapat lebih mudah dicapai. 


Namun, meski tertulis surround pada kemasannya, ada headset yang tidak mendukung suara surround pada PS4. Karena itu, sebelum membeli, pastikan headset pilihan Anda mendukung suara surround pada PS4, ya.


Meski sama-sama disebut surround, ada perbedaan suara antara bagian depan dan belakang pada headset 5.1ch. Perbedaan ini sulit ditemukan dan suara yang dihasilkan pun mungkin akan terdengar datar-datar saja. Berbeda dengan tipe 5.1ch, tipe 7.1ch memberikan efek stereo di kedua sisinya. Karena itu, arah datangnya suara dapat terdengar secara akurat.  


Untuk Anda yang sudah terbiasa memakai headset 5.1ch, akan ada perbedaan signifikan ketika berpindah ke headset 7.1ch. Bahkan kabarnya, tingkat kemenangan Anda dalam bermain gim FPS dapat meningkat hingga 40%, lho!

Periksalah karakteristik metode koneksinya

Headset untuk PS4 memiliki tiga jenis metode koneksi, yaitu wired USB, wireless USB, dan analog. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang akan kami jelaskan di bawah ini.


Berbicara tentang koneksi headset, sebenarnya masih ada satu jenis metode koneksi lagi untuk PS4 Pro. Koneksi ini memakai DAC, yaitu perangkat yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ke terminal digital optik. Setelah itu, DAC akan mengonversinya sebagai output suara ke headset. Akan tetapi, kali ini kami akan fokus ke tiga jenis yang sudah kami sebut sebelumnya. Mari bahas lebih lanjut. 

Wired USB, dijamin compatible dengan PS4, tetapi tidak mendukung daya 5.1ch dan 7.1ch

Wired USB, dijamin compatible dengan PS4, tetapi tidak mendukung daya 5.1ch dan 7.1ch

Koneksi wired USB bisa dipakai dengan cara mengoneksikannya langsung ke PS4. Jenis ini memiliki kelebihan, yaitu kompatibel dengan PS4 tipe mana pun. Akan tetapi, jenis ini dianggap lebih merepotkan karena harus ada kabel yang tersambung ke bodi PS4. Selain itu, Anda mungkin memerlukan kabel ekstensi jika kabel headset yang dibeli kurang panjang.


Lalu, bagaimana jika kabel headset terlalu pendek atau panjang? Kondisi kabel seperti ini tentu akan membuat Anda kurang nyaman saat memakainya. Karena itu, kami sarankan Anda untuk duduk di tempat yang terjangkau oleh kabel.


Saat disambungkan ke komputer, headset akan otomatis mendukung efek surround sound 5.1ch atau 7.1ch tergantung pada produknya. Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda sambungkan headset tersebut ke PS4. Perlu diperhatikan bahwa headset dengan koneksi wired USB tidak dilengkapi efek surround 5.1ch dan 7.1ch pada PS4. Jadi, bila Anda memilih metode koneksi USB, Anda hanya bisa menikmati efek suara hingga 2.1ch. Meski begitu, jika lebih teliti Anda pun dapat menemukan produk yang memiliki efek mendekati surround.

Wireless USB, menghasilkan efek surround sound berkualitas

Wireless USB, menghasilkan efek surround sound berkualitas

Gamers pemula sering dibingungkan oleh jenis koneksi headset. Untuk Anda yang masih bingung dalam memilih, pilihlah produk wireless USB headset keluaran PS4. Untuk memakainya, Anda cukup menyambungkan USB adaptor dengan konsol PS4 Anda. Sangat mudah tanpa harus mengatur setting yang merepotkan. Tentunya, headset ini akan lebih menghemat waktu Anda.


Produk lain bisa saja tidak bermasalah dengan koneksinya, tetapi mungkin tidak kompatibel dengan efek surround. Karena itu, kami sarankan Anda untuk berhati-hati ketika memilih dan pastikan dicoba terlebih dahulu sebelum membelinya.

Koneksi analog, mendukung efek surround bila menggunakan USB amplifier

Koneksi analog, mendukung efek surround bila menggunakan USB amplifier

Untuk jenis koneksi analog, 4 pole mini plug atau jack berukuran 3,5 mm digunakan dengan menyambungkannya ke controller PS4. Walaupun yang mendukung surround sound masih sedikit, plug dapat langsung disambungkan ke controller. Berkat itu, Anda tidak akan terganggu dengan kabel yang melintang. Bermain gim pun jadi lebih nyaman!


Selain itu, dengan USB amplifier, Anda juga jadi dapat menggunakan tipe plug lain, misalnya tipe 3 pole 2 headset plug. Cara ini tak hanya mampu menstabilkan kualitas suara, tetapi Anda pun dapat menggunakan beragam produk headset. Silakan mencoba produk headset yang Anda sukai.

Pilihlah berdasarkan fitur mikrofonnya

Pilihlah berdasarkan fitur mikrofonnya

Selain memiliki koneksi yang beragam, headset juga memiliki fitur mikrofon, yaitu "mute at hand" dan "noise cancelling". Dua fitur mikrofon ini bisa dibilang sebagai poin utama dalam memilih produk headset untuk PS4. Dengan fitur ini, seluruh suara di sekitar akan terserap sehingga hanya suara Anda yang dapat terdengar oleh rekan main.


Saat Anda bermain gim dengan gamer lainnya, kemudahan berkomunikasi merupakan hal yang penting. Karena itu, pastikan mikrofon Anda memiliki kualitas yang mumpuni. Periksalah performa mikrofon Anda, apakah ia dapat menyampaikan suara dengan baik ke rekan bermain Anda?


Jika suara Anda terdengar terlalu kuat di telinganya, cobalah untuk sedikit menjauhkan mikrofon dari mulut Anda. Pastikan pula tidak ada suara yang mengganggu dari mikrofonnya, ya. Karena itu, pilihlah produk yang dapat memperlancar komunikasi sembari melihat review dari sesama gamers.

Pilihlah berdasarkan bobot, fleksibilitas, dan materialnya

Pilihlah berdasarkan bobot, fleksibilitas, dan materialnya
Agar dapat bermain gim dengan nyaman, pastikan headset pilihan Anda pas ketika dipakai. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan ear pads yang cukup besar untuk mencakup telinga Anda. Selain suara lebih terdengar jernih, diharapkan pula ear pads akan memberikan kenyamanan bagi pemakainya.

Selain karena kenyamanan, Anda perlu memperhatikan pula adanya ear pads karena berpengaruh kepada tingkat adhesi. Dengan adanya bantalan yang melingkupinya, tingkat adhesi akan meningkat sehingga suara di sekitar Anda tidak akan terdengar. Namun, Anda perlu berhati-hati karena bantalan tertutupnya akan menyebabkan headset dan sekitar telinga mudah lembap dan pengap. 


Selain itu, bagi Anda yang menginginkan produk tahan lama dan fleksibel, pilihlah yang tidak terlalu berat. Sebagai patokan, pilihlah yang bobotnya sekitar 300 gram. Hal ini dikarenakan produk dengan bobot ringan akan mengurangi beban pada tubuh. Nah, jika Anda mencari produk yang breathable, kami sarankan Anda memilih produk yang terbuat dari bahan jersey. Bahan ini memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak menimbulkan rasa sakit di telinga meski digunakan dalam waktu yang lama.


Selanjutnya, hal yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran dan bentuk ear pads. Jika ukurannya terlalu besar, dikhawatirkan ear pads akan bergeser dari telinga saat Anda menggerakkan kepala. Di sisi lain, jika ukurannya terlalu kecil, Anda mungkin akan kesulitan mendengar suara.

Karena ukuran telinga setiap individu berbeda, Anda mungkin akan kesulitan menentukan ukuran dan bentuk ear pads yang sesuai. Agar lebih meyakinkan, silakan mengunjungi gerai elektronik terdekat dan mencoba headset pilihan Anda secara langsung.

Sesuaikan harga dengan budget dan kebutuhan Anda

Sesuaikan harga dengan budget dan kebutuhan Anda

Tentunya, Anda sudah mengenal istilah "ada harga, ada barang" di dunia produk elektronik. Hal ini berlaku juga untuk produk headset PS4. Makin tinggi harganya, makin baik pula kualitas suara dan performanya. Dengan demikian, pengalaman bermain gim Anda jadi lebih menyenangkan. 


Perbedaan harga ini tentunya berdampak pada perbedaan volume dan ketebalan suara. Apabila Anda menginginkan produk berkualitas tinggi, jangan ragu memilih produk dengan harga sekitar 1 juta rupiah. Tak heran, banyak gamer profesional yang lebih memilih headset PS4 dengan harga di atas 1 juta rupiah. 


Namun, Anda dapat membeli produk di bawah harga 1 juta rupiah jika tidak memiliki bujet lebih. Saran kami, Anda tak perlu membeli produk yang terlalu mahal jika menggunakan headset hanya untuk voice chat. Lalu, jika Anda adalah pemula, pilihlah headset dengan harga dan kualitas yang sewajarnya. Apabila setelah dicoba kinerjanya dirasa kurang, silakan membeli headset dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Kesimpulannya, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi headset terbaik untuk PS4

Berikutnya, kami akan membahas mengenai headset rekomendasi berdasarkan cara memilih di atas. Ada banyak tipe yang kami jabarkan, mari temukan produk yang sesuai untuk Anda.
10
SoundStereo
KoneksiAnalog
Mute at hand✔︎
Noise cancellingX
Bobot260 gram
9
SoundTidak diketahui
KoneksiWired USB
Mute at handX
Noise cancelling✔︎
Bobot1300 gram
8
SoundStereo
KoneksiAnalog 3,5 mm
Mute at handTidak diketahui
Noise cancelling✔︎
Bobot300 gram
7
SoundStereo
KoneksiAnalog
Mute at handX
Noise cancellingX
Bobot220 gram
6
SoundStereo
KoneksiAnalog 3,5 mm
Mute at hand✔︎
Noise cancelling✔︎
Bobot310 gram
5
SoundStereo
KoneksiAnalog 3,5 mm
Mute at handTidak diketahui
Noise cancelling✔︎
Bobot750 gram
4

CorsairWIRELESS Gaming Headset — Carbon

HS70

Rp 1.550.000,00

Sound7.1ch
KoneksiWireless USB
Mute at handX
Noise cancelling✔︎
Bobot1000 gram
3
SoundStereo
KoneksiAnalog 3,5 mm
Mute at hand✔︎
Noise cancelling✔︎
Bobot255 gram
2

Plantronics RIG 800HD Wireless Gaming Headset

Rp 1.299.000,00

SoundStereo
KoneksiWireless USB
Mute at handTidak diketahui
Noise cancelling✔︎ (sound-isolating earcups)
Bobot290 gram
1
Sound7.1ch
KoneksiAnalog 3,5 mm
Mute at hand✔︎
Noise cancelling✔︎
Bobot1200 gram

Tabel perbandingan produk headset terbaik untuk PS4

Gambar produk
1
Kingston Hyperx Cloud Gaming Headset 1

Kingston

2
Plantronics  RIG 800HD Wireless Gaming Headset 1

Plantronics

3
Logitech  Prodigy Gaming Headset  1

Logitech

4
Corsair WIRELESS Gaming Headset — Carbon 1

Corsair

5
Cobra  Advance Gaming Headset 1

Cobra

6
KOTION EACH Gaming Headset 1

KOTION EACH

7
Sades  Spirits 1

Sades

8
EKSA Gaming Headset with RGB light 1

EKSA

9
KOTION EACH Gaming Headset 1

KOTION EACH

10
SADES  Snowwolf 1

SADES

Nama produk

Hyperx Cloud Gaming Headset

RIG 800HD Wireless Gaming Headset

Prodigy Gaming Headset

WIRELESS Gaming Headset — Carbon

Advance Gaming Headset

Gaming Headset

Spirits

Gaming Headset with RGB light

Gaming Headset

Snowwolf

KeunggulanDriver super dari brand superFitur Dolby Atmos di dalamn...Keluaran Logitech yang tak ...Suara begitu jernih dengan ...Tahan lama tidak harus berh...Setahap menuju profesional!...Lebih pas dipakai dengan ad...Fitur elastic ski-band head...Produk berkualitas dengan h...Bahan fleece-nya yang lembu...
HargaRp 910.000,00Rp 1.299.000,00Rp 554.000,00Rp 1.550.000,00Rp 195.000,00Rp 350.000,00Rp 234.600,00Rp 250.000,00Rp 182.900,00Rp 300.000,00
Sound7.1chStereoStereo7.1chStereoStereoStereoStereoTidak diketahuiStereo
KoneksiAnalog 3,5 mmWireless USBAnalog 3,5 mmWireless USBAnalog 3,5 mmAnalog 3,5 mmAnalogAnalog 3,5 mmWired USBAnalog
Mute at hand✔︎Tidak diketahui✔︎XTidak diketahui✔︎XTidak diketahuiX✔︎
Noise cancelling✔︎✔︎ (sound-isolating earcups)✔︎✔︎✔︎✔︎X✔︎✔︎X
Bobot1200 gram290 gram255 gram1000 gram750 gram310 gram220 gram300 gram1300 gram260 gram
Tautan produk

Hindarilah headset dengan koneksi Bluetooth

Hindarilah headset dengan koneksi Bluetooth

Hindarilah memilih produk headset untuk PS4 dengan koneksi Bluetooth. Ketika memakai jenis koneksi ini, Anda perlu menyiapkan perangkat lainnya yaitu receiver Bluetooth. Hal ini tentunya lebih merepotkan karena tidak dapat langsung dipakai. Selain itu, keterlambatan suara pun kerap terjadi.


Gim macam FPS dimainkan dengan pertimbangan berdasarkan suara. Karena itu, headset dengan suara delay tentu merupakan kekurangan yang fatal. Jika memakai receiver, headset mungkin bisa dipakai. Namun, lebih baik headset jenis ini dipakai ketika ketepatan suara tidak terlalu krusial, misalnya saat mendengarkan musik.


Sebenarnya, wireless headset yang bukan keluaran PS4 juga mungkin mengalami keterlambatan suara. Sebabnya, suara dari gim akan dikonversikan terlebih dahulu menjadi sinyal yang dapat ditangkap oleh wireless headset. Ditambah lagi, jika menggunakan koneksi Bluetooth, suara akan dikonversikan ke dalam codec yang sesuai. Proses ini menyebabkan keterlambatan suara makin sering terjadi. Karena itu, kami menyarankan Anda agar menghindari headset dengan koneksi Bluetooth untuk PS4.

Baca juga rekomendasi headset lainnya di sini

Melalui artikel di atas, Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai headset terbaik untuk PS4. Akan tetapi, selain headset untuk PS4, masih ada banyak produk headset lain berdasarkan pemakaian dan jenisnya. Silakan Anda baca pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi headset untuk PS4 serta cara memilihnya. Bagaimana menurut Anda? Kami harap setelah ini Anda bisa lebih menikmati permainan PS4.

Headset merupakan perangkat yang penting dalam dunia gim. Perangkat ini juga merupakan alat yang bisa membuat Anda lebih menikmati permainan tanpa harus mengganggu orang di sekitar Anda. Segera temukan headset yang Anda sukai dan nikmatilah berbagai permainan PS4!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, telah banyak hair dryer yang memiliki beragam fitur perawatan rambut yang inovatif. Sebut saja hair dryer keluaran Panasonic, Sharp, dan lainnya. Produk-produk tersebut dilengkapi fitur pengaturan aliran udara, suhu, dan fitur tambahan lainnya.Oleh sebab itu, sangat mungkin jika Anda merasa kebingungan saat memilih hair dryer. Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih dan merekomendasikan produk hair dryer terbaik untuk Anda. Pastikan untuk memilih hair dryer yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    30.156 Views
  • 10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Proyektor Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020)
    Menonton film atau acara kesayangan melalui layar berukuran besar dengan resolusi gambar yang tajam di rumah tentu merupakan kenikmatan yang tidak bisa dibantahkan. Para produsen proyektor telah menghadirkan produk khusus yang dapat ditempatkan di rumah Anda. Jadi, kini kita sudah bisa ‘memindahkan’ teater bioskop ke rumah masing-masing. Produk-produk proyektor khusus digunakan di rumah ini sudah memiliki fungsi-fungsi menarik seperti short focus, kualitas gambar 4K, efek gambar 3D, dan sebagainya, tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.Dalam artikel berikut, kami akan menjelaskan poin-poin penting cara memilih proyektor khusus pemakaian di rumah kepada Anda. Sebagai pelengkap, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi unggulan yang layak untuk Anda simak spesifikasinya, karena membeli tanpa mengetahui kualitas serta kebutuhan kita, sama saja dengan tindakan pemborosan.
    Elektronik rumah tangga
    8.656 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    100.373 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sisir catok berfungsi untuk membentuk poni dan ujung rambut sambil mengeringkan rambut. Saat ini, beberapa produsen elektronik terkemuka, seperti Philips, Panasonic, Tescom, dan Babyliss ikut memproduksi sisir catok. Namun, beragam bentuk dan fungsi dari sisir catok tentu akan membingungkan Anda saat akan membeli.Untuk itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara pemilihan sisir catok sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah dipilih berdasarkan perbandingan harga dan cara kerjanya. Jadi, pastikan Anda mendapatkan produk yang sesuai untuk mendapatkan tatanan rambut yang Anda inginkan!
    Elektronik rumah tangga
    8.305 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Ipad (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Ipad (Terbaru Tahun 2020)
    Umumnya, iPad digunakan untuk menonton video, bermain game, keperluan sosial media, serta browsing saat senggang, namun sebenarnya kita bisa memaksimalkannya lebih jauh untuk keperluan bisnis, penulisan, atau proses kreatif lainnya. Jika Anda berminat untuk mengeksplorasi kemampuan iPad seperti yang kami sebutkan, Anda memerlukan keyboard sebagai aksesoris tambahan.Pada kesempatan berikut, kami akan memperkenalkan bagaimana cara memilih keyboard yang pas untuk digunakan sebagai teman iPad Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk keyboard terbaik untuk iPad sebagai referensi Anda sebelum membeli. Jadi, simak artikel berikut sampai habis.
    Elektronik rumah tangga
    3.130 Views
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Udara lembap merupakan masalah umum di hunian-hunian penduduk beriklim tropis seperti Indonesia. Jika tidak terkontrol, udara lembap menyebabkan tumbuhnya lumut, jamur, serta berkembang biaknya bakteri di ruangan.Kehadiran alat seperti dehumidifier mampu meminimalisir kelembapan, lewat kerjanya yang sanggup menyerap udara lembap dan memprosesnya menjadi air. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai dehumidifier kepada Anda, terkait cara kerja, fungsi, dan merekemondasikan produk terbaik untuk Anda. Simaklah artikel ini sampai habis.
    Elektronik rumah tangga
    8.020 Views
  • 10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Monitor 4K memproyeksikan gambar dengan resolusi empat kali lebih besar dibandingkan dengan Full HD. Dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan TV 4K, monitor 4K dapat dihubungkan ke PC untuk bekerja maupun bermain game.Berbagai merek monitor 4K yang beredar di pasaran, seperti ASUS, Samsung, Dell, dan sebagainya, barangkali membuat Anda bingung dalam memilih. Untuk itu, simaklah informasi cara memilih dan rekomendasi produk-produk monitor 4K populer berikut ini sebelum Anda membeli.
    Elektronik rumah tangga
    9.956 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori