10 Rekomendasi Headset Terbaik untuk PS4 (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Headset PS4 Terbaik (Terbaru Tahun 2017)

Suara merupakan unsur penting saat bermain PS4, sehingga menggunakan headset menjadi hal yang lumrah bagi para gamer. Sound effect pada gaming headset dapat memberikan kesenangan berkali-kali lipat dari biasanya.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan 10 peringkat produk headset PS4 yang paling banyak diminati, yang dapat Anda beli secara online. Kami juga akan menjelaskan perbedaan konektivitas menggunakan wireless, USB, dan bluetooth. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi dalam memilih headset, terutama untuk Anda yang ingin memaksimalkan FPS (Frame per Second).

Daftar isi

Apakah gaming headset itu?

Apakah Gaming Headset itu?

Jika Anda browsing kata headset, maka akan banyak bermunculan kata “gaming headset”. Fungsi apakah yang membedakan gaming headset dengan headset biasa? Sebenarnya, fungsinya tidaklah berbeda. “Gaming” hanyalah sebatas nama produk yang disematkan. Meskipun tertulis nama seperti itu, tidak ada spesifikasi khusus yang terdapat di dalamnya. Selain gaming headset, ada produk-produk dengan label “gaming” seperti gaming chair, gaming keyboard, dan sebagainya. Bahkan, bila ada produk yang diberi nama “gaming cotton bud” sekalipun, bukanlah sesuatu yang melanggar hukum.

Marilah kita hentikan anggapan bahwa “produk berlabel gaming headset pasti produk yang paling cocok untuk bermain game”. Perlu dipahami bahwa yang penting bukanlah label produknya, melainkan spesifikasi produk itu sendiri.

Headset, produk yang direkomendasikan untuk para gamers !

Ada produk yang namanya mirip dengan headset, yaitu headphone. Namun, secara umum penikmat game lebih banyak yang menggunakan headset. Dengan kata lain, ada jenis game yang menjadi tidak seru kalau tidak dimainkan dengan menggunakan headset.

Perbedaan headset dengan headphone adalah pada keberadaan mic. Anda bisa tetap menikmati keseruan voice chat sambil bermain game tanpa gangguan, karena kedua tangan bisa digunakan untuk bermain game sembari berbicara. Ini adalah perangkat yang sangat efektif bagi para gamer.

 Alasan mengapa harus menggunakan headset, bukan earphone

Alasan mengapa harus menggunakan headset, bukan earphone

Kami tidak merekomendasikan Anda untuk menggunakan earphone saat bermain game. Pakailah headset karena pada headset terdapat ear cuff (bagian yang menutupi daun telinga), sehingga suara yang keluar dari speaker bisa terdengar lebih jelas.

Salah satu kunci yang menentukan kemenangan dalam game jenis FPS adalah ketika kita bisa membedakan dari arah mana suara berasal. Earphone memiliki kelemahan karena tidak bisa menghasilkan efek surround 360° yang bisa dihasilkan oleh headset.

Cara memilih headset PS4

Saat Anda berkeinginan membeli headset, Anda akan dihadapkan pada beragam pilihan produk. Apa yang seharusnya menjadi patokan saat akan memilih headset? Berikut ini akan kami ulas 4 hal penting dalam memilih headset!

1. Memilih berdasarkan metode konektivitas headset

Headset memiliki 3 jenis tipe konektivitas yaitu miniplug (3.5mm), bluetooth, dan USB. Jika Anda bermaksud menyambungkan headset PS4 ke konsolnya, Anda bisa memilih konektivitas jenis bluetooth atau USB. Namun jika Anda akan menyambungkannya ke controller, sebaiknya Anda memilih jenis sambungan miniplug. Pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membeli, akan disambungkan ke manakah headset tersebut?

Tipe USB yang direkomendasikan untuk para pemula

Tipe USB yang direkomendasikan untuk para pemula

Gamers pemula sering dibingungkan oleh jenis konektivitas headset. Bahkan tidak mustahil, kebingungan dalam persiapan awal bisa merusak mood saat bermain game.

Oleh sebab itu, kami merekomendasikan bagi para pemula untuk menggunakan sambungan wireless yang sudah dilengkapi dengan USB adaptor. Headset ini bisa langsung digunakan dengan memasukkan USB adaptor ke konsol game, sehingga mereka dapat bermain game dengan nyaman.

Miniplug 3.5mm untuk penggila game

Miniplug 3.5mm untuk penggila game

Koneksi USB akan menjadi “sambungan digital” saat terdeteksi sebagai software, Namun, akan menjadi “sambungan analog” dan terdeteksi sebagai perangkat audio ketika dikoneksikan dengan miniplug. Hal ini memungkinkan pemakai untuk menambahkan software audio dan mengatur volumenya.

Kami merekomendasikan miniplug 3.5mm untuk para penggila game karena pada controller PS4 terdapat lubang colokan untuk miniplug 3.5mm.

Perlu waspada saat memakai konektivitas Bluetooth

Perlu waspada saat memakai konektivitas Bluetooth

Berikutnya kami akan membahas mengenai Bluetooth. Bluetooth merupakan jenis wireless yang paling banyak digunakan saat ini, dan controller PS4 juga memungkinkan untuk disambungkan dengan Bluetooth. Akan tetapi, sambungan wireless adakalanya akan menimbulkan sedikit noise dan delay suara. Bagi penikmat game FPS yang real time, delay suara seperti itu merupakan hal yang fatal.

Ketika akan membeli headset dengan sambungan bluetooth, pastikan bahwa tidak ada delay suara pada produk tersebut.

2. Memilih berdasarkan perbedaan surround

Surround sound merupakan unsur yang penting, yang biasa dihasilkan oleh speaker. Anda pasti sering melihat tulisan “5.1ch” atau “7.1ch” pada headset, bukan?

Satuan “ch (channel)” merujuk pada jumlah speaker, semakin banyak jumlah speaker yang dimiliki, efek suara yang didengar akan semakin nyata. Contohnya, keterangan “5.1ch” berarti headset tersebut dilengkapi 5 buah speaker dengan 1 subwoofer. Subwoofer sendiri bertugas untuk mengeluarkan bunyi bass yang rendah, yang ditunjukkan dengan bilangan “0.1”.

Untuk gamer pemula, mulailah dari produk yang sewajarnya!

Untuk gamer pemula, mulailah dari produk yang sewajarnya!

Hal yang sangat penting saat menggunakan headset adalah kemampuannya dalam menghasilkan suara yang jernih sampai telinga kita. Namun bagi pemula, terkadang suara yang terlalu jernih tidak terlalu diperlukan. Perlu diingat juga bahwa semakin banyak jumlah speaker-nya, harganya juga semakin mahal.

Ada kalanya para pemula sudah membeli headset yang mahal, namun tidak cocok. Oleh karena itu, kami merekomendasikan para pemula agar tidak langsung membeli produk dengan efek surround sound kualitas tinggi. Lebih baik membeli produk headset yang sewajarnya (wajar dari segi kualitas dan harga) terlebih dahulu. Apabila nanti, kinerjanya dirasa kurang, silakan beli headset dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Untuk penggila game, harus memakai yang 7.1ch!

Untuk penggila game, harus memakai yang 7.1ch!

Headset berbeda dengan earphone, headset akan menutupi seluruh bagian telinga sehingga bunyi terdengar lebih jelas, oleh sebab itu kami merekomendasikan untuk para penggila game agar memilih headset dengan ch minimal 7.1ch.

Memang harganya mahal, tapi harga mahal tersebut sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Dengan headset 7.1ch, Anda dapat mendengar suara pengisian peluru maupun letak dan posisi di mana musuh Anda berada, dengan amat baik.

3. Memilih berdasarkan kenyamanan pemakaian

3. Memilih berdasarkan kenyamanan pemakaian

Untuk penggunaan headset dalam jangka waktu lama, berat headset merupakan hal yang sangat penting. Bagi Anda yang lebih suka headset yang ringan, pilihlah produk dengan berat maksimal sekitar 500g.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa fleksibilitas bagian head band maupun bahan bantalan pada bagian earcuff-nya. Meskipun terasa nyaman digunakan, bagi orang yang mudah berkeringat, memakai headset dalam waktu yang lama akan membuat pengap.

Mari lebih cermat dalam melihat perbedaan bahan di bagian ear cuff. Contohnya, ear cuff yang terbuat dari bahan kulit akan terasa pengap saat digunakan. Sebaliknya, ear cuff yang terbuat dari bahan jersey memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit di telinga meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

Perhatikan juga kinerja mic-nya!

Saat berbicara tentang headset, sudah barang tentu mic memiliki peranan yang penting. Ketika Anda melakukan voice chat maupun siaran langsung dengan kinerja mic yang buruk, tentunya Anda tidak bisa menikmati game secara maksimal seperti yang Anda harapkan.

Meskipun akhir-akhir ini produk headset rata-rata sudah dilengkapi dengan fungsi noise cancelling, tidak ada salahnya bila Anda mengeceknya sekali lagi.

Apakah fungsi noise cancelling itu perlu?

Apakah fungsi noise cancelling itu perlu?

Jawabannya; Ya, perlu!

Kenapa diperlukan? Alasannya adalah, karena fungsi ini dapat memperlancar komunikasi dengan tim saat melakukan pertempuran. Jika tidak dilengkapi dengan fungsi noise cancelling, maka seluruh suara di sekitar Anda akan terserap dan terdengar oleh rekan Anda.

Apabila suara-suara yang tidak penting tersebut ikut terdengar oleh rekan satu tim Anda, tentunya kata-kata yang Anda sampaikan menjadi sulit terdengar. Orang yang sudah ahli bermain game biasanya tidak akan mau membangun sebuah tim dengan orang yang memiliki kendala dalam komunikasi seperti ini. Agar Anda dapat bermain game dengan lingkungan yang lebih baik, pilihlah headset yang sudah dilengkapi dengan fungsi noise cancelling.

10 Rekomendasi headset PS4 terfavorit 

Berikutnya kami akan membahas mengenai headset yang kami rekomendasikan berdasarkan cara-cara memilihnya. Inilah 10 produk yang direkomendasikan bagi Anda yang akan membeli headset.

10. Plantronics GAMECOM 818

10. Plantronics GAMECOM 818

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 703.000

Desain sederhana, tampilan modern, dan tanpa kabel

Plantronics GAMECOM 818 adalah produk headset berkualitas tinggi dengan desain yang sangat kokoh. Meskipun terlihat minimalis, rancangan kokohnya membuat berat produk ini mencapai 408 gram. Namun begitu, Anda wajib untuk mencobanya, terutama bila Anda masuk ke permainan yang membutuhkan akurasi suara yang tinggi.

Dengan desain yang ramping, game headset ini mudah disimpan dan dibawa-bawa. Cara penggunaannya pun sederhana, cukup masukkan plug USB ke lubang yang ada pada controller PS4 dan fungsi wireless akan langsung terhubung.

9. Gioteck HC-2 Wired Stereo Headset

9. Gioteck HC-2 Wired Stereo Headset

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 643.000

Simpel dan tahan banting!

Menggunakan Gioteck HC-2 saat bermain game akan membuat Anda bisa menikmati suara game sekaligus chat secara bersamaan, karena produk ini telah dilengkapi dengan fitur flexible boom mic. Sangat praktis, Anda hanya butuh menyambungkannya ke audio plug untuk mengaktifkannya.

Produk ini cocok untuk Anda yang sudah masuk dalam kategori gamer profesional, karena kejernihan detail suara maupun ketahanan baterai-nya yang luar biasa. Gioteck HC-2 mampu bertahan selama 8 jam dalam sekali full charging, sehingga Anda tidak perlu khawatir permainan Anda terganggu karena kehabisan baterai.

8. Sades Locust SA-704

8. Sades Locust SA-704

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 460.000

Kualitas suaranya menghanyutkan

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi seperti masuk langsung ke dalam game, Anda bisa mencoba produk SADES SA-704 3.5mm gaming headset. Dengan built in USB 7.1 sound channel, produk ini mampu menghasilkan efek suara yang jernih dan tajam, membuat Anda seolah-olah ikut hanyut di dalam game yang Anda mainkan.

Headset ini juga dilengkapi dengan omni directional mic yang terbuat dari silikon, sehingga sensitifitasnya tinggi dan memiliki daya tahan yang bagus. Kami merekomendasikan headset ini bagi Anda yang sedang mencari headset dengan konektivitas USB.

7. KOTION EACH G9000

7. KOTION EACH G9000

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 317,000

Setahap menuju profesional!              

Produk KOTION EACH G9000 ini sangat cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan level permainan dan kenyamanan saat bermain game. Atmosfer permainan semakin bisa dirasakan karena desainnya futuristik dan dibalut dengan LED berwarna biru yang mengitari earcup-nya. Konektivitasnya menggunakan kabel plug 3.5 mm dengan satu tambahan kabel USB yang berfungsi untuk mengaktifkan lampu LED.

Driver speaker sebesar 40 mm yang ada pada headset ini nyaman dipakai pada telinga orang dewasa dan mampu menampilkan detail suara dalam permainan. Keunngulan yang lain pada headset ini adalah pada fitur noise reduction microphone yang akan mengurangi tingkat kebisingan suara di sekitar Anda, sehingga komunikasi bisa berjalan efektif, dan bunyi asing tidak akan terdengar ke rekan bermain Anda.

6. KOTION EACH G1200

6. KOTION EACH G1200

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 623.000

Produk berkualitas dengan harga pas

KOTION EACH G1200 ini merupakan produk headset yang cocok bagi Anda yang menyukai headset dengan earpad besar. Driver untuk speaker-nya sebesar 50 mm, dan terbuat dari bahan magnetic neodymium, sangat memuaskan untuk bermain game jenis peperangan. Produk ini terbuat dari bahan plastik, dengan elastisitas headband yang sangat baik, sehingga aman saat benturan sekalipun.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang mic pada perangkat ini karena mic tersebut dapat diputar 360 derajat, sehingga nyaman untuk dipakai dalam segala posisi. Selain memang dikhususkan untuk permainan PS4, headset ini juga bisa Anda pakai untuk voice chat Anda, karena produk ini juga menyertakan konektor audio dan mic yang terpisah (berwarna merah dan hijau).

5. E-Blue Cobra EHS013

5. E-Blue Cobra EHS013

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 213.500

Headset ekonomis yang tahan lama

E-Blue Cobra EHS013 adalah headset yang memang dirancang khusus untuk para gamers. Meskipun tergolong berharga murah, namun kualitas suara yang dihasilkan,  terutama shocking bass effect-nya akan membuat Anda mengira bahwa headset ini tidak mungkin berharga di bawah Rp 250.000.

Warna yang ditawarkan cukup unik, yaitu merah, hijau muda dan ungu. Sedikit mencolok dengan kombinasi warna yang minim. Hal ini cocok bagi Anda yang menyukai game yang ringan, seperti memancing, petualangan anak, dan sebagainya. Keunggulan lain dari headset ini adalah pada fungsi earcup-nya yang bisa diputar. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda saat menyimpan dan membawanya saat bepergian.

4. Rexus Headset Bluetooth Gaming M1

4. Rexus Headset Bluetooth Gaming M1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 199.000

Desain trendy dengan harga murah

Keistimewaan produk Rexus M1 terletak pada konektivitas dan desainnya yang menarik. Meskipun harganya murah, kami merekomendasikan para pemula untuk menggunakan perangkat ini. Desainnya klasik dan sederhana, Anda tidak perlu repot dan merasa terganggu dengan kabel headset, karena headset ini sudah didukung fitur Bluetooth.

Sekilas ketika Anda melihat produk ini, mungkin Anda akan merasa heran dengan fitur-fiturnya. Selain Bluetooth, headset ini juga bisa dilipat (foldable) dan juga dilengkapi dengan radio FM. Sungguh lengkap untuk headset yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

3. SADES SA-928

3. SADES SA-928

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 529.150

Betah berlama-lama main game!

Multi-platform 3.5mm stereo gaming headset ini memiliki kualitas suara yang jernih. Headset ini sangat cocok untuk Anda yang mencari sensasi nyata saat bermain dalam pertempuran. Suaranya detail hingga ke pengisian peluru, dan Anda bisa merasakan sensasi ledakan dan dentuman granat. Selain cocok untuk bermain game, headset ini juga bagus untuk mendengarkan lagu, karena pengaturan suaranya sudah didesain dengan nada akustik dan bass yang kuat.

Dengan earcup yang berbahan lembut, headset ini tidak akan menimbulkan bekas dan sakit di telinga meskipun dipakai dalam jangka waktu yang lama. Mic yang bisa diputar 180 derajat dan juga headband-nya yang ergonomis akan membuat Anda semakin betah memakai headset ini.

2. Kingston Hyperx Cloud Core

2. Kingston Hyperx Cloud Core

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 725.000

Driver super dari vendor super

Headset HyperX Cloud Core mampu mereproduksi suara HiFi yang dihantarkan driver speaker sebesar 53 mm. Dari sekian banyak produk yang kami ulas, produk Kingstone ini memiliki driver yang paling besar. Tentunya hal ini menjadi nilai lebih bagi Anda yang ingin memaksimalkan kualitas suara saat bermain game. Selain itu, fitur noise cancelling-nya juga membantu Anda lebih maksimal saat berkomunikasi dengan rekan main Anda.

Kelebihan lainnya adalah pada desain mic yang bisa dilepas dan bisa dipasang kembali. Hal inilah yang menjadikan headset ini menjadi multifungsi, nyaman digunakan untuk mendengarkan musik dan maksimal saat dipakai bermain game.

1. Logitech G231 Prodigy Gaming Headset

1. Logitech G231 Prodigy Gaming Headset

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 499.000

Headset dengan segudang keunggulan!

Kini Logitech mulai merambah ke dunia gaming headset. Hal ini tentunya sangat ditunggu-tunggu para gamers karena semua sudah tahu kualitas seperti apa yang akan ditawarkan Logitech.

Kali ini Logitech muncul dengan seri G231. Bentuknya sungguh sporty, dengan fungsi mekanis yang tidak bisa diremehkan. Suara yang dihasilkannya adalah suara stereo, yang akan terasa begitu nyata saat Anda memakai headset ini. Mengusung keunggulan pada desain yang tipis dan ringan, perangkat ini juga memiliki earcup yang bisa diputar 90 derajat. Hal ini membuatnya tetap awet, karena penyimpanan bisa dilakukan secara proporsional. Karena ringan, mungkin Anda tidak akan merasa bahwa Anda sedang memakai headset. 

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Kami telah mengulas rekomendasi headset beserta cara-cara pemilihannya agar Anda bisa lebih menikmati permainan PS4.

Headset merupakan perangkat yang penting dalam dunia game. Perangkat ini juga merupakan alat yang bisa membuat Anda lebih menikmati permainan, tanpa harus mengganggu orang di sekitar Anda. Segera temukan headset yang Anda sukai, dan nikmatilah berbagai permainan PS4!