• 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)

Test pack adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengecek kehamilan secara mandiri. Berbagai jenis test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan test pack yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan membahas hingga tuntas mengenai macam-macam test pack.


Berbagai merek test pack, seperti Akurat, Sensitif, hingga test pack yang bisa dipakai berulang kali akan direkomendasikan. Selain itu, macam-macam test pack dan harganya akan kami paparkan di artikel ini. Agar tidak salah pilih, bidan Ony Christy akan ikut memberikan komentarnya untuk Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Ony Christy
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 23 Oktober 2022
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. 


Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk mengetahui informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih test pack

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, test pack dapat membantu Anda untuk melakukan uji kehamilan. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa poin yang sebaiknya diperhatikan supaya dapat memilih test pack dengan tepat.

Pilih tipe test pack berdasarkan waktu penggunaan

Ada dua tipe test pack, yakni tipe normal dan tipe awal. Anda dapat menggunakannya pada waktu yang berbeda. Jadi, pilihlah tipe test pack yang sesuai dengan tujuan Anda.

Tipe normal, dapat digunakan satu minggu setelah keterlambatan haid

Tipe normal, dapat digunakan satu minggu setelah keterlambatan haid

Jika Anda menginginkan hasil yang akurat, kami sarankan untuk memilih test pack tipe normal. Test pack tipe normal adalah tipe umum yang dapat digunakan mulai satu minggu setelah keterlambatan haid. Jika digunakan dengan benar, Anda dapat mendapatkan hasil yang akurat. 


Keunggulan lain dari tipe ini adalah Anda dapat dengan mudah membelinya di apotek atau minimarket. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin segera melakukan uji kehamilan setelah terlambat haid. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Waktu yang dibutuhkan dari proses pembuahan hingga penempelan janin pada dinding rahim biasanya sekitar 710 hari. Karena itu, tes kehamilan bisa dilakukan dalam kurun waktu minimal tujuh hari dari hubungan seks terakhir.

Tipe awal, dapat digunakan sebelum waktu datangnya haid

Tipe awal, dapat digunakan sebelum waktu datangnya haid

Jika Anda ingin melakukan uji kehamilan lebih awal dari jadwal haid, silakan pilih test pack tipe awal. Tergantung pada produknya, beberapa test pack tipe awal dapat digunakan beberapa hari sebelum haid. 


Tipe ini ideal untuk Anda yang sangat menantikan kehamilan atau ingin mengetahui hasilnya dengan cepat. Namun, tipe ini hanya dapat dibeli di apotek atau toko obat tertentu. Test pack ini sulit Anda jumpai di minimarket.


Selain itu, perlu diketahui bahwa mungkin beberapa orang tidak dapat menggunakan test pack tipe ini. Hal ini lantaran jumlah hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang mungkin tidak mencukupi. Padahal hCG adalah hormon penting yang diperlukan untuk melakukan uji kehamilan. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Hormon hCG atau human Chorionic Gonadotropin adalah hormon yang dihasilkan sel-sel yang terbentuk dalam plasenta. Hormon ini berfungsi untuk melindungi hasil pembuahan yang telah menempel pada dinding rahim. 


Hormon hCG mulai terdeteksi pada hari ke 10–14 setelah pembuahan terjadi. Kadar hCG biasanya paling tinggi terjadi pada pagi hari. Karena itu, ibu disarankan melakukan tes kehamilan pada pagi hari setelah bangun tidur.

Carilah produk dengan visibilitas hasil tes yang jelas

Carilah produk dengan visibilitas hasil tes yang jelas

Dalam pemilihan test pack, harap perhatikan juga visibilitas hasil tes pada jendela indikator. Test pack jenis umum biasanya menunjukkan hasil tes dengan munculnya garis yang disebut garis penguapan. Namun, test pack jenis ini memiliki visibilitas yang kurang baik karena warna garisnya yang terlalu terang. Karena itu, hasil uji kehamilan dengan test pack tipe ini bisa membuat Anda ragu.


Jika Anda menginginkan test pack yang lebih akurat dan mudah dipahami, kami merekomendasikan test pack digital. Test pack digital menunjukkan hasil tes dengan tanda (+) dan (-) sehingga sangat mudah dipahami. Bahkan, pasangan Anda pun dapat dengan mudah memahaminya. Perlu diketahui bahwa test pack digital memiliki harga yang lebih tinggi daripada test pack biasa.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Tes kehamilan yang menggunakan metode garis penguapan lebih sering menimbulkan keraguan. Hal ini karena garis yang muncul terkadang terlihat samar, tidak jelas, atau berubah setelah kurun waktu tertentu. 

Temukan produk dengan kemasan isi dua atau lebih untuk Anda yang sering memakainya

Temukan produk dengan kemasan isi dua atau lebih untuk Anda yang sering memakainya

Apabila Anda fokus pada efisiensi biaya, pilihlah test pack yang dijual set. Test pack set biasanya terdiri dari beberapa buah test pack dan harganya lebih murah dibandingkan tipe satuan. Jika Anda sedang mengikuti program kehamilan atau sering melakukan uji kehamilan, silakan beli test pack set.


Perlu diketahui bahwa test pack tidak bisa digunakan lebih dari satu kali. Jadi, membeli test pack kemasan isi dua atau lebih akan menguntungkan sehingga Anda dapat mengecek dengan alat yang baru. Memang ada test pack yang dapat digunakan lebih dari satu kali, tetapi test pack ini tetap memiliki batas pemakaian.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bila ibu sedang menjalani program hamil, test pack jenis set bisa dipilih karena memiliki biaya yang lebih murah. Catatlah tanggal haid, lakukan hubungan suami istri saat masa subur, dan konsumsi suplemen prakehamilan. Apabila diperlukan, lakukan juga tes untuk mengetahui kondisi sel sperma, sel telur, rahim, dan kondisi hormon ibu dan pasangan. 

Pilihlah produk dengan akurasi 99%

Pilihlah produk dengan akurasi 99%

Sebagian besar test pack memiliki tingkat keakuratan 99%. Tergantung pada produknya, antara produk satu dengan yang lainnya mungkin memiliki sedikit selisih pada level akurasi. Meskipun begitu, Anda tak perlu mengubah pilihan produk terkait perbedaan akurasi tersebut.


Hal yang perlu diperhatikan adalah menggunakan test pack dengan cara yang benar. Cara penggunaan test pack yang tidak tepat akan memperlihatkan hasil tes yang tidak akurat pula. Oleh karena itu, silakan lihat pembahasan mengenai cara penggunaan test pack yang benar pada akhir artikel ini.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan false positive atau false negative. Faktor tersebut adalah waktu pembacaan tes kehamilan yang tidak tepat atau tidak sesuai instruksi. Riwayat keguguran sebelumnya, kehamilan anggur, dan pengobatan atau kondisi fisik tertentu juga bisa menyebabkan hasil tes yang tidak akurat.


Jika ibu mendapatkan hasil positif, silakan lanjutkan pemeriksaan ke dokter atau bidan terdekat. Bila hasilnya negatif, tetapi ibu terlambat haid, lakukanlah tes ulang tujuh hari lagi atau periksakan diri ke dokter.

10 Rekomendasi test pack terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh test pack terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 15 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa OneMed Tes Hamil memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, SPD (Swiss Precision Diagnostics) Clearblue Pregnancy Test With Weeks Indicator yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 4 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

Gambar produk
1
OneMed Tes Hamil 1

OneMed

2
OneMed  Test Hamil Quick & Sure 1

OneMed

3
Danpac Pharma Sensitif Strip 1

Danpac Pharma

4
SPD (Swiss Precision Diagnostics) Clearblue Pregnancy Test with Weeks Indicator 1

SPD (Swiss Precision Diagnostics)

5
Danpac Pharma Sensitif Digital 1

Danpac Pharma

6
JMI Andalan Strip Uji Kehamilan 1

JMI

7
Biotech Amor Test Strip Uji Kehamilan  1

Biotech

8
Danpac Pharma Akurat Compact 1

Danpac Pharma

9
Lab House Woman Choice Ultra Sensitive Pregnancy Test Strip 1

Lab House

10
Puspa Pharma Directtest 1

Puspa Pharma

Nama produk

Tes Hamil

Test Hamil Quick & Sure

Sensitif Strip

Clearblue Pregnancy Test with Weeks Indicator

Sensitif Digital

Andalan Strip Uji Kehamilan

Amor Test Strip Uji Kehamilan

Akurat Compact

Woman Choice Ultra Sensitive Pregnancy Test Strip

Directtest

Keunggulan

Harga minimal dengan hasil maksimal!

Dilengkapi dengan pipet untuk meneteskan urine

Hasilnya cepat dengan tingkat keakuratan tinggi

Bisa mendeteksi usia kehamilan juga!

Test pack yang bisa dipakai berulang kali

Tak butuh waktu lama deteksi kehamilan Anda

Produk tepercaya yang sudah tersertifikasi internasional

Mudah, bisa digunakan langsung tanpa wadah urine

Waktu tunggu hanya 40 detik! Lebih efisien

Tingkat sensitivitas tinggi, bisa dipakai kapan saja

Harga mulai dariRp 2.000,00Rp 5.000,00Rp 23.000,00Rp 155.000,00Rp 249.000,00Rp 24.485,00Rp 12.000,00Rp 20.000,00Rp 23.333,00Rp 22.000,00
TipeNormalAwalNormalAwalAwalNormalAwalNormalNormalNormal
Waktu pemeriksaan7 hari setelah berhubunganDapat digunakan sebelum haid7 hari setelah berhubungan5 hari sebelum terlambat haid5 hari sebelum terlambat haidTidak ada keterangan 7 hari setelah berhubungan7 hari setelah berhubungan 4 hari setelah berhubungan7 hari setelah berhubungan
Visibilitas hasilGarisGarisGarisPregnant or Not PregnantYes or NoGarisGarisGarisGarisGaris
Isi produk/kemasan1 pc1 pc1 pc1 pc1 pc1 pc1 pc1 pc1 pc1 pc
Akurasi penilaian99,9%99,9%99,9%99%99,9%99,9%99,9%99%99,2 %99%
Tingkat sensitivitas20 mlU/ml10 mlU/mlTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan25 mIU/mlTidak ada keterangan10 mlU/ml10 mIU/ml10 mIU/ml
Tautan produk
10
TipeNormal
Waktu pemeriksaan7 hari setelah berhubungan
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99%
Tingkat sensitivitas10 mIU/ml
9

Lab HouseWoman Choice Ultra Sensitive Pregnancy Test Strip

Mulai dari Rp 23.333,00

TipeNormal
Waktu pemeriksaan4 hari setelah berhubungan
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99,2 %
Tingkat sensitivitas10 mIU/ml
8
TipeNormal
Waktu pemeriksaan7 hari setelah berhubungan
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99%
Tingkat sensitivitas10 mlU/ml
7
TipeAwal
Waktu pemeriksaan7 hari setelah berhubungan
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99,9%
Tingkat sensitivitasTidak ada keterangan
6
TipeNormal
Waktu pemeriksaanTidak ada keterangan
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99,9%
Tingkat sensitivitas25 mIU/ml
5
TipeAwal
Waktu pemeriksaan5 hari sebelum terlambat haid
Visibilitas hasilYes or No
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99,9%
Tingkat sensitivitasTidak ada keterangan
4

SPD (Swiss Precision Diagnostics)Clearblue Pregnancy Test with Weeks Indicator

Mulai dari Rp 155.000,00

TipeAwal
Waktu pemeriksaan5 hari sebelum terlambat haid
Visibilitas hasilPregnant or Not Pregnant
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99%
Tingkat sensitivitasTidak ada keterangan
3
TipeNormal
Waktu pemeriksaan7 hari setelah berhubungan
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99,9%
Tingkat sensitivitasTidak ada keterangan
2
TipeAwal
Waktu pemeriksaanDapat digunakan sebelum haid
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99,9%
Tingkat sensitivitas10 mlU/ml
1
TipeNormal
Waktu pemeriksaan7 hari setelah berhubungan
Visibilitas hasilGaris
Isi produk/kemasan1 pc
Akurasi penilaian99,9%
Tingkat sensitivitas20 mlU/ml

Cara pemakaian test pack yang benar

Cara pemakaian test pack yang benar

Test pack dinilai cukup akurat dan praktis untuk melakukan tes kehamilan di rumah. Tingkat akurasi test pack adalah 99%, bukan 100%. Jadi, masih ada peluang jika hasil test pack menunjukkan dua garis, tetapi tidak hamil. Hal yang menyebabkan hasil test pack tidak akurat biasanya karena alat tidak disimpan dengan baik atau cara penggunaannya salah.


Test pack sangat mudah digunakan! Tiap-tiap alat memiliki cara penggunaan yang sama. Cukup tuangkan urine di bagian pengumpulan urine, lalu nantikan hasilnya. Bedanya ada pada waktu menuangkan urine, waktu perendaman, dan penggambaran hasil. Jadi, pastikan untuk memeriksa petunjuk penggunaan untuk setiap produk.


Selain itu, penting juga untuk menggunakan test pack dalam periode dan waktu yang tepat. Waktu paling baik melakukan tes kehamilan adalah pagi hari saat kadar hormon hCG atau hormon kehamilan sedang tinggi. Bila hasilnya negatif, tetapi Anda tetap tidak haid dan memiliki gejala awal kehamilan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pemakaian test pack yang tidak sesuai dengan instruksi kemasan dapat menyebabkan hasil tes menjadi tidak akurat. Perhatikan dengan benar waktu pencelupan, waktu pembacaan tes, dan garis batas saat mencelupkan test pack ke dalam urine.


Untuk hasil tes yang lebih akurat, lakukanlah pemeriksaan saat kadar hormon hCG dalam tubuh tinggi. Meskipun ibu terlambat haid dan mengalami tanda kehamilan, ada kalanya hasil pembacaan tampak samar atau tidak jelas. Jika kasusnya seperti itu, silakan tes ulang tujuh hari lagi atau periksakan diri ke dokter.

Baca juga rekomendasi asupan lainnya untuk ibu hamil di sini

Bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan, tidak ada salahnya mulai mempelajari mengenai masa-masa kehamilan. Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan dan vitamin yang baik untuk ibu hamil. Untuk itu, silakan baca artikel rekomendasi mengenai vitamin dan makanan yang baik untuk ibu hamil di sini. 

Kesimpulan

Kami sudah memberitahu jenis-jenis test pack dan juga merekomendasikan beberapa macam test pack terbaik dari berbagai merek. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Jika Anda sedang menjalani program hamil atau sering menggunakan test pack, akan lebih ekonomis jika memilih produk isi banyak.

Pilihlah produk dengan keakuratan dan sensitivitas yang tinggi serta memiliki visibilitas yang mudah dipahami. Gunakanlah test pack sesuai instruksi yang tertera di tiap produk supaya hasilnya sesuai.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kaum milenial pasti sudah tak asing lagi dengan vape atau rokok elektronik. Untuk vaping, tentunya Anda memerlukan liquid vape atau vape juice. Liquid adalah cairan vape yang hadir dalam berbagai pilihan level nikotin, rasa, serta aroma yang berbeda-beda.Kali ini kami akan berbagi tips memilih liquid vape yang enak. Berbagai merek liquid vape yang bagus, seperti Oat Drips, Juicenation, Indonesia Juice Cartel, dan Movi, ada dalam rekomendasi kami. Anda bisa menemukan liquid murah dengan harga belasan ribu sampai yang mahal seharga ratusan ribu rupiah. Langsung saja simak artikelnya!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Vapor atau rokok elektronik adalah sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS.Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor terbaik, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih vapor sekaligus merekomendasikan merek vapor yang bagus, seperti Smoant, SMOK, dan Joyetech. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Rekomendasi Pampers Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pampers Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada berbagai kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan orang dewasa kesulitan untuk menahan urine dan feses. Usia lanjut, diabetes, obesitas, atau kelainan saraf yang mengatur fungsi berkemih adalah sebagian dari contohnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai pampers dewasa atau popok dewasa.Kali ini kami akan mengulas tentang tips memilih popok dewasa yang bagus. Kami juga berbagi rekomendasi merek pampers dewasa terbaik, seperti Confidence, Certainty, dan Lifree. Harga dan ukurannya beragam, dari M, L, sampai XL. Anda juga bisa menemukan produk kemasan sachet. Mari simak artikel ini untuk menemukan popok dewasa terbaik!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Ada banyak merek pencukur miss V yang bagus di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Kemei. Kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembalut Kain Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini makin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dengan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, menggunakan pembalut kain cuci ulang adalah salah satu cara untuk mengurangi sampah. Dibandingkan menstrual pad sekali pakai, pembalut kain dinilai lebih aman, hemat, dan ramah lingkungan. Memilih pembalut kain, terutama untuk para pemula, cukup membingungkan, bukan? Oleh karena itu, kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain natural yang bagus. Temukan juga rekomendasi produk terbaik, seperti merek Hannahpad, Demibumi, dan BabyClo. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim.
    Produk dewasa & kewanitaan
  • 10 Pembalut Terbaik untuk Malam Hari - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pembalut Terbaik untuk Malam Hari - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai wanita, pastinya Anda mengetahui bagaimana repotnya bila sedang menstruasi, terlebih saat Anda tidur di malam hari. Supaya tidak bocor, Anda perlu menggunakan pembalut malam. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih pembalut malam antibocor terbaik. Berbagai merek pembalut untuk malam hari dari Laurier, Charm, dan Softex akan kami ulas dalam artikel ini. Beragam pembalut untuk tidur dan celana menstruasi juga ada, lho! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG. Agar tidur makin tenang saat menstruasi, yuk, simak ulasan kami sampai habis!
    Produk dewasa & kewanitaan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori